Sponsors Link

4 Manfaat Hati Ayam Untuk Bayi

Sponsors Link

Apakah anda gemar mengonsumsi hati ayam? Hati ayam merupakan salah satu bahan makanan yang mudah didapatkan dan bisa dibuat sebagai pelengkap berbagai jenis makanan. Hati ayam bukan hanya enak untuk dibuat tumis melainkan juga bisa dikonsumsi dengan cara menggorengnya atau bahkan dengan memasukkan ke dalam sup. Meski demikian ada beberapa orang yang kurang suka dengan rasa hati ayam karena agak pahit. Meski banyak yang mengira bahwa hati ayam berbahaya untuk dikonsumsi karena mampu meningkatkan kolesterol namun nyatanya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Hati merupakan bahan makanan dengan kandungan yang baik bagi kesehatan karena mengandung beragam jenis zat yang bagus bagi tubuh.

ads

Baca Juga:

Seorang wanita hamil, memerlukan folat yang lebih banyak jika dibandingkan dengan wanita biasa. Folat memiliki begitu banyak fungsi bagi kesehatan bumil seperti mencegah gangguan kehamilan serta mencegah resiko bayi terkena kelainan. Pada tiap 1 ons hati ayam terkandung  folat yang sangat tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Tidak hanya itu namun kandungan folat juga bagus untuk para wanita yang tengah merencanakan program hamil. (Baca Juga: Akibat Kelebihan Asam Folat Pada Ibu Hamil , Akibat Kekurangan Asam Folat pada Ibu Hamil)

Meski aman dikonsumsi namun tidak berarti anda boleh berlebihan mengonsumsinya. Segala sesuatu sudah pasti ada batasnya. Kelebihan hati ayam juga dapat membuat kesehatan anda memburuk seperti peningkatan kadar vitamin A yang berlebihan pada tubuh. Jika kelebihan salah satu jenis vitamin ini terjadi, maka bisa menimbulkan keracunan makanan. Bagi ibu hamil yang kelebihan vitamin A dapat menyebabkan kerusakan organ janin di dalam kandungan. Perlu diketahui fungsi organ hati adalah sebagai penyaring racun dalam tubuh pada sistem pencernaan. Tidak heran jika hati merupakan bagian tubuh yang rentan tercemar zat kimia, racun atau bahkan pestisida. Inilah kenapa ibu hamil harus berhati-hati saat ingin mengonsumsi hati ayam sebagai makanan pendamping ASI bagi bayinya. Ibu juga harus memasak hati ayam hingga matang supaya jika ada virus toksoplasma, maka virus tersebut bisa mati.

Baca Juga:

  1. Pembentukan Darah Merah

Tubuh memerlukan zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah sendiri merupakan pengantar oksigen serta penghasil energi. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang membuat tubuh lemas dan mudah pusing. Kekurangan zat besi pada bayi bisa menyebabkan:

ads
  • Wajah pucat
  • Nafsu makan berkurang
  • Napas pendek dan cepat
  • Lemah dan tubuh mudah capai
  • Radang pada lidah
  • Detak jantung yang tidak beraturan
  • Resiko terkena infeksi menjadi meningkat

(Baca Juga: Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi pada Ibu Hamil , Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil)

  1. Bagus Untuk Mata

Salah satu jenis vitamin yang bisa ditemukan pada hati ayam adalah kandungan vitamin A nya. Vitamin memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan seperti untuk menjaga organ mata supaya tetap sehat serta terhindar dai resiko mengalami kebutaan. Mengonsumsi vitamin A bisa juga anda lakukan dengan mengonsumsi buah-buahan serta sayuran. Vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan bisa ditemukan dalam bentuk suplemen yang ditemukan di apotek-apotek. (Baca Juga: Bahaya Vitamin A bagi Ibu Hamil , Vitamin A untuk Ibu Hami)

  1. Mengandung Fosfor

Fosfor merupakan salah satu zat yang begitu diperlukan bagi tubuh. Tidak hanya anak-anak, namun orang dewasa hingga orang fua perlu fosfor. Fosfor merupakan zat pemberi energi yang digunakan untuk metabolisme lemak serta pati. Hal ini berguna untuk menunjang kesehatan gigi, gusi, sintesa DNA serta membantu penyerapan kalsium pada tubuh manusia. Ketika kebutuhan tubuh akan fosfor terpenuhi, maka perkembangan anak-anak akan semakin baik dalam melewati masa-masa pertumbuhan. Mengonsumsi fosfor sejak dini merupakan cara terbaik utuk memenuhi asupan tubuh sehat mempersehat tubuh itu sendiri. (Baca Juga: Manfaat Pisang untuk Bayi , Manfaat Belut untuk Bayi)

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Hati ayam ternyata juga bisa digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan hati ayam mengandung zinc atau seng yang berperan dalam peninkatan kekebalan tubuh. Zat ini juga bagus untuk meningkatkan nafsu makan sehingga bagus bagi anak-anak yang kerap mengalami gejala penurunan nafsu makan. Pada orang tua, zat zinc juga begitu diperlukan sehingga orang dengan usia lanjut banyak diharapkan mengonsumsi hati ayam. Untuk konsumsi bayi, maka ibu bisa membuat hati ayam sebagai campuran bubur tim. (Baca Juga: Cara Meningkatkan Berat Badan Bayi 9 Bulan , Manfaat Kurma Untuk Bayi)

Bubur tim merupakan makanan bagi bayi yang bisa dikonsumsi sebagai makanan pendamping ASI atau MPASI. Anda bisa menggunakan beragam jenis bahan lain yang sama bermanfaatnya seperti nasi, seledri, kentang, wortel dan bawang goreng. Mengonsumsi bubur sehat ini membantu anak terhindar dari resiko terkena kurang gizi. Perlu diketahui, hati ayam bagi bayi memiliki banyak sekali manfaat karena mengandung beragam nutrisi serta zat penting bagi tubuh layaknya fosfor, zat besi, vitamin A, B12, asam folat, seng, magnesium dan lain-lain. Meski banyak yang meragukan keamanan hati ayam bagi bayi, namun nyatanya konsumsi hati ayam aman asal tidak berlebihan dan dimasak dengan matang. Ibu juga harus cermat dalam memilih hati ayam untuk dikonsumsi. Pilih hati ayam yang masih segar dan hindari memilih hati ayam yang berwarna abu-abu. Cuci berulang kali lalu masak hingga matang. Demikian penjelasan tentang manfaat hati ayam untuk bayi semoga bermanfaat. (Baca Juga: Manfaat Zat Besi untuk Ibu Hamil , Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Ibu Hamil)

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 12:38 Oleh :
Kategori : Makanan Bayi