Sponsors Link

Ikan Salmon untuk Ibu Hamil – Manfaat, Tips Konsumsi dan Pengolahannya

advertisement

Anda suka mengkonsumsi daging ikan salmon? Ikan salmon memang banyak digemari karena rasanya yang lezat. Tapi tahukah anda jika ikan salmon mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan bagi tubuh? Ikan salmon juga baik untuk dikonsumsi bagi yang sedang dalam masa kehamilan. Berbagai nutrisi ibu hamil dalam ikan salmon dapat menunjang perkembangan janin dalam kandungan. Apa saja manfaatnya? Mari kita simak artikel berikut!

Masa kehamilan adalah masa-masa emas. Penting bagi anda untuk benar-benar menjaga kesehatan anda. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh saat hamil adalah memperhatikan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tubuh kita memerlukan gizi seimbang agar janin di dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan laut yang banyak dikonsumsi karena berbagai manfaatnya. Meski harganya cenderung lebih mahal daripada harga jenis ikan laut lainnya, ikan salmon tetap diminati. Habitat ikan salmon adalah di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Ikan salmon bermigrasi untuk berkembang biak. Jenis ikan ini memiliki warna daging merah muda.

Mengapa ikan salmon baik untuk dikonsumsi ibu hamil?

Alasan utama dari pernyataan tersebut yakni, ikan salmon untuk ibu hamil mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Asam lemak omega 3 merupakan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh tetapi tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Oleh karena itulah kita dapat mencukupi kebutuhan asam lemak omega 3 dari konsumsi makanan, salah satunya adalah ikan salmon.

Asam lemak omega 3 baik untuk menunjang perkembangan otak janin sehingga bayi yang anda lahirkan nantinya memiliki kemampuan otak yang lebih baik. Nutrisi ini membantu anda terhindar dari risiko kelahiran prematur, membantu menyeimbangkan darah tinggi pada ibu hamil dan kolesterol. Selain itu, asam lemak omega 3 juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung sehingga, anda dapat terhindar dari berbagai risiko penyakit jantung.

Manfaat

Lalu, selain asam lemak omega 3, adakah kandungan nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi ibu hamil? Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah penjelasannya:

  1. DHA (docosahexaenoic acid) berfungsi dalam mengantarkan rangsangan dari saraf menuju ke otak, mengoptimalkan indera penglihatan sehingga janin terhindar dari risiko kebutaan. DHA juga berperan dalam mencegah keguguran.
  2. EPA (eicosapentaenoic acid) berperan dalam pembentukan sel darah dan organ jantung. Selain itu EPA juga berfungsi melancarkan sistem sirkulasi darah.
  3. Protein dan vitamin di dalam ikan salmon berperan sangat baik dalam pertumbuhan otot janin dan meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh). Selain itu, protein memberikan manfaat sebagai sumber energi, mengatur pertumbuhan hormon, dan mengatur sistem metabolisme tubuh.
    Sponsors Link

    Sedangkan vitamin, khususnya vitamin A, membantu meningkatkan kesehatan mata sehingga mengoptimalkan indera penglihatan. Vitamin D mencegah osteoporosis, vitamin B6 meningkatkan kesehatan jantung, dan vitamin E baik untuk menjaga kesehatan kulit.
  4. Antioksidan pada daging ikan salmon sangat bermanfaat bagi ibu dan janin untuk menjaga kehamilan tetap sehat sampai proses melahirkan. Antioksidan juga membantu tubuh mengeluarkan racun.
  5. Asam amino dalam daging ikan salmon membantu pembentukan sel darah merah dan sel darah putih serta meningkatkan kemampuan otak. Nutrisi dalam ikan salmon ini juga membantu anda terhindar dari risiko terkena anemia.

