20 Tips untuk Ibu Hamil agar Bayi Cerdas Sejak dalam Kandungan

Siapa yang tidak menginginkan memiliki anak cerdas? Pasti semua orang ingin agar bayi yang dilahirkannya selamat dan cerdas. Bayi cerdas ternyata bukan hanya bisa dilatih setelah mereka lahir dan melalui proses pertumbuhan, melainkan juga bisa dibantu dengan beberapa cara selama kehamilan. Apa saja cara tersebut? Simak beberapa tips untuk ibu hamil agar bayi cerdas berikut ini.

1. Hindari lingkungan yang berbahaya

Selama hamil, selalu perhatikan lingkungan sekitar. Jika seorang wanita hamil bekerja, maka selalu perhatikan lingkungan kerja. Hindarkan wanita hamil dari paparan zat kimia, radiasi, atau zat berbahaya yang mengandung racun yang bisa menjadi peluang terkena penyakit infektif. Jika perlu, hindari juga polusi udara yang ada di jalan raya. Hal ini perlu dilakukan karena zat kimia berbahaya dan polusi berlebihan dapat mencemari plasenta di dalam rahim, sehingga janin tidak bisa mendapat nutrisi yang cukup.

2. Olahraga dan makan sehat

Wanita yang sedang hamil bukan berarti harus berhenti berolahraga. Tetap lakukan olahraga secara rutin, walau olahraga yang dilakukan hanya olahraga ringan. Misalnya jalan kaki, renang, atau bersepeda. Olahraga akan memberi manfaat pada perkembangan otak janin. Sehingga, jika ingin memiliki bayi cerdas, tentu ibu harus rajin berolahraga ringan. Selain itu, lakukan pola makan sehat agar masa kehamilan bisa bermanfaat untuk memenuhi perkembangan otak bayi yang dikandung. (Baca juga: diet ibu hamil agar bayi tidak besar)

3. Hindari mengonsumsi obat-obatan yang tidak perlu

Efek samping obat bisa menyebabkan gangguan pada tubuh ibu hamil. Jika ibu hamil terlalu banyak mengonsumsi obat, terutama obat yang dijual secara bebas di pasaran, maka dampaknya akan dirasakan oleh bayi yang dikandung. Maka hindari obat jika tidak tahu apakah obat tersebut aman untuk ibu hamil atau tidak. Beberapa obat seperti parasetamol cukup aman untuk ibu hamil. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat, dan konsumsilah obat hanya yang sedang dibutuhkan.

4. Jangan minum alkohol

Konsumsi alkohol walau sedang tidak hamil itu buruk untuk kesehatan, apalagi jika sedang hamil. Alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada otak janin. Kondisi ini biasa disebut sebagai foetal alcohol syndrom. Jika alkohol diminum saat hamil, maka plasenta di dalam rahim akan tercemar. Hal ini akan menyebabkan bayi bisa kehilangan kemampuan untuk berkembang, hingga saat lahir bayi bisa mengalami gangguan pada otak.

5. Jangan merokok atau menghirup asap rokok

Sudah menjadi rahasia umum bahwa asap rokok bisa menyebabkan gangguan pada janin dan proses kehamilan. Maka dari itu, jika ingin memiliki bayi cerdas, jangan merokok (perokok aktif) atau menghirup asap rokok (perokok pasif). Jika sedang berada di lingkungan terbuka atau tempat umum yang berpotensi akan ada asap rokok, sebaiknya gundakan masker untuk menghindari terhirupnya asap dan polusi.

6. Perhatikan tekanan darah

Tekanan darah rupanya berpengaruh juga akan kecerdasan janin. Jika tekanan darah ibu hamil terlalu tinggi, maka aliran darah daei jantung ke janin akan menjadi kurang efisien. Sebaliknya, aliran darah yang terlalu rendah juga kurang pas untuk ibu hamil. Maka, jaga tekanan darah agar selalu normal. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan pengatur tekanan darah seperti buah bit.

Baca juga: 

7. Konsumsi asam folat

Asam folat atau yang biasa dikenal sebagai vitamin B9 berpengaruh pada kesehatan janin. Kekurangan vitamin B9 akan menyebabkan penyakit bawaan serius pada anak yang dikandung. Untuk memenuhi asupam folat, biasanya dokter akan memberikan rekomendasi suplemen asam folat sejak usia kandungan masih dini. Selain itu, konsumsi juga makanan yang banyak mengandung asam folat seperti gandum dan sayuran hijau.

Baca juga:


8. Konsumsi suplemen minyak ikan

Omega-3 DHA/EPA merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kecerdasan otak. Tentu saja jika ingin memiliki anak cerdas, wanita hamil harus selalu memenuhi kebutuhan akan omega-3 ini. Jika omega-3 terpenuhi, maka otak janin juga akan berkembang dengan baik. Caranya adalah dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan. Dalam hal ini yang disarankan adalah minyak ikan salmon dan dilakukan pada trimester akhir kehamilan, karena pada usia kehamilan itulah otak janin mengalami perkembangan pesat.

9. Berjemur di pagi hari

Cacat mental atau kelainan pada otak bayi baru lahir juga sering dikaitkan dengan asupan vitamin D yang kurang terpenuhi. Maka dari itu, vitamin D harus tetap terpenuhi selama hamil. Cara paling mudah mendapatkan vitamin D secara alami adalah berjemur di pagi hari, sebelum jam 9 pagi. Pada saat itulah matahari sedang baik dan sehat untuk membantu memproduksi vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

10. Rileks

Ibu yang stres atau depresi berkepanjangan ternyata bjsa melemahkan sistem kekebalan tubuh bayi yang dikandungnya. Level hormon stres wanita hamil yang tinggi bisa masuk ke dalam jaringan otak janin. Hal ini pasti akan mengganggu perkembangan otak janin. Maka, selama hamil jangan terlalu sering stress, baik secara fisik maupun psikis. Hindari pekerjaan yang terlalu berat, dan lakukan kegiatan yang membuat ibu rileks, seperti memijat, yoga, atau jalan-jalan.

11. Konsumsi ikan salmon, tuna, dan makerel

Selain mengonsumsi minyak ikan, wanita hamil bisa juga mengonsumsi ikan secara langsung. Ikan jenis salmon dikenal merupakan makanan sehat dan penting untuk perkembangan otak janin, walau janin masih berada di dalam kandungan. Ikan salmon memiliki kandungan asam omega 3 yang baik untuk perkembangan otak bayi di dalam kandunngan. Selain salmon, jenjs ikan yang memiliki kandungan omega-3 yang banyak adalah tuna dan makerel. Untuk ibu hamil, setidaknya memgonsumsi dua porsi ikan per minggu. Hal ini akan berpotensi melahirkan bayi cerdas dengan IQ tinggi.

12. Konsumsi telur ayam rebus

Selain omega-3, asam amino juga penting untuk perkembangan janin. Asam amino bisa didapatkan dari telur ayam. Kandungan gizi asam amino yang terkandung dalam telur dikenal dapat meningkatkan perkembangan otak bayi dalam kandungan serta mampu meningkatkan kemampuan daya ingat. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi dua butir telur setiap hari dengan cara merebusnya. Selain asam amino, telur ayam juga mampu memenuhi kebutuhan kolin bagi ibu hamil. Telur ayam juga mengandung zat besi dan protein yang baik untuk perkembangan janin pada umumnya.

Info penting:

13. Konsumsi yoghurt

Yoghurt sebagai makanan hasil fermentasi susu ternyata tidak hanya baik bagi pencernaan, tetapi juga baik bagi ibu hamil. Yoghurt berfungsi untuk meningkatkan tingkat IQ janin, sehingga bayi bisa lahir dalam kondisi sehat dan cerdas. Yoghurt memiliki protein dan kalsium yang baik untuk pembentukan dan perkembangan janin. Yoghurt juga akan membantu penyerapan nutrisi di dalam tubuh ibu hamil menjadi maksimal, sehingga bayi juga bisa mendapat nutrisi penuh selama masa kehamilan.

14. Konsumsi sayur bayam

Salah satu penyebab janin menjadi cerdas adalah jika aliran darah menuju otak dan seluruh tubuh menjadi lancar. Peredaran darah yang lancar akan membuat sel-sel otak menerima oksigen yang cukup. Maka dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Zat besi terbaik adalah dari sayuran hijau bayam. Konsumsi bayam sesering mungkin sebagai tambahan zat besi yang baik untuk kelancaran sirkulasi darah, baik untuk tubuh ibu maupun janin di dalam kandungan. (Baca juga: manfaat zat besi untuk ibu hamil )

15. Konsumsi blueberry

Saat hamil, seseorang sangat disarankan untuk banyak makan buah. Bahkan buah bisa dijadikan camilan sehari-hari. Salah satu buah yang baik untuk membantu perkembangan otak bayi dalam kandungan adalah blueberry. Blueberry ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Buah blueberry juga mampu memberikan perlindungan terhadap sel maupun jaringan dalam otak janin. Hal ini akan membuat perkembangan janin dan kecerdasan janin bisa berlangsung maksimal.


16. Konsumsi makanan kaya vitamin D

Selama ini mungkin vitamin D hanya dikenal sebagai vitamin yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Namun ternyata vitamin D juga bisa membantu perkembangan otak janin. Maka vitamin D harus dikonsumsi ibu hamil secara teratur. Ibu hamil yang mengonsumsi vitamin D berpotensi untuk melahirkan bayi cerdas dengan kemampuan otak yang berkembang baik. Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D ibu hamil.

17. Suplemen prenatal dengan asam folik

Selain beberapa hal di atas, asam folik juga merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk pembentukan sel otak pada bayi dalam kandungan. Ibu hamil bisa mendapatkannya dari suplemen prenatal atau dengan mengonsumsi makanan yang memgandung asam folik dalam 4 minggu sebelum dan 8 minggu setelah masa kehamilan. Asam folik ada banyak di jenis sayuran hijau. Ibu kekurangan asam folik akan berpotensi melahirkan bayi autis.

Baca juga:

18. Perhatikan kondisi tiroid

Tiroid adalah salah satu hormom di dalam tubuh ibu hamil. Jika kadar hormon tiroid terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka janin dapat terpengaruh dan bermasalah. Level hormon tiroid yang rendah bisa menghambat pembentukan jaringan pada otak janin. Maka, perhatikan tiroid agar selalu normal. Selain itu, cara yang baik untuk mengontrol kadar tiroid, sebaiknya ibu mengonsumsi yodium dalam kadar 220 mcg setiap hari.

19. Ajak janin berkomunikasi

Ibu hamil juga sebaiknya selalu aktif mengajak bayi dalam kandungannya berkomunikasi. Komunikasi prenatal bisa memicu perkembangan otak janin. Selain itu hal ini juga bisa membuat ibu lebih dekat dengan janin.

Info penting:

20. Terapi musik / Lantunan ayat suci

Selain itu, ibu hamil juga bisa melakukan terapi musik atau membaca ayat suci selama masa kehamilan. Hal ini akan membuat otak janin berkembang dengan baik. Selain itu, lantunan ayat suci akan membuat janin lebih nyaman secara spiritual.

Demikianlah beberapa tips untuk ibu hamil agar bayi cerdas yang bisa dilakukan. Selalu jaga masa kehamilan dan jaga asupan nutrisi seimbang. Jaga juga kesehatan psikis agar ibu hamil selalu bahagia dan terhindar dari stress. Semoga artikel ini bermanfaat.

, ,
Post Date: Friday 11th, August 2017 / 05:21 Oleh :
Kategori : Kehamilan
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12