Sponsors Link

12 Mainan Untuk Bayi 6 Bulan untuk Mendukung Perkembangan Bayi

Sponsors Link

Apakah bayi Anda sudah berusia 6 bulan? Perkembangan bayi usia 6 bulan berarti bayi Anda sudah ingin banyak bermain, mengetahui banyak hal dan ingin tahu dengan cara mereka sendiri. Kemudian saat ini  bayi Anda juga sudah pasti menunjukkan tanda tanda bayi tumbuh gigi , sehingga selalu ingin memasukkan mainan ke mulut. Bayi Anda ingin menggerakkan banyak mainan, melempar dan menggigitnya lagi. Bayi Anda juga sudah mulai sering menggerakkan kepala, berguling dan menggeliat. Untuk mendorong perkembangan koginitif, sosial dan emosi maka berikan beberapa mainan untuk bayi 6 bulan seperti berikut ini:

ads
  1. Mainan gantung di atas tempat tidur

Saat bayi Anda sudah berusia 6 bulan maka Anda bisa menggunakan mainan gantungan yang ada di atas tempat tidur. Mainan biasanya terdiri dari berbagai binatang yang berwarna cerah seperti kuning, merah dan biru. Ada banyak jenis gantungan yang bisa ditambahkan seperti lampu, bola-bola yang berwarna, dan semua mainan yang mengeluarkan bunyi atau musik. Mainan ini bisa membantu perkembangan motorik, kognitif dan perkembangan indra seperti telinga dan mata. Cara bermain bisa sambil berdiri, duduk atau tiduran.

Informasi tidur bayi:

  1. Mainan berbagai bentuk dari plastik

Kemudian Anda juga bisa memberikan berbagai maianan yang terbuat dari plastik dengan bentuk yang bermacam-macam. Bentuk dasar yang bisa dikenalkan seperti lingkaran, bola, balok, segitiga, bintang, bulan dan jenis lain. Mainan sangat baik untuk mendorong perkembangan keterampilan tangan, mata, ketangkasan jari tangan dan pikiran anak yang kreatif. Anak bisa bermain dengan cara mencari bentuk, menyusun bentuk atau sesuai dengan keinginan anak Anda. (baca: perkembangan organ tubuh bayi setelah lahirPosisi tidur bayi yang baik )

  1. Mainan gigitan bayi

Saat bayi sudah berumur 6 bulan maka  bayi menunjukkan tanda tumbuh gigi pertama. Ini berarti tidak ada masalah terlambat tumbuh gigi pada bayi. Anda bisa memberikan mainan gigitan yang terbuat dari bahan yang aman. Mainan memiliki pegangan atau tempat jari bayi. Tekstur mainan juga sangat lembut sehingga ketika digigit oleh bayi bisa membantu mengatasi gatal, gusi yang bengkak dan tidak nyaman. Pastikan Anda memilih mainan yang tidak mengandung BPA, timbal, karet dan gel beracun.

Baca:

  1. Kotak musik mainan

Lalu Anda juga bisa memberi maianan berupa kotak musik. Mainan berbentuk binatang atau mobil atau jenis bentuk lain. Ketika disentuh atau ditekan pada tombol tertentu maka  bisa mengeluarkan bunyi musik. Mainan ini sangat penting untuk mengembangkan keterampilan sensorik bayi Anda. Cara bermain sangat mudah yaitu dengan melihat reaksi anak ketika musik berbunyi. Kemudian ini sangat baik untuk membuat bayi tidak bosan ketika bermain sendiri.

Informasi perkembangan bayi 1-6 bulan:

Sponsors Link

  1. Mainan susunan

Kemudian Anda juga bisa memberikan mainan yang disusun. Ada beberapa jenis bentuk dan yang paling umum adalah bentuk lingkaran seperti donat. Mainan memiliki ukuran dari mulai besar hingga kecil kemudian terdiri dari banyak warna. Bayi Anda bisa belajar cara menyusun mainan dan ini sangat baik untuk mendukung perkembangan bayi dalam mengenali bentuk dan warna yang berbeda. Anda bisa memilih mainan baik yang berbentuk balok kayu atau plastik yang ringan.  (baca: perkembangan motorik halus anak)

  1. Mainan gantungan di box bayi

Anda juga bisa memilih berbagai jenis mainan yang digantungkan pada bagian box bayi. Anda bisa memilih berbagai bentuk mainan baik itu binatang, bunga atau jenis mainan yang lain. Mainan ini sangat baik untuk meningkatkan keterampilan sensorik sehingga bayi bisa tumbuh cerdas. Anda juga bisa memilih mainan yang terbuat dari gantungan kain sehingga bisa dipindahkan ke stroller atau tempat lain. (baca: cara mendidik anak agar cerdas – penyebab anak cepat marah –  cara mendidik anak hiperaktif)

  1. Bola berbunyi

Anda bisa mencoba untuk memberikan bola  berbunyi. Mainan ini berbentuk bola atau jenis benda yang lain, kemudian pada bagian dalam masih ada benda lain yang lebih kecil. Ketika digerakkan maka bisa mengeluarkan bunyi yang nyaring. Mainan ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Saat anak sudah aktif berguling dan bergerak maka mainan bisa mendorong anak untuk banyak berlatih gerakan. (baca: infeksi telinga pada anak – gejala sinusitis pada anak – bahaya bayi naik pesawat)

  1. Pegangan dengan bola ganda

Anda  bisa mencoba memberikan mainan yang bisa mengeluarkan bunyi gemerincing sehingga bisa membuat bayi Anda tertarik. Mainan ini memiliki sisi pegangan yang kuat dan ringan sehingga bisa digunakan oleh bayi sendiri. Ketika bagian pegangan digerakkan maka bola-bola dalam mainan itu bisa mengeluarkan bunyi menarik. Mainan ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan sensorik dan motorik. Anda bisa memilih ukuran, warna dan bentuk yang berbeda, dan pastikan tidak mengandung bahan berbahaya. (baca: gejala anak menelan benda asing – perkembangan motorik halus anak )

  1. Bola plastik atau balon

Kemudian Anda juga bisa mendukung perkembangan keterampilan sensorik dan motorik bayi dengan memberikan mainan balon atau bola plastik. Anda bisa memilih balon atau bola plastik yang didalamnya terdapat benda yang bisa mengeluarkan bunyi. Kemudian ketika bayi bermain maka bisa ikut banyak bergerak. Benjolan pada bagian bola yang kasar juga sangat penting untuk membuat bayi bisa menikmati tekstur benda secara langsung. (baca: hidung anak kemasukan benda asing)

  1. Mainan putar

Anda juga bisa memberikan sebuah mainan putar dengan banyak warna dan bentuk. Mainan ini sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi, keterampilan sensorik dan motorik kasar bayi Anda. Anda bisa menggunakan beberapa isi mainan seperti bola warna, atau bola madu. Ketika diputar maka semua benda akan banyak bergerak. Kemudian anak Anda bisa mencoba mengenali benda pertama yang sudah dilihatnya tadi. (baca: terapi anak terlambat bicara – cara mengatasi anak tantrum  ) 

Sponsors Link

  1. Mainan gamelan atau drum

Lalu jika bayi Anda bosan maka Anda bisa memberikan mainan yang dipukul dan mengeluarkan bunyi. Seperti misalnya gamelan atau drum yang ringan. Mainan ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan sensorik. Ketika mainan mengeluarkan bunyi yang nyaring maka bisa membuat bayi Anda lebih bersemangat. Jika mainan bisa mengeluarkan banyak bunyi maka bisa membuat telinga bayi Anda sangat peka dalam mengenali sumber bunyi. (baca:  cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan – cara agar anak cepat jalan))

  1. Boneka bola

Kemudian Anda juga bisa memberikan mainan dari boneka bola yang sangat lembut. Mainan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan motorik halus. Anda bisa mencoba untuk memilih  mainan boneka bola dengan berbagai warna dalam satu bola. Bayi Anda bisa bermain dengan memeluk bola, mengenali tekstur dan mencoba untuk mengangkat bola boneka ini. Kombinasi warna yang menarik juga merangsang bayi untuk mengenal banyak warna.

Informasi perkembangan bayi 7 – 12 bulan:

Inilah semua mainan untnuk bayi 6 bulan yang sangat penting diberikan untuk mendorong perkembangan bayi Anda. Pastikan Anda memilih bahan mainan yang paling aman dan juga membersihkan mainan secara teratur agar bayi tidak mudah terkena infeksi penyakit dari mainan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 07th, August 2017 / 06:56 Oleh :
Kategori : Bayi