Penyebab Balita Muntah Tiba-Tiba Yang Perlu Diwaspadai

Masa balita merupakan masa dimanan kondisi tubuh anak masih sangat rentan terhadap berbagai ancaman permasalahan kesehatan di sekitarnya. Pada masa tersebut, anak yang terserang penyakit menjadi salah satu kondisi yang akan sering dialami mengingat memang sistem imunitas tubuh yang belum sempurna serta kemampuan anak untuk dapat berfisik secara bebas dan bertanggung jawab terhadap kondisi tubuhnya yang masih lemah dan belum dapat menjaga kondisi kebersihan diri.

Karena kondisi balita tersebut, peran orang tua sangat dibutuhkan demi terjaganya kondisi kesehatannya dapat tidak menyebabkan munculnya keadaan yang dapat menganggu perkembangan bayi atau balita secara normal. Beberapa usaha yang dapat dan perlu dilakukan oleh setiap orang tua tersebut diantaranya menjaga kebersihan tubuh anak, melakukan proses imunisasi, memberikan asupan nutrisi yang cukup dan beragam demi normalnya aktivitas di dalam tubuh anak dan membantu meningtkan daya tahannya, serta mengajarkan balita bagaimana cara menjaga diri dengan baik.

Usaha usaha yang disebutkan diatas akan sangat bermanfaat dalam menghindari berbagai permasalahan kesehatan yang secara cepat dapat terjadi pada anak anak tersebut. Salah satu keadaan yang seringkali dapat secara mendadak dan tiba tiba terjadi adalah kondisi balita yang muntah. Untuk dapat mengatasi serta mencegah permasalahan kesehatan tersebut maka orang tua harus memahami penyebab balita muntah tiba tiba dalam penjelasan dan ulasan dibawah ini.

  1. Batuk

Penyebab bayi muntah tiba tiba yang pertama adalah karena batuk yang terlalu kuat. Batuk yang terlalu kuat dapat menyebabkan tekanan pada perut sehingga dapat mengeluarkan isi perut melalui muntah. Kondisi batuk memang merupakan respon tubuh ketika ada benda asing yang masuk ke dalam saluran nafas contohnya seperti adanya makanan yang masuk ke dalam rongga hidung atau bayi yang batuk karena adanya ingus di dalam hidung dan lain sebagainya.

  1. Bayi tersedak

Bayi yang tersedak juga dapat menyebabkan munculnya kondisi muntah secara tiba tiba. Bayi tersedak dapat disebabkan oleh karena beberapa kondisi seperti adanya air liur ketika bayi tidur, posisi menyusui yang salah, bayi yang tidak disendawakan setelah minum susu dan karena perut bayi yang terlalu penuh. Kondisi bayi tersedak jika terjadi sesekali merupakan keadaan yang tidak berbahaya, namun ketika terjadi berulang maka dapat menyebabkan beberapa bahaya seperti sesak nafas, radang baru baru, dan bahkan sindrom kematian bayi mendadak.

  1. Radang tenggorokan

Bayi yang tiba tiba muntah tanpa sebab yang diketahui sebelumnya dapat dikarenakan adanya kondisi permasalahan kesehatan pada tenggorokan balita. Radang tenggorokan pada balita dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya seperti virus flu, infeksi bakteri, dan reaksi alergi yang ditunjukan oleh bayi terhadap alergen tertentu. Muntah pada bayi yang mengalami radang akan dapat diatasi jika kondisi radang tenggorokan tersebut sembuh. Selain muntah, ada beberapa gejala lain dari kondisi radang tenggorokan tersebut seperti bayi menangis terus menerus, bau mulut yang tidak sedap, batuk, demam, muntaber pada bayi dan diare.

  1. Gangguan pencernaan bayi

Penyebab balita muntah tiba tiba selanjutnya yang juga dapat menjadikan balita muntah secara tiba tiba adalah karena adanya gangguan pada pencernaan bayi. Beberapa bentuk gangguan pencernaan bayi atau balita yang memicu kondisi muntah secara tiba tiba tersebut diantaranya peningkatan asam pada lambung, adanya infeksi saluran pencernaan pada balita, diare, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi muntah pada balita tersebut maka langkah pertama adalah mengatasi terlebih dahulu gangguan pencernaan yang menjadi penyebab muntah tersebut.

  1. Keracunan makanan

Penyebab  balita mengalami kondisi muntah secara tiba tiba yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah karena keracunan makanan. Balita masih belum dapat memfilter dengan pasti benda atau makanan yang dapat menyebabkan keracunan sehingga akan menimbulkan kondisi demam dan muntah. Bayi yang tiba tiba muntah setelah makan sesuatu perlu mendapatkan penanganan yang benar mengingat keracunan makanan juga cukup berbahaya bagi kesehatan.

  1. Alergi makanan

Selain keracunan makanan, alergi pada jenis makanan tertentu juga dapat menimbulkan reaksi alergi yang salah satunya adalah muntah. Alergi pada makanan memang dapat terjadi terutama bagi balita yang sejak lahir memiliki riwayat alergi. Ibu yang memiliki balita alergi makanan harus memperhatikan setiap jenis makanan yang diberikan kepada bayi dan perlu untuk menghindari jenis jenis makanan yang memang terbukti tinggi beresiko menimbulkan reaksi alergi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab balita muntah tiba tiba yang perlu diperhatikan oleh setiap ibu karena dalam ulasan diatas diketahui ada penyebab yang tidak berbahaya ada juga penyebab yang dapat berbahaya bagi kesehatan balita. Untuk menghindari terjadinya kondisi yang berbahaya bagi balita, maka ibu harus mengkonsultasikan kondisi muntah yang terjadi pada anak tersebut dengan dokter spesialis anak agar mendapatkan diagnosis dan tindakan medis yang tepat terutama jika muntah yang muncul tersebut semakin parah.