Ciri Ciri Bayi Neonatal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Ibu Hamil

Setiap ibu pasca bayi terlahir melalui proses persalinan tertentu baik melahirkan normal ataupun operasi caesar, pasti menginginkan agar bayinya dapat berkembang sesuai dengan kondisi yang normal dan sejalan dengan usia dari bayi tersebut. Ibu yang harus menjalani masa kehamilan selama kurang lebih 40 minggu tersebut pastinya tidak mengharapkan adanya permasalahan apapun pada bayi terutama yang mengarah pada gangguan tumbuh kembang anak atau bayi.

Untuk menghindari berbagai macam bentuk permasalahan pada bayi baik fisik maupun kesehatannya tentu ada upaya yang perlu dilakukan oleh ibu sejak pertama kali bayi lahir hingga mampu hidup secara mandiri. Beberapa bentuk usaha yang perlu dilakukan ibu tersebut diantaranya seperti menyediakan makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi terutama asi karena adanya manfaat asi untuk bayi, menjaga bayi dari berbagai macam bentuk ancaman, memperhatikan kebersihan bayi, dan lain sebagainya.

Selain melakukan usaha usaha yang sebagian disebutkan tersebut, ibu juga perlu mengetahui berbagai macam bentuk informasi yang salah satunya mengenai bayi neonatal. Neonatal merupakan sebutan bagi masa kehidupan manusia pertama kali sejak ia terlahir dari yang awalnya ada di dalam kandungan ibu hamil. Masa neonatal tersebut tentu harus memiliki ciri ciri yang menujukan keadaan normal. Berikut ini beberapa ciri ciri bayi neonatal yang perlu diketahui ibu dalam ulasan dibawah ini.

Pengertian Bayi Neonatal

Sebelum membahas lebih jauh mengenai ciri ciri bayi neonatal maka hal terpenting yang harus dipahami terlebih dahulu adalah pengertian dari bayi neonatal itu sendiri. Bayi neonatal merupakan bayi yang masih memasuki masa neonatal yakni masa disaat bayi lahir hingga usia bayi memasuki 4 minggu kehidupannya atau 28 hari. Bayi neonatal sebenarnya tidak berusia 0 seperti yang kita ketahui namun sudah memiliki usia yang berkisar antara 37 – 42 minggu karena perhitungan tersebut dimulai sejak proses kehamilan terjadi. Bayi neonatal memiliki beberapa ciri ciri diantaranya seperti :

  1. Masih adanya tali pusar pada bayi

Ciri ciri bayi neonatal yang pertama dan dapat dilihat dengan jelas adalah ketika bayi tersebut masih memiliki tali pusar yang belum terlepas dari pusat di perut bayi. Pelepasan tali pusar memang menjadi salah satu pertanda berakhirnya masa perkembangan bayi yang paling singkat ini atau masa neonatal. Tali pusar secara umum biasanya akan lepas dengan sendirinya ketika memang seluruh bagian dari sisa penghubung ibu dengan bayi tersebut sudah kering secara keseluruhan.

  1. Kulit bayi yang keriput

Ciri selanjutnya yang dapat menandakan bayi masih dalam masa neonatal adalah ketika kulitnya terlihat keriput bahkan memiliki warna keunguan. Kondisi kulit bayi yang keriput dan berwarna merah keunguan  tersebut merupakan keadaan yang normal akibat bayi yang pada saat di dalam kandungan masih mendapatkan aliran oksigen dari darah ibu hamil mulai secara alami akan mendapatkan oksigen melalui udara disekitarnya dari aktivitas paru paru. Kondisi kulit bayi yang berwarna demikian tersebut tentu akan terjadi dalam beberapa minggu pada masa adaptasi bayi dengan lingkungan barunya. Setiap penambahan usia bayi akan ada beberapa bentuk perubahan warna kulit bayi baru lahir.

  1. Lebih banyak tidur

Ciri ciri bayi neonatal selanjutnya adalah ketika kondisi bayi masih terlihat lebih banyak tertidur dibandingkan beraktivitas. Kondisi bayi yang lebih banyak tertidur tersebut terjadi karena memang bayi masih dalam proses adaptasi dari yang sebelumnya hidup di dalam rahim ibu hamil kini mulai hidup dilingkungan sesungguhnya. Pada saat masih di dalam kandungan, bayi memang akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dan tetap terbawa pada masa masa awal kehidupan bayi tersebut atau masa neonatal.

  1. Kondisi bayi yang terlihat masih sangat rentan dan lemah

Ciri selanjutnya yang juga dapat menunjukkan bahwa bayi masih memasuki masa neonatal kehidupannya adalah ketika kondisi bayi masih terlihat sangat rentan dan lemah. Masa neonatal menjadi salah satu bentuk penyesuaian yang sangat radikal bagi bayi yang sebelumnya hidup di dalam kandungan ibu dengan pelindungan yang sangat baik harus beradaptasi dengan lingkungan barunya. Kondisi penyesuaian yang radikal tersebut menyebabkan bayi di masa neonatal akan sangat mudah mengalami berbagai macam bentuk permasalahan kesehatan tertentu.

  1. Tubuh bayi yang masih terlihat kurus dengan kulit yang tipis

Meskipun bayi terlahir dengan berat yang cukup, kondisi bayi neonatal akan terlihat seperti tidak memiliki banyak daging di dalam tubuhnya atau terlihat kurus. Selain kurus, bayi yang neonatal juga memiliki kulit yang tipis sampai sampai pembuluh darah yang ada diberbagai bagian tubuh masih bisa terlihat akibat tipisnya kulit bayi di awal awal usia kehidupannya.

Itulah beberapa ciri ciri bayi neonatal yang perlu diperhatikan dengan baik bagi setiap ibu hamil terutama yang masa proses persalinannya sudah cukup dekat. Ciri bayi neonatal lainnya yang juga dapat terlihat adalah adanya penurunan berat badan setelah lahir yang kemudian kenaikannya cukup signifikan tergantung dari air susu ibu.