Manfaat Udang Untuk Bayi 9 Bulan Dengan Protein Tingginya

Selama proses perkembangan yang terjadi pada bayi sejak awal kehidupannya setelah menjalani proses persalinan, bayi membutuhkan peran orang tua terutama ibu untuk menjaga agar perkembangan yang dialaminya dapat berlangsung dengan normal dan lancar serta menghindarkan bayi dari berbagai macam masalah kesehatan. Dalam perkembangannya tersebut, ada beberapa upaya yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh ibu demi terciptanya perkembangan bayi yang normal serta terhindar dari berbagai hal yang mengarah pada kondisi gangguan tumbuh kembang anak.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan dengan baik adalah mengenai nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Pilihan nutrisi bagi bayi yang sebaiknya diberikan sejak awal kelahirannya hingga setidaknya berusia 6 bulan adalah air susu ibu tanpa pemberian cairan atau jenis makanan lainnya. Pemberian asi yang juga direkomendarikan oleh badan kesehatan dunia atau WHO merupakan hal yang sangat penting mengingat adanya banyak manfaat asi untuk bayi yang bisa diperoleh.

Berkaitan dengan nutrisi tersebut, bayi baru akan mendapatkan makanan lain setelah menginjak usia diatas 6 bulan yang disebut sebagai makanan pendamping asi usia 6 bulan. Pada awal pemberian mpasi dianjurkan untuk jenis makanan yang memiliki tekstur lembut seperti buah buahan dan berlanjut ke makanan makanan protein yang salah satunya adalah udang. Pemberian udang pada bayi dengan usia 9 bulan memiliki manfaat yang baik. Berikut ini beberapa manfaat udang untuk bayi 9 bulan yang perlu dipahami oleh setiap ibu sebagai sosok orang tua.

  1. Sumber nutrisi

Udang menjadi salah satu makanan seafood yang aman diberikan kepada bayi dengan catatan sudah dimasak hingga benar benar matang. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam udang dapat menjadikannya sebagai sumber nutrisi penting meninggat pada usia 9 bulan, tubuh bayi mulai membutuhkan banyak nutrisi yang tidak bisa hanya mengandallkan pemberian air susu ibu. Beberapa kandungan nutrisi penting yang terdapat di dalam udang diantaranya seperti vitamin D, B, E, dan C, protein, dan beberapa jenis mineral.

  1. Membantu proses pembentukan sel darah merah

Manfaat udang untuk bayi 9 bulan lainnya adalah membantu proses pembentukan sel darah merah pada tubuh bayi yang bermanfaat bagi kesehatan serta pertumbuhan dan perkembangannya. Pembentukan sel darah merah pada bayi dipicu oleh kandungan mineral penting dalam udang yakni seng dan zat besi dengan kadar yang cukup tinggi. Sel darah merah yang tercukupi jumlahnya juga mengindarkan kondisi anemia pada bayi.

  1. Membantu proses perkembangan otak bayi

Udang sering dikaitkan sebagai salah satu jenis makanan yang dapat membantu mencerdaskan bayi dan anak. Manfaat udang untuk bayi 9 bulan tersebut memang benar adanya karena didalam udang ada banyak nutrisi yang dapat menunjang proses perkembangan otak berjalan dengan baik. Beberapa jenis nutrisi tersebut diantaranya seperti vitamin D, omega 3, serta vitamin B12 yang ketiganya memiliki kaitan dalam proses perkembangan otak bayi. Udang juga menjadi salah satu makanan yang baik untuk otak janin dalam kandungan.

  1. Sumber energi

Kandungan protein yang terdapat di dalam udang memang cukup tinggi kadarnya. Kondisi ini dapat menjadikan udang sebagai sumber energi bagi bayi 9 bulan untuk berkativitas yang dapat mendukung proses pemberian air susu ibu. Protein juga sangat berguna bagi proses metabolisme di dalam tubuh bayi.

  1. Baik untuk proses pertumbuhan tulang

Manfaat lainnya yang biasa diperoleh dari konsumsi udang pada bayi adalah membantu proses pertumbuhan tulang yang merupakan organ vital bayi bayi agar berkembangan secara normal. Manfaat udang ini diperoleh dari kandungan vitamin D, kalsium, dan kalium yang memang sudah sejak lama dikenal memiliki manfaat baik terhadap tulang manusia termasuk pada bayi.

  1. Menghindarkan bayi dari berbagai macam masalah kesehatan

Bukan hanya dapat menghindarkan bayi dari masalah keseahtan seperti anemia, konsumsi udang juga dapat menjaga kesehatan bayi dan melindunginya dari berbagai macam masalah kesehatan seperti penyakit dan kelainan jantung, mencegah pengumpalan darah, diabetes, depresi, dan lain sebagainya.

  1. Meningkatkan nafsu makan pada bayi

Permasalahan yang berkaitan dengan penurunan nafsu makan pada bayi memang sering terjadi dan menjadi penyebab ibu mengalami stres akibat kepikiran yang mendalam. Salah satu manfaat yang dapat diberikan oleh udang sebagai sumber protein tinggi pada bayi adalah membantu meningkatkan nafsu makannya. Peningkatan nafsu makan dari udang tersebut disebabkan oleh adanya kandungan peptida yag merangsang pelepasan hormon terkait nafsu makan tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat udang untuk bayi 9 bulan yang perlu dipahami. Pemberian udang pada bayi memang banyak dianjurkan diberikan setelah usia bayi lebih dari satu tahun, namun ketika pada usia 9 bulan bayi sudah siap mendapatkan protein seperti udang atas anjuran dokter anak maka hal tersebut dapat dilakukan. Namun jika dokter tidak mengijinkan atas pertimbangan tertentu yang salah satunya adalah kondisi riwayat alergi maka sebaiknya udang tidak diberikan.