7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat buah kiwi bagi ibu hamil dan janin dalam kandungannya sangat besar perannya karena memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Buah kiwi memang bukan buah khas Indonesia namun ketenarannya saat ini sedang menanjak drastis. Bukan hanya karena bentuknya yang unik dan warnanya yang hijau segar sehingga menggugah selera saja serta karena rasanya yang asam-asam segar. Namun buah kiwi juga banyak dicari orang karena ternyata kandungan yang ada di dalamnya sangat baik bagi kesehatan tubuh. bagi para ibu hamil yang susah makan alias ngidam pasti cocok dengan buah kiwi karena memiliki rasa yang khas dengan rasa asamnya.

Para ibu hamil dan bagi orang umum biasanya sangat baik mengkonsumsi buah kiwi secara rutin baik dimakan dalam bentuk buah segar maupun dalam bentuk olahan lainnya seperti jus, kue, salad dan lainnya. apalagi saat kehamilan merupakan saat yang paling ditunggu oleh wanita di dunia ini. para ibu hamil wajib hukumnya untuk selalu memberikan asupan nutrisi dan gizi yang baik untuk bayi yang ada di dalam perut.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari buah kiwi pada kehamilan baik bagi ibu hamil ataupun untuk bayi yang ada di dalam perut. Simak selengkapnya berikut ini:

  1. Buah kiwi mampu melindungi DNA

Manfaat kiwi bagi ibu hamil yang pertama adalah dapat melindungi DNA. Di dalam buah kiwi terdapat salah satu kandungan yaitu antioksidan. Kandungan antioksidan ini sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil terutama dalam melindungi DNA bayi. Bahkan pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah kiwi juga bisa mencegah timbulnya sel kanker.

  1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Kesehatan ibu hamil memang sangat penting karena yang dilindungi bukan hanya kesehatan diri sendiri namun juga kesehatan dari si jabang bayi.


Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya tidak mudah sakit saat dalam masa kehamilan Karena bisa berpengaruh pada kesehatan si jabang bayi juga lho. Untuk itu para ibu hamil bisa mengkonsumsi buah kiwi Karena mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat digunakan sebagai antioksidan dalam menangkal segala radikal bebas dan menambah sistem kekebalan tubuh bagi para ibu hamil.

  1. Membantu mengatur berat badan

Pada ibu hamil biasanya merupakan hal yang wajar jika mengalami kenaikan berat badan secara konstan karena terdapat bayi di dalam ibu hamil yang juga naik berat badannya. Namun kenaikan berat badan ibu hamil yang tidak normal atau terlalu gemuk juga tidak baik bagi ibu hamil lho dan bisa menyebabkan masalah saat proses persalinan nantinya. Oleh karena itu banyak juga ibu hamil yang disuruh untuk berdiet. Nah salah satu cara yang baik bagi ibu hamil untuk diet adalah dengan memakan buah kiwi ini. buah kiwi mengandung indek glikemiks rendah namun kandungan serat di dalamnya sangat tinggi. oleh karena itu bisa mengikat lemak lebih banyak dari pada buah lainnya sehingga bisa membuat tubuh menjadi tidak mudah kurus.

  1. Melancarkan pencernaan

Karena di dalam buah kiwi juga mengandung banyak serat berarti dapat digunakan bagi para ibu hamil yang mengalami masalah pencernaan. Masalah pencernaan juga kerap kali melanda para ibu hamil lho, dan hal ini tidak bagus untuk perkembangan janin yang ada di dalam perut. Anda bisa mengolah buah kiwi menjadi jus atau olahan lainnya yang bisa membuat pencernaan anda menjadi lebih sehat,

  1. Membantu mengatasi rasa mual

Manfaat buah kiwi bagi ibu hamil juga mampu mengurangi rasa mual pada saat masa kehamilan.



Rasa mual pada masa awal kehamilan merupakan hal yang wajar dialami oleh para ibu hamil karena adanya perubahan hormone di dalam tubuh ibu hamil dan cara tubuh untuk menyesuaikan perubahan tersebut adalah dengan mual ini. di dalam buah kiwi terdapat vitamin B yang dapat membantu menghilangkan rasa mual sehingga para ibu hamil bisa menjadi lebih mudah dalam menyerap makanan dan minuman.

Baca : Perbedaan mual hamil atau maag – cara mengatasi mual saat hamil muda – Penyebab mual saat hamil – tidak mual saat hamil

  1. Membantu mengatasi masalah hipertensi dalam kehamilan

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa buah kiwi bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan bagi anda yang mengalami penyakit tekanan darah tinggi. tekanan darah tinggi ini juga kerap kali dialami oleh para ibu hamil dan iika ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi akan sangat berbahaya karena bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin dan bisa menyebabkan resiko bayi lahir prematur.

  1. Membantu mengatasi masalah pada kulit

Karena adanya perubahan hormone di dalam tubuh ibu hamil, biasanya ibu hamil akan mengalami beberapa masalah di kulit seperti jerawat, komedo, bintik hitam dan lainnya. apalagi saat dalam masa kehamilan ibu hamil tidak boleh menggunakan kosmetik supaya tidak terkena bahan kimia. Kandungan gizi yang ada di dalam buah kiwi ini sangt baik untuk kesehatan kulit.

Nah, demikian pemaparan mengenai manfaat buah kiwi bagi ibu hamil. Karena kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam buah kiwi sangat banyak maka buah kiwi juga sangat baik bagi anda yang tidak hamil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

, ,
Post Date: Sunday 06th, December 2015 / 06:03 Oleh :
Kategori : Buah Sehat
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular