5 Tanda Tanda Cacar Air Pada Anak Yang Dapat Diperhatikan

Setiap orang tua memiliki tanggung jawab yang besar terhadap perkembangan anak dari mulai lahir hingga nanti dewasa dan dapat hidup secara mandiri. Orang tua menjadi penentu yang sangat besar bagaimana kondisi yang terjadi pada anaknya. Setiap orang tua tentu mengharapkan anaknya agar dapat memiliki perkembangan yang normal tanpa mengarah pada kondisi gangguan tumbuh kembang anak. Selain pertumbuhannya, orang tua juga harus memperhatikan setiap kondisi kesehatan pada anak agar selalu terjaga.

Demi menjaga kondisi kesehatan pada anak, orang tua harus selalu mengusahakan beberapa hal mulai dari memberikan asupan nutrisi yang cukup pada anak melalui konsumsi makanan sehat secara teratur, mencegah penyakit berbahaya melalui imunisasi lengkap, dan memastikan setiap gejala yang muncul sebagai kondisi normal atau tidak dengan mengkonsultasikannya pada dokter anak. Berkaitan dengan gejala tersebut, orang tua harus memiliki pemahaman terkait mana yang merupakan kondisi berbahaya bagi anak dan mana yang normal normal.

Seperti yang disinggung dalam pembahasan diatas, orang tua harus memiliki pemahaman yang cukup terkait beberapa gejala dan kondisi yang terjadi pada anak sebagai keadaan yang patut diwaspadai atau kondisi yang normal dalam perkembangannya. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini akan diulas mengenai salah satu penyakit yang kerap terjadi apda anak yakni cacar air. Berikut beberapa tanda tanda cacar air pada anak yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap orang tua dalam pembahasan di bawah ini.

1. Demam atau peningkatan suhu tubuh

Gejala dan tanda pertama yang dapat terjadi pada tubuh anak yang sedang mengalami cacar adalah demam. Peningkatan suhu tubuh memang kebanyakan akan terjadi pada setiap anak yang mengalami permasalahan kesehatan akibat infeksi seperti campak pada anak. Cacar air menjadi permasalahan kesehatan yang sering terjadi pada anak dan disebabkan oleh karena infeksi. Demam akibat cacar air juga dapat dikenali dari ada tidaknya penurunan kondisi suhu tubuh setelah mengkonsumsi obat penurun berat badan. Kondisi demam pada setiap anak memang menjadi pertanda yang wajib untuk diwaspadai dengan baik.

2. Tubuh anak yang lemas

Keadaan lainnya yang terjadi pada anak sebagai salah satu tanda cacar air adalah kondisi tubuh anak yang lemas dan malas untuk beraktivitas. Keadaan tubuh yang lemas pada anak anak menunjukan bahwa sedang ada permasalahan yang terjadi pada tubuh anak tersebut. Ibu sebagai orang tua harus memahami adanya tanda bahwa tubuh anak sedang dalam kondisi yang lemas untuk segera mendapatkan pemeriksaan dalam upaya menjaga kesehatannya. Tubuh yang lemas ditandai dengan sikap anak yang malas untuk beraktivitas, kurang ceria, dan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidur.

3. Ruam kemerahan di beberapa bagian tubuh

Tanda tanda cacar air pada anak yang paling utama adalah munculnya ruam kemerahan di beberapa bagian tubuh tertentu. Ruam kemerahan baru akan terjadi setelah beberapa hari terjadinya infeksi. Infeksi cacar air akan terjadi selama 7 sampai 21 hari dan sudah dapat ditularkan ketika memasuki masa infeksi 48 jam. Ada tiga fase yang dari ruam atau benjolan kemerahan pada sekujur tubuh anak yang mengalami cacar air yakni mulai muncul lalu menjadi lecet dan berair dan berakhir dengan koreng yang lama kelamaan akan sembuh dengan sendirinya.

4. Nafsu makan berkurang

Sebelum munculnya ruam merah sebagai tanda tanda cacar air ada anak yang utama, tentu ada beberapa gejala awal yang akan ditunjukan oleh anak ketika kondisi tubuhnya sedang tidak dalam keadaan yang fit. Salah satu gejala awal anak mengalami infeksi cacar air adalah hilangnya nafsu makan pada anak atau kondisi anak 2 tahun susah makan yang menjadikannya susah untuk makan. Kondisi hilangnya nafsu makan pada anak tersebut tentu dapat menyebabkan kondisi anak semakin lemas dan mudah mengalami banyak masalah kesehatan selain cacar air. Ibu harus tetap mengusahakan agar anak tetap mau untuk mengkonsumsi makanan agar proses penyembuhan alami cacar air pada anak berlangsung secara efektif.

5. Pusing dan nyeri tenggorokan

Gejala lain yang juga dapat menjadi pertanda bahwa anak sedang mengalami kondisi infeksi cacar air adalah pusing dan nyeri tenggorokan. Bagi anak yang sudah dapat berkomunikasi secara lancar, kondisi ini akan mudah untuk diketahui karena anak akan mengungkapkan rasa sakit tersebut pada orang tua. Namun bagi anak yang belum dapat berinteraksi dengan baik, orang tua harus memperhatikan ketika anak sering menangis dan memegang kepala maupun tenggorokannya sebagai tanda kesehatan bermasalah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tanda tanda cacar air pada anak yang perlu diperhatikan dengan baik. Kondisi penyakit cacar air memang sangat sering terjadi pada anak anak ketimbang orang dewasa. Anak yang sudah pernah mengalami cacar air maka tubuhnya akan membentuk antibodi untuk mencegah terjadinya penyakit serupa di kemudian hari sehingga cara mengobati cacar air pada anak adalah mengurangi gejala yang muncul saja.