Sponsors Link

20 Sayuran untuk Ibu Hamil Muda yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Ibu yang sedang hamil harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Karena kandungan dalam makanan akan diserap langsung oleh janin yang dikandung. Makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil tentu adalah makanan sehat seperti sayur dan buah. Makanan yang tumbuh dari alam memang memberikan manfaat yang sangat banyak dan tidak berbahaya karena bebas dari pengawet.

ads

Jenis sayuran memang banyak macamnya, dan hampir semua sayuran baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, apakah Ibu sudah tahu manfaat dari masing-masing sayur yang dikonsumsi. Kalau belum, yuk kita simak manfaat berikut ini:

Baca juga:

Sayuran untuk Ibu Hamil Muda

1. Brokoli

Sayur hijau yang satu ini dipenuhi dengan nutrisi yang sangat baik selama masa kehamilan. Brokoli tidak hanya tinggi kalsium dan folat, tetapi juga kaya akan serat yang berfungsi sebagai antibodi dan antioksidan. Kandungan vitamin C dalam sayuran ini juga sangat banyak dan akan membantu tubuh untuk menyerap zat besi. Brokoli baik dikonsumsi bersama makanan tinggi zat besi lainnya seperti pasta gandum atau beras merah.

2. Bayam

Sama seperti brokoli, bayam mengandung banyak zat besi dan asam folat. Kandungan vitamin dalam sayur ini juga cukup banyak, yakni vitamin A, vitamin C, dan vitamin K yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Selain dapat menunjang kesehatan ibu dan janin, konsumsi sayuran juga memberikan banyak nutrisi alami pada janin.

Baca juga:

3. Paprika

Paprika memang bukan jenis sayuran yang populer di Indonesia. Tidak banyak orang yang suka mengonsumsi sayuran yang satu ini. Namun siapa sangka paprika mengandung kadar vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk? Vitamin C adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh karena mampu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Mencukupi kebutuhan vitamin C juga bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

4. Ubi Manis

Sayuran untuk Ibu Hamil Muda yaitu ubi manis adalah jenis sayuran yang akan mudah Anda temukan di pasar. Umbi-umbian ini tidak hanya mengenyangkan saja tetapi juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, potassium, juga serat. Potassium sangat diperlukan ibu hamil sebagai persiapan untuk menyusui si jabang bayi ketika lahir. Kandungan serat dalam ubi manis menghindarkan ibu hamil dari konstipasi atau susah buang air besar.

Baca juga:

Sponsors Link

5. Bit

Bit disebut-sebut sebagai salah satu sayuran paling bernutrisi di dunia. Sayur bit mengandung “keajaiban” yakni bisa memurnikan darah selama masa kehamilan. Dengan demikian, bayi tidak akan terlahir cacat. Bit mengandung asam folat, vitamin C, dan zat besi tinggi yang mampu mendetoksifikasi tubuh ibu hamil. Konsumsi buah bit akan menyehatkan sistem pencernaan ibu hamil selama masa kehamilan.

6. Buncis

Sayuran yang satu ini mengandung banyak vitamin K. Kandungan protein dan serat dalam bunci juga cukup tinggi. Dengan memakan sayur buncis, ibu hamil akan terbebas dari konstipasi dan sakit kepala yang sering menyerang ibu hamil. Kandungan vitamin K juga mampu meningkatkan kesehatan tulang ibu hamil.

7. Tomat

Wanita banyak menyukai buah tomat karena kandungan antioksidannya sangat baik untuk kecantikan kulit. Tidak hanya untuk merawat kecantikan saja, sayur tomat juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil. Kandungan vitamin C dan zat besi yang tinggi dalam tomat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel pada ibu yang sedang hamil.

ads

8. Asparagus

Mendengar nama Asparagus mungkin sebagian orang masih asing. Maklum, jenis sayuran yang satu ini belum populer di kalangan masyarakat. Tahukah Anda kalau asparagus kaya akan kandungan senyawa yang sangat baik utnuk ibu hamil? Asparagus mengandung banyak vitamin B kompleks, vitamin K, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B9 yang membantu bayi tidak lahir cacat. Asparagus juga mempunyai kandungan asam folat, kalsium, dan serat yang berlimpah.

Namun sebelum memasak asparagus jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih sempurna, karena jika tidak asparagus bisa menjadi sarang bakteri dalam tubuh.

9. Wortel

Wortel memang populer sebagai sayuran yang sehat. Sayuran yang satu ini mengandunga banyak betakaroten yang berguna untuk perkembangan sel dan jaringan saraf pada janin. Tingginya antioksidan dalam sayuran ini juga sangat diperlukan ibu hamil agar dapat menangkal radikal bebas. Wortel mengandung kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi bayi, serta mampu memperkuat sistem imun ibu yang melemah selama masa kehamilan. Konsumsi wortel bisa meningkatkan kualitas ASI ibu menyusui, dan mengurangi resiko penyakit kuning pada bayi.

