Sponsors Link

21 Makanan Penguat Kandungan Lemah

advertisement

Banyak orang hanya mengetahui, penguat kandungan hanya bisa dilakukan menggunakan obat penguat kandungan. Padahal ibu hamil harus meminimalisir jumlah obat yang masuk ke dalam perutnya, konsumsi obat yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang sebaiknya dilakukan. Ibu hamil bisa mengganti obat penguat kandungan dengan makanan penguat kandungan.

makanan penguat kehamilanMakanan tersebut belum terlalu familiar di telinga ibu hamil, sehingga masih sedikit ibu hamil yang mengkonsumsinya. Makanan itu cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang kandungannya bermasalah. Kalaupun ibu hamil yang kandungannya baik-baik saja dan ingin mengkonsumsi makanan tersebut akan syah-syah saja, sebab ibu hamil bisa mendapatkan manfaat dengan mengkonsumsi makanan tersebut.

Banyak macam atau berbagai jenis makanan penguat kandungan yang ada di sekitar kita. Namun banyak diantara kita tidak tahu bahwa makanan jenis tersebut bisa dijadikan sebagai penguat kandungan. Berikut ini jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai penguat kandungan :

1. Telur

Berbagai macam jenis telur cocok dijadikan sebagai makanan penguat kandungan lemah. Hal itu dikarenakan di dalam telur banyak terdapat gizi ibu hamil, terutama kandungan omega-3 dan protein yang berfungsi untuk menguatkan kandungan. Jenis telur yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah telur bebek, telur angsa, telur ayam negeri, telur ayam kampung dan berbagai macam telur lainnya. Kandungan protein tertinggi ada pada telur bebek, hal itu bisa ditandai dengan warna kuning telurnya.

Warna kuning telur pada telur bebek lebih pekat dibandingkan dengan telur yang lainnya. Hal itu dikarenakan protein dan kandungan omega-3 nya lebih tinggi. Untuk telur ayam, 1 butir telur ayam terdapat kandungan protein sebesar 7 gram, kandungan lainnya berupa lemak jenuh sekitar 2 gram. Untuk menguatkan kandungan bisa menggunakan cara di bawah ini :

  • Rebus telur ( disarankan untuk telur bebek ) sampai matang, jangan dalam kondisi setengah matang. Ibu hamil tidak boleh memakan makanan yang mentah atau tidak matang.
  • Biarkan sampai cangkang telur retak dan telur mengambang di atas air.
  • Konsumsi sehari tiga kali.
  • Kandungan protein dan omega-3 nya bisa menguatkan kandungan ibu hamil.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau bermanfaat untuk menguatkan kandungan ibu hamil. Hal itu dikarenakan di dalam kacang hijau memiliki kandungan zat besi tinggi. Selain bermanfaat untuk meningkatkan hb dalam darah, kacang hijau juga bisa menjaga perkembangan janin yang sehat selama kehamilan.

3. Kecambah

Kecambah terkenal sebagai cara sepat hamil, untuk menyuburkan dan meningkatkan kualitas sperma pria. Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi kecambah untuk makanan penguat kandungan alami. Caranya adalah merebus kecambah tersebut sampai matang dan menjadikannya sebagai lalapan makanan.

4. Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah salah satu jenis makanan penguat kandungan yang efektif. Kacang kedelai rendah lemak namun di dalamnya memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, kacang kedelai memiliki zat isoflavon, asam phytic dan zat saponin yang bermanfaat bagi tubuh. Kacang kedelai tidak hanya menguatkan kandungan namun juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker, jantung dan pengeroposan tulang.

Untuk menguatkan kandungan ibu hamil bisa mengkonsumsi kacang kedelai yang telah direbus atau bisa juga meminum susu kedelai. Rutinlah mengkonsumsi hasil olahan kedelai agar kandungan ibu hamil semakin kuat dan tidak terganggu. (Baca juga : cara menjaga kehamilan agar tetap sehat)

ads

5. Yogurt

Olahan susu sapi yang satu ini, memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Selain bermanfaat untuk sistem pencernaan, yogurt bisa dijadikan sebagai salah satu makanan penguat kandungan. Manfaat yogurt untuk ibu hamil mengandung kalsium dan protein untuk mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan. Selain kandungan lebih kuat, ibu hamil juga bisa terhindar dari sembelit dan juga osteoporosis.

