4 Cara Membersihkan Empeng Bayi Secara Baik Dan Benar

Setiap ibu tentu mengharapkan agar kondisi perkembangan bayi pasca menjalani proses persalinan dapat berjalan dengan normal sesuai dengan usianya. Peran dan tanggung jawab ibu sangatlah besar terhadap proses perkembangan bayi. Kondisi tubuh bayi yang masih rentan dengan keadaan organ belum sempurna membuatnya sangat bergantung pada ibu untuk dapat menjalani kehidupan setiap harinya. Ibu harus benar benar memperhatikan dengan baik terkait keadaan bayi setiap harinya.

Ada banyak bentuk usaha yang dapat dilakukan ibu untuk menjaga perkembangan bayi agar tidak mengalami gangguan tumbuh kembang anak atau bayi. Beberapa usaha tersebut diantaranya seperti melakukan imunisasi lengkap, memberikan manfaat asi untuk bayi secara penuh, berkonsultasi dengan dokter untuk melihat perkembangan bayi secara konsisten, hingga memperhatikan segala hal yang berkaitan dengan kebersihan dari bayi baik itu tubuhnya maupun perlengkapan yang digunakan.

Kebersihan dari perlengkapan yang digunakan oleh ibu pada bayi sangat penting mengingat adanya resiko pertumbuhan bakter pada alat yang kotor. Kondisi pertumbuhan bakteri tersebut sangat rentan menganggu kondisi kesehatannya mengingat sistem imunitas tubuh yang belum terbentuk dengan baik pada bayi. Untuk mencegah munculnya masalah, ibu perlu memperhatikan dengan baik salah satu kebersihan alat seperti empeng. Berkut cara membersihkan empeng bagi bayi secara benar.

Mengapa Empeng Bayi Perlu Dibersihkan ?

Empeng merupakan perlengkapan bayi yang sampai saat ini sering menimbulkan boleh tidaknya untuk digunakan. Hal tersebut disebabkan oleh karena perdebatan seberapa penting empeng dibandingkan resiko buruk yang dapat terjadi pada bayi. Mengesampingkan perdebatan boleh tidaknya, beberapa ibu menggunakan empeng untuk bayinya demi mendapatkan manfaat tertentu. Penggunaan empeng tersebut harus diperhatikan kebersihannya mengingat kondisi tubuh bayi yang masih sangat rentan terhadap berbagai macam bentuk resiko penyakit dilingkungannya.

Empeng digunakan dengan cara memasukan bagian yang menonjol ke dalam mulut bayi dan bayi akan menghisapnya seolah olah melakukan hal tersebut pada puting susu ibu. Karena menjadi perlengkapan tambahan bayi yang berhubungan langsung dengan mulut sebagai awal masuknya bahan makanan ke dalam tubuh bayi, memperhatikan empeng selalu dalam kondisi yang higienis merupakan hal utama untuk dapat dilakukan dengan baik oleh setiap ibu. Empeng yang kotor dapat memberikan resiko buruk bagi kondisi janin.

Di dalam empeng yang kurang terawat tersebut, ada berbagai kuman yang dapat tumbuh karena kondisi empeng yang mendukung. Oleh karena adanya resiko kuman yang dapat masuk ke dalam tubuh bayi tersebutlah yang menjadikan pemberian empeng harus memperhatikan higienitasnya. Untuk dapat mencapai tingkat higienitas yang diinginkan, ibu harus paham terkait cara membersihkan empeng bayi dengan benar dan tepat agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Cara Membersihan Empeng Bayi Dengan Benar

Seperti yang dijelaskan dalam uraian diatas, untuk dapat membersihkan empeng bayi tentu harus dilakukan dengan benar agar higienitasnya terjaga secara baik. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan dan diperhatikan secara benar oleh setiap ibu terkait cara membersihkan empeng bayi diantaranya seperti dijelaskan dibawah ini.

1. Mencucinya dengan sabun khusus peralatan bayi

Penggunaan sabun khusus cuci peralatan bayi perlu dilakukan untuk memastikan bahwa bahan di dalam sabun tidak berbahaya. Cara mencuci empeng bagi bayi, cukup dengan menggunakan sabun tersebut sampai benar benar bersih. Pada saat mencuci empeng bayi tersebut, pastikan seluruh bagian sudah tersabung dengan benar terutama di bagian pojok yang sulit dijangkau sekalipun.

2. Cuci dibawah air yang mengalir

Selain menggunakan sabun khusus untuk mencuci peralatan bayi, hal penting yang harus dipahami dalam proses pembersihan empeng adalah penggunaan air nya. Air yang digunakan untuk membersihkan empeng sebaiknya air bersih dan yang mengalir agar kotoran maupun sisa sisa sabun tidak tertinggal di dalam empeng.

3. Bilas secara benar

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dengan baik saat mencuci empeng bayi adalah proses pembilasannya. Pastikan pembilasan dilakukan dengan benar. Jangan sampai ada sisa sabun yang masih tertinggal di dalam empeng karena dapat bermasalah bagi bayi. Kebersihan merupakan salah satu pencegahan infeksi pada bayi baru lahir.

4. Proses sterilisasi

Selain beberapa langkah yang disebutkan diatas tersebut, proses penting dan lanjutan dari cara membersihkan empeng bayi adalah melakukan sterilisasi. Sterilisasi diperlukan karena empeng digunakan langsung di dalam mulut bayi. Proses sterilisasi sederhana dilakukan dengan cara merebus empeng dengan air yang mendidih dalam waktu beberapa menit. Perebusan menggunakan suhu tinggi diharapkan dapat membantu membunuh kuman dan bakteri jahat.

Itulah beberapa cara membersihkan empeng yang perlu diperhatikan dengan baik. Seperti yang dijelaskan dalam uraian diatas, pembersihan empeng secara benar dilakukan untuk mencegah adanya sisa kuman dan kotoran di dalam empeng yang dapat memberikan pengaruh buruk bagi bayi ketika menggunakannya. Kondisi kerentanan bayi dapat menyebabkan masalah lebih besar saat bayi menggunakan empeng yang kurang terjaga higienitasnya. Perawatan yang benar dapat membantu menjaga agar proses perkembangan bayi normal.