Mengenal Metode Bradley Dalam Persalinan : Pengertian – Cara – Manfaat

Cara agar persalinan normal tidak sakit pasti akan dilakukan oleh semua ibu hamil. Persiapan untuk bisa melahirkan normal tanpa hambatan bisa membuat ibu merasa tertekan. Bahkan ketika sudah melakukan senam hamil, yoga dan kegiatan lain yang bisa membuat gerakan janin turun secara alami ke panggul. Tapi saat akan melahirkan bisa menjadi waktu yang mendebarkan sehingga ibu stres dan cemas yang justru bisa merusak rencana persalinan normal ibu. Agar bisa melahirkan normal maka bisa melakukan metode Bradley dalam persalinan. Berikut ini adalah keterangan tentang mengenal metode Bradley dalam persalinan seperti pengertian, cara dan manfaat.

Pengertian

Metode proses persalinan ini awalnya ditemukan oleh Dr. Robert Bradley pada tahun 1940 an. Tujuan dari proses persalinan dengan metode ini adalah untuk mendorong agar wanita bisa melahirkan tanpa menggunakan obat pereda nyeri selama proses persalinan. Sehingga ibu bisa melahirkan normal secara sangat alami, tidak sakit dan menyenangkan untuk ibu dan pasangan. Program ini akan dilakukan selama 12 minggu selama kehamilan sampai menunggu proses persalinan. Dalam program ini ibu akan belajar tentang diet, relaksasi, nutrisi, persalinan, perawatan setelah melahirkan, proses menyusui dan dukungan dari suami. Semua proses ini membutuhkan suami yang aktif sehingga peran suami sangat besar.

Cara

  1. Mulai latihan. Metode ini sudah bisa dipelajari sejak masuk ke perkembangan janin 5 bulan. Metode ini biasanya dilakukan di rumah sehingga proses latihan sangat nyaman dan intens dengan ibu dan pasangan.
  2. Tahap 1 sampai 3: pada latihan ini ibu akan mempelajari semua kebutuhan gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan. Selain itu juga akan diberikan pengertian tentang olahraga yang tepat, proses jongkok saat hamil, dan cara untuk menguatkan otot dasar panggul dan membuat bayi turun dengan posisi yang tepat.
  3. Tahap 4 sampai 5. Pada tahap ini biasanya pelatih akan mengenalkan apa saja peran suami saat hamil. Suami memang memiliki peran yang cukup besar termasuk saat hamil dan persalinan.
  4. Tahap 6 sampai 8. Suami dan istri akan diajari tentang tahap tahap persalinan normal dan fokus pada proses persalinan serta persiapan setelah persalinan. Juga dikenalkan bagaimana menyikapi proses yang mungkin tidak sesuai dengan harapan.
  5. Tahap 9 sampai 11. Pasangan suami istri akan belajar tentang cara untuk mengatasi dan menghadapi ciri ciri kontraksi akan melahirkan. Suami akan memberikan dukungan yang besar untuk istri dan mencoba untuk melatih semua tehnik pernafasan sesuai instruktur.

Manfaat

  1. Membuat proses persalinan lebih santai. Selama proses persalinan maka akan membuat ibu lebih santai, tidak cemas dan nyaman. Dengan begitu akan membuat ibu bisa melahirkan normal lebih nyaman dan tidak panik.
  2. Menghindari komplikasi persalinan. Ibu juga akan bisa menghadapi proses persalinan dengan nyaman dan minim komplikasi. Cara ini bisa mengatasi ibu dari risiko yang tidak diinginkan seperti persalinan dengan forceps dan episiotomi yang banyak.
  3. Bisa mengatasi komplikasi kehamilan. Karena metode ini dilakukan selama kehamilan maka bisa mencegah komplikasi kehamilan yang bisa memicu kondisi kesehatan seperti preeklampsia dan ibu hamil kurang nutrisi.
  4. Persalinan lebih kompak. Istri dan suami bisa menjalani proses persalinan yang kompak karena sudah bekerjasama selama hamil dan memiliki pandangan yang sama untuk persalinan normal tanpa obat serta tidak menyakitkan.
  5. Mengatasi caesar. Metode ini juga bisa membantu pasangan untuk tidak memilih caesar karena bisa mengurangi intervensi medis selama persalinan.

Itulah materi mengenai mengenal metode Bradley dalam persalinan seperti pengertian, cara dan manfaat. Dengan begitu ibu bisa mempertimbangkan apakah mau melakukan proses persalinan dengan metode Bradley atau tidak.