6. Ikan Tawar

Berbagai jenis ikan tawar segar bisa bermanfaat untuk menguatkan kandungan. Ikan kaya akan kandungan protein dan juga kaya akan omega-3. Kandungan yang ada di dalam ikan itu bisa menguatkan kandungan ibu hamil. Namun ikan bisa menjadi makanan berbahaya bagi ibu hamil, jika dimasak mentah dan mengandung merkuri.

7. Udang

Salah satu makanan laut yang bermanfaat untuk menguatkan kandungan adalah udang. Udang memiliki kandungan protein yang tinggi, di dalam 100 gram udang terdapat 20 gram protein dengan tingkat tinggi. Mengkonsumsi 100 gram setiap hari bisa mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh ibu hamil sebanyak 40 persen. Untuk menguatkan kandungan, ibu hamil bisa mengkonsumsi udang sedikitnya 100 gram sehari.

8. Susu

Susu memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain tinggi protein, susu juga kaya akan kalsium, sehingga bisa berguna sebagai makanan penguat kandungan. Disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi susu murni yang telah dipasteurisasi dan disterilkan, Sehingga kandungan bakteri dalam susu tersebut bisa dimatikan dan aman jika dikonsumsi.

9. Olahan kedelai

Berbagai macam olahan kedelai seperti tahu dan tempe sangat bermanfaat untuk menguatkan kandungan. Olahan kedelai tahu dan tempe sangat tinggi akan kandungan protein, sehingga bisa membuat kandungan ibu hamil tetap kuat.

10. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah ikan laut yang kaya akan kandungan protein, omega-3 dan juga kaya akan manfaat asam folat untuk ibu hamil dan janin. Mengkonsumsi ikan salmon yang di tim bisa memberikan dukungan terhadap kandunganyang tetap kuat dan tidak gugur. Selain itu kandungan asam folat dalam ikan salmon bermanfaat untuk perkembangan otak janin.

11. Brokoli

Brokoli bentuknya sama dengan bunga kol, yang berbeda hanyalah warnanya. Brokoli adalah sayuran sehat yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Untuk kesehatan dan juga untuk kecerdasan. Brokoli kaya akan kalsium, folat dan juga vitamin C. Mengkonsumsi brokoli sebanyak 100 gram setiap harinya sangat dianjurkan untuk ibu hamil yang memiliki kandungan bermasalah. Selain menguatkan kandungan, brokoli juga bisa untuk melawan radikal bebas. Manfaat zat besi yang ada pada brokoli juga bisa mencegah anemia bagi ibu hamil.

12. Sereal

Sereal adalah salah satu makanan yang kaya akan vitamin B. Vitamin B adalah salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Untuk menguatkan kandungan, mengkonsumsi sereal yang kaya akan vitamin B bisa dijadikan sebagai alternatif bagi ibu hamil.

13. Ubi Jalar

Ubi juga bisa digunakan untuk makanan penguat kandungan lemah, terutama ubi jalar. Ubi jalar mengandung karoten, yakni sebuah  zat yang bisa diubah menjadi vitamin A. Kandungan dalam ubi jalar lainnya adalah folat, serat dan juga vitamin C. Ketiga kandungan tersebut juga bermanfaat untuk menguatkan kandungan ibu hamil.

14. Buah Berry

Buah berry juga dijadikan sebagai buah penguat kandungan. Hal itu dikarenakan di dalam buah buahan untuk ibu ibu hamil seperti berry, kaya akan vitamin C, folat, kalium dan juga serat. Mengkonsumsi buah berry secara teratur bisa digunakan untuk menguatkan kandungan. Buah berry yang bisa digunakan untuk menguatkan kandungan adalah blueberry, raspberry dan juga buah blackberry.

