Bahaya Kuaci bagi Ibu Hamil dan Manfaatnya

Ngemil” adalah salah satu kegiatan yang banyak disukai oleh hampir semua orang. Ngemil merupakan kegiatan makan makanan ringan yang berupa snack atau makanan ringan lainnya. Ngemil ini sifatnya tidak mengenyangkan seperti kita mengonsumsi nasi atau makanan berat lainnya. Banyak orang yang menyukai kegiatan ngemil ini selama mereka tidak memiliki masalah terhadap berat badan. Namun, bagi orang yang menghindari pertambahan berat badan, maka mereka akan cenderung menjauhi kegiatan yang satu ini. Makanan yang biasa dimakan saat ngemil biasa disebut dengan “cemilan”. Cemilan merupakan jenis makanan ringan yang cenderung tidak membuat kenyang.  Camilan yang tidak membuat kenyang adalah kuaci, jika dikonsumsi secara berlebihan ada beberapa bahaya kuaci bagi ibu hamil yang harus diwaspadai. ( Baca : Manfaat makanan laut bagi ibu hamilJenis makanan yang dihindari saat hamilMakanan sehat masa nifas )

Berbagai macam cemilan dapat kita temukan di sekitar kita, mulai dari snack, gorengan, kue atau biskuit, kacang, dan lain sebagainya. Salah satu cemilan bergizi yang dapat dijadikan alternatif bagi kita adalah kuaci. Ya, kuaci ini merupakan sejenis biji- bijian, sehingga merupakan kategori cemilan alami dan bukan olahan manusia. Kuaci merupakan cemilan berupa biji- bijian (biji semangka, biji bunga matahari, biji waluh) yang sudah dikeringkan dan juga diasinkan. Dalam proses pengeringan ini seringkali juga ditambahkan cita rasa dan aroma yang menggunakan bahan alami seperti daun pandan, serai, kayu manis, kincam, dan juga pekak. ( Baca : Makanan sehat untuk penderita kistaMakanan pengganti karbohidrat )

Dibalik bentuknya yang sangat mungil ini, kuaci menyimpan manfaat yang besar. Mengenai efek samping, sebenarnya tidak ada efek samping yang berarti bagi kesehatan ibu hamil dan juga janinnya ketika mengonsumsi kuaci ini. Kuaci ini bahkan sangat bermanfaat bagi ibu hamil seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Namun ada beberapa bahaya kuaci bagi ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Menyebabkan Darah Tinggi

Kadungn garam yang tinggi pada kuaci bisa menyebabkan darah tinggi pada ibu hamil. Kandungan garam yang tinggi ini menjadi penyebab tekanan darah ibu hamil menjadi tinggi.

Baca : Tekanan darah tinggi pada ibu hamilPenyebab ibu hamil darah rendahBahaya darah rendah pada ibu hamil

  1. Mengganggu Kesehatan Ibu Hamil

Kuaci diproses terlebih dahulu dan dalam pemrosesannya hingga menjadi siap saji biasanya ditambahkan penyedap- penyebab dan juga pengawet. Maka dari itu dihimbau untuk ibu agar tidak terlalu kebanyakan atau terlalu berlebihan dalam mengonsumsi kuaci ini. Karena dikhawatirkan penyedap dan pengawetnya akan mempengaruhi kesehatan ibu dan juga bayi.

Baca : Manfaat cumi bagi ibu hamil dan kesehatanBahaya minum es saat haid bagi kesehatan wanita

Kandungan Nutrisi (Gizi) pada Kuaci


Dibalik bentuknya yang mini dan mungil, ternyata kuaci ini mempunyai manfaat yang besar serta kandungan gizi yang banyak. Kandungan gizi pada kuaci ini tergantung pada bahan baku pembuat kuaci itu sendiri. Di kalangan masyarakat Indonesia, kuaci yang paling populer adalah yang terbuat dari biji bungan matahari. Kuaci biji bunga matahari mempunyai berbagai kandungan gizi yang ada di dalam kuaci diantaranya adalah:

Manfaat Mengkonsumsi Kuaci

Kuaci biji bunga matahari selain merupakan cemilan yang enak dan gurih, ternyata juga merupakan cemilan yang sehat. Kuaci biji bunga matahari mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh, khususnya wanita. Apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kuaci ini?

  1. Menghaluskan kulit
  2. Memperbaiki sistem pencernaan
  3. Membakar kalori
  4. Menyehatkan jantung
  5. Menjaga kesehatan tulang
  6. Anti Inflamasi
  7. Menurunkan kolesterol
  8. Menenangkan saraf, otot, dan juga pembuluh darah
  9. Mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular
  10. Meningkatkan proses detoksifikasi
  11. Mencegah timbulnya kanker
  12. Mencegah serangan jantung dan stroke
  13. Baik untuk pertumbuhan anak
  14. Mengurangi depresi. ( Baca : Stres saat hamil )

Itulah berbagai manfaat yang akan kita peroleh apabila kita mengonsumsi kuaci sebagai cemilan. Banyak orang pasti akan menjadikan kuaci sebagai cemilan sehat setelah mengetahui manfaat yang dikandungnya.

Manfaat Kuaci


Biasanya, yang cenderung menyukai cemilan atau aktivitas ngemil adalah para perempuan, tak terkecuali pada saat hamil. Pada saat hamil, beberapa ibu seringkali mengalami nafsu makan naik atau adanya keinginan untuk ngemil. Kuaci adalah makanan yang alami dan sehat serta mengandung berbagai nutrisi dan juga gizi. Ibu hamil akan merasakan manfaat apabila menjadikan kuaci sebagai menu cemilannya. Beberapa manfaat yang diperoleh ibu hamil ketika mengonsumsi kuaci. Bahkan kuaci masuk ke dalam lima cemilan terbaik bagi ibu hamil. Kandungan gizi pada kuaci yang sudah disebutkan sebelumnya serta manfaat- manfaat yang diperoleh juga akan dirasakan oleh ibu hamil. Bahkan ada beberapa zat yang sangat baik dan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil terdapat pada kuaci ini. ( Baca : Bayam untuk ibu hamilIbu hamil makan durianPenyakit akibat kekurangan gizi )

Berikut ini adalah nutrisi pada kuaci dan manfaatnya:

  • Asam folat. Asam folat ini sangat berperan untuk perkembangan otak bayi, sehingga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. ( Baca : Makanan yang baik untuk otak janinBahaya ragi bagi ibu hamil )
  • Serat. Serat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan ibu hamil. ( Baca : Susah BAB saat hamil )
  • Vitamin E. Vitamin E berperan untuk menangkal radikal bebas sehingga melindungi ibu hamil dari berbagai zat berbahaya penyebab kanker.

Itulah beberapa manfaat dan bahaya kuaci bagi ibu hamil yang harus diwaspadai jika mengonsumsi kuaci berlebihan. Selain manfaat di atas, masih banyak manfaat lain yang akan diperoleh ibu seperti manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya.  Alangkah baiknya jika ibu hamil memakan cemilan yang sehat dan bergizi, sehingga disamping bumil dapat terus ngemil, bumil juga memperoleh manfaat dari gizi cemilan tersebut.

,
Post Date: Friday 13th, May 2016 / 14:12 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular