23 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Super Ampuh

Setiap orang pasti akan merasa senang apabila bisa memenuhi kodratnya. Dalam hal ini melahirkan merupakan salah satu kodrat bagi semua wanita. Oleh karena itu, seorang wanita pasti akan sangat senang dan bahagia apabila bisa mengandung sekaligus melahirkan keturunan mereka. Meskipun prosesnya tidaklah mudah bahkan mempertaruhkan nyawa, namun bagi seorang wanita bisa melahirkan merupakan suatu kesempurnaan tersendiri yang diberikan oleh Tuhan kepada mereka.

Berbagai macam cara bahkan rela dilakukan oleh wanita agar bisa hamil dan melahirkan secara sehat setelah melakukan pernikahan bersama pasangan prianya. Mereka bahkan rela untuk kehilangan bentuk tubuh langsung dan sexy-nya selama berbulan-bulan demi sebuah kehamilan. Namun untuk anda para wanita janganlah merasa khawatir karena banyak cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula pasca melahirkan termasuk mengecilkan perut. Adapun cara mengecilkan perut setelah melahirkan dapat anda lakukan dengan mudah, antara lain:

1. Melakukan pernapasan dengan baik

Bernapas dengan baik juga merupakan faktor penting yang harus dilakukan setiap hari untuk bisa mendukung proses pengecilan perut setelah melahirkan. Cara bernapas yang baik adalah mengambil napas atau menghirup udara melalui hidung. Karena apabila bernapas dilakukan dengan baik, maka tubuh akan menjadi rileks karena proses stimulasi pada tubuh berlangsung baik dan juga mempengaruhi fungsi kerja dari otak. Jadi usahakanlah untuk selalu bernapas dengan baik, secara perlahan-lahan, dan coba rasakan gerak paru-paru saat proses bernapas berlangsung. Selain itu, bernapas dengan baik juga akan menyehatkan tubuh dan kulit.

2. Menyusui buah hati (bayi)

Menyusui bayinya yang baru lahir merupakan hal yang tentu wajib dilakukan oleh setiap wanita. Di samping untuk memenuhi asupan gizi bagi sang bayi sehingga tumbuh sehat, menyusui juga merupakan cara awal yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut pasca melahirkan. Mengapa demikian? Karena setiap menyusui bayinya berarti wanita telah mengeluarkan 5000 kalori dari dalam tubuh setiap harinya untuk ditransfer pada sang bayi. Ditambah lagi, dengan menyusui dapat membantu perangsangan kontraksi rahim yang menyusutkan ukuran uterus agar kembali seperti semula di saat sebelum hamil. Dengan demikian, seiring dengan periode pemberian ASI pada si bayi setiap harinya berarti wanita juga melakukan terapi alami untuk mengecilkan perut pasca melahirkan tanpa disadarinya. Namun tentu saja nutrisi seorang wanita selama fase menyusui juga harus dipenuhi agar kualitas ASI tetap terjaga baik.

3. Makan dengan porsi sedikit, namun dengan frekuensi yang sering

Porsi makan yang sedikit akan membantu wanita pasca melahirkan untuk membatasi asupan lemak dan kalori supaya tidak jadi penumpukan. Namun demikian agar asupan nutrisi tetap seimbang, maka frekuensi makan harus lebih sering dari biasanya. Frekuensi yang sering ini untuk menjaga sirkulasi pembakaran dalam tubuh tetap stabil mengingat porsi asupan makanan yang masuk berkurang. Frekuensi yang menjadi rekomendasi dengan porsi sedikit tersebut adalah 3 – 4 kali sehari. Apabila dilakukan secara rutin, maka hasil yang diperoleh juga akan efektif. Hal ini juga sudah dibuktikan bahwa metode seperti ini memiliki efektifitas yang tinggi untuk menurunkan berat badan, yang berarti juga mengecilkan perut pasca melahirkan. Kunci terpentingnya adalah rutin. Jika rutin, maka hal akan efektif dan maksimal sesuai yang diharapkan.

4. Memilih makanan yang rendah lemak dan kalori

Memilih makanan yang rendah lemak dan kalori juga merupakan cara efektif yang bisa dilakukan. Tetapi juga perlu diingat bahwa sang bayi juga membutuhkan nutrisi yang cukup, terutama dari kualitas ASI seorang ibunya, untuk proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang baik. Oleh karena itu, pintar-pintar dalam memilih makanan dengan tidak mengesampingkan kebutuhan nutrisi yang diperlukan sang buah hati. Hal ini juga berarti bahwa wanita jangan sampai terlalu anti pada makanan berlemak dan berkalori. Lebih amannya, wanita bisa meminta saran dari orang-orang terdekat terlebih yang sudah pernah melahirkan tentang pola makanan yang sehat dan baik untuk sang bayi, di samping usahanya untuk mengecilkan perut.

5. Memperbanyak konsumsi air putih

Fungsi air putih sebagaimana kita ketahui ialah sebagai pembersih semua organ di dalam tubuh terutama saluran pencernaan dan peredaran darah dari berbagai macam penyakit dan racun. Salah satu proses yang sangat penting ialah proses hidrasi, di mana proses ini bisa membantu proses pencernaan bekerja baik dan maksimal serta membantu melangsingkan tubuh. Hal ini juga dikarenakan mengkonsumsi banyak air putih selain dapat membantu menahan rasa lapar yang muncul, juga dapat mencairkan konsentrasi sodium di dalam tubuh sehingga menyebabkan banyaknya air yang keluar pada sistem pencernaan.

6. Olahraga ringan

Membiasakan olahraga ringan juga merupakan cara yang tak kalah efektih untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Karena dengan berolahraga yang teratur, otot-otot yang kendor akan kembali kencang. Usahakan juga bahwa olahraga ringan ini mendapat rekomendasi dokter, dalam artian bahwa anda memang sudah cukup sehat dan kuat untuk melakukan gerakan olahraga. Salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah berjalan kaki bersama bayi anda sambil mendorong troll (kereta) bayinya. Dengan begitu anda sudah melakukan olahraga yang bisa membakar lemak dan kalori dalam tubuh secara sehat.

7. Melatih otot perut

Latihan otot perut juga bisa menjadi aktivitas yang bisa anda lakukan secara rutin untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Di samping itu, latihan otot perut bisa dilakukan sesuka anda, mulai dengan duduk, berdiri maupun berbaring. Caranya pun cukup mudah, yaitu lakukanlah tarikan pada perut anda menuju perut bagian dalam dengan cara mengkontraksikan otot-otot perut, tahan posisi tersebut dalam waktu beberapa menit. Kemudian ulangilah secara berkali-kali sampai anda merasa cukup. Lakukan rutin setiap harinya.

Latihan otot perut lainnya bisa dilakukan menggunakan metode shoulder lift. Latihan ini hanya memerlukan matras sebagai alat pembantunya. Caranya adalah:

  • Pertama: baringkan tubuh anda pada matras secara terlentang.
  • Kedua: tekuk kaki beserta telapak kaki anda hingga menyentuh lantai.
  • Ketiga: hembuskan nafas dan kontraksikan pada otot perut, kemudian angkat kepala dan pundak anda.
  • Keempat: tahan posisi tersebut dalam waktu beberapa detik, lalu turunkan kepala dan pundak yang terangkat secara perlahan-lahan.
  • Kelima: ulangi dari awal sehingga anda merasa cukup dan biasakan untuk melakukannya secara rutin setiap hari.

8. Makan buah dan sayur berserat tinggi

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan juga dapat dilakukan dengan konsumsi makanan berserat tinggi. Setelah melahirkan dokter pasti menganjurkan agar anda untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur berserat tinggi. Hal ini dilakukan karena demi menjaga stamina dan daya tahan pada tubuh, mengingat tubuh pasca melahirkan masih sangat lemah dan lelah selama proses persalinan berlangsung. Perut buncit yang tampak setelah melahirkan karena adanya penumpukan lemak dan kalori serta kurangnya vitamin di dalam tubuh. Oleh karena itu, memakan makanan seperti buah dan sayur berserat tinggi akan membantu pencernaan dalam tubuh sehingga tidak aka nada lagi penumpukan.

9. Menghindari mongkonsumsi jamu atau ramuan herbal

Mengkonsumsi jamu atau ramuan herbal memang dapat menyegarkan kondisi tubuh yang sebelumnya drop atau down karena lelah dan semacamnya. Tentu ini memang baik untuk kesehatan anda sebagai seorang ibu, tetapi ingatlah juga bagi bayi yang baru anda lahirkan. Jamu atau ramuan herbal tidak akan baik baginya karena dapat mengganggu kesehatan dan menghambat pertumbuhannya. Oleh karena itu, hindarilah hal ini terutama ketika masih dalam fase menyusui karena akan berpengaruh juga pada kualitas ASI yang dihasilkan.

10. Jangan biasakan tidur setelah makan

Membiasakan tidur setelah makan merupakan salah satu penyebab buncitnya perut. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan ini apabila anda ingin mengecilkan perut setelah melahirkan. Apalagi langsung tidur sehabis makan juga tidak menyehatkan bagi tubuh karena bahan-bahan makanan yang harusnya langsung dicerna oleh tubuh akan tertunda di saat sedang tidur sehingga terjadi penumpukan seperti lemak dan kalori yang rentang mengalami penumpukan dan membuat lipatan-lipatan di tubuh serta membuncitkan perut. Mengapa demikian? Karena sejatinya proses pencernaan makanan berlangsung di sekitaran perut, yaitu lambung.

11. Tetap melakukan aktivitas seperti biasa

Setelah anda benar-benar pulih pasca melahirkan, maka cobalah untuk kembali melakukan aktivitas seperti biasanya sebagai ibu rumah tangga, seperti bersih-bersih rumah dan lainnya. Jangan jadikan melahirkan sebagai sebuah alasan untuk beristirahat secara berlebihan dan berleha-leha dalam waktu yang lama. Segeralah memulai kebiasaan atau aktivitas sehari-hari di saat telah pulih.

Aktivitas pekerjaan rumah ini memang tidak akan serta-merta mengembalikan kondisi perut anda seperti semula. Tetapi setidaknya secara perlahan-lahan kondisi perut anda akan kembali. Jikalau memang anda menghendaki waktu yang singkat, maka cobalah untuk sambil melakukan senam atau olahraga ringan seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya. Bisa juga dengan berjalan-jalan bersama bayi sebagai media untuk membakar lemak dan kalori dalam tubuh.

12. Latihan gerakan pelvic tits

Gerakan ini boleh dilakukan namun harus seizin dokter. Dalam artian untuk memastikan bahwa kondisi anda sudah benar-benar pulih dan sehat. Gerakan pelvic tits ini sangatlah mudah dan simpel serta bisa dilakukan sendiri di rumah. Caranya adalah:

  • Pertama: baringkan tubuh anda di lantai dalam posisi terlentang dengan telapak tangan menghadap ke bawah, tegak lurus berada di samping tubuh.
  • Kedua: kemudian tekuk kaki dan angkat pantat anda sehingga sejajar dengan lutut. Tahan selama kurang lebih 10 detik.
  • Ketiga: ulangi secara berkali-kali sampai anda merasa cukup.

Latihan gerakan pelvic tits ini juga terbukti efektif untuk bisa mengecilkan perut setelah melahirkan.

13. Meminum rebusan kayu manis

Menurut beberapa pakar dan ahli kesehatan, kayu manis memiliki khasiat yang baik dan cepat untuk mengatasi masalah lemak perut secara alami. Oleh karena itu, hal ini berarti sangat cocok untuk mengecilkan perut pasca melahirkan karena membuncitnya perut pasca melahirkan memang disebabkan oleh penumpukan lemak di dalam perut tersebut.

Cara pembuatannya pun sangat mudah dan praktis, yaitu: rebus 2 liter air bersama 2 – 3 inch kayu manis dan 2 – 3 cengkeh dalam waktu kurang lebih 5 – 10 menit. Minumlah air rebusan tersebut ketika suhunya hangat-hangat kuku. Minumlah selama 40 hari dan tambahan madu juga diperbolehkan untuk menambah cita rasanya.

14. Biasakan mengkonsumsi sayur dan sup

Sayuran yang dimaksud di sini contohnya brokoli, kubis, kale, bunga kol, dan lainnya, sedangkan sup ialah sup dengan berkaldu. Hal ini dikarenakan makanan nabati seperti sayur dan sup kaldu memiliki kandungan berupa fitonutrien yang bermanfaat untuk mengurangi lemak dalam perut. Sedemikian sehingga mengkonsumsi sayur dan sup kaldu bisa juga membantu untuk mengecilkan perut setelah melahirkan.

15. Memakai korset

Korset merupakan kain pengikat yang biasanya diikatkan pada bagian perut bagi ibu-ibu pasca melahirkan. Teknik tradisional pengikatan perut ini bertujuan selain untuk mengecilkan perut, juga untuk mengurangi pembengkakan serta mendorong otot dan jaringan pada perut agar kembali seperti semula. Pemakaian korset ini biasanya dilakukan selama 3 bulan setelah melahirkan. Manfaat menggunakan korset yang teratur sejak setelah melahirkan akan sangat efektif untuk meratakan perut dan mendukung punggung anda, terutama pada minggu-minggu awal setelah melahirkan.

16. Melakukan diet sehat dan seimbang

Diet merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengecilkan perut setelah melahirkan. Tetapi juga perlu diingat bahwa diet yang dilakukan harus sehat dan seimbang. Selain untuk menjaga kesehatan diri, juga untuk menjaga kesehatan bayi yang asupan makanannya masih bergantung pada anda selaku ibunya. Kurangi bahkan kalau bisa ganti semua makanan instant atau cepat saji dengan makanan kaya gizi, yaitu 4 sehat 5 sempurna. Direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ayam, daging sapi (usahakan tanpa lemak), dan susu yang rendah lemak. Di samping itu, kurangi mengkonsumsi natrium dari garam karena akan menjadi penyebab pembengkakan dan kembungnya perut.

17. Senam kegel

Selain senam hamil, Senam kegel adalah salah satu senam untuk mengencangkan otot panggul bawah. Sedemikian sehingga senam ini sangat bermanfaat juga untuk mengencangkan otot-otot di bawah rahim, usus besar, dan kantong kemih. Caranya pun terbilang mudah karena tidak memerlukan alat ataupun instruksi khusus sehingga bisa dilakukan sendiri di rumah, yaitu:

  • Mengidentifikasi bagian tubuh yang disebut otot panggul bagian bawah. Artinya anda harus tahu mana bagian yang dimaksud dengan otot panggul bagian bawah tersebut. Cara dengan coba menghentikan keluarnya urine di saat anda sedang buang air kecil (kencing). Otot yang menahan air seni itulah yang dinamakan otot panggul bagian bawah.
  • Kosongkan kantung kemih anda dengan menyelesaikan pembuangan urine tersebut. Kemudian posisikan tubuh anda dengan berbaring secara terlentang. Kencangkan otot panggul bagian bawah tadi. Tahan hingga 5 detik, lalu lepaskan. Ulangilah 4 hingga 5 kali, setelah itu tambah durasinya yang sebelumnya 5 detik menjadi 10 detik.
  • Hindarilah mengencangkan otot perut, paha, dan pantat anda saat mengencangkan otot panggul bagian bawah ini serta berusahakan untuk tetap menjaga pernapasan dengan baik.
  • Ulangi kegiatan ini setidaknya sebanyak 3x sehari selama kurang lebih 10 hari, barulah anda akan merasakan perubahannya terutama bagi perut anda yang membuncit setelah melahirkan.

18. Meminum ramuan kunyit asam

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan adalah dengan mencoba ramuan kunyit asam yang merupakan salah satu tanaman herbal yang kaya akan khasiat yang menyehatkan tubuh. Cara pembuatannya pun cukup mudah, yaitu:

  • Siapkan saja 4 ruas kunyit yang sudah dibersihkan dan terparut sampai halus.
  • Kemudian campurkan hasil parutan kunyit tersebut dengan 4 gram gula jawa dan asam jawa secukupnya, lalu rebus hingga mendidih.
  • Setelah rebusan telah mendidih, diamkan ramuan kunyit asam tersebut hingga dingin dan saringlah. Setelah itu barulah anda bisa meminum ramuan kunyit asam tersebut. Usahakan untuk meminumnya setiap hari kalau memang anda menghendaki perut bisa mengecil dengan cepat.

19. Lulur kulit pisang

Menggunakan kulit daun pisang juga bisa membantu untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Caranya cukup mudah, yaitu:

  • Siapkan daun pisan secukupnya, tidak usah terlalu banyak.
  • Kukus kulit pisang tersebut sekitar 25 menit. Saat proses pengukusan berlangsung, siramilah kulit pisang tersebut dengan minyak kayu putih dan air perasan jeruk nipis.
  • Setelah proses pengukusan selesai, hancurkan kulit pisang tersebut hingga halus. Kemudian tempelkan (lulurkan) kulit pisang yang telah dihaluskan tersebut kepada perut anda.

20. Melatih postur tubuh yang baik

Latihan ini bisa dilakukan berdasarkan saran dan rekomendasi dari ahlinya, seperti para ahli kebugaran tubuh. Biasanya para ahli kebugaran tubuh akan menyarankan agar duduk dengan posisi tegak yang bertujuan untuk membantu merampingkan bagian perut yang membuncit setelah melahirkan. Latihan ini juga sangat dianjurkan bagi anda yang menempuh persalinan secara operasi atau cesar, dengan catatan bahwa anda telah melakukan konsultasi terlebih dulu kepada dokter.

21. Yoga

Mengikuti yoga juga merupakan solusi yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut setalah melahirkan. Setelah melakukan diet dengan sehat dan seimbang serta mengatur pola makan yang sehat sebagaimana dijelaskan pada poin-poin sebelumnya, maka kini saatnya untuk menyeimbangkannya dengan pola pikiran. Karena menjaga kesehatan pikiran juga merupakan suatu hal penting dalam upaya mengecilkan perut setelah melahirkan secara alami.

Salah satunya ialah yoga, di mana melatih dan menyelaraskan tubuh dengan pikiran agar menjadi lebih rileks sehingga membantu tubuh untuk memacu keluarnya hormon yang memiliki peranan penting dalam proses pembakaran di dalam tubuh secara efektif.

Jadi, kebiasaan berlatih yoga bisa anda lakukan secara teratur atau sekedar melatih pernapasan selama 10 – 20 menit dalam sehari. Biasakanlah untuk melakukannya setelah bangun tidur untuk membantu tubuh dalam sistem metabolisme yang maksimal dan rileks.

22. Mengkonsumsi teh hijau tawar

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan adalah dengan mengkonsumsi teh hijau. Kandungan yang ada di dalam teh hijau terbukti bisa untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut secara alami dan efektif. Agar mendapat hasil yang maksimal sangatlah dianjurkan untuk meminun teh hijau menggunakan air hangat dan tanpa gula secara teratur sebelum makan.

Para pakar kesehatan juga berpendapat bahwa mengkonsumsi the hijau tawar dan hangat sebelum makan dapat memperlancar metabolisme dalam tubuh, seperti metabolismee lemak. Dalam artian membantu penghancuran lemak yang ada di dalam tubuh anda termasuk lemak pada perut. Di samping itu, teh hijau juga kaya akan anti oksidan yang sangat bermanfaat untuk menjadi kesehatan kulit dan mencegah kanker serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

23. Mengkonsumi teh dengan campuran jeruk nipis

Apabila anda tidak memiliki teh hijau, maka teh biasa pun tetap bisa digunakan namun ditambahlah dengan jeruk nipis. Jadi, campurkan jeruk nipis pada teh tawar hangat anda. Komposisinya juga mudah, yaitu 3 sendok makan teh, 1 buah jeruk nipis, dan segelas air panas.

Sedangkan cara penyeduhannya, yaitu sedu teh anda dengan air panas dan diamkan sampai suhunya menurun atau hangat. Kemudian tambahkanlah perasan air jeruk nipis ke dalam teh tersebut. Yang perlu diingat adalah jangan memasukkan jeruk nipis ketika teh dalam kondisi panas karena bisa merusak vitamin yang ada pada perasan air jeruk nipis, maka dari itu dianjurkan untuk menunggu teh hingga dalam kondisi hangat. Lakukanlah kebiasaan ini sebanyak 2x sehari dengan porsi setengah gelas secara rutin setiap harinya agar hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal dan cepat memperkecil perut anda.

Demikian beberapa cara atau metode yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Apapun metode atau cara yang anda pilih di atas, satu kunci yang pasti agar bisa berhasil mengecilkan perut adalah melakukan cara atau metode tersebut dengan teratur dan rutin setiap hari sampai menampakkan hasil yang anda inginkan. Tanpa keteraturan dan kerutinan mustahil anda akan mencapai tujuan termasuk tujuan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Selamat mencoba dan salam sehat.

, , ,
Post Date: Saturday 12th, December 2015 / 05:33 Oleh :
Kategori : Diet