Amankah Melahirkan Di Usia Kehamilan 35 Minggu Dan Bagaimana Perawatannya?

Bayi seharusnya akan lahir ketika usia kehamilan mencapai akhir 37 minggu. Jika kurang dari usia tersebut atau antara usia kandungan 24 sampai 36 minggu maka disebut dengan kelahiran prematur. Ada banyak hal yang menyebabkan bayi bisa lahir prematur seperti kehamilan bayi kembar, kondisi kesehatan janin, kesehatan ibu yang buruk, kelainan rahim dan efek cedera pada ibu. Tapi ketika ibu melahirkan di usia kehamilan 35 minggu maka ini umumnya termasuk kondisi yang cukup aman. Meskipun juga ada risiko yang bisa terjadi pada ibu dan bayi. Tapi amankah melahirkan di usia kehamilan 35 mingu dan bagaimana perawatannya? Ikuti informasi berikut ini.

Aman Tidak?

Jika persalinan terpaksa harus dilakukan pada usia kehamilan 35 minggu minggu makan biasanya ini termasuk kondisi yang cukup aman. Bayi yang lahir pada usia kehamilan ini memiliki nilai angka bertahan hidup yang lebih tinggi dibandingkan kurang dari usia kehamilan tersebut. Meskipun ini termasuk dalam kategori prematur  tapi biasanya berat badan bayi sudah mencapai 2,5 kg dengan tinggi 42,7 sampai 47 cm. Bayi Anda akan tampak lebih kurus dan kecil karena memang itulah tahapan yang baru dicapai. Namun secara keseluruhan bayi bisa tumbuh sehat setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Risiko Kesehatan Pada Bayi

  1. Gangguan pernafasan

Pada usia kehamilan tersebut memang saluran pernafasan bayi seharusnya masih berkembang di rahim ibu. Ketika bayi sudah lahir maka akhirnya paru-paru belum sepenuhnya berfungsi sempurna. Inilah yang membuat bayi terkena gangguan pernafasan. Risiko adanya penyakit pada bayi prematur ini bisa dibawa sampai anak tumbuh dewasa. Namun dokter biasanya akan memberikan alat bantu nafas sampai bayi bisa bernafas sendiri.

  1. Gangguan makan (minum ASI)

Bayi yang lahir pada usia kehamilan ini juga biasanya belum bisa menghisap ASI secara langsung dari payudara atau botol susu. Jika bayi juga menderita gangguan saluran pernafasan maka makanan seperti susu formula atau ASI akan dimasukkan lewat selang yang langsung terhubung dengan pencernaan bayi. Jika bayi menerima nutrisi yang cukup maka ibu tidak perlu khawatir dengan gangguan tumbuh kembang anak nantinya, karena fungsi otak saat usia ini sudah normal sehingga tidak ada masalah nantinya.

  1. Masalah suhu tubuh

Bayi yang lahir pada usia kehamilan 35 minggu juga sangat rentan dengan masalah hipotermia pada bayi baru lahir. Penyebabnya adalah karena kondisi kemampuan tubuh bayi yang cukup rendah untuk mempertahankan suhu tubuh. Tubuh bayi mengalami shock pada perubahan suhu pada rahim dan diluar rahim. Untuk mengatasinya maka biasanya bayi ditempatkan dalam inkubator sehingga tubuh bayi bisa lebih hangat.

  1. Penyakit kuning pada bayi

Bayi yang lahir pada usia ini juga bisa mengalami penyakit kuning pada bayi. Kondisi ini memang sangat umum dimana kadar bilirubin dalam tubuh bayi menjadi sangat tinggi. Hal ini bisa disebabkan karena tubuh bayi belum bisa membuang bilirubin secara alami sehingga akhirnya menumpuk dan membuat kulit serta mata bayi tampak sangat kuning. Untuk perawatan bayi diperlukan dengan menempatkan bayi pada alat dengan terapi sinar biru yang khusus. Ibu tidak perlu khawatir karena bayi bisa sehat kembali setelah kadar bilirubin normal.

Perawatan

Untuk bayi yang lahir pada usia kehamilan 35 minggu maka sepenuhnya harus mendapatkan perawatan dokter secara intensif di rumah sakit. Berikut ini tips perawatan yang bisa Anda lakukan.

  1. Kerjasama dengan pihak medis yang tepat. Ibu harus mendapatkan dukungan yang tepat sehingga bayi bisa mendapatkan tindakan perawatan yang tepat. Ibu harus berkomunikasi secara aktif dengan dokter dan staf medis selama bayi dalam perawatan di rumah sakit.
  2. Ikuti apa yang diminta oleh dokter setelah ibu jelas dengan tujuan perawatan. Jangan sampai menyetujui perawatan yang ibu tidak tahu apa fungsi dan efeknya untuk bayi Anda.
  3. Dapatkan dukungan untuk bisa memberikan ASI kepada bayi karena ASI sangat penting untuk bayi prematur.
  4. Pastikan ibu bisa merasakan dukungan dari tim medis yang selalu memberikan semangat, bersikap ramah, memahami kondisi psikologis ibu setelah melahirkan dan juga dukungan dari keluarga besar.

Nah itulah pedoman tentang amankah melahirkan di usia kehamilan 35 mingu dan bagaimana perawatannya? Semua ibu pasti khawatir dengan kondisi ini tapi sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir dan ikuti perawatan di rumah sakit sampai bayi sehat.