Sponsors Link

99 Buah Buahan Untuk Ibu Hamil Muda Yang Sehat

Sponsors Link

Buah buahan untuk ibu hamil muda yang sehat sangat banyak untuk dikonsumsi secara rutin bagi ibu hamil. Kehamilan merupakan salah satu kebahagiaan besar bagi setiap wanita. Masa-masa awal kehamilan adalah masa yang sangat penting bagi ibu dan janinnya. Calon ibu harus mengetahui bagaimana tanda tanda kehamilan nya supaya dapat mempersiapkan dirinya untuk memberikan yang terbaik untuk calon bayi.

ads

Wanita yang sedang hamil memerlukan nutrisi untuk menjaga kesehatannya dan juga perkembangan calon bayinya. Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral agar bayi dalam kandungannya selalu sehat dan berkembang secara optimal. Berikut ini adalah vitamin dan mineral yang diperlukan oleh ibu yang sedang hamil

Nutrisi Ibu Hamil

  1. Zat Besi. Manfaat zat besi berfungsi untuk membentuk sel-sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Kekurangan zat besi dapat merangsang munculnya anemia yang dapat membuat wanita hamil mudah lelah, lemah, pusing, dan terlihat pucat. Selain untuk ibu, zat besi juga sangat penting terhadap pertumbuhan janin. Kekurangan zat besi pada masa kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi terkena anemia setelah ia lahir serta dapat meningkatkan risiko bayi terlahir dengan kondisi prematur atau terlahir dengan berat badan yang kurang.
  2. Asam Lemak Omega-3. Asam lemak omega-3 memiliki peran penting terhadap perkembangan otak janin sehingga dapat meningkatkan kecerdasan setelah lahir. Selain untuk janinnya, asam lemak omega-3 juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung ibunya.
  3. Asam Folat. Asam folat juga dikenal sebagai vitamin B9 yang sangat berperan dalam membantu perkembangan calon bayi agar terhindar dari cacat ketika bayi lahir. Ibu hamil memerlukan 400-600 mcg manfaat asam folat setiap hari.
  4. Vitamin A. Vitamin A dapat menghindarkan daya tahan tubuh sang ibu dari kelelahan.
  5. Vitamin B1. Vitamin ini berguna untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi morning sickness. Selain itu, vitamin B1 mempunyai peran yang sangat penting untuk menyiapkan produksi ASI setelah melahirkan calon bayi.
  6. Vitamin B2. Pada awal kehamilan, vitamin ini sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan embrio.
  7. Vitamin B3. Pada kehamilan pertam,vitamin ini sangat penting untuk mengurangi rasa mual dan juga dapat membantu perkembangan otak calon bayi.
  8. Vitamin B5. Selain zat besi, vitamin B5 juga dapat menjaga kebutuhan sel darah merah di dalam tubuh ibu hamil.
  9. Vitamin B6. Vitamin ini juga bisa disebut dengan nama piridoksin yang dapat membantu sang ibu dalam mengubah lemak menjadi energi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
  10. Vitamin B12. Vitamin B12 mempunyai fungsi sebagai pengoptimal perkembangan calon bayi dalam membentuk sel-sel darah merah.
  11. Vitamin C. Vitamin ini dapat larut dalam air sehingga dapat menjaga kekebalan tubuh sebagai antioksidan alami. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi.
  12. Vitamin D. Vitamin ini cukup penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil melalui pencegahan hipertensi dalam kehamilan dan diabetes.
  13. Vitamin E. Peregangan pada masa kehamilan dapat dikurangi oleh vitamin E. Selain itu, vitamin ini dapat menjaga asam lemak yang dibutuhkan oleh calon bayi.
  14. Vitamin K. Vitamin K disebut juga Koagulasi yang berfungsi untuk mencegah pendarahan pada bayi serta dapat menjaga kepadatan tulang pada ibu hamil.

buah ibu hamilUntuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tersebut salah satu makanan yang paling baik adalah buah. Buah untuk ibu hamil sangat banyak sekali untuk membantu kebutuhan gizi tersebut.

Berikut adalah beberapa buah yang bermanfaat bagi ibu hamil

  1. Buah Alpukat

Buah untuk ibu hamil yang paling bermanfaat salah satunya adalah Alpukat. Buah alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, minyak, dan kalori tinggi yang berguna untuk menjaga kekuatan ibu hamil dalam beraktivitas dengan meningkatkan energi sang ibu. Selain itu juga dapat menjaga kelenturan otot persendian dan mengurangi kolesterol. Manfaat alpukat untuk ibu hamil juga mengandung asam Folat dan lemak tinggi yang dapat membantu dalam peningkatan fungsi otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat merupakan gizi ibu hamil yang penting untuk kesehatan otak janin.

  1. Buah Mangga

Buah buahan untuk ibu hamil yang sehat kedua adalah buah mangga. Buah mangga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan melalui kandungan seratnya yang tinggi. Buah mangga juga memiliki kandungan potassium dan kalium yang dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang banyak terkandung di dalam buah mangga. Dengan antioksidan yang ada dalam vitamin C dapat melindungi tubuh ibu hamil terhadap serangan penyakit kanker serta dapat melawan radikal bebas. Manfaat mangga untuk ibu hamil juga dapat meningkatkan stamina dan energi untuk tetap beraktivitas melalui sukrosa dan karbohidrat yang ada di dalamnya.

  1. Buah Anggur

Buah angguur mengandung banyak vitamin A, viitamin C, asam folat, fosfor, zat besi, kalsium, dan magnesium. Dari beberapa kandungan buah anggur, anggur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat meningkatkan kinerja organ ginjal. Asam folat yang terkandung dapat membantu pembentukan saraf dan otak pada calon bayi. Selain itu,manfaat anggur bagi ibu hamil dapat mengurangi kadar kolesterol pada ibu yang sedang hamil.

  1. Buah Lemon

Buah lemon dapat membantu pencernaan, menghilangkan mual, dan gelaja morning sickness pada masa kehamilan. Selain itu, lemon juga dapat membantu membersihkan tubuh dari sisa metabolisme yang berupa racun.

ads
  1. Buah Leci

Leci memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik, sehingga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit seperti hipertensi dan jantung serta dapat membantu penyerapan zat besi. Selain itu, leci mengandung vitamin B kompleks, flanoid dan phytonutrient yang dapat melindungi sang ibu dari radikal bebas dan juga dapat membantu metabolisme lemak, karbohidrat, dan protein.

  1. Buah Apel

Buah apel mengandung asetilkolin yang berperan dalam mentransmisikan pesan antara sel-sel saraf sehingga dapat mempertajam otak pada janin. Dengan kandungan beberapa senyawa yang ada pada apel dapat mencegah terkenanya kanker. Selain itu, dengan manfaat apel dapat mencegah ibu hamil terkena asma serta dapat menjaga kesehatan paru-paru.

  1. Buah Jeruk

Manfaat jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kulit dari kanker dan dapat menghindari varises pada ibu hamil, serta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu dengan mengonsumsi buah jeruk dapat menghindari dari pembengkakan bagian tubuh ibu hamil seperti tangan dan kaki serta dapat mencegah gangguan pencernaan.

  1. Buah Pisang

Buah pisang mengandung vitamin B6 dan kalsium tinggi sehingga dapat meningkatkan kegiatan sistem saraf pusat janin, membantu memenuhi kebutuhan oksigen janin, serta dapat mengurangi pembengkakan pada tangan maupun kaki ibu hamil. Selain itu, manfaat pisang dapat menghindarkan ibu hamil dari diare dan sembelit.

  1. Buah Blueberry

Buah ini mengandung antosianin, proantosianidin, flavonol, resveratrol, dan tanin yang dapat menghambat berkembanganya sel kanker, membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer pada bayi, membantu mencegah infeksi pada saluran kencing ibu hamil, serta dapat menurunkan kadar kolesterol.

  1. Buah Semangka

Buah semangka merupakan sumber buah yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, magnesium, dan kalium yang dapat mencegah masalah pencernaan, mengurangi pembengkaan pada tangan dan kaki ketika hamil, mengurangi morning sickness, mencegah terjadinya dehidrasi, mengurangi kram pada otot, dan dapat mencegah pigmentasi pada kulit.

  1. Kiwi

Dengan mengonsumsi buah kiwi, dapat mengurangi risiko terjadinya kelainan saraf otak calon bayi. Selain itu buah kiwi juga dapat menjaga kesehatan mata calon bayi melalui acid folic. Manfaat buah kiwi tidak hanya untuk sang bayi, buah kiwi juga bermanfaat bagi ibu yang hamil karena dapat memelihara tubuh yang sehat, dan dapat menjaga tekanan darah.

  1. Buah Naga

Buah ini memiliki kandungan zat besi dan folat yang cukup tinggi yang dapat mencegah terjadinya kekurangan darah pada ibu hamil dan dapat mengurangi risiko bayi mengalami kecacatan pada saat lahir. Selain zat besi, pada manfaat buah naga juga kaya akan karbohidrat yang mampu memberikan energi bagi sang ibu agar tidak mudah lelah. Serta terdapat serat yang dapat menjaga fungsi usus.

  1. Buah Cherry

Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi daripada apel dan jeruk. Kandungan yang terdapat dalam buah cherry yang dapat mencegah peradangan, mencegah kanker, dapat menunda penuaan dini, menenangkan syaraf, serta dapat melancarkan peredaran darah ke otak. Selain itu dapat melancarkan pencernaan dan dapat memutihkan kulit bayi.

  1. Buah Jambu air

Jambu air memiliki kandungan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan mineral sehingga dapat mengurangi dehidrasi, melancarkan pencernaan serta dapat meningkatkan kinerja darah putih.

  1. Buah Strawberry

Strawberry memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, vitamin B5, B6, magnesium, omega-3 dan lain-lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan serta dapat membakar lemak ibu hamil, selain itu dapat mencegah prematur dan cacat pada janin.

  1. Buah Melon

Buah ini memiliki nutrisi dan berbagai vitamin yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil serta calon bayinya. Kandungan mineral yang ada pada melon membuat melon dapat melancarkan buang air besar. Kandungan yang lain adalah anti-koagulan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah merah pada ibu hamil.

Sponsors Link

  1. Buah Pepaya

Manfaat buah pepaya mengandung vitamin A, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E dan pepain. Dengan kandungan tersebut buah pepaya dapat mempercepat proses pencernaan protein dalam tubuh. Kandungan papain dalam buah pepaya yang dapat mengubah protein menjadi senyawa asam amino dalam makanan sehingga dapat memperlancar pencernaan dan dapat menghindarkan diri dari tekanan darah tinggi, epilepsi, radang sendi dan penyakit kencing manis.

  1. Buah Pir

Buah pir mengandung asam folat dan vitamin B9 yang dapat mengurangi risiko keterbelakangan mental pada calon bayi ketika lahir. Salah satu kandungan buah pir yang cukup tinggi adalah vitamin C. Buah ini dapat membantu penyerapan zat besi. Buah pir juga kaya akan sumber serat yang dapat membantu proses pencernaan. Kandunagan lain dari buah pir adalah kalori. Buah pir memiliki kandungan sekitar 100 kalori yang dapat memberikan energi dan dapat mengenyangkan.

  1. Buah Belimbing

Buah ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Selain itu belimbing kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta nutrisi lain. Dengan kandungan ini belimbing dapat menangkal adanya radikal bebas di dalam tubuh. Manfaat lain adalah menjaga kesehatan mata, melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan dapat membuang racun di dalam tubuh.

  1. Buah Kelengkeng

Buah ini kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk perkembangan calon bayi dan kesehatan bagi ibu hamil. Dengan kandungan glukosa, sukrosa, vitamin A, vitamin B, lemak, dan protein yang dapat meningkatkan energi bagi ibu hamil, melancarkan pencernaan, menghilangkan rasa gelisah sehingga dapat tidur dengan lelap. Selain itu buah kelengkeng juga dapat mencegah anemia pada ibu setelah melahirkan.

Baca juga : Makanan sehat untuk ibu hamil & Pantangan Makanan Ibu hamil

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 31st, March 2015 / 12:25 Oleh :
Kategori : Buah Sehat