Baca juga:

10. Kangkung

Sayuran untuk Ibu Hamil Muda ini hampir setiap hari kita konsumsi dalam berbagai bentuk masakan. Kangkung memang sangat akrab di lidah kita. Kandungan zinc dan selenium dalam kangkung membantu merilekskan otot dan syaraf ibu yang tegang selama masa kehamilan. Syaraf dan otot yang tenang akan mudah mendatangkan rasa kantuk. Jadi tidak heran kan kalau kita selalu mengantuk setelah memakan sayur ini. Jika dikonsumsi secara teratur, kangkung bisa mengobari kelelahan dan mencegah insomnia.

11. Kubis

Kubis sering kita temui dalam sayur sop. Sayur ini memang terasa menyegarkan jika dikonsumsi. Untuk ibu hamil, kubis menjadi salah satu sayuran wajib. Kubis mengandung asam folat yang sangat tinggi. Sebaiknya mengonsumsi kubis dalam keadaan matang, karena jika memakan kubis dalam keadaan mentah, dikhawatirkan masih ada bakteri yang tertinggal.

12. Kacang-kacangan

Siapa yang tidak tahu bahwa kacang-kacangan mengandung protein nabati yang tinggi? Oleh karena itu bagi ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi kacang-kacangan karena proteinnya akan membantu perkembangan otot dan saraf pada janin. Kandungan kalisum pada kacang-kacangan akan membantu pembentukan tulang dan gigi janin. Jenis kacang yang baik dikonsumsi adalah kacang hijau, kacang merah, dan kacang kedelai.

Baca juga:

13. Kembang Kol

Sayuran ini masih satu “keluarga” dengan kubis. Sayuran berwarna putih dan punya rupa mirip brokoli ini juga kaya akan asam folat, sama seperti kubis. Bagi ibu hamil, penting untuk mengonsumsi sayur ini karena mampu meningkatkan kesehatan ibu dan bayi.

14. Terong Ungu

Terong ungu mengandung asam folat yang sangat tinggi, dan bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan gizi ibu dan janin selama masa kehamilan. Terong ungu tidak hanya kaya akan asam folat saja, tetapi juga mengandung zat besi, kalori, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C yang tinggi dan penting untuk tubuh.

15. Daun Katuk

Ibu hamil yang sudah memasuki trisemester akhir biasanya sangat disarakan mengonsumsi daun katuk. Kadar prolaktin yang ditemukan dalam daun katuk sangat tinggi, dan zat ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan, mempercepat, serta melancarkan produksi ASI. Daun ini juga mengandung alkaloid, sterol, flavonoid, dan tanin. Kandungan vitamin pada sayur ini juga cukup tinggi yaitu vitamin C dan vitamin A.

Baca juga:

16. Jagung Manis

Jagung banyak jenis dan macamnya yang sering kita jumpai. Namun jagung jenis ini, selain rasanya yang lezat untuk direbus atau dibakar, juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan vitamin B12 dalam jagung baik untuk meningkatkan darah dan menjaga kadar kalium dalam tubuh. Jagung manis juga sumber protein nabati yang sangat baik untuk tubuh.

Sponsors Link

17. Daun Singkong

Daun berwarna hijau tua yang seringkali terasa pahit ini ternyata sangat baik bagi ibu hamil. Daun singkong kaya akan kandungan antoksidan yang mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh ibu hamil dan menangkal radikal bebas. Konsumsi sayur ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan ibu dan janin.

18. Labu Kuning

Labu kuning biasanya banyak kita temui saat musim Hallowe’en sebagai Jack o’Lantern. Namun sayuran yang sangat mudah ditemukan ini mengandung banyak nutrisi yang tidak perlu diragukan lagi. Labu kuning kaya akan serta, vitamin A, C, E, zinc serta asam lemak omega 3 yang baik untuk perkembangan otak janin.

19. Kentang

Sayuran ini mengandung banyak kandungan nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Kentang kaya akan kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium yang baik untuk pertumbuhan tulang janin. Selain itu sayur ini juga kaya vitamin C, E, K, B6, dan folat. Namun jangan memakan kentang goreng di restoran cepat saji karena sudah banyak tercampur bahan kimia. Pilih kentang organik yang dimasak sendiri.

Baca juga:

20 Labu Siam

Labu siam adalah jenis labu berwarna putih dan berbentuk lonjong. Labu siam kaya akan kandungan asam folat yang menyempurnakan pembentukan sel pada janin dan mencegah bayi lahir cacat.

Itulah Sayuran untuk Ibu Hamil Muda yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Selama masa kehamilan, ibu harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Tidak melulu sayur, ibu hamil juga harus mengimbangi dengan protein nabati serta susu dan karbohidrat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 18th, August 2017 / 09:46 Oleh :
Kategori : Nutrisi Ibu Hamil