Masa Tidak Subur Setelah Haid, Berapa Hari dan Tanda

Masa subur adalah salah satu kunci untuk menentukan seorang perempun dapat hamil dengan cepat. Namun bagia Anda yang tidak ingin segera hamil karena beberapa alasan, sangat penting untuk mengetahui kapan masa tidak subur setelah haid akan terjadi. Sehingga pada saat masa tidak subur ini, Anda tetap bisa melakukan hubungan dan tidak akan berakibat pada kehamilan. Jadi berapa lama masa tidak subur setelah haid? Simak saja informasi berikut ini.

Cara Tahu Masa Tidak Subur Setelah Haid

  1. Ketahui dulu waktu subur setelah haid

Pada umumnya masa subur seorang perempuan dibedakan menjadi 2. Yaitu masa subut yang biasa puncak masa subur, artinya kemungkinan hamil sangatlah besar. Pada saat puncak masa subur maka persentase kehamilan sangat tinggi. Sementara pada saat masa subur yang biasa, akan terjadi setelah 12 hari pasca hai pertama. Jadi untuk tau kapan puncak masa subur Anda adalah hari pertama haid ditambahkan 12 hari. Sedangkan masa subur yang biasa hanya akan terjadi pada 3 hari sebelum dan juga sesudah puncak masa kesuburan. (baca: ciri-ciri pria mandul – penyebab kemandulan pada wanita )

  1. Mulai menghitung masa tidak subur setelah haid

Setelah mengetahui kapan masa subur Anda berlangsung, selanjutnya Anda dapat mengetahui kapan masa tidak subur setelah haid. Misalnya haid pertama Anda adalah tanggal 8, sehingga puncak suburnya ada ditanggal 20 dan masa subur biasanya ada ditanggal 17-23. Lalu masa tidak suburnya bisa dihtung sekitar 19 hari setelah melewati hari pertama. Sehingga bisa disimpulkan masa tidak subur akan mulai tanggal 27 sampai haid periode berikutnya. (baca: ciri wanita mandul –  penyebab hamil tidak terdeteksi test pack – cara menghitung masa subur wanita – masa subur pria )

hitungan masa subur dan tidak subur:

  • H = tanggal pertama kali haid
  • H+9 sampai H+15 = masa subur biasa
  • H+12= masa puncak kesuburan
  • H+19 = masa tidak subur sehingga tidak akan beresiko muncul kehamilan

  1. Menghitung masa tidak subur haid tidak teratur

Untuk perempuan yang tidak mempunyai siklus tidak teratur akan sedikit sulit untuk menghitung masa suburnya. Sehingga, agar Anda tidak terlalu kesulitan saat akan menghitung masa tidak subur, ada baiknya Anda mencatat siklus haid Anda pada 6 bulan terakhir. Setelah mencatat, Anda bisa mencari kapan siklus paling lama berlangsung. Kemudian Anda bisa mengurahi angka siklus terlama dengan 11, maka itulah masa subur terakhir setelah haid.

Hitungan masa tidak subur haid tidak teratur:

Contohnya jika siklus terpanjang adalah 30, sedangkan terpendek 18. Contoh hitungannya adalah 20-11= 11 dan 24-18 =6. Perkiraan siklus tidak suburnya ada pada hari ke 6 sampai 19 pasca haid pertama. (baca: penyebab haid tidak berhenti – penyebab kemandulan pada wanita – penyebab kandungan lemah)

Baca juga: tanda tanda penebalan dinding rahim – ciri dinding rahim menebal tanda hamil

Tanda Sedang Tidak Dalam Masa Subur:

  1. Lendir mukosa yang biasanya dihasilkan dari organ intim perempuan akan encer. Untuk mengetahuinya, Anda bisa coba meletakan lender diantara ibu jari dan juga telunjuk, kemudian Anda dapat merenggangkannya. Jika lender sanga muda putus artinya Anda sedang dalam masa tidak subut.
  2. Suhu tubuh yang normal dan tidak ada kenaikan. Ketika mendekati amsa puncak keseburan, biasanya suhu tubuh akan mulai meningkat hingg 37 derajat. Ini dinamakan kenaikan suhu basal tubuh yang terjadi saat indung telur melepas sel telur yang telah matang. Karena adanya pengaruh hormone progesterone pada organ reproduksi.
  3. Mulut rahim sedikit terasa, dan tidak mengeluarkan lendir saat diraba.
  4. Masa tidak subur juga bisa ditandai dengan suasana hati yang stabil.
  5. Bagian payudara akan terasa keras, tidak bengkak, dan tidak sensitive saat disentuh.
  6. Karena masa tidak subur, maka akan berpengaruh juga pada hasrat seksual. Saat Anda sedang tidak subur kemungkinan hasrat seksual akan sedikit menurun.
  7. Bagian bibir kelamin akan menjadi sempit. Pada normalnya perempuan dengan masa subur akan memiliki vagina lebih besar dan sensitif disebabkan karena ketika ovulasi karena hormon reproduksi akan meningkat dan mempengaruhi organ reproduksi lainnya.
  8. Biasanya saat masa subur akan timbul flek coklat, namun bagi perempuan tidak dalam masa subur mereka tidak akan mengeluarkan flek sedikitpun dan bagian miss V akan sangat kering.
  9. Perut akan terasa kosong. Ini dikarenakan biasanya jika Anda sedang dalam masa subur perut akan seperti terasa penuh karena adanya peningkatan retensi air dalam tubuh.

Informasi menstruasi:

Hal-hal Yang Mempengaruhi Kesuburan:

  1. Ada penyakit yang menyerang kesuburan

Perempuan menjadi tidak subur juga bisa disebabkan karena beberapa hal. Salah satunya adalah adanya penyakit yang menyerang pada kondisi kesuburan. Beberapa penyakit tersebut seperti:

  • Adanya kelainan pada lender seviks sehingga akan membuat sperma menjadi sulit digerakan
  • Adanya fibroid dan miom yang dapat menghalangi pertumbuhan sel telu yang sudah dibuahi dan menempel pada dinding rahim.
  • Terkena endormetriosis yaitu penyakit yang terjadi pada lapisan dindiding rahim karena tumbuh di luar rahim, sehingga mengakibatkan kerusakan pada ovarium atau tuba.
  • Terserang radang panggung atau terjadi infeksi pada bagian organ reproduksi seorang perempuan. Yaitu bagian rahim, tuba dan juga ovarium. Radang panggul yang merusak dan dapat melukai tuba akan menyebabkan sel telur tidak bisa sampai ke rahim.

Informasi menstruasi:

  1. Pola hidup yang buruk

Selain karena penyakit. Pola hidup yang buruk juga bisa menjadi pengaruh pada kondisi kesuburan seorang perempuan. Seperti terlalu sering merokok sehingga menyebabkan zat nikotin menggangu pada kesebutan. Atau beristirahat dengan buruk jug adapat mempengahuri pada keseburan. Sehingga, sebaiknya Anda mulai melakukan pola hidup sehat agar terhindar dari kondisi buruk ini. Jika kondisi tidak subur perempuan disebabkan haid itu masih dalam keadaan normal, sedangkan kesuburan dipengaruhi pola hidup maka artinya tidak normal.


Informasi keputihan:

  1. Sering mengkonsumsi alkohol

Tidak sedikit orang yang mendapatkan masalah kesehatan karena konsumsi alkohol. Salah satunya adalah masalah kesuburan pada seorang perempuan. Jika Anda sangat menyukai alkohol, sebaiknya segera berhenti agar tidak mempengaruhi pada kondisi kesuburan Anda dan meningkatkan adanya risiko disfungsi ovulasi. (baca: pusing saat haid – haid sedikit dan coklat – penyebab haid tidak teratur setelah menikah)

Itulah ulasan mengenai masa tidak subur setelah haid. Jika Anda sedang menunda kehamilan Anda bisa coba menghitung cara diatas pada waktu haid Anda. Jika mempunyai waktu haid yang berubah-ubah, Anda bisa mencatatanya dan melakukan cara yang sudah dijelaskan diatas. Agar kondisi keseburan tetap dalam keadaan sehat, sebaiknya Anda juga melakukan penerapan hidup sehat dengan mengurangi asupan berbahaya pada tubuh seperti nikotin dan alkoho.

, , ,
Post Date: Monday 02nd, October 2017 / 07:06 Oleh :
Kategori : Haid
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular