Bolehkah Ibu Hamil Bermain Bowling Dan Bagaimana Caranya?

Bowling adalah jenis olahraga yang sangat menyenangkan. Anda bisa merasakan sensasi membuat bola menggelinding dan menjatuhkan semua pin. Ketika itu terjadi maka Anda mendapatkan kepuasan. Bowling juga olahraga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan semua bagian tubuh. Tapi saat Anda mendapatkan kehamilan maka mungkin merasa ragu untuk bermain bowling.

Semua orang mungkin akan mengatakan untuk memilih olahraga untuk ibu hamil dibandingkan bowling yang terkesan sangat ekstrem. Lalu bolehkah ibu hamil bermain bowling dan bagaimana caranya? Ikuti petunjuk dibawah ini.

Boleh Tidak?

Sebenarnya menurut pakar medis olahraga bowling sangat aman untuk ibu hamil. Asalkan ibu hamil yang akan melakukan olahraga ini tidak mengalami masalah komplikasi kehamilan . Namun jika ibu hamil memang menderita beberapa gangguan yang buruk selama kehamilan maka sebaiknya tidak mencoba olahraga ini. Ibu hamil yang menderita masalah kesehatan dibawah ini tidak boleh bermain bowling, yaitu:

  1. Gangguan plasenta seperti masalah plasenta letak rendah yang bisa sangat berbahaya untuk ibu dan janin jika melakukan bowling.
  2. Ibu pernah mengalami persalinan prematur dimana jika bowling maka bisa membuat ibu mengalami masalah yang sama.
  3. Ibu hamil dengan penyakit jantung. Ibu yang hamil dengan riwayat penyakit jantung juga dilarang untuk bermain bowling, ini karena bola berat yang bisa membuat ibu merasa sangat kelelahan.
  4. Hamil kembar. Kehamilan kembar juga sebaiknya tidak bermain bowling karena pasti bisa sangat melelahkan dan bahaya untuk ibu.
  5. Adanya gejala kontraksi selama hamil. meskipun ibu sehat namun jika ternyata mengalami ciri ciri kontraksi akan melahirkan sebaiknya segera pergi ke dokter.

Cara Aman Bermain Bowling Saat Hamil

  1. Pilih bola ringan. Saat bermain bowling maka cobalah menggunakan bola yang paling ringan. Ini sangat penting untuk tidak memberi penekanan pada punggung. Karena biasanya selama hamil maka bagian ligamen dan sendi menjadi lebih lentur sehingga membawa bola berat bisa menyebabkan cedera pada punggung sampai menyebabkan nyeri pinggang saat hamil.
  2. Berhati-hati. Saat bermain sebaiknya berhati-hati dengan jalur bola, karena bagian ini mengandung minyak yang membuat bola bergerak dengan bebas. Jangan sampai terpeleset karena bisa membuat ibu jatuh dan cedera.
  3. Jaga gerakan selama bowling. Selama melakukan bowling maka cobalah menjaga keseimbangan tubuh. Bagian punggung dan lutut haarus ditekuk saat mengangkat bola sehingga bagian punggung terhindar dari risiko cedera.
  4. Berhenti saat tidak nyaman. Saat ibu hamil merasakan beberapa gejala yang tidak nyaman maka sebaiknya berhenti bermain. Tanda tidak nyaman menjadi reaksi bahwa tubuh ibu sudah tidak bisa diajak untuk bergerak banyak saat bermain bowling.
  5. Waktu paling aman untuk bermain bowling bagi ibu hamil adalah saat trimester pertama dan kedua. Namun ibu harus menyadari apakah ada tanda tidak normal dalam kehamilan tersebut.

Manfaat Bowling

  1. Bisa membantu mengelola berat badan yang sehat sehingga penting untuk menjaga tekanan darah normal dan mencegah masalah diabetes pada ibu hamil.
  2. Sangat baik untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang karena gerakan yang baik untuk kedua bagian tersebut.
  3. Sangat baik untuk kesehatan jantung, karena bowling berperan untuk menjaga stamina selama hamil.
  4. Dilakukan di keramaian sehingga sangat baik untuk menjaga suasana hati ibu hamil.

Itulah jawaban dari bolehkah ibu hamil bermain bowling dan bagaimana caranya? Sekarang ibu hamil tidak perlu ragu lagi karena bisa bermain bowling asalkan kehamilan sehat.