6 Cara Melawan Bau Mulut Saat Hamil Muda Paling Alami

Melewati beberapa gejala hamil muda sebagai kehamilan anak pertama pasti sangat mendebarkan untuk ibu. Banyak ibu yang merasa ragu apakah bisa menjalani kehamilan dengan baik atau tidak. Belum lagi beberapa masalah yang bisa terjadi selama hamil muda seperti kondisi kulit yang kusam, menjadi lebih malas dan juga bau mulut. Bau mulut bisa dianggap sebagai masalah semua ibu hamil muda. Padahal sebelum hamil juga tidak pernah memiliki masalah mulut karena selalu menjaga kebersihan. Agar tidak malu maka ikuti cara melawan bau mulut saat hamil muda paling alami, seperti berikut ini.

  1. Merawat gigi dan mulut secara rutin

Melakukan perawatan gigi saat hamil sebenarnya sangat penting sekali. Mulut dan gigi bisa menghasilkan banyak bakteri dan virus yang bisa menyebabkan masalah untuk janin. Itu karena bakteri dan virus akan terbawa ke dalam darah dimana darah juga masuk ke tubuh janin. Agar tidak mengalami masalah ini maka rawat gigi dengan baik. Caranya adalah dengan menyikat gigi secara teratur yaitu pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari saat mau tidur. Ganti juga sikat gigi secara teratur sehingga jadi lebih sehat. Hindari tindakan cabut gigi saat hamil dengan merawat gigi yang bermasalah dengan baik saat hamil.

  1. Cukupi kebutuhan kalsium saat hamil

Adanya masalah kekurangan kalsium ternyata bisa dilihat dari masalah bau mulut saat hamil muda. Ibu hamil membutuhkan jumlah kalsium yang lebih tinggi karena kalsium diserap janin untuk masa pertumbuhan. Jika kalsium tidak cukup maka tubuh menjadi lemah dan akhirnya bau mulut seperti logam. Ada banyak makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil seperti susu, yogurt, ikan, dan produk kedelai. Juga minum susu untuk mendapatkan manfaat susu bagi ibu hamil demi mencukupi kebutuhan kalsium.

  1. Cukup minum air putih

Salah satu masalah ibu hamil muda adalah morning sickness. Kondisi ini akan membuat ibu lebih sering mual dan muntah. Efeknya bisa membuat tubuh ibu lemah dan juga bau mulut. Untuk mengatasinya maka bisa minum air yang cukup. Air putih adalah air yang cukup baik daripada teh atau kopi. Kekurangan air putih tidak hanya memicu tanda tanda dehidrasi pada ibu hamil tapi juga sebuah masalah yang disebut dengan xerostomia. Penyakit ini akan membuat mulut lebih kering sehingga air liur tidak diproduksi secara normal. Jadi pastikan ibu minum air putih yang cukup.

  1. Biasakan hidup sehat

Untuk mencegah terjadinya keguguran dan penyebab bayi lahir cacat maka ibu harus mempertimbangkan kebiasaan hidup yang sehat. Langkah ini bisa sangat baik untuk menjaga kebersihan mulut dan juga menghilangkan bau mulut tanpa obat apapun. Beberapa hal yang bisa ibu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, memenuhi kebutuhan nutrisi khusus untuk ibu hamil, menjauhi rokok dan asap rokok, tidak minum kafein dan menjauhi semua jenis makanan pedas dan mengandung bumbu bawang berlebihan.

  1. Konsumsi buah menyehatkan

Ibu yang hamil muda juga bisa mengonsumsi buah yang menyehatkan seperti buah segar. Beberapa buah yang bisa mengatasi bau mulut seperti buah apel, jeruk, stroberi, jambu, pepaya dan jenis buah yang bisa menghasilkan zat asam pada mulut. Buah ini juga mengandung polifenol yang bisa membersihkan bakteri dan kotoran dalam mulut.

  1. Konsultasi dengan dokter

Masalah bau mulut saat hamil muda ternyata bisa menjadi pertanda yang cukup berbahaya. Misalnya masalah diabetes yang mungkin sudah terjadi sejak awal kehamilan. Ketika tubuh memiliki kadar gula darah yang berlebihan maka bisa membuat bau logam menguar dari mulut. Kemudian penyakit diabetes yang terjadi selama kehamilan juga bisa memicu masalah tenggorokan dan sistem pencernaan. Karena itu segera ke dokter jika ada masalah bau mulut yang berlebihan.

Itulah semua cara melawan bau mulut saat hamil muda paling alami. Ibu bisa mencoba beberapa langkah tersebut sehingga kondisi mulut menjadi lebih sehat selama hamil muda.