Sponsors Link

Bolehkan Ibu Hamil Makan Nangka?

advertisement

Saat seorang ibu memasuki masa kehamilan, tentunya banyak pantangan ibu hamil muda yang layak dipatuhi agar dapat menjaga kesehatan ibu dan janin dalam masa kehamilan. Sering kali muncul sebuah pertanyaan dalam benak para ibu hamil, apa sajakah pantangan makanan ibu hamil? Dalam masa kehamilan sangat penting untuk menjaga asupan nutrisi mulai dari buah maupun sayuran yang banyak mengandung banyak vitamin.

Salah satu yang sering dipertanyakan ialah bolehkan ibu hamil makan nangka? Sebab banyak anggapan yang beredar di masyarakat mengenai buah nagka yang apabila dkonsumsi oleh ibu hamil dapa menjadi salah satu penyebab keguguran hamil muda. Namun benarkah anggapan yang demikian? Sedangkan hingga saat ini belum pernah ada laporan yang menyebutkan mengenai kemungkinan buah nangka menjadi penyebab keguguran. (baca juga: Akibat keguguran untuk psikologis dan kesehatan ibu )

Kandungan dan Manfaat Buah Nangka

Kehamilan yang bermasalah sesungguhnya bukan terjadi hanya karena faktor makanan saja, namn banyak faktor lainnya misalnya karena kondisi kekebalan tubuh yang lemah dan pernah mengalami keguguran pada kehamilan sebelumnya. Makanan hanyalah faktor kecil yang memiliki kemungkinan menjadi penyebab keguguran berulang. Buah nangka baik nangka tua yang sudah matang dari pohon atau pun nangka muda terutama, memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bila dikonsumsi secara seimbang dan cukup selama kehamilan. Berikut diantaranya:

1.  Mengurangi Resiko Anemia

Zat besi merupakan salah satu mineral yang terkandung didalam buah nangka. Diketahui salah satu masalah yang seringkali menimpa ibu saat hamil terutama dalam trimester pertama ialah pucat, lemas seperti tak berdaya. Hal tersebut terjadi penurunan karena kadar sel darah merah gejala tersebut seringkali disebut dengan anemia atau kurang darah. Keadaan tersebut diakibatkan karena oksigen darah dalam tubuh berkurang karena terjadi diakibatkan perubahan hormon kehamilan. Konsumsi buah nangka secara rutin dan cukup dapat membantu mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil karena kandungan zat besi membantu meningkatkan oksigen dan kadar sel darah merah dalam darah. Karenanya buanh nangka dapat juga disebut sebagai makanan penambah darah untuk ibu hamil.

Sponsors Link

2.  Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat kalsium bagi ibu hamil dalam buah nangka memiliki peranan penting dalam menjaga kepadatan tulang terutama pada ibu hamil dan mencegah resiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dan juga berpengaruh terhadap pembentukan dan pertumbuhan tulang dan gigi janin yang masih berada dalam kandungan. (baca juga: Cabut Gigi saat Hamil)

3.  Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Penurunan sistem imun tubuh saat kehamilan terjadi karena pengaruh homon kehamilan. Vitamin yang terkandung dalam buah nangka cukup lengkap seperti Vitamin A, Vitamin B1, dan Vitamin C, yang memiliki peran sebagai antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga:

4.  Memperlancar Proses Pencernaan

Banyak ibu hamil yang mengeluh sembelit, selain karena tekanan rahim pada usus yang menyebabkan sistem pencernaan ‘macet’, kurangnya konsumsi serat saat hamil juga ikut berpengaruh pada kondisi tersebut. Buah nangka diketahui juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yang dapat membantu mengatasi segala macam masalah pencernaan termasuk sembelit serta menjaga sistem pencernaan. Mengkonsumsi serat yang cukup dan dibarengi makanan lain secara seimbang akan menghindarkan ibu hami dari masalah sembelit. (baca juga: Obat mencret untuk Ibu hamil ,  Cara Mengatasi Bayi Sembelit)

5.  Menjaga Nafsu Makan

Pada sebagian ibu yang melewati masa kehamilan umunya mengalami penurunan nafsu makan karena sering mual dan muntah. Hal tersebut seringkali disebut sebagai morning sickness, dan bila hal tersebut tak ditangani secara tepat dapat menyebabkan masalah gizi yang serius. Dalam buah nangka memiliki kandungan vitamin B1 yang sering di kenal sebagai senyawa tiamin yang diketahui sangat penting dalam membantu menjaga nafsu makan dan mengurangi rasa mual. (baca juga: Makanan pencegah mual saat hamil)

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A untuk ibu hamil sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Dalam buah nangka sendiri juga tersimpan kandungan Vitamin A yang cukup banyak, hal tersebut dapat diketahui dari warna buahnya ketika matang berubah menjadi kuning cerah. Mengkonsumsi buah nangka secara rutin dan cukup dapat membantu menjaga fungsi mata baik pada ibu maupun juga pada janin didalam kandungannya. (baca juga: Manfaat Jus Wortel untuk Ibu Hamil , Mata Bintitan saat Hamil)

Sponsors Link

7.  Membantu Perkembangan Otak Janin

Manfaat asam folat bagi ibu hamil sangat penting demi menjaga kesehatan janin dan membantu menjaga perkembangan otak dan juga kemungkinan cacat pada tabung saraf. Buah nangka diketahui juga memiliki  kandungan folat di dalamnya. Sebagai buah alternatif, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah nangka sebgai salah satu pilihan. Namun yang terpenting adalah setiap mengkonsumsi sesuatu baik makanan atau pun minuman, apalagi dalam kondisi hamil haruslah waspada dan juga secukupnya dan jangan berlebihan. Karena segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga:

8.  Menjaga kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Perubahan hormon saat masa kehamilan menadi salah satu penyebab ibu hamil yang mengalami tekanan darah yang tidak stabil. Buah nangka memiliki kandungan kalium yang sangat bagus untuk menjaga tekanan darah tinggi pada ibu hamil tetap stabil dan membantu menjaga ksehatan jantung saat masa kehamilan. (Baca Jug: Penyebab Jantung Berdebar Pada Ibu Hamil)

Setiap makanan memiliki efek negatif dan positifnya masing-masing termasuk pada buah nangka. Manfaat buah nangka pada ibu hamil yang cukup banyak tersebut, tentunya tak perlu lagi membuat ibu hamil merasa khawatir saat ingin mengkonsumsi buah nangka. Meskipun ada banyak anggapan negatif mengenai hal tersebut, sejatinya bahaya buah nangka bagi ibu hamil dapat terjadi apabila ibu hamil memiliki alergi atau pun mengkonsumsinya terlalu banyak. Jadi yang terpenting adalah bagi ibu hamil untuk dapat mengontrol apapun yang hendak dikonsumsi agar terhindar dari kemungkinan yang membahayakan kehamilan.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 09th, December 2016 / 01:02 Oleh :
Kategori : Buah Sehat