8 Menu Diet Ibu Hamil Trimester 3 Yang Memiliki Kandungan Nutrisi Lengkap

Usia kehamilan trimester 3 merupakan tahap akhir dari proses kehamilan yang semakin mendekatkan ibu hamil dengan persalinan dimana harapan yang sudah lama diidamkan untuk bertemu dengan janin yang ada di dalam kandungannya akhirnya terwujud. Dengan memasuki kehamilan bulan bulan akhir tersebut tentu ada beberapa persiapan dan pemeriksaan yang akan dilakukan terkait dengan kondisi kehamilan serta janin di dalam kandungan apakah sudah sesuai untuk dapat melahirkan normal.

Salah satu syarat yang perlu diperhatikan oleh setiap ibu hamil dalam mempersiapkan persalinan secara normal diusia kehamilan trimester 3 adalah ukuran dan berat dan janin di dalam kandungan tidak boleh terlalu berat. Jika kondisinya terlalu berat dan melebihi batas yang seharusnya maka dokter akan menyarankan ibu hamil untuk menjalani diet melalui pengaturan pola makan. Berkut beberapa pilihan menu diet ibu hamil trimester 3 yang dapat menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan ibu maupun janin yang terlalu besar namun tetap aman dan nutrisi ibu hamil terpenuhi.

1. Ikan Salmon

Diet yang dilakukan oleh ibu hamil di trimester ketiga harus tetap memperhatikan kebutuhan nutrisinya agar selalu tercukupi. Salah satu menu makanan untuk diet yang baik bagi ibu hamil di usia kehamilan trimester ke tiga adalah Ikan Salmon. Ikan Salmon memiliki kandungan nutrisi omega 3 sebagai salah satu makanan untuk perkembangan otak janin dalam kandungan sehingga sangat bermanfaat dan tentunya kalori dari ikan tersebut tidak tinggi. Dengan kalori yang rendah tersebut, ibu hamil dapat menjalani program diet di usia kehamilan trimester 3.

2.  Buah buahan

Makanan sehat untuk ibu hamil dan dapat dijadikan menu diet ibu hamil trimester 3 lainnya adalah buah buahan. Buah buahan memiliki kandungan nutrisi yang melimpah terutama vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dalam proses kehamilan. Ibu hamil dapat mengkonsumsi buah apapun di usia kehamilan trimester 3 yang sudah kuat bahkan buah yang sebenarnya tidak baik untuk ibu hamilpun tetap dapat dikonsumsi tanpa takut adanya efek samping berbahaya namun harus diperhatikan agar tidak berlebihan.

3. Kacang kacangan

Pilihan bahan makanan lain yang juga sebaiknya ditambahkan dalam menu diet ibu hamil diusia kehamilan trimester ketiga adalah kacang kacangan. Konsumsi kacang kacangan dapat membantu memenuhi tiamin, omega 3, dan protein dalam tubuh ibu hamil. Kacang kacangn tersebut dapat dijadikan makanan ringan atau camilan yang dikonsumsi oleh ibu hamil setiap saat maupun dicampurkan dalam pengolahan menu makanan utama.

4. Telur

Telur menjadi pilihan makanan yang kerapkali ditambahkan dalam berbagai menu diet yang efektif. Bagi ibu hamil, telur bukan sekedar menu diet di usia kehamilan yang sudah memasuki trimester 3 saja namun juga merupakan sumber kolin yang sangat baik untuk proses kehamilan. Kolin dapat membantu perkembangan janin utamanya untuk daya ingat janin dan mencegah gangguan pada pankreas.

5. Jus Sayuran

Selain buah buahan, sayuran juga baik untuk ibu hamil dalam menjalani aktivitas diet. Menu diet ibu hamil trimester 3 yang berasal dari sayuran adalah jus sayuran atau green smothies. Menu minuman tersebut dibuat dari campuran bayam dan kale yang merupakan sayuran hijau baik untuk ibu hamil. Menkonsumsinya dipagi hari secara rutin akan selalu menjaga kondisi kesehatan ibu hamil agar tidak mudah terserang penyakit dan secara khusus membantu jalannya perkembangan janin di dalam kandungan.

6. Produk susu

Untuk membantu agar nutrisi, kalori, dan energi bagi tubuh ibu hamil tercukupi namun juga dapat menjalani diet maka konsumsi produk susu dan olahannya adalah pilihan yang tepat. Susu mengandung banyak nutrisi tinggi seperti protein dan zat besi meskipun memiliki kandungan lemak yang harus tetap dijaga juga bagi ibu hamil. Berbagai olahan susu dapat dikonsumsi kecuali beberapa jenis keju tertentu.

7. Makanan tinggi asam folat

Menu makanan lain yang baik untuk ibu hamil dalam menjalani diet adalah makanan tinggi asam folat sebagai salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh ibu hamil selama proses kehamilan. Makanan yang memiliki kandungan asam folat tinggi diantaranya seperti kacang, buncis, dan sayuran lain yang berdaun hijau.

8. Makanan tinggi zat besi

Makanan tinggi zat besi juga perlu menjadi prioritas makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil dalam prosesnya untuk menjalani diet di usia kehamilan semester 3. Zat besi sangat dibutuhkan oleh janin untuk dapat berkambang dengan baik. Beberapa makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi diantaranya seperti  sayuran berdaun hijau, brokoli, dan daging sapi tanpa lemak.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat dimasukkan dalam menu diet ibu hamil trimester 3 dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Selain mengkonsumsi makanan yang disebutkan diatas, ibu hamil harus banyak minum air putih dan menghindari makanan yang terlalu manis maupun terlalu asin serta sebaiknya memperhatikan pengolahan makanan yang dikonsumsi untuk tidak banyak menggunakan minyak goreng.