Sponsors Link
     Sponsors Link

21 Cara Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan Normal

advertisement

Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan normal sering dicari oleh wanita. Memang dikaruniai buah hati yang lucu dan menggemaskan merupakan salah satu anugerah terindah bagi seorang wanita. Selain kebahagiaan atas lahirnya si kecil, momen mengandung dan melahirkan tentu saja menjadi hal yang sangat mengesankan. Mulai dari menyadari adanya kehidupan baru di dalam rahim, merasakan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam perut, serta berbagai campur aduk perasaan ketika melahirkan merupakan peristiwa yang tidak terlupakan dalam hidupnya.

Akan tetapi, seringkali hal indah tersebut membawa dampak yang kurang menyenangkan bagi sebagian besar wanita. Baik dari segi psikologi seperti adanya resiko sindrom baby blues, maupun dampak pada penampilan fisik. Secara fisik, tentu saja banyak terjadi perubahan di dalam tubuh si ibu. Selama sembilan bulan tubuh ibu telah mendesain dirinya sedemikian rupa agar mampu menerima kehadiran janin untuk ditumbuhkan menjadi seorang bayi. Dengan peran dari sistem hormon, tubuh melakukan banyak perubahan dalam mekanisme metabolisme, mempertebal dinding uterus, mempersiapkan ASI, hingga menambah lemak di perut agar lebih kuat menampung bayi yang senantiasa tumbuh membesar. ( Baca : Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan caesarPerut kembung pada bayi )

Perubahan yang demikian itu tentu saja tidak serta merta hilang setelah kehamilan usai, akan tetapi membutuhkan waktu yang relatif lama agar bisa kembali seperti sedia kala. Termasuk bertambahnya berat badan akibat timbunan lemak dibagian-bagian tubuh tertentu. Sedangkan salah satu masalah yang sering dikeluhkan para wanita pasca melahirkan yakni perut menjadi lebih buncit daripada sebelum hamil. Hal ini seringkali mengundang ketidaknyamanan bagi mereka serta mengurangi rasa percaya diri. Sehingga niat untuk melakukan diet menjadi pilihan yang banyak dilakukan. ( Baca : Cara meningkatkan berat badan janinPenyebab berat badan janin tidak naik )

Berhubung fase-fase awal pasca melahirkan merupakan masa yang rentan bagi kesehatan ibu maupun bayinya, maka sebaiknya diet yang dilakukan harus sesuai sehingga aman dan tidak membahayakan. Berikut akan kami bahas beberapa tips mengatasi perut buncit setelah melahirkan :

  1. Menyusui

Memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda dengan jalan menyusui tidak hanya memberi manfaat yang besar bagi kesehatan bayi, namun juga bagi ibu. Pada bayi, ASI sangat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya, selain itu ASI juga baik untuk pemenuhan nutrisi yang penting bagi perkembangan imunitas tubuh bayi. Sedangkan bagi ibu, menyusui juga mempunyai beberapa manfaat diantaranya mencegah kanker payudara, merekatkan ikatan emosional dengan bayinya, serta mengembalikan berat badan secara alami akibat pembakaran kalori saat menyusui sehingga dapat mempercepat tubuh mengurangi lemak yang berada pada perut Ibu.

Baca : Tips menyusui agar bayi tidak muntahManfaat oatmeal untuk ibu menyusui

  1. Memakai Korset

Menggunakan korset merupakan cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan normal yang banyak dilakukan oleh wanita. Berdasarkan pengalaman banyak wanita di sekitar kita, penggunaan korset terbukti bisa membantu mengembalikan ukuran serta bentuk perut seperti semula. Selain bisa mengatasi masalah perut, penggunaan korset ini juga bisa membantu menopang punggung. Untuk mendapatkannya, orang-orang jaman dahulu menggunakan kain berukuran 15-20  cm dengan panjang 2-3 meter. Namun saat ini sudah banyak korset-korset instant yang dijual di pasaran.

