6 Penyebab Tidak Haid Setelah Caesar Dan Steril Kandungan Secara Bersamaan

Dalam proses persalinan memang wanita akan memilih proses persalinan normal. Namun jika ada masalah pada ibu dan janin maka sebaiknya memang dilakukan persalinan caesar. Persalinan ini dianggap lebih aman daripada persalinan normal karena meminimalkan risiko yang bisa terjadi pada ibu dan janin. Tapi persalinan ini memang memiliki risiko termasuk beberapa bahaya operasi caesar untuk ibu dan bayi yang lahir.

Lalu terkadang saat ibu sudah tidak ingin melahirkan lagi maka dilakukan steril kandungan. Tapi ternyata efek dari masalah ini bisa membuat haid tidak teratur atau haid tidak datang sama sekali. Berikut ini adalah penyebab tidak haid setelah caesar dan steril kandungan secara bersamaan.

  1. Masalah kesehatan

Umumnya memang tidak terjadi penundaan haid setelah operasi caesar dan steril. Seharusnya ibu akan mendapatkan menstruasi seperti umumnya. Hanya saja jika terjadi masalah ini mungkin bisa dipengaruhi oleh masalah kesehatan sebelum dan setelah hamil. Misalnya saja pada ibu yang mengalami sindrom baby blues. Ibu hamil yang mengalami diabetes juga bisa menghadapi masalah ini. Jadi ini sangat tergantung dengan kondisi kesehatan ibu selama hamil dan setelah melahirkan.

  1. Perubahan kadar hormon

Selama ibu baru saja melahirkan dan menerima operasi steril maka sangat mungkin ada perubahan hormon yang terjadi secara alami. Operasi caesar sendiri tidak menyebabkan perubahan untuk siklus menstruasi. Menstruasi setelah melahirkan umumnya sangat normal baik itu persalinan caesar atau normal. Jika memang tidak terjadi menstruasi maka itu murni akibat perubahan hormon yang sangat cepat atau justru sangat lambat. Pemeriksaan hormon sangat diperlukan agar ibu bisa tahu kondisinya.

  1. Berat badan

Masalah berat badan setelah melahirkan juga sangat penting pengaruhnya untuk menstruasi. Ibu hamil yang mengalami obesitas tidak hanya memiliki risiko bahaya obesitas bagi ibu hamil tapi juga setelah melahirkan. Berat badan bisa mempengaruhi produksi hormon dimana ini akan membuat sistem ovulasi tidak terjadi dengan normal. Indung telur juga tidak menghasilkan sel telur sehingga tidak mungkin terjadi menstruasi.

  1. Kelelahan

Semua ibu pasti akan melakukan cara menyusui bayi yang benar. Namun karena ibu terlalu stres dan tertekan biasanya akan merasa sangat lelah. Bayi yang baru lahir juga membutuhkan ASI yang lebih banyak dan inilah yang akan menyebabkan ibu merasa sangat lelah. Akhirnya perubahan hormon terjadi dengan cepat dimana ini akan membuat ibu tidak haid.

  1. Gangguan tiroid

Masalah tiroid juga bisa menyebabkan ibu tidak haid sama sekali. Sistem tiroid mengendalikan kelenjar endokrin dimana ini sangat penting untuk produksi hormon dan mengendalikan sistem reproduksi. Jika terjadi masalah hipotiroidisme dan hipertiroidisme maka ibu biasanya tidak akan haid.

  1. Gangguan menstruasi

Setelah melahirkan caesar dan operasi steril maka bisa saja ibu mengalami gangguan menstruasi. Gangguan ini dianggap hal yang sangat umum sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Beberapa tanda gangguan menstruasi seperti:

  • Terkadang menstruasi lama tidak keluar tapi saat keluar terasa ringan dan tidak sakit.
  • Menstruasi menjadi tidak teratur. Hal ini karena faktor berat badan, gangguan tiroid, stres dan masalah usia yang sudah masuk pra menopause.
  • Pendarahan setelah caesar. Ibu yang mengalami pendarahan selama caesar mungkin tidak akan haid dalam waktu lama karena rahim membersihkan semua darah dan jaringan setelah caesar.
  • penyebab tidak haid setelah caesar dan steril kandungan secara bersamaan.

Begitulah penyebab tidak haid setelah caesar dan steril kandungan secara bersamaan. Ibu yang mengalami kondisi ini bisa menunggu sampai haid datang. Tapi jika sudah merasakan berbagai gejala tidak nyaman sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter.