Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Manfaat Pisang untuk Ibu Menyusui dan Bayi

advertisement

Buah pisang yang sering kita jumpai setiap waktu ternyata memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia dan bisa juga digunakan sebagai bahan alami untuk mempercantik wajah. Di dalam buah pisang terdapat komposisi 68% air, 25% gula, 2% protein 1% lemak dan mineral serta 1% sisanya adalah serat selulosa. Dimana dalam pisang tersebut juga memiliki kandungan nutrisi seperti kalori, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, provitamin A, magnesium, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, asam tanin, seng dan lain sebagainya. Nah, untuk kali ini kita akan membahas manfaat pisang untuk ibu menyusui maupun untuk kesehatan tubuh seseorang.

1. Sebagai Sumber Vitamin C

Dalam buah pisang tentunya mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh manusia untuk menyerap zat besi dari sumber makanan lain. Maka dari itu ibu menyusui yang rutin mengkonsumsi buah pisang dapat membantunya dalam penyerapan zat besi.

Artikel terkait :

2. Sebagai Tambahan Kalori

Bahwasanya ibu menyusui membutuhkan tambahan kalori sekitar 400-500 kalori per hari, dimana tambahan kalori tersebut digunakan untuk menjaga stabilitas energi dalam ibu menyusui. Buah pisang inilah yang bisa digunakan sebagai penambah kalori dalam tubuh ibu menyusui.

3. Sebagai Penambah Energi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah pisang ini memiliki banyak sekali nutrisi. Terlebih pada dasarnya wanita membutuhkan banyak energi ketika merawat sang bayi dan juga ketika ia sedang menyusui. Ketika asupan energi tidak tercukupi, maka tubuhnya akan merasa lemas. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi mereka khususnya ibu menyusui untuk rutin mengkonsumsi pisang minimal sehari sekali agar kondisinya tetap terjaga.

Baca juga : Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil – Manfaat Buah Pisang Ambon Bagi Ibu Hamil

4. Sebagai Sumber Potasium yang Baik

Dalam buah pisang setidaknya memiliki kandungan 500 miligram Potasium yang berguna untuk mengoptimalkan fungsi sel dalam tubuh.

5. Sebagai Sumber Kalsium

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa di dalam satu buah pisang juga terdapat kalsium yang berguna untuk membantu pertumbuhan bayi Anda serta menjaga kondisi tulang Anda. Dimana ibu menyusui diharuskan menkonsumsi sebanyak 1.200 mg kalsium setiap harinya.

Artikel terkait : Dampak Akibat Kekurangan Kalsium pada Ibu Menyusui – Akibat Kekurangan Kalsium Pada Bayi dan Anak anak

Sponsors Link

6. Sebagai Sumber Karbohidrat

Setiap hari pastinya seseorang membutuhkan asupan karbohidrat yang seimbang sesuai kebutuhannya masing-masing. Begitu juga dengan ibu menyusui yang membutuhkan asupan karbohidrat lebih banyak ketimbang ketika ia sudah tak lagi menyusui. Buah pisang inilah yang dapat dijadikan alternatif sebagai menambah karbohidrat di dalam tubuh selain nasi. Konsumsilah buah pisang setiap hari agar kebutuhan karbohidrat dalam tubuh tetap tercukupi. ( baca : Makanan Pengganti Karbohidrat untuk Ibu Hamil )

7. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Secara alami buah pisang ini bisa dikatakan bebas dari lemak dan kolestrol, dimana manfaatnya adalah dapat membantu tubuh untuk mengontrol kolestrol dalam darah. Selain itu buah pisang ini dapat membantu ibu menyusui untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. ( baca : Manfaat Puasa bagi Ibu Menyusui )

8. Mengecilkan Perut Setelah Masa Kehamilan

Setelah masa kehamilan tentunya perut sang ibu masih terlihat sedikit buncit, oleh karena itu makan buah pisang dapat dijadikan alternatif untuk mengecilkan perut atau bisa juga membantu program diet.

Baca juga : Cara Diet Ibu Menyusui – Bahaya Diet Saat Menyusui– Puasa Saat Hamil

Selain itu, ibu menyusui juga perlu memperhatikan 2 hal berikut yang berhubungan dengan makan pisang ketika sedang menyusui.

Sponsors Link

  • Jika mudah terserang demam lebih baik hindari makan pisang. Maksud disini adalah jika Anda memakan pisang kemudian mengalami demam lebih baik tidak usah dikonsumsi. Karena jika tetap dilanjutkan akan berdampak pula pada sang bayi. ( baca : Cara Mengatasi Demam Pada Bayi )
  • Konsultasikan pada dokter. Yang dimaksud adalah sebelum mengkonsumsi makanan dan minuman setelah ibu melahirkan lebih baik berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Karena apabila kadar gula dalam tubuh ibu menyusui melebihi batas normal akan mengakibatkan resiko terserang penyakit diabetes.  ( baca : Bahaya Diabetes Saat Hamil )

Selain bermanfaat bagi ibu menyusui, pisang ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut diantaranya adalah :

  • Mengatasi sembelit. Sembelit sering kali dialami oleh para wanita setelah melahirkan, mengkonsumsi pisang yang kaya serat ini dapat membantu mengatasi masalah pencermaan. ( baca : Perut Melilit Saat Hamil – Penyebab dan Cara Mengatasi )
  • Baik untuk ginjal. Kandungan potasium dalam pisang memiliki efek yang baik untuk ginjal manusia. Ketika tubuh mendapatkan asupan potasium yang cukup, maka tubuh akan mengontrol pengeluaran urin dengan baik. Hal seperti ini membuat ginjal berfungsi bekerja secara optimal serta dapat memperkecil resiko terserang penyakit batu ginjal.
  • Dapat meningkatkan kesehatan otak. Untuk dapat meningkatkan kesehatan otak, maka konsumsilah pisang 3x dalam sehari untuk meningkatkan daya konsentrasi dan daya tangkap. ( baca : Makanan Yang Baik Untuk Otak Janin Dalam Kandungan Agar Cerdas )
  • Menurunkan tekanan darah. Konsumsi pisang secara rutin terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada seseorang.
  • Menyehatkan mata. Konsumsi pisang minimal 3x dalam sehari dapat membantu menurunkan resiko gangguan pengelihatan, terutama bagi mereka yang sudah lansia. ( baca : Penyebab Mata Merah dan Berair pada Bayi )
  • Menurunkan berat badan.
  • Membantu untuk berhenti merokok. Bagi perokok aktif sangat dianjurkan untuk sesering mungkin mengkonsumsi pisang agar kebiasaan merokok mereka perlahan dapat ditinggalkan.
  • Memperbaiki mood. Kandungan neurotransmiter dalam pisang dinyatakan dapat memberikan ketenangan dan dapat pula membantu menstabilkan suasana hati.

Itulah uraian singkat tentang manfaat pisang untuk ibu menyusui maupun bagi kesehatan manusia dan juga beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ibu menyusui hendak mengkonsumi pisang untuk kesehatannya maupun kesehatan sang bayi.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 13th, June 2016 / 07:11 Oleh :
Kategori : Menyusui