6 Penyebab Mata Kuning Pada Anak Yang Patut Diwaspadai

Perkembangan anak merupakan tanggung jawab setiap orang tua yang harus dilakukan secara baik. Peran orang tua memang sangat besar dalam menjaga kondisi anak terutama pada masa perkembangannya agar tidak mengalami kondisi gangguan tumbuh kembang anak yang tentunya tidak diharapkan terjadi. Orang tua terutama ibu harus memahami setiap bentuk perkembangan yang terjadi pada anak termasuk mengusahakan agar kesehatan yang dimiliki oleh anak tetap terjaga dengan baik.

Berbagai macam bentuk usaha yang dilakukan oleh orang tua terutama ibu diantaranya seperti menjaga kebutuhan asupan nutrisi tubuh anak agar selalau tercukup melalui konsumsi makanan yang sehat, melakukan imunisasi pada anak sebagai tahap pencegahan penyakit jangka panjang, melakukan pemeriksaan rutin pada kesehatan anak terutama saat masih berumur di bawah dua tahun, serta memastikan anak selalu menjaga kebersihannya dan beraktivitas secara aman terbebas dari berbagai ancaman di lingkungan.

Selain mengusahakan beberapa hal yang disebutkan diatas untuk secara rutin dan konsisten dilakukan oleh setiap orang tua, ibu juga perlu memahami setiap kondisi yang terjadi pada tubuh anak apakah merupakan keadaan yang normal atau tidak. Salah satu kondisi yang mungkin saja dapat terjadi pada anak adalah mata anak yang berubah menjadi kuning. Untuk memastikan keadaan tersebut, berikut beberapa penyebab mata kuning pada anak yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua dalam penjelasan di bawah ini.

1. Penyakit kuning

Mata kuning pada bayi sering kali dikaitkan dengan penyakit kuning. Mata kuning memang menjadi salah satu gejala terjadinya penyakit kuning pada seseorang termasuk anak anak. Penyakit kuning pada bayi sendiri merupakan keadaan dimana ada penumpukan bilirubin di dalam darah pada tubuh penderitanya. Bilirubin merupakan senyawa berwarna kuning hasil dari proses pemecahan hemoglobin di dalam darah. Penumpukan bilirubin dapat disebabkan oleh karena adanya kerusakan pada hati atau gagal hati.

2. Sirosis hati

Penyebab lainnya dari kondisi anak yang matanya menjadi kuning adalah karena terjadinya sirosis hati. Sirosis hati merupakan jaringan parut yang terjadi pada hati akibat kerusakan hati dalam tempo waktu terus menerus. Adanya jaringan parut tersebut dapat mengantikan jaringan yang sehat pada organ hati sehingga fungsi dan perannya bagi tubuh tidak dapat berlangsung secara optimal. Penyakit kuning merupakan gejala awal terjadinya sirosis hati sebagai keadaan berbahaya bagi anak. Dan mata anak yang kuning adalah gejala dari penyakit kuning.

3. Batu empedu

Keadaan berbahaya lain yang dapat memicu terjadinya kondisi mata berwarna kuning pada anak adalah akibat batu empedu. Batu empedu dapat terjadi akibat kondisi berat badan berlebih, penurunan gerak kantong empedu, banyaknya kolesterol di dalam tubuh, bilirubin yang tinggi di dalam darah, serta ketidakmampuan empedu dalam mengkosongkan cairan di dalamnya secara baik. Batu empedu merupakan salah satu pemicu terjadinya penyakit kuning yang salah satu gejalanya adalah mata kuning pada anak anak.

4. Kelainan darah

Mata kuning pada bayi 1 bulan maupun pada anak juga dapat disebabkan oleh karena kondisi kelainan pada darah yang menyebabkan sel darah merah mudah pecah. Pecahnya sel darah merah akan memicu pemecahan hemoglobin juga menjadi heme dan globin dimana heme akan berubah menjadi bilirubin. Pembentukan bilirubin tersebutlah yang akan menyebabkan terjadinya mata kuning pada anak anak. Selain kelainan pada sel darah merah, permasalahan lain pada darah yang memicu mata kuning pada anak diantaranya seperti anemia hemolitik, dan kondisi anemia sel sabit.

5. Gangguan pankreas

Penyebab mata kuning pada anak lainnya yang juga perlu diwaspadai adalah karena adanya kondisi gangguan pada pankreas. Gangguan pankreas yang dapat menyebabkan munculnya mata kuning pada anak tersebut terutama kanker pankreas dan radang pankreas. Kedua gangguan pada pankreas tersebut akan memicu terjadinya sumbatan pada saluran pankreas. Saluran pankreas yang bersatu di usus kecil dengan saluran empedu ketika tersumbat akan memicu penyumbatan pada empedu juga secara tidak langsung. Penyumbatan saluran empedu tersebut akan menyebakna terjadinya kondisi penyakti kuning yang ditandai dengan mata kuning pada anak.

6. Penyebab lainnya

Selain kelainan dan penyakit yang disebutkan diatas, ada beberapa penyebab lain yang memicu mata kuning pada anak anak diantaranya karena pengaruh obat obatan seperti rifampin dan isoniazid untuk mengatasi TB, chlorpromazine untuk mengatasi gangguan mental, didanosine, isotretinoin, dan obat obat herba. Kesemua jenis obat tersebut dalam penggunaan normalnya dapat memicu mata kuning pada anak.

Itulah penjelasan mengenai beberapa penyebab mata kuning pada anak yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap ibu sebagai orang tua. Melihat pemaparan diatas, penyebab utama yang menjadikan anak memiliki mata kuning adalah karena tumpukan bilirubin di dalam darah yang dipicu oleh karena kerusakan hati dan penyebab lainnya. Anak yang memiliki gejala mata kuning maupun bayi kuning sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan tindakan medis yang tepat sebelum terlambat.