23 Makanan untuk Perkembangan Otak Janin Dalam Kandungan Paling Menyehatkan

Perkembangan otak pada janin merupakan proses yang sangat penting dalam perkembangan janin 1 bulan sampai perkembangan janin 9 bulan. Perkembangan otak pada janin terjadi ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga, tepatnya pada minggu ke 25 hingga minggu ke 28. Pada minggu tersebut janin mengalami perkembangan otak yang sangat cepat. Untuk menghindari terjadinya kelainan pada otak bayi, maka proses perkembangan otak janin tersebut harus didukung dengan asupan makanan yang dapat memaksimalkan perkembangan otak janin dalam kandungan. Lalu, apa saja makanan untuk perkembangan otak janin untuk kehamilan di trimester ketiga.

  1. Ikan Sarden

Ikan sarden merupakan makanan yang kaya akan docosahexaenoic acid atau lebih dikenal dengan DHA. DHA sangat penting untuk membantu perkembangan otak dan mengoptimalkan pertumbuhan sistem saraf. Selain itu, ikan sarden juga rendah merkuri. Konsumsi ikan sarden akan sangat baik untuk perkembangan otak janin. Manfaat ikan sarden kaleng untuk ibu hamil tentunya juga akan menjaga kesehatan ibu dan janin secara menyeluruh.

  1. Greek Yogurt atau Yogurt Yunani

Yogurt Yunani kaya akan iodine. Kekurangan iodine selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan mental pada bayi. Yogurt juga dapat meningkatkan fleksibilitas membran pada otak. Selain itu, kadungan vitamin B kompleks pada yogurt juga sangat penting untuk pertumbuhan jaringan otak dan senyawa kimia otak. Yogurt juga bisa menjadi obat sembelit untuk ibu hamil yang paling alami.

  1. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang mudah didapatkan. Bayam kaya akan folat. Folat sangat dibutuhkan janin untuk membantu metabolisme selnya. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada bayam dapat mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan otak janin. Bayam juga mengandung zat besi yang bisa mencegah anemia pada ibu hamil.

  1. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang sering ditemui. Telur dikenal sebagai sumber protein tinggi. Selain protein, telur juga mengandung zat besi. Kedua zat tersebut memiliki peran penting untuk perkembangan otak. Ibu hamil bisa mengkonsumsi semua jenis telur seperti telur ayam, telur bebek dan telur puyuh.

  1. Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak esensial yang berguna untuk perkembangan otak janin. Anak yang dilahirkan dari ibu yang mengonsumsi minyak ikan selama masa kehamilan memiliki kemampuan mengolah informasi yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang dilahirkan oleh ibu yang tidak mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan kaya akan omega 3. Omega 3 dikenal sebagai zat utama untuk mencerdaskan otak.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang banyak disukai. Alpukat mengandung oleic acid yang dapat membantu dan memelihara kesehatan sistem saraf. Sistem saraf salah satunya meliputi jaringan otak. Konsumsi alpukat saat hamil dapat memaksimalkan perkembangan otak janin. Manfaat alpukat untuk ibu hamil bahkan bisa mencegah cacat otak seperti spina bifida.

  1. Tomat

Tomat sudah sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tomat merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam tomat akan melindungi jaringan otak janin dari kerusakan. Konsumsi tomat selama masa kehamilah akan membantu perkembangan otak janin. Tomat untuk ibu hamil bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau buah segar saat siang hari.

  1. Sereal

Sereal kaya akan zat besi. Zat besi dapat memaksimalkan suplai oksigen pada janin. Oksigen sangat penting dalam perkembangan otak janin. Bayi yang mengalami kekurangan oksigen akan mengalami gangguan dalam perkembangan otak dan cenderung memiliki IQ yang rendah. Selain itu sereal juga kaya akan serat, yang dapat melancarkan pencernaan ibu selama masa hamil.

  1. Rumput laut

Rumput laut merupakan sumber iodin yang baik. Iodin membantu pertumbuhan tulang belakang dan mencegah retardasi mental. Rumput laut juga mengandung asam folat, kolin, dan omega 3. Oleh karena itu, konsumsi rumput laut selama kehamilan dapat memaksimalkan perkembangan otak janin.

  1. Kacang Almond

Kacang almond mengandung omega 3 dan omega 6. Zat tersebut dapat mengoptimalkan pertumbuhan sel otak dan memaksimalkan fungsinya. Selain itu, kacang almond juga merupakan sumber energi dan protein yang membantu dalam proses perkembangan otak janin. Vitamin E yang terkandung dalam kacang almond juga menjaga kesehatan kulit ibu. Manfaat almond bagi ibu hamil akan lebih optimal jika dikonsumsi secara rutin sebanyak delapan butir per hari.

  1. Jus Jeruk

Jus jeruk mengandung folat. Folat merupakan vitamin B6 yang bermanfaat bagi perkembangan otak dan tulang belakang janin. Folat juga mencegah terjadinya kelainan pada tulang belakang. Selain itu, vitamin C yang terdapat dalam jus jeruk dapat menjaga kesehatan kulit ibu. Jus jeruk untuk ibu hamil sebaiknya dibuat tanpa gula pemanis atau sirup buatan pabrik.

  1. Kentang

Kentang sering dijadikan makanan pengganti nasi. Kentang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Selain karbohidrat, kentang juga mengandung kolin yang berfungsi membantu pertumbuhan otak janin. Kolin juga membantu dalam pementukan sistem memori yang baik dan meningkatkan kemampuan belajar pada otak janin.

  1. Stroberi

Stroberi kaya akan iodin. Iodin merupakan zat penting yang dalam perkembangan otak dan tulang belakang janin. Defisiensi iodin dapat menyebabkan gangguan perkembangan motorik dan kognitif. Selain itu, konsumsi stroberi saat hamil dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak di masa depan.

  1. Susu

Susu mengandung iodin. Iodin merupakan zat yang baik untuk perkembangan otak janin. Selain itu, susu juga kaya akan kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang janin. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi susu dalam jumlah yang cukup. Manfaat susu bagi ibu hamil akan sangat penting untuk pertumbuhan janin, tidak hanya otak saja tapi juga semua bagian fisik bayi selama dalam kandungan.

  1. Udang

Udang mengandung omega 3 dan DHA. Konsumsi seafood yang kaya omega 3 dan DHA mencegah terjadinya autisme pada janin dan dapat meningkatkan kecerdasan intelektual bayi. Udang juga merupakan seafood yang rendah merkuri sehingga aman dikonsumsi. Namun, konsumsi udang ini tidak boleh berlebihan, disarankan tidak boleh lebih dari 12 ons per minggu.

  1. Buncis

Buncis merupakan sayuran yang mudah didapatkan. Buncis mengandung zat besi yang dapat memaksimalkan suplai oksigen ke seluruh jaringan tubuh termasuk otak. Suplai oksigen yang cukup dapat mengoptimalkan pertumbuhan sel-sel pada otak. Ibu dapat mengonsumsi buncis dengan berbagai cara, seperti dibuat sup, salad, atau tambahan dalam roti isi.

  1. Wortel

Wortel mengandung riboflavin atau vitamin B2. Vitamin B2 sangat penting untuk perkembangan mata dan kulit. Vitamin b2 juga membantu pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf janin, termasuk otak. Karoten dalam wortel juga baik untuk ibu dan janin. Manfaat wortel untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi karena juga akan menjaga kesehatan mata pada janin termasuk ketika sudah lahir.

  1. Beras Merah

Beras merah mengandung niacin atau vitamin B3. Vitamin B3 sangat penting untuk perkembangan otak janin, menjaga kesehatan sistem saraf, mukosa dan juga kulit bayi. Selain itu, beras merah juga kaya akan serat. Serat baik untuk pencernaan ibu agar ibu tidak sering terkena sembelit. Daripada mengkonsumsi beras putih maka memang lebih baik mengkonsumsi beras merah.

  1. Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah ditemui. Pisang mengandung pyridoxine atau vitamin B6. Vitamin B6 berperan penting dalam perkembangan otak dan sistem saraf janin. Selain itu vitamin B6 juga dapat mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah, serta mengurangi mual di pagi hari yang dialami ibu.

  1. Kacang Polong

Kacang polong mengandung asam folat atau vitamin B9. Vitamin B9 mencegah terjdinya kelainan pada otak seperti anencephaly (otak tidak berkembang). Vitamin B9 juga penting dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia pada ibu. Jika ibu mengalami anemia, maka akan mengganggu suplai oksigen pada janin yang dapat berakibat pada pertumbuhannya.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung dua zat penting yang sangat baik untuk perkembangan otak janin. Kedua zat tersebut yaitu zat besi dan Omega 3. Zat besi dan Omega 3 dapat meningkatkan perkembangan otak. Ikan salmon merupakan ikan rendah merkuri sehingga aman untuk dikonsumsi. Ikan salmon untuk ibu hamil bisa dikonsumsi ketika sudah dimasak hingga matang. Jangan sampai ibu hamil mengkonsumsi ikan salmon mentah seperti olahan sushi.

  1. Kacang Walnut

Kacang walnut tinggi akan asam omega 3.  Omega 3 yang terkandung di dalam kacang walnut dapat membantu mengoptimalkan fungsi otak pada janin. Selin itu, omega 3 juga berperan sebagai zat kimia otak. Kacang walnut juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan ibu. Tapi ibu hamil harus hati-hati, sebab kacang walnut juga sering menyebabkan reaksi alergi dan gangguan pencernaan.

  1. Kismis

Kismis mengandung zat besi. Zat besi berperan dalam perkembangan otak janin dengan cara memicu pembentukan neurotransmitter atau zat kimia otak yang berfungsi sebagai komunikasi antar sel-sel dalam otak. Asupan zat besi yang cukup dapat mencegah kelahiran bayi prematur. Bayi yang lahir prematur lebih beresiko mengalami gangguan berkembangan dan cedera otak lainnya.

inilah semua jenis makanan untuk perkembangan otak janin dalam kandungan agar bayi lahir cerdas. Ibu dapat mengonsumsi makanan tersebut agar perkembangan otak janin maksimal, sehingga ibu dapat melahirkan bayi yang cerdas. Selain sehat untuk otak bayi maka juga sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu selama hamil.