Sponsors Link

Bahaya Creambath bagi Ibu Hamil Muda dan Tua

Sponsors Link

Pada masa kehamilan, hormon estrogen memang sangat aktif dan berpengaruh dalam proses bertambahnya percepatan pertumbuhan rambut baru. Kondisi ini tidak perlu dicemaskan karena sudah termasuk hal yang wajar terjadi pada Ibu hamil. Sehingga perawatan atau pembersihan rambut perlu lebih diperhatikan dan dilakukan secara rutin. Salah satu contohnya ialah dengan creambath. Sayangnya ada beberapa bahaya creambath bagi ibu hamil yang sering diabaikan diantaranya adalah sebagai berikut ini :

ads
  1. Mempengaruhi Kesehatan Janin

Creambath merupakan salah satu perawatan untuk membersihkan rambut yang sudah sering dilakukan banyak orang, terutama kaum wanita. Lantas, bolehkah Ibu hamil melakukan creambath?, Creambath sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan oleh Ibu hamil asalkan bahan-bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami sehingga tidak memiliki efek samping tertentu yang kadang juga dapat berpengaruh pada kesehatan Anda dan janin.

Bahan-bahan kimia yang biasanya digunakan dalam perawatan seperti creambath itulah yang dilarang untuk Ibu hamil. Namun selama memakai bahan-bahan alami, creambath bukan masalah untuk dilakukan. Bahan kimia itu bisa masuk ke dalam tubuh bumil dan mempengaruhi kesehatan janin di dalam rahim. Bahan kimia itu bisa masuk melalui kulit kepala yang luka aau terkelupas.

Baca : Bahaya mesin fotocopy bagi ibu hamilBahaya cacar air bagi ibu hamilMakanan pengganti karbohidrat untuk ibu hamil

  1. Menyebabkan Alergi

Jika ibu hamil menggunakan bahan kimia maka akibat selanjutnya adalah ibu hamil akan mengalami alergi terutama bagi ibu hamil yang memiliki kulit kepala sensitif.

Baca : Bahaya keju bagi ibu hamilGejala alergi susu pada bayiHamil tapi tidak mual

Tips Aman Melakukan Creambath

Ada beberapa tips aman dalam melakukan creambath yang bisa dilakukan oleh ibu hamil agar terhindar dari bahaya creambath bagi ibu hamil yaitu :

  1. Menggunakan Bahan Alami
Sponsors Link

Bahan-bahan alami yang bisa digunakan dalam creambath, contohnya ialah campuran alpukat yang dipadu dengan minyak zaitun guna merawat kesuburan dan kesehatan rambut Anda. Sedemikian sehingga kehamilan bukan sebuah halangan bagi Anda (wanita) untuk tetap tampil cantik dan menarik, contohnya dengan creambath. Bahan-bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk creambath bagi Ibu hamil, diantaranya madu, seledri, cokelat, dan lidah buaya.

Baca : Bahaya cokelat bagi ibu hamilCreambath bagi ibu hamilManfaat kacang hijau bagi ibu hamil

  1. Hati-hati dalam Pemijatan

Selain itu, perawatan seperti creambath biasanya juga disertai dengan beberapa pijatan di bagian kepala dan pundak. Hal ini justru dapat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah di sekitar kepala apabila memang dilakukan secara baik dan benar sehingga rasa pusing di kepala yang terkadang sering Anda (Ibu hamil) alami akan hilang setelah melakukan creambath. Artinya, harus dilakukan secara hati-hati karena sebagaimana Anda tahu bahwa ketika masa kehamilan tidak boleh sembarangan melakukan pemijatan pada tubuh.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika melakukan creambath selain tidak menggunakan bahan-bahan kimia ialah ketika proses pengeringan rambut akan dilakukan. Proses pengeringan rambut sebaiknya tidak menggunakan steamer, tetapi cukup bilas saja dengan menggunakan air hangat. Hal ini dilakukan agar pori-pori kulit rambut dapat terbuka. Terakhir, bilaslah dengan menggunakan air dingin agar pori-pori kulit rambut tertutup kembali.

Baca : Darah haid berwarna hitam pekatPenyebab ibu hamil darah rendahCara melakukan pijat bayi

Sponsors Link

Hal Penting yang Harus Diingat Saat Creambath

Ada beberapa hal penting yang tidak boleh diabaiakan oleh ibu hami saat creambath yaitu :

  • Tidak menggunakan steamer. Proses pengeringan rambut sebaiknya tidak menggunakan steamer, tetapi cukup bilas saja dengan menggunakan air hangat. Hal ini dilakukan agar pori-pori kulit rambut dapat terbuka. Terakhir, bilaslah dengan menggunakan air dingin agar pori-pori kulit rambut tertutup kembali. ( Baca : Ibu hamil memotong rambutManfaat buah rambutan untuk ibu hamil dan janin )
  • Tanpa shampoo. Setelah perawatan creambath selesai, mintalah kepada kapster untuk mencuci rambut tanpa menggunakan shampoo supaya manfaat alami dari bahan-bahan alami yang telah digunakan tidak hilang. ( Baca : Bahaya mewarnai rambut saat hamilBahaya smoothing rambut saat hamil )
  • Tanpa hair tonic. Terakhir, Anda (Ibu hamil) sebaiknya tidak menggunakan hair tonic setelah perawatan creambath karena adanya unsur kimia yang terkandung di dalamnya.

Itulah beberapa bahaya creambath bagi ibu hamil yang harus diwaspadai. Menjaga kecantikan diri saat hamil boleh saja asalkan tahu mana yang baik dan buruk sehingga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan tetap terjaga.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 18th, May 2016 / 16:35 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk