Sponsors Link

Ibu Hamil Cepat Ngantuk – Penyebab – Tips Mengatasi

advertisement

Seorang ibu hamil tidak hanya terlihat berubah secara mencolok pada fisiknya melainkan juga pada emosinya. Perubahan pada tiap ibu hamil dapat berbeda tergantung pada kesehatan fisik serta mental seorang ibu. Gejala kehamilan tidak hanya berupa perubahan emosi atau fisik melainkan dapat pula diikuti dengan rasa mudah mengantuk. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron yang semakin bertambah seiring dengan perkembangan janin di dalam rahim. Sehingga tidak heran jika ibu hamil akan sering merasa mudah lelah akibat tekanan darah rendah atau anemia yang berujung pada rasa kantuk.

Penyebab

Adapun penyebab dari perubahan ibu hamil cepat ngantuk, adalah karena adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Bukan hanya mudah mengantuk, namun pada dasarnya setiap ibu hamil dapat merasakan perubahan kebiasaan yang berbeda satu dengan lainnya. Namun secara garis besar perubahan yang dialami umumnya berupa fisik, emosi atau keinginan untuk mengkonsumsi makanan tertentu atau ngidam. Gangguan pada masa kehamilan bukan hanya berupa rasa kantuk berlebih namun dapat pula yang terjadi adalah sebaliknya yaitu susah tidur. Umumnya gejala-gejala tersebut terjadi pada masa awal-awal kehamilan.

Gejala lelah sehingga mudah mengantuk dapat pula terjadi karena anemia atau kekurangan darah merah pada tubuh. Jika memang demikian, itu artinya tubuh memerlukan asupan lebih banyak manfaat zat besi untuk ibu hamil, protein serta tambahan waktu untuk beristirahat. Dalam hal ini, berkonsultasi pada ahli merupakan hal yang dianjurkan supaya ibu hamil dapat mengetahui penyebab dari rasa lelah ataupun rasa kantuk berlebih yang dirasakannya.

Tips Mengatasi

Rasa kantuk dapat menjadi masalah ketika anda tengah berada dalam kegiatan penting. Dalam menyikapi hal ini, anda dapat melakukan tips yang berikut ini :

  • Tidur lebih lama ketika malam hari (baca juga : posisi tidur ibu hamil)
  • Istirahat pada siang hari
  • Cukupi stamina harian dengan mengonsumsi makanan sehat seperti karbohidrat
  • Segera istirahat ketika rasa lelah sudah terasa
  • Konsumsi madu dan kurma (berguna untuk mengatasi tekanan darah rendah atau anemia)
  • Konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dengan kandungan zat besi yang cukup sehingga terhindar dari masalah anemia
  • Lakukan konsultasi pada ahli kandungan supaya mendapat solusi atas hal yang dirasakan
  • Sediakan selalu camilan sehat yang dapat menambah energi
  • Lakukan olahraga untuk ibu hamil yang sehat
Sponsors Link

Tips-tips di atas merupakan cara praktis untuk mengatasi rasa ngantuk yang dialami saat kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat untuk menambah energi dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi karbohidrat. Hindari mengonsumsi kopi atau makanan yang mengandung banyak gula untuk membuat tubuh tetap terjaga. Bahaya kopi bagi ibu hamil yang berlebihan dapat berakibat buruk. Selain itu, untuk seorang ibu hamil, sebaiknya menghindari kegiatan yang terlalu berat karena dapat menyebabkan rasa lelah dan mengganggu kesehatan.

Gangguan Kehamilan Lainnya yang Umum Dialami

Bukan hanya kondisi ibu hamil cepat ngantuk atau rasa mudah lelah, namun ada banyak sekali gejala kehamilan lainnya yang perlu diketahui seperti :

  • Morning sickness

Morning sickness merupakan gejala mual dan muntah yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Dalam hal ini sebaiknya ibu berbaring beberapa saat setelah bangun tidur dan tidak langsung beranjak bangun untuk beraktivitas. Sediakan pula makanan atau camilan di samping ranjang yang dapat meredakan gejala yang anda alami.

Sponsors Link

  • Rasa depresi

Rasa tertekan biasanya terjadi karena rasa takut serta timbulnya berbagai pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh diri sendiri seperti apakah dia bisa membesarkan anak dengan baik nantinya atau bisa juga karena masalah finansial dalam membesarkan anak. Dalam hal ini diperlukan dukungan yang kuat dari suami, kerabat serta teman-teman supaya seorang ibu hamil dapat lebih kuat dalam menjalani kehamilan serta proses persalinan nantinya.

Dalam mengatasi rasa tertekan, ibu hamil juga dapat melakukan hobi yang begitu digemarinya sehingga dapat menyegarkan kembali pikiran dan terhindar dari stres. (Bahaya : aktivitas berbahaya untuk ibu hamil)

  • Mudah capek

Ibu hamil bukan hanya menjaga dirinya sendiri melainkan juga anak yang tengah di kandung. Hal ini membuat tugas seorang ibu bertambah. Selain itu rasa capek juga dapat diakibatkan oleh banyaknya aktivitas yang dilakukan bahkan saat dalam keadaan hamil. Seorang ibu hamil seharusnya membatasi aktivitas yang ada supaya tidak membuat tubuh mudah mengalami kelelahan. Konsumsi banyak makanan bervitamin serta perbaiki pola makan supaya lebih sehat merupakan hal yang perlu dilakukan selama kehamilan. (Baca juga : kebutuhan gizi ibu hamil)

Sebagai tambahan, rasa mudah kantuk yang menyerang terkadang disebabkan oleh anemia atau kurang darah merah sehingga tubuh mudah kelelahan dan memicu rasa kantuk.

  • Lebih sensitif

Perubahan hormon di dalam tubuh bukan hanya menyebabkan terjadinya perubahan fisik melainkan juga berpengaruh perubahan emosi. Tidak heran jika seseorang menjadi lebih mudah sensitif ketika hamil.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 20th, January 2016 / 04:52 Oleh :
Kategori : Gangguan Kehamilan