12 Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Tidak Diare Dan Kembung

Penyakit sering dan mudah mengenai atau menginfeksi pada bayi, sehingga bayi mudah sakit. Salah satu contohnya adalah gangguan saluran cerna seperti diare atau mencret. Ada banyak penyebab bayi mencret, salah satunnya karena infeksi. Tentu jika bayi yang masih berusia sangat muda, tidak dapat diberikan sembarang obat-obatan. Salah satu caranya adalah dengan cara Ibu mengkosumsi sumber obat lalu dengan harapa zat obat tersebut akan di keluarkan bersamaan dengan ASI untuk diminum sehingga dapat menyehatkan bayi.

1. Kentang

Cara mengobaati bayi mencret dapat dengan Ibu menyusui mengkonsumsi kentang. Kentang merupakan tumbuhan yang kaya akan karbohidrat. Dengan mengkonsumsi karbohidrat maka suplai sumber energi tersebut pada Ibu akan tetap tinggi. Hal ini termasuk pada produksi ASI Ibu menyusui sehingga kandungan karbohidrat dalam ASI juga dapat terpenuhi. Hal ini sangat baik untuk bayi yang mencret dimana kebutuhan sumber tenaga atau energi dari karbohidrat dapat dipenuhi dari ASI yang dikeluarkan Ibu menyusui. Hal ini mencegah agar energi bayi dapat dipenuhi sehingga bayi tidak lemas dan tidak kurus akibat mencret.

2. Strawberry

Cara mengatasi diare pada bayi dapat dengan mengkonsumsi strawberry. Strawberry merupakan buah yang baik bagi tubuh dan juga memiliki kandungan vitamin C Yang cukup tinggi. Apabila Ibu menyusui mengkonsumsi strawberry, diharapkan nutrisi strawberry tersebut mampu memenuhi kandungan vitamin C dalam ASI. Manfaat vitamin C ini baik sebagai antioksidan sehingga dapat membantu proses penyembuhan pada bayi yang sakit.

3. Wortel

Makanan Ibu menyusui agar bayi tidak mencret adalah wortel. Pada wortel selain terdapat kandungan vitamin A yang tinggi, juga terdapat kandungan kalium. Dengan mengkonsumsi wortel, Ibu menyusui diharapkan mendapatkan suplai kalium yang baik. Diharapkan dengan mengkonsumsi wortel, maka kandungan kalium tersebut masuk dalam ASI Ibu menyusui. ASI yang mengandung kalium tersebut sangat baik untuk bayi yang mengalami mencret. Kalium tersebut sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dari dehidrasi akibat mencret.

4. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang dimanfaatkan menjadi obat herbal untuk berbagai penyakit. Dalam bawang putih dikatakan memiliki manfaat sebagai anti bakteri yang baik. Apa bila Ibu menyusui bawang putih, maka diharapkan ASI dari Ibu menyusui diharapkan dapat memiliki kandungan efek anti bakteri yang baik untuk saluran cerna bayi sehingga dapat membantu mengobati penyebab diare pada bayi akibat infeksi bakteri.

5. Daun bawang

Salah satu makanan Ibu menyusui agar bayi tidak mencret adalah daun bawang. Di dalam daun bawang terdapat kandungan flavonoid, dimana bila dikonsumsi oleh Ibu menyusui dengan frekuensi sering maka kandungan flavonoid tersebut dapat terserap menjadi kandungan ASI dari Ibu menyusui. Flavonoid sendiri sangat baik dalam proses penyembuhan penyakit, termasuk pada bayi yang mengalami mencret atau diare.

6. Yoghurt

Yoghurt dikenal memiliki kandungan prebiotik yang baik untuk pencernaan. Oleh karenanya, yoghurt sangat baik untuk dikonsumsi oleh Ibu menyusui. Selain itu, yoghurt juga sangat menyehatkan sehingga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan termasuk pada bayi yang menyusu dari Ibu yang mengkonsumsi yoghurt.

7. Sereal

Sereal memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi sereal, diharapkan Ibu menyusui mendapatkan sumber protein yang tinggi. Protein yang dikonsumsi akan masuk ke dalam ASI dan kemudian dikonsumsi oleh bayi. Protein sendiri sangat baik untuk proses pemulihan sekaligus sebagai salah satu sumber makanan yang penting termasuk pada bayi.

8. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang juga memiliki banyak kandungan kalium. Tidak heran pisang dianjurkan untuk di konsumsi oleh orang yang mengalami lemas akibat kekurangan kalium. Apabila Ibu menyusui mengkonsumsi pisang maka diharapkan akan dapat memberikan kalium pada bayi melalui ASI dari Ibu menyusui tersebut. Kalium sendiri merupakan salah satu elektrolit yang baik untuk muntah dan mencret atau muntaber pada bayi, sehingga membantu seperti pertolongan pertama pada anak diare.

9. Kiwi

Makanan Ibu menyusui agar bayi tidak mencret lainnya adalah kiwi. Apabila Ibu menyusui mengkonsumsi buah kiwi, maka dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Kiwi memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi kiwi, maka ASI yang dihasilkan Ibu menyusui memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk memulihkan kesehatan bayi sehabis sakit akibat mencret.

10. Asparagus

Apabila Ibu menyusui mengkonsumsi asparagus, maka ASI yang dihasilkan ibu menyusui tersebut dapat membantu menyehatkan dan menjaga saluran cerna pada bayi akibat mencret. Selain itu, pada asparagus juga terdapat probiotik yang baik untuk saluran cerna.

11. Apel

Makanan Ibu menyusui agar bayi tidak diare yaitu apel. Apel merupakan buah yanng mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Apel memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Apabila Ibu menyusui mengkonsumsi  apel dengan jumlah yanng cukup dan sering, maka bisa meningkatkan kandungan antioksidan di dalam ASI yang dihasilkan oleh Ibu menyusui tersebut. Antioksidan tersebun kemudian akan diminum oleh bayi dan membantu tubuh dalam melawan sumber penyebab penyakit seperti diare pada bayi.

12. Bawang bombay

Bawang bombay dikatakan  memiliki kandungan sebagai antibiotik dan juga prebiotik. Prebiotik sendiri sangat baik dalam menjaga kesehatan saluran cerna terutama pada Ibu menyusui. Selain itu, dengan mengkonsumsi bawang bombay secara rutin, maka kandungan antibbiotik dari bawang bombai tersebut akan ikut dikeluarkan bersamaan ASI saat proses menyusui. Antibiotik sendiri berperan dalam melawan bakteri penyebab terjadunya diare pada Ibu menyusui.

Demikian artikel mengenai makanan ibu menyusui agar bayi tidak diare, semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat untuk anda..