Cara penggunaannya pun mudah, Anda cukup melilitkan korset tersebut setiap hari secara rutin selama paling tidak 3 bulan pasca melahirkan. Akan tetapi, terkadang muncul rasa gatal ketika menggunakan korset. Namun Anda tidak perlu khawatir karena bisa diatasi dengan menjaga kebersihan korset serta menggunakan sabun anti bakteri yang sesuai.

Baca : Manfaat menggunakan korset

  1. Memilih Makanan Sehat dan Seimbang

Pemilihan menu makanan yang sehat dan seimbang menjadi sangat penting bagi seorang ibu yang sedang menyusui. Terlebih bagi ibu-ibu yang menginginkan berat badan serta ukuran tubuhnya segera kembali seperti semula. Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah pastikan menu makanan Anda setiap hari sudah sehat dan seimbang, misalnya sudah mengandung karbohidrat, protein, vitamin, serat, mineral dan lemak dengan porsi yang sesuai. Karena selain fokus mengembalikan bentuk tubuh, Anda juga harus memperhatikan pemenuhan nutrisi bagi bayi Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda menambahkan susu khusus ibu menyusui pada menu makanan Anda. Terakhir, sebisa mungkin hindari makanan-makanan cepat saji serta camilan instan yang kurang sehat.

Baca : Makanan pengganti karbohidrat bagi ibu hamilManfaat makanan laut untuk ibu hamil

Sponsors Link

  1. Mengatur Pola Makan

Anda tidak perlu membatasi konsumsi makanan dengan sangat ketat, misalnya dengan sengaja menahan lapar dengan harapan lemak pada perut akan cepat berkurang. Sekali lagi, baik tidaknya asupan nutrisi yang Anda terima tidak hanya berdampak pada kesehatan Anda, tetapi juga bagi bayi yang anda susui. Terlebih pada umumnya, orang yang sedang menyusui cenderung lebih cepat merasa lapar karena harus memproduksi ASI yang cukup bagi bayinya. Sehingga pola makan yang paling dianjurkan ialah sedikit-sedikit namun dengan frekuensi sering. Idealnya yaitu 3 sampai 4 kali dalam sehari.

  1. Memperbanyak Sayuran dan Buah

Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi sayuran dan buah. Selain mengatur pola makan seimbang, hal lain yang perlu dilakukan berkenaan dengan memperbaiki asupan nutrisi ialah memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Misalnya ketika Anda merasa ingin ngemil dan selalu lapar akibat menyusui, maka buah bisa menjadi salah satu pilihan tepat daripada makanan ringan lainnya. Manfaatnya, tentu saja selain terpenuhinya kebutuhan serat, vitamin, serta mineral bagi ibu dan bayi, juga dapat membantu mengurangi tumpukan lemak pada perut ibu pasca hamil.

Baca : Manfaat daun katuk  – Manfaat genjer Ibu hamil makan acar

  1. Lakukan Latihan Fisik ringan

Untuk menunjang penurunan berat badan serta mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, maka Anda bisa melakukan latihan-latihan fisik yang tidak terlalu berat. Salah satunya yakni dengan melakukan olahraga-olahraga ringan seperti berjalan dan joging. Anda juga bisa menyelinginya dengan bersepeda atau berenang. Untuk lama waktu latihan juga tidak perlu menarget harus berapa lama, akan tetapi kerjakan semampunya asal dilakukan secara rutin.

Setelah kondisi tubuh dirasa cukup kuat dan mampu untuk melakukan latihan fisik lain yang lebih berat, maka Anda bisa mencoba latihan ketahanan yang cenderung lebih fokus pada daerah perut. Saat ini, latihan ketahanan yang popular untuk mengatasi masalah lemak pada perut ialah sit up dan crunch. Anda bisa mencoba salah satu yang dirasa cocok dan lebih nyaman bagi Anda sendiri. Awali dengan frekuensi sedikit demi sedikit baru kemudian bertingkat. Pastikan tubuh Anda tetap bugar selama menjalankan latihan dan untuk lebih aman konsultasikan terlebih dahulu dengan para ahli.

  1. Konsultasi kepada Dokter Anda

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya diet yang Anda lakukan berada dalam pengawasan dokter. Mengingat setiap orang memiliki keseimbangan kondisi tubuh yang berbeda, maka informasi mengenai kondisi tubuh serta pola diet yang paling ideal bagi Anda dapat Anda tanyakan dengan lebih jelas ketika konsultasi. Selain itu, konsultasikan juga ketika Anda ingin mengerjakan suatu latihan fisik untuk mempercepat kembalinya proporsi tubuh.

ads

Bahan Alami Pengecil Perut

Selain menerapkan tips-tips diatas, Anda juga bisa memadukannya dengan mencoba beberapa resep alami sebagai cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan. Bahan alami digunakan agar mendapatkan hasil yang lebih optimal serta tidak menyebabkan efek samping yang membahayakan bayi Anda. Karena meskipun Anda sangat ingin mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, Anda juga harus mempertimbangkan kesehatan buah hati yang masih bergantung pada ASI. Sehingga sebaiknya tidak menggunakan obat kimia untuk menghindari timbulnya efek samping bagi bayi. Berikut adalah bahan alami yang bisa mengecilkan perut :

  1. Kayu manis dan Cengkeh

Resep alami yang pertama yakni menggunakan kayu manis dan cengkeh. Hali ini karena kandungan zat yang berada dalam kayu manis dikenal mampu mengatasi permasalahan lemak pada perut. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Kunyit Asam

Bahan alami untuk mengecilkan perut selanjutnya adalah kunyit asam. Minuman dengan perpaduan kunyit serta asam matang ini dari dulu dipercaya dapat membantu mengatasi timbunan lemak di perut. Kegunaan lainnya ialah dapat mengatasi beberapa keluhan datang bulan, seperti siklus haid tidak lancar serta nyeri haid. Cara pembuatannya adalah berikut ini :

  • Ambil 3-4 ruas kunyit, cuci hingga bersih
  • Lumatkan kunyit dengan cara diblender atau diparut
  • Rebus parutan kunyit dengan 600 ml air
  • Tambahkan asam dan gula jawa secukupnya atau sesuai selera
  • Tunggu hingga mendidih
  • Setelah mendidih diamkan hingga dingin
  • Selanjutnya saring jamu terlebih dahulu baru kemudian siap diminum. ( Baca : Makanan yang dilarang saat datang bulanAkibat telat haid )
  1. Kulit Pisang

Setelah membahas beberapa bahan alami yang dapat membantu mengecilkan perut dari dalam tubuh, selanjutnya ialah resep alami yang juga mempunyai khasiat sama namun digunakan sebagai obat luar. Yakni menggunakan kulit pisang sebagai bahan dasar pembuatannya. Agar memperoleh manfaat yang optimal, maka kulit pisang dapat dipadukan dengan air jeruk nipis serta minyak kayu putih. Selain merampingkan perut secara alami, resep ini juga dapat memberikan efek hangat sehingga membuat ibu merasa nyaman saat menggunakannya. Cara pembuatan :

  • Siapkan dua atau tiga lembar kulit pisang
  • Siram kulit pisang menggunakan air perasan jeruk nipis dan minyak kayu putih
  • Diamkan selama 15 – 20 menit
  • Kukus kulit pisang hingga layu
  • Lumatkan atau blender kulit pisang tersebut
  • Oleskan ke bagian perut
  • Lakukan secara teratur. ( Baca : Buah sehat untuk ibu hamilManfaat buah rambutanManfaat buah blueberry )

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa tips sehat cara mengatasi perut buncit setelah melahirkan normal. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.at

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 11th, May 2016 / 08:10 Oleh :
Kategori : Diet