7 Makanan Dalam Menu Diet Ibu Hamil Trimester 2 Yang Perlu Diprioritaskan

Selama menjalani proses kehamilan yang akan berlangsung setidaknya 40 minggu, tubuh ibu hamil tentu akan selalu mengalami banyak perubahan yang biasa jadi cukup menganggu. Bentuk perubahan tubuh baik fisik maupun psikis pada ibu hamil dapat berbeda beda sesuai dengan usia kehamilan yang dijalani oleh ibu hamil tersebut. Untuk dapat menjaga agar setiap perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil tetap dalam kondisi yang normal serta menjadikan perkembangan janin di dalam kandungan terjaga.

Salah satu hal penting yang harusnya diperhatikan oleh setiap ibu hamil adalah mengenai makanan yang dikonsumsinya demi memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil selama proses kehamilan. Menu diet menjadi hal yang harus dipersiapkan dan dihitung dengan benar terkait kecukupannya dengan kebutuhan ibu hamil. Diet dalam hal ini bukan dimaksudkan sebagai proses atau aktivitas untuk menurunkan berat badan melainkan merupakan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

Ada banyak jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi selama menjalani proses kehamilan selain makanan berbahaya yang harus dihindari. Makanan ibu hamil pada setiap usia kehamilan tentunya kebutuhan nutrisi di dalamnya bebeda beda sehingga ada juga perbedaan untuk jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh pada usia usia tertentu. Berikut beberapa jenis menu diet ibu hamil trimester 2 yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada ibu hamil dan menjaga kondisi kesehatannya serta memastikan perkembangan bayi normal.

1. Telur

Makanan pada ibu hamil harus sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Salah satu kebutuhan nutrisi yang penting bagi ibu hamil adalah protein. Sumber protein yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil sangat banyak  dan salah satu yang terbaik untuk kehamilan trimester 2 adalah telur. Konsumsi telur di usia kehamilan trimester 2 sangat baik untuk ibu hamil dan perkembagan janin karena kandungan nutrisinya yang lengkap bukan hanya protein namun juga ada vitamin D dan kalsium yang sangat penting untuk kehamilan.

2. Ikan Salmon

Salah satu menu diet ibu hamil trimester 2 yang baik bagi ibu hamil dam janin di dalam kandungannya adalah ikan salmon. Selain sebagai sumber protein, ikan salmon juga memiliki kandungan nutrisi yang baik sebagai salah satu makanan untuk perkembangan otak janin dalam kandungan yakni omega 3. Kandungan omega 3 tersebut sangat penting bagi proses perkembangan janin di dalam kandungan. Ikan salmon dapat dikonsumsi juga saat kehamilan memasuki usia trimester 3.

3. Kacang kacangan

Jenis makanan lain yang juga masuk dalam menu diet bagi ibu hamil di usia kehamilan yang sudah memasuki trimester 2 adalah kacang kacangan. Kandungan nutrisi di dalam kacang seperti tiamin, omega 3, dan protein nabati sangat baik untuk kebutuhan tubuh ibu hamil maupun kondisi perkembangan kehamilan dan janin sendiri. Berbagai jenis kacang kacangan tersebut dapat dikonsumsi sebagai menu tambahan dalam olahan makanan maupun dijadikan snack atau camilan.

4. Buah buahan

Selain kacang kacangan, makanan lainnya yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kondisi kehamilan ibu agar berlangsung dengan normal dan sehat adalah buah buahan. Kandungan vitamin dan nutrisi lain pada buah tertentu sangat baik untuk menjaga asupan nutrisi harian bagi janin dan ibu hamil. Buah buahan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu agar tidak mudah mengalam sakit. Beberapa jenis buah buahan untuk ibu hamil yang baik dikonsumsi diantaranya seperti alpukat, mangga, anggur, dan lain sebagainya.

5. Sayur sayuran

Selain buah tentu makanan utama yang dikonsumsi oleh ibu hamil diusia kehamilan trimester 2 juga harus mengandung beberapa jenis sayuran. Sayuran yang sehat bagi ibu hamil akan membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya dan menjaga agar kondisi kesehatan janin dan ibu tetap terjaga dan proses kehamilan berlangsung dengan baik. Beberapa sayuran  untuk ibu hamil muda yang baik diantaranya seperti brokoli, bayam, dan lainnya.

6. Produk olahan susu

Untuk memenuhi kebutuhan kalisum dan zat besi bagi proses perkembangan janin yang normal serta menjaga kesehatan tubuh ibu hamil maka konsumsi produk susu dan olahannya sangat disarankan. Susu mengandung banyak nutrisi terutama zat besi dan kalisum. Ibu hamil tidak harus mengkonsumsi susu khusus ibu hamil namun semua jenis susupun akan berdampak positif bagi kehamilan.

7. Menu diet lainnya

Selain menu menu yang disebutkan diatas, ada beberapa menu diet lain yang juga sebaiknya dikonsumsi ketika memasuki usia kehamilan trimester 2.  Beberapa makanan dalam menu diet ibu hamil trimester 2 tersebut diantaranya seperti ubi jalar, makanan yang tinggi akan asam folat, makanan yang memiliki kandungan nutrisi penting bagi tubuh.

Itulah beberapa penjelasan mengenai beberapa makanan yang dapat dijadikan menu diet ibu hamil trimester 2 yang membantu dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh ibu hamil dan memastikan agar perkembangan janin dapat berjalan dengan lancar dan normal.