Kehamilan 4 Bulan Apa Yang Dirasakan Oleh Wanita Hamil

Sebutan wanita sempurna kerap kali muncul setelah mampu menghasilkan keturunan melalui proses kehamilan. Hal ini berkembang dimasyarakat karena memang seorang wanita dianggap memiiki peran penting untuk bias hamil dan melahirkan bayinya sebagai keturunan dalam sebuah keluarga yang dibina. Untuk mendapatkan kehamilan tersebut, ternyata membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah bahkan beberapa pasangan harus rela untuk merogoh kocek dalam dalam untuk menjalani tindakan medis seperti inseminasi buatan dan bayi tabung.

Mengingat beratnya usaha yang harus dilakukan untuk mendapatkan kehamilan tersebut, seorang wanita yang sudah dipastikan hamil sering kali akan berusaha dengan keras untuk dapat menjaga kehamilannya demi kondisi janin yang sehat dan memiliki perkembangan normal. Ada berbagai macam usaha yang dapat dilakukan oleh wanita hamil tersebut diantaranya seperti memenuhi nutrisi ibu hamil, menghindari aktivitas berat, beristirahat dengan baik, serta berkonsultasi secara rutin dengan dokter.

Berkaitan dengan usaha yang dilakukan oleh wanita hamil tersebut, memperhatikan setiap perubahan yang dirasakannya merupakan hal yang juga akan membantu dalam menjaga proses kehamilan untuk berjalan dengan normal dan lancar. Setiap perkembangan usia kehamilan, tubuh ibu hamil tentu akan mengalami perubahan juga yang berbeda beda. Terkait kondisi yang dirasakan oleh ibu hamil tersebut, berikut ini beberapa kondisi yang menjawab mengenai kehamilan 4 bulan apa yang dirasakan dalam penjelasan dibawah ini.

1. Gejala hamil muda mulai hilang

Hal pertama yang akan dirasakan oleh ibu hamil ketika kehamilannya memasuki usia 4 bulan dan menjawab pertanyaan kehamilan 4 bulan apa yang dirasakan adalah kondisi gejala hamil muda yang mulai hilang. Secara normal, ibu hamil dengan usia kandungan 4 bulan mulai tidak akan merasakan beberapa gejala yang kurang nyaman seperti mual dan muntah atau morning sickness, perubahan mood yang tiba tiba, dan beberapa nyeri di bagian bagian tertentu. Kondisi hilangnya gejala kehamilan tersebut karena tubuh mulai dapat menyesuaikan diri dengan perubahan homon dan adanya janin dalam kandungan.

2. Perut ibu hamil mudah merasakan mulas

Walaupun gejala hamil muda akan hilang ketika memasuki usia kehamilan 4 bulan, beberapa kondisi lain juga akan muncul sebagai keadaan yang akan menjadikan ibu hamil merasa terganggu dengan tubuhnya. Kondisi mulas akan sering terjadi pada usia kehamilan 4 bulan akibat masih tingginya hormon kehamilan yang diproduksi oleh tubuh wanita hamil. Hormon kehamilan tersebut dapat memicu refluks asam dan kontraksi otot disekitar saluran pencernaan sehingga menyebabkan perut gampang mengalami mulas.

3. Membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak

Selama menjalani kehamilan, setiap wantia hamil membutuhkan nutrisi yang cukup banyak dan harus terpenuhi dengan baik agar proses kehamilan dapat berlangsung dengan normal. Kebutuhan akan nutrisi yang tinggi tersebut menyebabkan nafsu makan ibu menjadi meningkat dan lebih cepat merasakan lapar tertuama karena hilangnya kondisi mual dan muntah pada awal kehamilan. Wanita hamil 4 bulan secara normal memang akan makan lebih banyak karena mudah untuk lapar sehingga menyebabkan peningkatakn berat badan yang signifikan.

4. Perut wanita hamil yang mulai membesar

kehamilan 4 bulan apa yang dirasakan merupakan pertanyaan yang kerap kali muncul untuk memastikan apakah kehamilan seorang wanita berjalan dengan lancar. Pada usia kehamilan 4 bulan, perut wanita hamil akan mulai membesar akibat perkembangan ukuran dari janin di dalam kandungan yang lebih besar. Dengan perut yang besar tersebut tentu ibu membutuhkan energi yang besar untuk tetap dapat beraktivitas sekaligus menopang berat perut yang semakin besar.

5. Munculnya gerakan janin

Pergerakan janin di dalam kandungan mulai dapat dirasakan ketika memasuki usia kehamilan 4 bulan. Adanya gerakan janin tersebut dapat menjadi salah satu pertanda bahwa janin dalam kondisi yang sehat dan perkembagannya normal. Beberapa ibu hamil mungkin tidak akan merasakan gerakan janin di usia kehamilan 4 bulan karena beberapa alasan yang masih dapat diterima sebagai kondisi yang normal asalkan janin di dalam kandungan tetap divonis sehat oleh dokter kandungan. Wanita hamil mulai dapat melakukan cara merangsang agar janin bergerak aktif sehingga gerakannya dapat dirasakan.

6. Beberapa kondisi lain yang akan dirasakan oleh wanita hamil

Selain kondisi yang disebutkan diatas, wanita hamil juga akan merasakan beberapa kondisi lain ketika kehamilannya memasuki usia 4 bulan. Kondisi yang dirasakan tersebut merupakan hal yang normal terjadi. Beberapa kondisi lain yang juga akan dirasakan oleh wanita hamil 4  bulan diantaranya seperti keinginan untuk buang air kecil yang mulai berkurang, payudara yang semakin kencang serta sensitif, rahim yang seolah olah naik ke rongga perut, berat badan meningkat, masalah pada rambut, munculnya strech mark di perut, dan kondisi dimana wanita hamil mulai mudah lelah maupun kesulitan untuk tidur.

Itulah beberapa penjelasan yang dapat dijadikan pemahaman terkait kondisi kehamilan 4 bulan apa yang dirasakan. Beberapa poin yang dijelaskan diatas merupakan keadaan umum yang dapat terjadi pada wanita hamil dan tentunya setiap kehamilan memiliki perkembangan dan gejala yang berbeda satu sama lain.