Sponsors Link

21 Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil dan Janin

Sponsors Link

Apakah Anda suka makan yogurt? Yogurt menjadi makanan yang sangat menyegarkan, lembut dan cukup sehat untuk tubuh. Tapi, ketika baru saja dinyatakan hamil maka ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa larangan ibu hamil, tidak boleh mengkonsumsi yogurt. Kehamilan memang akan menjadi perjalanan hidup yang menyenangkan. Ibu hamil memiliki kewajiban untuk memberikan nutrisi terbaik bagi tubuh dan janin yang akan tumbuh menjadi bayi. Namun, apakah benar bahwa ibu hamil tidak boleh makan yogurt? Baiklah, kali ini kami akan mengupas tentang yogurt dan manfaat khusus yogurt untuk ibu hamil, serta mitos yang berkembang.

ads

Apa itu Yogurt?

manfaat yogurt untuk ibu hamilYogurt adalah makanan yang sangat lembut dan lezat seperti puding. Makanan ini dibuat dengan bantuan dari proses fermentasi dengan bahan susu yang mengandung bakteri alami. Yogurt biasa dikonsumsi sebagai camilan atau dicampur dengan buah. Yogurt dibuat dengan memakai bahan khusus yang didapatkan dari susu kemudian ditambahkan materi media bakteri sehingga, bakteri menjadi aktif dan mendapatkan lingkungan yang sangat baik.

Bakteri dalam yogurt ditambahkan secara langsung ke dalam susu. Jenis bakteri yang dipakai dalam produksi yogurt adalah seperti bakteri Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.
Jenis susu yang digunakan untuk membuat yogurt bisa terbuat dari susu sapi atau susu kambing. Susu harus direbus dengan panas khusus untuk membunuh semua bakteri yang ada dalam susu. Umumnya yogurt dikemas dalam beberapa tingkatan seperti yogurt rendah lemak, yogurt dengan tambahkan pemanis dan yogurt dengan lemak.

Banyak ibu hamil yang meragukan yogurt sebagai makanan yang aman selama kehamilan. Hal ini disebabkan karena yogurt terbuat dari susu yang difermentasi dan kemungkinan ada alkohol di dalamnya. Tapi pada dasarnya yogurt adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi. Yogurt mengandung berbagai jenis nutrisi yang penting selama kehamilan untuk menunjang kesehatan ibu dan janin, berikut ini diantaranya :

1. Sumber Kalsium

Yogurt adalah sumber kalsium terbaik. Dalam setiap satu cup yogurt tanpa lemak ditemukan sekitar 256 mg kalsium. Kalsium menjadi salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Kekurangan kalsium bisa memicu cacat syaraf dan masalah pada kesehatan tulang dan gigi. manfaat kalsium bagi ibu hamil dan janin dari yogurt adalah sebagai berikut:

  • Kalsium menjadi mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang pada janin
  • Kalsium juga membantu ibu hamil menyerap nutrisi yang penting untuk tulang sehingga terhindar dari osteoporosis
  • Yogurt mengandung kalsium yang cukup tinggi sehingga membantu ibu hamil agar terhindar dari masalah kesehatan usus.
  • Asupan kalsium dari yogurt juga sangat penting untuk menunjang perkembangan janin.

2. Sumber Probiotik

Banyak ibu hamil yang mengalami berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit. Yogurt mengandung probiotik alami yang bermanfaat untuk membantu perkembangan syaraf bayi. Selain itu, probiotik juga membuat pencernaan ibu hamil menjadi lebih sehat. Selain buah buahan untuk ibu hamil, konsumsi yogurt sepanjang kehamilan sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan

3. Meningkatkan Asupan Protein

Protein dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai sumber tenaga dan yogurt mengandung protein yang cukup tinggi. Sepanjang kehamilan banyak ibu hamil yang mengeluh lemah dan tidak bertenaga. Hal ini bisa disebabkan karena ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk bayi dan tubuhnya sendiri. Asupan protein yang terdapat dalam yogurt akan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

4. Mencegah Cacat Tabung Syaraf

Cacat tabung syaraf yang terjadi pada bayi disebabkan karena gizi ibu hamil khususnya asupan folat yang kurang saat masuk ke trimester pertama. Yogurt bisa menjadi salah satu asupan folat yang sangat menyegarkan. Dalam setiap 1 cup yogurt ditemukan sekitar 18 mcg folat. Manfaat yogurt untuk ibu hamil, menghindari kekurangan folat bisa meningkatkan masalah kesehatan syaraf dan motorik yang cukup serius pada bayi.

5. Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menyerap kalsium yang penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan tulang pada bayi. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan masalah penyakit tulang dan jaringan yang sangat serius pada bayi. Dalam setiap 1 cup yogurt ditemukan sekitar 5 IU vitamin D. konsumsi yogurt setiap hari bisa membuat kesehatan ibu hamil dan janin menjadi lebih baik.

ads

6. Memenuhi Kebutuhan Omega-3

Omega-3 adalah salah satu jenis lemak esensial yang diperlukan oleh tubuh, namun tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memproduksinya sendiri. Omega-3 mendukung pertumbuhan dan pembentukan jaringan pada janin terutama untuk bagian otak, sistem syaraf, mata dan melindungi janin dari resiko penyakit jantung.

Baca juga, manfaat alpukat untuk ibu hamil yang memberikan asupan omega 3.

7. Menjaga Kesehatan Usus Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang mengeluh tentang masalah kesehatan usus sepanjang kehamilan. Mengkonsumsi yogurt secara aktif dapat meningkatkan kesehatan usus sehingga menunjang penyerapan nutrisi dari makanan dan minuman. Manfaat yogurt untuk ibu hamil akan mencegah dari berbagai masalah seperti sembelit dan gangguan usus. Yogurt mengandung zat asam dari bakteri baik yang bisa mencapai usus dalam waktu yang cepat.

8. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Masalah kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk ibu hamil. Tapi selama kehamilan mulai dari trimester pertama hingga ketiga maka ibu hamil biasanya menghadapi berbagai kondisi kesehatan yang berbeda. Masalah kesehatan badan menjadi hambatan yang cukup serius ketika ibu hamil tidak bisa melakukan aktivitas seperti hari biasa. Yogurt mengandung nutrisi dan sumber mineral, yang merupakan cara menjaga kehamilan agar tetap sehat. Selain itu yogurt sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Mengurangi Resiko Infeksi

Masalah infeksi sangat rentan untuk ibu hamil. Infeksi dari berbagai jenis bakteri dan kuman bisa membuat ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang lemah. Selain itu bakteri dan kuman juga bisa membuat janin dalam bahaya. Untuk menghindari semua masalah ini maka konsumsi yogurt bisa mengurangi resiko dari infeksi kuman dan bakteri.

10. Mengurangi Resiko Infeksi Paru pada Janin

Dalam sebuah pengujian yang dilakukan oleh Jurnal khusus dalam bidang Nutrisi di Inggris, membuktikan bahwa konsumsi yogurt secara aktif bagi ibu hamil mengurangi resiko infeksi pneumonia pada janin. Manfaat yogurt untuk ibu hamil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu, sehingga janin juga bisa memiliki kepekaan untuk melawan infeksi. Yogurt meningkatkan sistem imunitas pada ibu hamil dan janin.

11. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Yogurt menjadi salah satu sumber kalium yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Setiap 1 cup yogurt mengandung sekitar 398 mg kalium. Kandungan ini setara dengan jumlah kalium dalam pisang berukuran sedang. Kalium sangat baik untuk ibu hamil dan janin karena berperan menjaga keseimbangan elektrolit. Selain itu kalium juga penting untuk menjaga denyut jantung dan kesehatan jantung.

Selain 11 Manfaat tersebut di atas, yogurt juga penting untuk ibu hamil seperti :

  1. Melancarkan BAB
  2. Mencegah sembelit
  3. Mencegah kanker usus
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil
  5. Menjadi sumber nutrisi sehat
  6. Sumber energi
  7. Menjaga kebutuhan gizi janin.

Baca juga manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil, yang memberikan asupan elektrolit alami.

Tips Memilih Yogurt yang Aman untuk Ibu Hamil

Yogurt bisa disajikan dengan buah atau dimakan langsung. Beberapa ibu hamil selalu merasa khawatir karena yogurt menggunakan bakteri yang telah mengalami proses fermentasi. Namun ibu hamil tetap bisa mengkonsumsi yogurt sepanjang kehamilan. Dengan syarat bahwa yogurt itu memiliki kualitas yang baik dan telah diproses dengan higienis.

Sponsors Link

Berikut ini adalah beberapa criteria untuk memilih yogurt bagi ibu hamil.

  • Pastikan bahwa ibu hamil memilih jenis yogurt yang telah dipasteurisasi – Proses pasteurisasi dilakukan oleh produsen yogurt yang menggunakan standar tinggi dalam proses pengolahan yogurt. Label pasteurisasi biasanya dicantumkan dalam kemasan.
  • Hindari mengkonsumsi yogurt yang produk rumahan – Karena dikhawatirkan proses yang tidak higienis sehingga yogurt mungkin tercemar oleh bakteri atau kuman.
  • Konsumsi jenis yogurt yang terbuat dari susu rendah lemak – Meskipun ibu hamil membutuhkan lemak namun disarankan bukan dari produk susu. Jika ibu hamil sangat menyukai yogurt maka bisa mengkonsumsi yogurt rendah lemak agar lebih aman untuk kesehatan jantung dan tidak menambah berat badan. (Baca juga : bahaya obesitas bagi ibu hamil)
  • Selalu perhatikan label yang tercantum dalam kemasan yogurt – Hindari yogurt yang menggunakan bahan tambahan seperti pemanis atau perasa tambahan.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa yogurt pada kemasan – Konsumsi produk fermentasi yang sudah kadaluarsa sangat berbahaya untuk nyawa ibu hamil dan janin.

Konsumsi Yogurt untuk Ibu Hamil

Apakah ibu hamil masih ragu untuk mengkonsumsi yogurt? Pada dasarnya yogurt yang telah diolah dengan proses higienis dan mengalami pasteurisasi sangat aman untuk ibu hamil. Yogurt menjadi sumber vitamin, mineral dan zat gizi yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Selain itu konsumsi yogurt selama hamil juga akan mendukung kesehatan janin.

Bahkan bagi ibu hamil sangat disarankan untuk memenuhi asupan kalsium, vitamin dan mineral dari yogurt dengan total konsumsi sekitar 220 gram per hari. Untuk tetap sehat selama hamil, pastikan Anda mengkonsumsi yogurt rendah lemak. Jadi, Jangan takut makan yogurt saat hamil.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 16th, April 2015 / 09:35 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat