Sponsors Link

6 Cara Membersihkan Mainan Gigitan Bayi – Sangat Aman

Sponsors Link

Jika bayi Anda sudah menunjukkan  tanda tanda bayi tumbuh gigi maka itu akan menjadi fase yang sangat menyenangkan. Bayi Anda bisa menerima berbagai jenis makanan pendamping ASI yang sesuai dengan umur dan pola maka bayi. Kemudian biasanya berbagai  gejala anak tumbuh gigi akan membuat bayi merasa tidak  nyaman. Misalnya bagian gusi yang gatal, demam dan selalu ingin menggigit berbagai  benda. Jika Anda memberikan mainan maka biasanya bayi tertarik untuk menggigit mainan tersebut. Karena itu Anda bisa memberikan mainan gigitan bayi yang mudah ditemukan di toko alat bayi. Tapi tentu alat ini mudah kotor dan Anda bisa mencoba cara membersihkan mainan gigitan bayi, seperti dibawah ini:

ads
  1. Membersihkan dengan lap bersih saat baru terjatuh

Biasanya ketika bayi bermain dengan mainan gigitan maka biasanya tidak selalu bisa tergigit dengan sempurna. Beberapa bayi tidak mau memegang mainan sehingga alat mainan ini sangat mudah terjatuh. Jika Anda tidak bisa menemukan wastafel atau air maka sediakan lap atau handuk bersih yang khusus untuk membersihkan mainan anak. Segera lap hingga bersih agar tidak ada kuman penyakit yang masuk ke tubuh anak. Memang lap atau handuk bersih tidak bisa menjamin maianan bersih dan kuman atau kotoran tapi paling tidak bisa mencegahnya dengan baik. Anda juga harus selalu membersihkan handuk yang digunakan secara rutin.  (baca: vitamin untuk daya tahan tubuh anak – vitamin untuk anak susah makan – manfaat vitabumin untuk anak)

  1. Merendam mainan dengan air panas

Kuman dan semua jenis kotoran memang bisa masuk atau terdapat pada mainan gigitan bayi. Kuman yang masuk bisa menyebabkan bayi terkena diare, disentri, cacingan dan jenis penyakit lain. Karena itu Anda harus membersihkan secara rutin. Salah satunya adalah dengan merendam mainan tersebut dalam air panas. Rendam saja dalam air panas tapi tidak mendidih selama kurang lebih 30 menit, setelah itu keringkan dengan lap bersih dan biarkan terkena udara hingga benar-benar kering. Pastikan Anda memberi jarak waktu sebelum diberikan pada bayi Anda.  (baca: vitamin penumbuh gigi anak – makanan perangsang pertumbuhan gigi bayi )

 
Sponsors Link

  1. Merendam dengan cuka putih dan air hangat

Mainan gigitan bayi biasanya memang sangat berbau dan mudah terkena  berbagai jenis penyakit. Terkadang jika bahan mainan tidak berkualitas maka juga bisa berjamur dan sangat berbahaya untuk untuk kesehatan bayi. Untuk itu Anda bisa mencoba untuk merendam dengan air yang dicampur dengan cuka putih. Cuka putih bahan yang sangat aman karena tidak akan meninggalkan residu pada mainan anak. Anda bisa mencoba untuk merendam selama kurang lebih 30 menit kemudian keringkan dengan handuk bersih. Anda juga bisa membilas sekali lagi dengan air hangat agar tidak ada bau cuka pada mainan gigitan anak. Pastikan Anda memberikan mainan lagi pada anak setelah 24 jam dari pencucian ini. (baca: obat gusi bengkak karena tumbuh gigi )

  1. Gunakan spon penggosok

Jika mainan anak memiliki banyak sisa makanan atau bahan lain yang menempel pada maianan gigitan maka Anda bisa mencoba menggunakan spon penggosok. Anda bisa menggunakan spon penggosok khusus yang memang digunakan untuk mainan anak. Ini sangat efektif untuk membersihkan kotoran yang mengeras dan jamur. Kemudian Anda bisa merendam mainan dalam air hangat selama kurang lebih 15 sampai 30 menit. (baca: gejala anak menelan benda asingperkembangan motorik halus anak )

  1. Mencuci dengan air dan baking soda

Baking soda termasuk jenis bahan kimia yang sangat aman untuk mainan anak dan tidak meninggalkan residu pada mainan, sehingga juga sehat untuk bayi Anda. Anda  bisa mencoba untuk mencampurkan setidaknya satu pucuk sendok teh baking soda dengan air hangat. Campurkan hingga merata kemudian masukkan mainan anak dan rendam selama beebrapa menit. Jika Anda tidak ingin merendam mainan maka gunakan bahan ini untuk menggosok atau membersihkan mainan secara langsung. Setelah selesai maka bilas dengan air hangat dan keringkan secara alami.

Manfaat lain baking soda:

Sponsors Link

  1. Merebus sebentar dalam air panas

Anda juga bisa mencoba untuk merebus sebentar mainan gigitan dengan air panas. Namun Anda juga harus mengenali bahan mainan anak sehingga merebus tidak menghancurkan atau merusak mainan anak. Anda juga bisa melihat label pada mainan, apakah mainan tersebut tahan terhadap air panas atau tidak. Bahan mainan dari plastik biasanya tidak akan tahan dan rusak sehingga tidak boleh direbus. Waktu merebus juga sangat sebentar kurang lebih 1 sampai 2 menit, sehingga Anda cukup memasukkan langsung pada air mendidih. Setelah itu bersihkan dengan air dingin dan keringkan dengan handuk yang bersih. (baca: terapi uap untuk bayi)

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan mainan gigitan bayi. Lakukan semua tips yang sesuai dengan jenis makanan dan bahan mainan anak Anda. Kemudian jangan pernah mencuci mainan gigitan anak dengan detergen, sabun cuci, sabun cuci piring atau dengan mesin cuci. Mencuci dengan sabun dan bahan kimia bisa menyebabkan bahan sabun tertinggal dan menyebabkan aroma pada mainan. Ini bisa membuat anak keracunan karena sabun atau bahan kimia masuk ke tubuh anak.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 07th, August 2017 / 06:41 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bayi