Sponsors Link

15. Apel

Apel adalah salah satu buah yang bisa dijadikan sebagai makanan penguat kandungan. Hal itu dikarenakan di dalam manfaat apel yang terdapat kandungan antioksidan yang tinggi dan juga kaya akan vitamin C. Kedua kandungan tersebut bermanfaat untuk menguatkan kandungan ibu hamil.

16. Kacang Polong

Jenis kacang-kacangan terutama kacang polong bermanfaat untuk makanan penguat kandungan. Hal itu dikarenakan kacang polong tinggi protein dan serat. Mengkonsumsi satu cangkir kacang polong (12-15 gram protein) setiap hari, merupakan cara menjaga kehamilan agar tetap sehat.

17. Makanan Kaya Asam Folat

Untuk menguatkan kandungan ibu hamil, ibu hamil bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat. Makanan itu bisa ditemukan pada ikan bandeng, ikan salmon dan berbagai macam makanan yang lainnya seperti manfaat alpukat tomat ibu hamil.

Selain menguatkan kandungan, makanan kaya asam folat bisa mencerdaskan otak janin dan juga bermanfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

18. Madu

Madu adalah glukosa alami yang aman untuk dikonsumsi. Selain bermanfaat untuk menguatkan kandungan, madu juga bisa bermanfaat dalam menambah dan menjaga stamina ibu hamil. Mengkonsumsi madu terutama madu sari kurma sebaiknya dua kali sehari sebanyak satu sendok makan. Zat galian yang ada pada madu bermanfaat untuk bisa menguatkan kandungan ibu hamil.

19. Kurma

Mengkonsumsi kurma bisa menjadi alternatif bagi ibu hamil yang ingin menguatkan kandungan. Bagi ibu hamil yang tidak suka madu, mengkonsumsi kurma bisa menjadi alternatif yang bisa diambil ibu hamil. Selain menguatkan kandungan, manfaat kurma untuk ibu hamil, juga untuk meningkatkan hb bagi ibu hamil.

20. Madu Bee Pollen

Madu bee pollen adalah madu yang dicampurkan dengan pollen lebah. Kandungan pollen tersebut kaya akan protein. Protein yang ada dalam pollen bermanfaat untuk menguatkan kandungan ibu hamil. Di dalam bee pollen juga kaya akan vitamin, mineral dan enzim yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil.

21. Buah Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang kaya akan lemak tidak jenuh, vitamin E dan juga berbagai macam vitamin dan mineral. Mengkonsumsi manfaat alpukat untuk ibu hamil, ketika dikonsumsi  seacar teratu  bisa menguatkan kandungan ibu hamil karena kandungan gizinya yang lengkap.

Ibn Hamil yang Membutuhkan Makanan Penguat Kandungan

Ada jenis ibu hamil yang diharuskan untuk mengkonsumsi obat penguat kandungan. Jika ibu hamil periksa ke bidan atau dokter kandungan, ibu hamil akan diberikan obat penguat kandungan. Sayangnya, obat penguat kandungan tersebut tidak bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang sebentar. Ada jenis ibu hamil yang harus mengkonsumsi obat penguat kandungan minimal 3 bulan lamanya atau bahkan lebih disertai dengan istirahat total.

‘Bisa kita bayangkan, bagaimana jika obat kimia masuk ke dalam tubuh dan berbulan-bulan lamanya. Tentu obat itu akan mengendap di dalam tubuh. Obat kimia di kemudian hari akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, oleh sebab itu lah ada baiknya ibu hamil mengganti konsumsi obat dengan makanan. Berikut ini jenis ibu hamil yang diwajibkan untuk mengkonsumsi obat penguat kandungan :

  1. Ibu hamil yang memiliki dinding rahim dan rahim yang lemah.
  2. Ibu hamil yang sering mengeluarkan bercak darah atau flek.
  3. Ibu hamil dengan serviks yang lemah.
  4. Ibu hamil dengan kontraksi yang sebelum waktunya.

Keempat ibu hamil tersebut diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan penguat kandungan. Agar kandungannya sehat dan bisa terselamatkan sampai waktu persalinan tiba.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 21st, April 2015 / 07:57 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat