15 Manfaat Vitamin E bagi Ibu Hamil dan Janin

Vitamin E adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil karena vitamin ini berperan penting pada masa kehamilan. Dikenal dengan istilah alpha TE atau aplha tocopherol, vitamin E adalah vitamin yang sebenarnya sangat gampang larut di dalam lemak. Vitamin ini juga bersifat antioksidan sehingga tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menangkal radikal bebas. Lalu, apa saja manfaat vitamin E bagi ibu hamil? Adakah efek samping dalam mengonsumsi vitamin E?

1. Mempertahankan Kehamilan
Telah diteliti bahwa vitamin E sangat bagus untuk para ibu hamil karena dapat membantu mempertahankan kehamilan. Itulah alasan mengapa ibu hamil sangat disarankan untuk memenuhi asupan vitamin E ketika masuk di trimester pertama. Hal ini dikarenakan risiko keguguran di trimester pertama lebih tinggi. Vitamin E merupakan salah satu cara mencegah keguguran.

2. Melembabkan Kulit
Kulit yang terjaga kelembabannya merupakan sebuah tanda bahwa kulit berada dalam kondisi sehat. Para calon ibu yang khawatir akan kulit kering dan berubah kusam setelah hamil, layak mendapat asupan vitamin E secara rutin untuk mengembalikan dan mempertahankan kelembaban kulit.

3. Mengurangi Risiko Depresi dan Stres
Vitamin E sangat bermanfaat dalam mengurangi risiko stres dan depresi pada ibu hamil yang kerap berubah suasana hatinya. Banyak calon ibu yang memiliki kegelisahan pada masa kehamilan, maka dengan mengonsumsi vitamin E, kondisi pikiran dijamin lebih rileks.

4. Menurunkan Risiko Kanker
Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi para wanita, tidak terkecuali ibu hamil. Dengan mengonsumsi vitamin E secara rutin dengan dosis yang benar, kandungan antioksidannya akan melindungi tubuh Anda dan mencegah timbulnya sel kanker.

5. Membuat Dinding Sel Darah Lebih Kuat
Manfaat dari vitamin E yang bisa didapat juga oleh para ibu hamil adalah kemampuannya dalam membuat dinding sel darah lebih kuat. Dengan kuatnya dinding sel darah, maka otomatis sirkulasi darah juga lebih lancar dan peredaran oksigen melewati pembuluh darah juga tidak ada hambatan. Penyumbatan pembuluh darah dapat diatasi dengan asupan vitamin E.

6. Mencegah Rusaknya Sel Darah Merah
Anemia pada ibu hamil kerap terjadi. Gejala kurang darah atau anemia biasanya disebabkan oleh rusaknya sel darah merah. Dengan mengonsumsi vitamin E, kerusakan sel darah merah tidak perlu lagi dikhawatirkan karena dapat dicegah secara alami.

7. Menunda Penuaan Dini
Kebanyakan wanita, termasuk para calon ibu selalu memiliki kekhawatiran akan kesehatan kulit. Penuaan dini dapat terjadi pada siapapun dan untuk menundanya, mengonsumsi vitamin E dengan dosis yang benar adalah solusinya. seperti juga manfaat ketan hitam bagi ibu hamil, vitemin E juga mampu mencegah penuaan dini. Tidak usah sampai harus menguras kantong hanya untuk perawatan wajah mahal karena vitamin E adalah yang terbaik untuk memperlambat proses aging.

8. Menjaga Sistem Imunitas Tubuh
Rata-rata ibu hamil pasti setuju bahwa sistem daya tahan tubuh dapat menurun ketika hamil dan bila begini, tubuh pun akan mudah menjadi lesu dan gampang terserang penyakit. Untuk mencegah agar tubuh tidak mudah kena penyakit, vitamin E sangat penting untuk dikonsumsi. Sang ibu sehat, janin pun tentu ikut sehat.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Liver
Penyakit liver bukanlah penyakit yang bisa dianggap enteng karena penyakit ini pun tergolong kronis dan bila tidak secara cepat ditangani akan dapat berbahaya. Dalam mencegah penyakit yang menyerang hati ini, asupan vitamin E wajib untuk dipenuhi dengan mengonsumsinya secara teratur.

10. Membuat Kulit Elastis
Sejumlah ibu hamil merasa bahwa kulit mereka mengalami perubahan ketika mulai memasuki masa kehamilan. Kulit yang tidak lagi elastis alias keriput menjadi salah satu masalah yang cukup membuat stres saat hamil. Pastikan kulit Anda mendapatkan nutrisi yang cukup dan tepat dengan mendapatkan vitamin E sehingga elastisitas kulit dapat dipertahankan. Mengonsumsi vitamin E telah terbukti mampu membuat kulit lebh sehat.

11. Membuat Kulit Halus
Selain melembabkan dan mengelastiskan kulit, manfaat vitamin E bagi ibu hamil akan membantu membuat kulit lebih lembut. Bila beberapa calon ibu merasa kecantikan kulit mereka berkurang, Anda dapat membuktikan bahwa dengan memberikan tubuh asupan vitamin E secara cukup, maka kulit akan tetap cantik dan lembut selama hamil. Tidak ada lagi kulit kusam dan kasar karena kulit akan secara alami menjadi halus oleh dukungan nutrisi vitamin E.

12. Mengencerkan Darah
Pada sejumlah kasus, ada beberapa ibu hamil yang mengalami pembekuan darah selama masa kehamilan dan bahkan berlanjut hingga setelah proses persalinan. Vitamin E bisa dijadikan zat pengencer darah yang bisa diandalkan. Dengan kata lain, vitamin E dipercaya mampu mencegah pembekuan darah.

13. Memperkuat Fisik
Para calon ibu wajib menjaga kesehatan fisik. Ketika hamil, beberapa wanita mungkin merasa bahwa ketahanan fisik mereka tidaklah bagus. Jika Anda adalah salah satu dari mereka, pastikan mengonsumsi vitamin E yang juga berfungsi meningkatkan kekuatan fisik seperti juga manfaat buah blueberry untuk ibu hamil. Energi pada tubuh pun akan dapat ditingkatkan dengan asupan cukup vitamin E. Selain itu, risiko kerusakan otot juga akan dapat diturunkan sehingga otot pun lebih kuat.

14. Mengurangi Bintik atau Flek Coklat
Kerusakan kulit biasanya dipicu oleh radikal bebas sehingga mendukung kemunculan bintik atau flek hitam/coklat pada wajah. Selain dari radikal bebas, kondisi fungsi hati yang buruk juga menjadi faktor. Vitamin E adalah nutrisi tepat yang harus didapatkan oleh para ibu hamil yang ingin senantiasa terlihat cantik dengan kulit wajah bebas dari flek. Vitamin E akan mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang akhirnya pun mendorong terjadinya regenerasi sel kulit. Ketika sel kulit baru muncul, otomatis bintik-bintik coklat pada kulit pun akan hilang seperti juga manfaat buah kiwi bagi ibu hamil. Dan juga jangan sampai wanita terkena hiperpigmentasi saat hamil.

15. Menurunkan Risiko Diabetes
Asupan vitamin E yang cukup akan mencegah para calon ibu dari penyakit diabetes. Para calon ibu tidak lagi perlu khawatir akan diabetes dan komplikasinya baik pada masa kehamilan maupun setelah persalinan. Ingat bahwa diabetes gestational adalah sebuah kondisi penyakit yang dapat muncul dan terjadi pada wanita hamil. Untuk mencegah bahaya diabetes saat hamil, konsumsi vitamin E adalah salah satu solusi paling disarankan.

Peringatan dan Tips Mengonsumsi Vitamin E bagi Ibu Hamil

  • Untuk mendapatkan vitamin E secara alami, makanlah makanan sehat, seperti sereal yang sudah difortifikasi, kacang-kacangan misalnya manfaat kacang hijau bagi ibu hamil, telur, daging unggas, daging sapi, minyak nabati, buah sehat, serta sayuran yang daunnya hijau.
  • Ibu hamil wajib untuk tidak mengonsumsi vitamin E berdosis tinggi.
  • Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memutuskan mengonsumsi vitamin E agar Anda tahu persis seberapa dosis yang dianggap tepat. Diskusikan pada dokter ketika berencana untuk hamil, pada masa kehamilan itu sendiri maupun pasca melahirkan dan tengah menyusui. Perencanaan kehamilan juga sebaiknya dilakukan untuk menghindari hidramnion pada kehamilan. Melahirkan normal atau caesar butuh langkah berbeda. Apabila berencana untuk melahirkan dengan metode operasi, penggunaan vitamin E harus ditentukan sekitar 2 minggu sebelum operasi. Jangan menunggu tanda-tanda akan melahirkan baru peduli akan penanganan pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan dapat berisiko pendarahan pada proses operasi.
  • Jika selama mengonsumsi vitamin E terjadi reaksi alergi, jangan tunda untuk menemui dokter untuk mendapatkan penanganan sesegera mungkin.
  • Mengonsumsi vitamin E dengan mencampurkannya ke makanan utama Anda akan meningkatkan daya penyerapan vitamin ke dalam tubuh. Ini disebabkan vitamin E membutuhkan lemak. Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin E mudah larut di dalam lemak.
  • Apabila sempat lupa untuk mengonsumsi vitamin E pada waktu tertentu, jangan kemudian meminum vitamin E dengan dosis ganda seketika Anda ingat. Hal ini bakal membahayakan kesehatan Anda dan kandungan. Kita harus memperhatikan dosis seperti juga ketika mengonsumsi vitamin A untuk ibu hamil.

Efek Samping Vitamin E

Vitamin E tidak akan berbahaya jika dikonsumsi secara benar dan dosisnya pun tergolong sehat. Namun ketika konsumsi dilakukan secara berlebih, ada beberapa efek samping berbahaya yang patut diwaspadai.

1.Memicu gangguan jantung pada bayi di dalam kandungan bagi para ibu hamil yang mengonsumsi vitamin E dalam dosis tinggi. Hal ini perlu diwaspadai jangan sampai mengakibatkan kelainan jantung pada bayi baru lahir.
2. Perut akan terasa mual.
3. Terjadi gangguan pada penglihatan.
4. Ibu hamil cepat lelah.
5. Penyebab sering pusing saat hamil.
6. Terkena diare pada ibu hamil.