16 Ciri Ciri Wanita Subur Setelah Haid Paling Akurat  

Bisa hamil secara alami telah menjadi keinginan semua wanita. Itu artinya Anda tidak perlu menjalani berbagai prosedur medis untuk bisa mendapatkan berbagai tanda kehamilan. Namun syarat yang dibutuhkan yaitu Anda harus memiliki kesuburan yang tinggi serta kondisi organ reproduksi yang benar-benar sehat. Rahim yang subur sangat penting untuk bisa hamil sebab bisa membuat indung telur menghasilkan sel telur yang berkualitas. Dan masalah ini bisa ditemukan dari berbagai tanda-tanda setelah menstruasi. Berikut ini adalah beberapa ciri ciri wanita subur setelah haid yang paling akurat.

  1. Siklus menstruasi normal

Hal pertama yang perlu dilihat dari masalah ini adalah bahwa Anda telah melewati siklus menstruasi yang normal. Anda tidak terlambat menstruasi dan tidak ada masalah selama menstruasi. Biasanya seorang wanita yang subur telah melewati periode menstruasi dengan tepat dengan perkiraan waktu antara 24 sampai 35 hari. Dengan perhitungan itu maka pada saat mencapai tanggal pertengahan yang dihitung dari tanggal pertama menstruasi maka itulah masa yang mendekati masa subur dengan berbagai tanda-tanda ovulasi.

Informasi menstruasi:

  1. Merasa PMS yang lebih ringan

Biasanya PMS paling sering terjadi sebelum haid dan bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Tanda yang paling sering terjadi termasuk seperti kram perut, perut tidak nyaman dan sakit kepala. Semua tanda ini juga akan terjadi ketika Anda sudah masuk ke masa yang subur. Tanda yang paling jelas termasuk seperti payudara yang menjadi sangat lembut, kram perut yang ringan dan juga perut terasa lebih kembung. Jika Anda ingin mencoba cara hamil secara alami maka ini waktu yang tepat untuk lebih rajin berhubungan intim. (baca: perbedaan hamil dan PMS – penyebab wanita telat datang bulan )

Informasi kesuburan wanita:

  1. Keputihan yang bersih dan tidak berbau

Keputihan tidak selalu pertanda buruk seperti adanya berbagai penyakit reproduksi wanita. Keputihan bisa menjadi tanda bahwa Anda masuk ke masa yang subur. Namun tanda keputihan masa subur adalah cairan yang keluar sangat bersih, tidak berbau dan mudah untuk dihilangkan. Anda juga tidak merasa gatal atau panas di sekitar organ intim. Keputihan ini memiliki fungsi untuk mendorong sel sperma bisa melewati serviks dengan lancar sampai tuba falopi. (baca: tanda tanda ovulasi – cara menghitung masa subur wanita )

Informasi keputihan:


  1. Tekanan darah yang stabil

Saat menstruasi maka biasanya perempuan akan mengalami tekanan darah yang rendah. Hal ini berhubungan dengan kondisi pendarahan selama menstruasi. Namun setelah itu maka tekanan darah akan normal dan tubuh Anda terasa sangat sehat. Saat sudah masuk masa subur maka hormon kesuburan kembali normal dan tekanan darah juga akan normal. Jadi Anda merasa bahwa tubuh Anda sangat sehat dan bersemangat.

(baca: obat darah tinggi untuk ibu hamil – cara menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil – tekanan darah tinggi pada ibu hamil)

  1. Tubuh terasa nyaman atau tidak berkeringat banyak

Menjelang menstruasi maka biasanya wanita merasa lebih banyak berkeringat. Hal ini juga sering terjadi pada malam hari. Semua ini sangat berhubungan dengan kondisi ovarium termasuk jika ada penebalan dinding rahim atau penyakit pada organ reproduksi. Namun saat sudah masuk masa subur maka Anda tidak akan merasakan tanda itu. Tubuh Anda sejuk seperti biasa dan tidak berkeringat saat malam hari. Artinya adalah bahwa sistem hormon dalam tubuh Anda bekerja secara normal. (baca: ciri-ciri pria mandul – penyebab kemandulan pada wanita  – ciri wanita mandul)

  1. Panggul terasa nyaman

Saat menjelang menstruasi maka Anda bisa merasa tidak nyaman termasuk sakit pada bagian panggul. Kondisi ini bisa berhubungan saat sebelum menstruasi, selama menstruasi dan setelah menstruasi. Biasanya ini juga berhubungan dengan penyakit endometriosis, kista ovarium dan penyakit lain. Tapi ketika sudah masuk masa subur maka Anda tidak merasakan semua kondisi ini. Anda juga tidak bisa merasakan gejala ini selama masa PMS dan saat menstruasi. Jadi panggul Anda terasa nyaman dan tidak ada tanda sakit.

Informasi penyakit reproduksi wanita:

  1. Kulit wajah merona

Sebuah penelitian juga membuktikan jika wanita yang sudah masuk masa subur setelah menstruasi biasanya akan memiliki kulit wajah yang lebih merah. Hal ini ternyata sangat berhubungan dengan tingkat hormon normal dalam tubuh. Kemudian jenis hormon estradiol juga meningkat sehingga mendukung proses ovulasi dan membuat banyak darah yang mengalir ke wajah. Inilah yang akan membuat wajah wanita terlihat lebih merah. Namun untuk kulit yang lebih gelap maka biasanya akan terlihat seperti gosong atau lebih hitam. (Baca juga: tanda tanda penebalan dinding rahim – ciri dinding rahim menebal tanda hamil)

  1. Suara lebih besar

Ternyata ciri ciri wanita subur setelah haid lain adalah suara yang terdengar lebih besar. Ini sangat berbeda dibandingkan dengan wanita yang menjelang menstruasi karena terlihat lebih lemah. Sebuah penelitian membuktikan jika pengaruh kenaikan hormon estrogen dan progestin bisa merangsang syaraf dan jaringan pada tenggorokan dan pita suara. Ini sangat penting untuk dilihat karena ternyata aliran darah pada bagian tenggorokan juga menjadi lebih besar. Beberapa wanita yang bersuara berat biasanya akan terdengar lebih serak.

  1. Cenderung lebih ceria

Setelah melewati masa menstruasi yang tidak menyenangkan maka biasanya wanita merasa sangat lega. Periode menstruasi bisa membuat perasaan wanita menjadi lebih sensitif. Namun ketika mereka sudah masuk masa subur maka wanita akan terlihat lebih gembira. Wanita akan berbicara lebih banyak dan menikmati berbagai aktifitas. Biasanya wanita ingin terlihat feminim dengan memiliki baju cerah dan cantik. Ini juga menjadi alasan bahwa mereka ingin terlihat sangat ceria.

Informasi cara cepat hamil:

  1. Ingin menurunkan berat badan

Wanita yang sedang masuk masa subur juga memiliki motivasi hidup sehat yang lebih tinggi. Pada dasarnya tingkat hormon estrogen yang normal bisa membuat wanita ingin menarik pasangan dan juga lawan jenis. Ini bisa terjadi pada wanita yang sudah menikah atau belum. Hal yang paling sering dilakukan oleh wanita adalah bahwa mereka tiba-tiba ingin diet, ingin memiliki bentuk badan yang menarik dan ingin terlihat sempurna. (baca: diet ibu hamil agar bayi tidak besar – menu diet ibu hamil dengan obesitas – cara menurunkan berat badan saat hamil )

  1. Payudara lebih lembut

Saat sudah masuk masa subur maka biasanya payudara wanita juga akan menjadi sangat lembut. Ini sangat berbeda dibandingkan pada wanita yang sudah masuk masa PMS atau saat menstruasi. Setelah menstruasi maka hormon kembali normal dan ini bisa membuat payudara menjadi lebih lembut. Terkadang hal ini yang membuat wanita ingin terlihat seksi di depan pasangan, terutama bagi yang sudah menikah.

Informasi ASI dan susu formula:

  1. Kulit menjadi sangat halus

Wanita yang sudah masuk masa subur juga bisa memiliki kulit yang sangat indah dan lembut. Ini sangat penting untuk wanita karena mereka juga bisa menjadi lebih percaya diri. Salah satu penyebab kulit wanita menjadi halus adalah karena hormon kesuburan yang sudah kembali seperti semula, rahim yang bersih dan sehat serta aliran darah yang normal ke semua bagian tubuh dan kulit. Jadi ini juga penting untuk dilihat, jika Anda ingin tahu sedang subur atau tidak. (baca: infeksi kulit pada bayi –  penyakit kulit pada bayi –  bintik merah pada kulit bayi)


  1. Wajah terlihat lebih cantik

Hormon telah memberi pengaruh yang sangat besar untuk wanita. Bahkan karena tingkat estrogen yang sudah kembali normal maka bisa membuat wanita bisa terlihat sangat cantik. Wanita yang sudah masuk masa subur memiliki tingkat feminimitas yang lebih tinggi. Wanita akan terlihat dengan wajah merona, kulit yang bersih dan sangat cantik. Bahkan karena hal ini maka kebanyakan wanita tidak ingin menggunakan riasan untuk menutupi wajah mereka.

  1. Serviks yang lebih basah

Selain beberapa ciri ciri wanita subur setelah haid seperti diatas maka biasanya wanita juga akan memiliki serviks yang lebih basah. Pada saat masa subur maka serviks juga akan menjadi lebih rendah, keras, tertutup dan sedikit kering. Kemudian serviks akan mengeluarkan cairan putih yang tegas, bening dan tidak berbau. Hal ini yang akan membuat serviks memberi jalan yang akan mendukung sel sperma bisa masuk sampai tuba falopi. (baca: masa tidak subur setelah haid )

  1. Suhu tubuh berubah saat pagi hari

Wanita yang masuk masa subur saat setelah haid maka biasanya juga memiliki suhu tubuh yang lebih rendah pada pagi hari. Kemudian suhu tubuh akan meningkat pada siang hari namun tidak terlalu jauh. Ini yang menjadi sarana penting untuk proses ovulasi dalam beberapa hari ke depan. Tanda ini juga sangat penting untuk diketahui karena bisa digunakan untuk melacak jika ada penyakit pada organ reproduksi. Jadi Anda bisa menandai sendiri masalah suhu tubuh ini.

  1. Indra penciuman yang lebih tajam

Untuk wanita subur maka biasanya wanita juga akan menjadi lebih sensitif terhadap bau. Biasanya wanita tidak suka berbagai aroma saat menjelang menstruasi. Tapi karena faktor hormon maka saat akan menstruasi aroma menjadi hal yang menarik. Saat mendekati masa ovulasi maka biasanya wanita menjadi lebih tertarik dengan aroma. Bahkan wanita bisa menandai aroma jika berdekatan dengan pria terutama pasangannya.

Inilah berbagai ciri ciri wanita subur setelah haid yang bisa digunakan untuk mendukung cara cepat hamil. Bahkan ciri ini juga penting untuk mencegah kehamilan tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

, , ,
Post Date: Tuesday 03rd, October 2017 / 06:06 Oleh :
Kategori : Haid
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular