Sponsors Link

Tanda Tanda Kehamilan

advertisement

Tanda tanda kehamilan awal sulit dirasakan jika anda tidak memahaminya, namun efeknya sangat penting untuk kesehatan janin. Apakah Anda sedang mencoba untuk menebak kehamilan? Pertanda mundurnya waktu menstruasi menjadi salah satu pertanda kehamilan yang pasti. Namun beberapa wanita bisa mengalami gejala yang berbeda-beda sebelum datang masa tempo waktu menstruasi.

Bahkan wanita juga bisa merasakan bahwa ada sesuatu dalam rahim mereka berdasarkan perasaan atau insting. Tapi rasa kebahagiaan tentu akan sangat terlihat ketika tes kehamilan sudah dilakukan. Jadi, apakah Anda benar-benar hamil atau hanya karena perasaan saja? Bukti paling kuat untuk mendukung perasaan ini adalah dengan melihat beberapa tanda tubuh sebelum terlambat datang bulan. Berikut ini adalah beberapa tanda tanda kehamilan awal sebelum datang bulan.

1. Mulut yang Tidak Nyaman

Kehamilan membuat tubuh wanita mengalami beberapa perubahan, termasuk untuk indra perasa seperti mulut. Banyak wanita yang merasa ada bau dan rasa yang tidak nyaman sebelum datang waktu atau jadwal menstruasi. Ada bau amis dan seperti karat besi pada mulut sehingga terkadang menimbulkan rasa mual ketika mencium aroma yang tajam seperti parfum atau bumbu masakan. Penyebab pertanda ini belum ditemukan hingga sekarang namun biasanya akan hilang setelah melewati trimester pertama.

2. Bercak Merah Kecoklatan

Beberapa perempuan juga merasa ada cairan yang keluar dengan warna merah muda atau merah coklat terang. Bercak ini biasanya akan muncul antara 3 hingga 6 hari sebelum jadwal menstruasi. Dalam dunia medis gejala pendarahan ini biasanya disebut dengan proses implantasi yaitu proses menempelnya sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma ke dinding rahim. Pendarahan paling lama terjadi sekitar 3 hari dan biasanya hanya pendarahan ringan. Jika Anda mendapat pertanda ini maka jangan khawatir karena pendarahan akan berhenti sendiri.

3. Suhu Tubuh Meningkat

Proses meningkatnya suhu tubuh sebenarnya tidak terlalu disadari oleh wanita. Suhu tubuh akan meningkat jika terjadi pembuahan sel telur oleh sel sperma. Kondisi ini memang sama seperti ketika seorang wanita masuk dalam periode masa mensteruasi. Tapi kenaikan suhu selama menjelang kehamilan atau ketika sel telur sudah berhasil dibuahi oleh sel sperma terjadi dalam waktu yang singkat sekitar 1 hingga 2 hari sebelum jadwal menstruasi.

4. Payudara Menjadi Lebih Lembut

Proses sel telur yang telah dibuahi oleh sperma mendorong tubuh wanita hamil memiliki kadar hormon progesteron yang lebih tinggi. Hal ini ternyata juga memberikan perubahan pada sensitifitas payudara. Pada awal kehamilan bahkan jauh sebelum kehamilan terdeteksi oleh tes dan prosedur pemeriksaan lain maka payudara wanita menjadi sangat lembut. Perubahan ini berbeda dengan wanita yang akan masuk periode menstruasi karena biasanya payudara akan terlihat lebih keras dan besar.

5. Lingkaran Puting Payudara Lebih Hitam

Wanita yang merasa daerah areola atau lingkaran sekitar puting menjadi gelap maka bisa saja itu adalah pertanda kehamilan. Perubahan tanda dan warna pada areola sebenarnya disebabkan karena produksi hormon kehamilan (HCG) yang semakin meningkat. Tubuh akan mengirimkan sinyal bahwa terjadi pembuahan sel telur dan sperma yang bisa menjadi janin. Tapi jangan khawatir karena perubahan warna ini hanya terjadi selama waktu mendekati kehamilan, saat kehamilan dan akan berubah sendiri setelah bayi lahir.

6. Tubuh Mudah Lelah

Tubuh wanita bisa mengirimkan sinyal yang sangat cerdas dan harus disikapi dengan bijak. Saat dalam tubuh wanita terjadi proses pembuatan sel telur oleh sel sperma, maka produksi hormon progesteron akan meningkat. Produksi hormon ini berfungsi untuk membantu tubuh wanita dalam menerima janin dalam rahim. Ketika produksi hormon semakin meningkat maka tubuh akan terasa sangat lelah. Biasanya wanita bisa merasa sangat sehat pada pagi hari, kemudian tiba-tiba merasa pusing dan sangat lemah. Jika ini terjadi, maka kemungkinan besar Anda hamil. Tapi bedakan dengan gejala lelah pada wanita yang akan menstruasi karena biasanya terdeteksi sebagai flu atau demam.

7. Sakit Perut

Sakit perut yang terjadi pada awal kehamilan berbeda dengan jenis sakit perut biasa. Biasanya akan muncul rasa tertekan dan kram di perut bagian bawah. Hal ini terjadi karena sel telur yang sudah dibuahi oleh sel sperma mulai menempel ke rahim. Gejala kram dan tertekan pada perut bawah biasanya akan terjadi setelah 8 hari dari sejak masa ovulasi sel. Kemudian rasa sakit dan kram akan semakin bertambah pada 4 hari sebelum menstruasi. Banyak wanita yang salah karena rasa kram ini juga biasanya dialami menjelang menstruasi. Jadi, amati bila sakit perut ini disertai dengan pendarahan implantasi sebelum periode menstruasi.

8. Lebih Sering Merasa Mual

Rasa mual biasanya datang pada saat kehamilan memasuki trimester pertama dan akan mulai hilang ketika masuk ke trimester kedua. Tapi ada sebagian wanita yang bisa merasakan mual satu minggu sebelum terlambat menstruasi. Rasa mual bisa menyebabkan muntah atau pusing dan biasanya terjadi dalam waktu yang lebih lama. Beberapa wanita juga tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasanya. Rasa mual sebelum terlambat datang bulan bisa menjadi pertanda kehamilan. Hal ini disebabkan karena tubuh memproduksi hormon progesteron dan estrogen dalam jumlah yang lebih tinggi. Tapi bagi wanita sebaiknya disarankan untuk tidak panik atau mengkonsumsi obat bebas, karena mual menandai tubuh membentuk perlindungan untuk embrio yang telah menempel pada rahim

9. Hidung yang Peka Terhadap Bau

Wanita yang hamil juga memiliki kepekaan yang sangat tinggi terhadap berbagai macam aroma. Aroma makanan dan minuman yang sebelumnya tidak mengganggu, maka tiba-tiba menjadi tidak menyenangkan. Tanda kehamilan awal ini disebabkan karena tubuh memiliki cadangan estrogen dan progesteron yang sangat tinggi. Beberapa macam aroma yang sangat kuat seperti bumbu masakan dan bumbu dapur menjadi hal yang paling mudah ditandai oleh wanita.

10. Nafsu Makan yang Meningkat / Ngidam

Ngidam atau menginginkan jenis makanan tertentu bisa menjadi pertanda kehamilan yang sangat baik. Jika sebelumnya Anda tidak menyukai acar kemudian jadi sangat menyukai dan ingin makan dalam jumlah yang tinggi maka itu bisa menjadi tanda kehamilan. Beberapa wanita juga bisa mengalami ingin mengkonsumsi makanan tertentu tapi bisa merasa puas setelah melihatnya. Gejala ini disebabkan karena produksi hormone estrogen yang tinggi dalam tubuh memberikan pengaruh untuk syaraf sensorik sehingga Anda merasa tiba-tiba menginginkan jenis makanan tertentu.

11. Perubahan Emosi

Pertanda emosi sebelum datang menstruasi sebenarnya memang sangat wajar. Produksi hormon progesteron yang tinggi membuat emosi wanita menjadi tidak stabil. Terkadang beberapa masalah kecil bisa menjadi besar dan lebih mudah menangis. Pertanda ini memang muncul pada wanita menjelang menstruasi dan termasuk dalam gejala PMS. Namun wanita yang masuk dalam tahap awal kehamilan bisa memiliki dorongan emosi yang lebih kuat dari wanita yang menjelang menstruasi.
12. Kepala Sering Pusing

Pertanda sering pusing bisa saja menjadi tanda kehamilan. Saat awal kehamilan dan masuk dalam masa konsepsi maka tubuh akan memberikan reaksi yang tidak pernah diduga. Hal ini sebenarnya terjadi karena tubuh membutuhkan sirkulasi darah yang lebih besar untuk calon janin. Pembuluh darah akan melebar secara otomatis untuk meningkatkan proses sirkulasi darah pada tubuh. penyebab sakit kepala lainnya adalah kadar gula darah yang terus menurun pada awal kehamilan karena nutrisi pada tubuh ibu diambil oleh calon janin. Otak akan mengatasi masalah ini dengan menyalurkan gula yang lebih banyak ke janin. Selain itu hormon kehamilan (progesteron dan estrogen) akan meningkat dan mencoba untuk memproduksi energi untuk rahim dan uterus.

13. Gangguan Pencernaan

Beberapa wanita juga bisa mengalami gangguan pencernaan seperti rasa sembelit yang berlebihan. Sembelit ini disebabkan karena produksi hormon progesteron yang meningkat dan memberikan pengaruh langsung ke sistem kerja usus halus dan usus besar. Akibatnya maka wanita yang belum terlambat datang bulan namun sebenarnya sudah hamil akan merasa sesak pada bagian perut dan perasaan yang tidak nyaman.

14. Sering Buang Air Kecil

Banyak wanita yang belum terlambat datang bulan memiliki keinginan yang sangat sering untuk buang air kecil. Kondisi ini bahkan bisa terjadi saat wanita tidak mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup. ini adalah tanda kehamilan awal yang bisa terjadi sebelum terlambat datang bulan. Penyebab dari keinginan buang air yang sering adalah mengerasnya dinding rahim karena ada embrio yang menempel pada rahim, sehingga rahim memproduksi hormon HCG untuk melindungi pertumbuhan embrio menjadi janin. Perubahan ini juga bisa disebabkan karena produksi hormon yang berlebihan sehingga aliran darah ke bagian ginjal menjadi lebih cepat dan produksi air seni menjadi lebih tinggi.

15. Sakit Punggung

Sakit punggung pada wanita yang memasuki tahap awal kehamilan sebelum datang bulan sebenarnya adalah hal yang sangat wajar. Gangguan ini disebabkan karena beberapa otot yang berada di punggung mulai melonggar. Punggung akan menjadi penopang untuk rahim sehingga bisa membantu ibu hamil mempertahankan janin. Rasa sakit punggung ini bisa bervariasi mulai dari pegal, lelah hingga panas. Bahkan beberapa wanita bisa mendapatkan gejala seperti masa kontraksi ketika akan melahirkan.

16. Sesak Nafas

Sesak nafas bisa menjadi tanda awal kehamilan. Sesak nafas ini bisa disebabkan karena produksi hormon kehamilan yang telah beredar dalam tubuh sebelum masa menstruasi. Ini adalah tanda peredaran hormon progesteron yang mempengaruhi proses sirkulasi udara dalam darah dan organ pernafasan. Gejala ini tidak akan memiliki dampak serius dan akan hilang sendiri ketika masuk ke trimester kedua.

Proses Terjadinya Kehamilan

Terjadinya kehamilan merupakan proses yang sangat menakjubkan. Wanita yang masuk usia subur dan memiliki sel telur dengan jumlah yang lebih banyak termasuk dalam wanita yang bisa berpeluang mendapatkan kehamilan. Namun proses ini juga membutuhkan sel sperma yang sehat dari laki-laki. Prediksi kehamilan tidak bisa dilakukan hanya dengan melihat pertanda kehamilan awal saja, namun biasanya dilakukan setelah wanita terlambat datang bulan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang proses terjadinya kehamilan.

  1. Masa Konsepsi. Perhitungan masa konsepsi atau kehamilan akan dihitung mulai dari awal tanda kehamilan pada periode hari pertama jadwal menstruasi hingga menstruasi akhir sebelum bulan tersebut. Prediksi kehamilan ini akan menghasilan perhitungan sekitar 2 minggu sebelum terjadi pembuahan.
  2. Ovulasi. Sel telur yang diproduksi oleh indung telur akan berkumpul dalam folikel atau cairan lembut yang berisi cairan. Tahap ovulasi akan membuat telur dengan ukuran dan kualitas yang baik atau matang akan keluar dari folikel.
  3. Folikel ini akan berubah menjadi korpus luteum yang berfungsi untuk melepaskan hormon khusus untuk menebalkan dinding rahim. Ini adalah tempat yang sangat baik untuk mempersiapkan sel telur yang akan dibuahi oleh sel sperma.
  4. Telur yang dilepaskan oleh folikel akan menghadapi perjuangan panjang menuju daerah tuba falopi. Ketika sudah mencapai tuba falopi maka sel telur akan bertahan dalam waktu kurang lebih 2 hari. Telur akan menunggu sel sperma yang akan membuahi dan menjadi calon embrio. Jika tidak ada pembuahan maka sel telur akan menuju uterus dan rusak. Hormon yang telah meningkat akan kembali normal dan lapisan yang telah menebal di dinding rahim akan keluar sebagai bentuk menstruasi.
  5. Jika ada salah satu sperma yang berhasil berjalan menuju tuba falopi dan bertemu dengan telur yang telah menunggu pembuahan maka bisa terjadi kehamilan. Proses terbentuknya jenis kelamin calon bayi akan dimulai dari proses pembuahan ini.
  6. Sel telur yang telah dibuahi akan berjalan dari tuba falopi ke rahim. Proses menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim disebut dengan implantasi. Proses inilah yang menyebabkan beberapa pertanda kehamilan awal sebelum datang bulan. Bercak merah atau coklat muda sebelum kehamilan ini bisa terjadi selama 1 hingga 3 hari.

Tips Ketika Mendapatkan Gejala Kehamilan Awal

Banyak wanita yang merasa ragu ketika mendapatkan beberapa gejala awal kehamilan karena terlihat sama seperti gejala atau pertanda menstruasi. Bahkan banyak wanita yang menganggap bahwa hal itu hanya karena pikiran saja terutama bagi wanita yang menjalani program kehamilan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyikapi beberapa gejala awal kehamilan.

  1. Jika tubuh Anda merasa sangat lelah dan lebih dari biasanya seperti ketika menjelang menstruasi maka cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat. Beberapa makanan yang mengandung asam folat adalah seperti bayam, brokoli, pisang, tomat dan beberapa jenis ikan.
  2. Jika Anda merasa pusing dan sakit kepala yang sangat berat, maka hentikan semua aktifitas Anda dan lebih baik untuk beristirahat.
  3. Jika Anda memiliki kebiasaan memakai sepatu hak tinggi maka hentikan kebiasaan ini sementara hingga Anda benar-benar tahu bahwa Anda sedang hamil.
  4. Meskipun Anda memiliki penciuman yang sangat peka, tapi tetaplah berusaha untuk mengkonsumsi makanan yang penuh dengan nutrisi. Terlebih jika Anda ingin menyambut kehamilan maka nutrisi ini sangat penting untuk calon bayi.
  5. Meskipun Anda mendapatkan berbagai macam gejala, namun biarkan gejala itu berlangsung dengan normal sehingga berusahalah untuk tetap bergembira dan hindari stres.

Jika semua gejala ini terus berlanjut dan hingga jadwal menstruasi datang namun belum ada tanda-tanda menstruasi maka segera lakukan pemeriksaan. Anda bisa memakai alat pemeriksaan kehamilan yang dijual di apotik atau langsung periksa ke dokter kandungan.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!