Inilah 6 Tips Hamil Anak Kedua yang Perlu dipersiapkan dengan Matang

Bagi ibu yang sudah memiliki anak pertama, memiliki anak kedua seharusnya tidak terlalu bermasalah. Hal tersebut dikarenakan Anda sudah berpengalaman sebelumnya setelah melahirkan anak pertama sehingga Anda sudah mengetahui apa yang harus dilakukan.

Meskipun seperti itu, tetap saja Anda harus mempersiapkan beberapa hal untuk kehamilan kedua agar persiapan sampai persalinan dapat lancar. Untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

1. Mempersiapkan fisik

Proses persalinan anak pertama tentunya sangat menguras tenaga Anda. Maka dari itu, sangatlah wajar jika Anda perlu memulihkan kembali fisik agar dapat seperti semula. Namun, pemulihan fisik pasca melahirkan pun terbilang tidak sedikit. Butuh waktu satu sampai dua tahun agar tubuh bisa hamil kembali dengan sehat.

Beberapa cara agar tubuh lebih siap untuk hamil kembali adalah dengan perbanyak olahraga. Akan tetapi, tentu saja olahraga yang dilakukan tidak harus yang berat-berat. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, senam ringan, dan juga stretching. Durasi yang dilakukan pun tidak harus lama-lama karena anak ya ng pertama harus ada yang menjaga. Cukup gunakan waktu sekitar 10 sampai 20 menit saja dan dilakukan dengan rutin.

2. Menjaga pola makan

Ketika sudah memiliki anak pertama, biasanya ibu akan memakan jenis makanan apapun untuk menambah ASI. Namun, ketika Anda berencana ingin memiliki anak kedua, maka pola makanan pun kembali harus dijaga. Sama halnya dengan saat hamil pertama, Anda harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin tinggi yang dibutuhkan untuk hamil kedua.

Beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Anda juga sebaiknya pilih makanan rendah lemak dan juga makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Sebab makanan tersebut dapat meningkatkan kolesterol dan juga kadar gula darah di tubuh Anda dan hal tersebut tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, Anda juga sebaiknya mulai menguragi atau menghindar dari makanan cepat saji. Makanan tersebut rata-rata mengandung bahan pengawet sehingga tidak baik untuk kesehatan Anda dan juga calon bayi nantinya.

3. Sering melakukan pemeriksaan medis

Sering melakukan check up pada dokter kandungan harus sering dilakukan dalam menjalani program anak kedua untuk mengetahui apakah Anda memiliki tanda-tanda akan hamil anak kedua atau tidak. Hal pertama yang dilakukan adalah menanyakan apakah kondisi fisik Anda bisa siap untuk hamil kembali atau tidak. Kedua, periksakan juga kondisi kesehatan Anda pada dokter apakah ada penyakit yang muncul pasca melahirkan seperti darah tinggi, diabetes, kolesterol, dan berbagai masalah lainnya. Apabila Ada, sebaiknya pulihkan terlebih dahulu agar nantinya tidak mengalami masalah ketika akan melahirkan anak kedua. Selain berkonsultasi pada dokter kandungan, ada baiknya Anda juga berkonsultasi pada dokter gigi. Hal ini sangat penting untuk mengetahui kesehatan gigi dan gusi Anda saat kehamilan nantinya.  

4. Mempersiapkan keuangan dengan matang

Selain mempersiapkan secara fisik, kita pun harus mempersiapkan biaya yang dibutuhkan untuk kehadiran anak kedua. Dengan bertambahnya adik, maka kebutuhan di dalam rumah tangga pun menjadi bertambah. Anda juga harus mensiasati biaya keluarga agar semuanya dapat terpenuhi, baik itu untuk sang kakak, ayah, dan adik yang akan lahir nantinya.

5. Berinteraksi dengan calon kakak

Faktor lain yang perlu Anda perhatikan adalah sang calon kakak sendiri. Lihatlah reaksinya apakah dia siap menerima adik dan siap menjadi kakak atau tidak. cara untuk melihatnya adalah dengan melihat sikapnya saat dekat bayi lain. Jika terlihat senang, biasanya sang anak dapat menerima adik dengan baik.

Selain itu, sebaiknya Anda juga sudah mengajarkan sang calon kakak ini untuk mandiri seperti mandi sendiri, membereskan mainan sendiri, sampai bisa makan sendiri. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengurus anak kedua saat nanti sudah lahir. Dengan membiasakan hal tersebut, maka sang calon kakak ini sudha terbiasa mandiri. Akan tetapi, tentunya kita tidak bisa mengubahnya secara drastis karena hal itu bisa memicu trauma pada anak. Lakukanlah pelan-pelan saja sampai benar-benar terbiasa.

6. Tetap memperhatikan anak pertama

Hal ini merupakan salah satu bagian penting saat akan hamil anak kedua. Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya bahwa meskipun Anda akan lebih disibukan dengan mengurus anak kedua, namun, Anda juga tidak boleh mengesampingkan anak pertama. Anda bisa kerja sama dengan ayah untuk mengurus anak pertama maupun anak kedua.

Memiliki anak kedua bisa dikatakan gampang-gampang susah. Sebab Anda akan kembali disibukan seperti mengurus anak pertama lahir. Namun, jika Anda sudah memiliki pengalaman dalam mengurus anak pertama, maka mengurus anak kedua bukanlah hal yang begitu sulit. Anda bisa pelajari fakta hamil kedua yang harus diketahui oleh Anda. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.