Tips Aman Konsumsi Ikan Salmon

Mungkin sebagian dari anda masih ada yang ragu dengan pilihan mengkonsumsi ikan salmon pada saat sedang menjalani masa kehamilan. Apakah anda pernah mendengar bahwa makanan yang berasal dari laut dapat saat tercemar oleh logam merkuri dan PCB? Hal ini sebenarnya tidak perlu diresahkan asalkan kita tahu cara yang benar untuk mengkonsumsi ikan salmon. Berikut adalah beberapa tips untuk anda:

  1. Pilihlah ikan salmon yang segar, bukan yang berbentuk kalengan atau yang sudah dibekukan. Ikan salmon yang masih segar dapat dilihat dari ciri-ciri tampilannya. Daging ikan salmon segar berwarna cerah dan tidak pucat. Garis-garis pada daging ikan salmon terlihat jelas. Daging ikan salmon segar tidak akan berbau menyengat. Jika dipegang daging ikan salmon segar tidak mudah hancur.
  2. Pastikan anda tahu habitat ikan salmon yang akan anda konsumsi. Mungkin ini agak susah untuk dibedakan. Tapi tidak ada salahnya jika anda membeli daging ikan salmon di tempat penjualan yang terpercaya. Tempat hidup salmon akan menentukan apakah ia terkontaminasi oleh zat pencemaran atau tidak.
  3. Masaklah daging ikan salmon dengan benar. Usahakan untuk mengonsumsinya setelah benar-benar matang. Hal ini akan membuat daging ikan salmon lebih aman untuk dimakan.
    ads
  4. Konsumsi ikan salmon yang dianjurkan untuk seorang ibu hamil adalah tidak lebih dari 2 kali dalam seminggu. Maka jika anda ingin tetap sehat, patuhilah batas konsumsi ikan salmon tersebut.
  5. Lebih baik untuk membuang kepala dan sisik atau bagian luar tubuh ikan salmon ketika akan mengolahnya menjadi masakan. Hal ini karena bagian kepala dan sisik ikan lebih banyak berisiko terkontaminasi zat pencemaran.

Pilihan Olahan Daging Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan membuat anda memiliki mood yang berubah-ubah. Sama halnya dengan selera makan. Berbagai cara mengolah daging ikan salmon dapat menjadi pilihan anda agar tetap sehat saat hamil. Anda dapat mencobanya secara berganti-ganti agar tidak bosan. Berikut adalah beberapa menu yang dapat menjadi alternatif anda:

  • Anda dapat membuat sup ikan salmon dengan menambahkan sayuran seperti kentang, wortel, dan bawang bombay yang dicampur dengan kuah kaldu. Pastikan untuk tidak memberikan tambahan MSG yang berlebihan.
  • Salmon bakar dapat menjadi pilihan menu yang lain. Agar lebih sehat, sebaiknya anda menggunakan minyak zaitun untuk melumuri daging ikan salmon sebelum dibakar. Pastikan anda membakarnya sampai matang namun jangan sampai gosong.
  • Tumis ikan salmon dapat menjadi menu berikutnya. Anda juga dapat menambahkan sayuran seperti tomat, kol, dan brokoli ke dalam tumisan daging ikan salmon agar menambah selera. Anda juga bisa mengkombinasikan sayuran lainnya untuk menghidari kebosanan pada menu masakan anda.
  • Sajian ikan salmon goreng tentu dapat mengundang selera meski sederhana. Anda dapat menggoreng ikan salmon dengan menggunakan minyak sawit atau minyak zaitun. Jangan gunakan minyak goreng agar kesehatan anda dan bayi anda lebih terjaga.
  • Anda dapat mengkreasikan daging ikan salmon sesuai dengan selera anda asalkan mengolahnya dengan cara yang sehat. Berbagai resep olahan ikan salmon yang baik untuk ibu hamil dapat anda temukan di buku-buku masakan atau tulisan di internet.

Minyak Ikan Salmon

Saat ini telah banyak tersedia minyak ikan salmon di pasaran dengan berbagai merk yang berbeda. Minyak ikan salmon dapat berbentuk kapsul atau pun sirup. Jika anda tidak suka dengan konsumsi daging ikan salmon, anda bisa menggunakan minyak ikan salmon sebagai akternatif untuk mendapatkan manfaat melimpah dari ikan salmon.

Minyak ikan salmon membantu anda untuk terhindar dari risiko-risiko yang dapat terjadi selama masa kehamilan seperti hipertensi, kelahiran prematur, diabetes, dan depresi setelah proses melahirkan. Sebaiknya selalu minta saran dari dokter anda untuk konsumsi ikan salmon yang tepat sesuai dengan keperluan tubuh anda. Jangan ragu untuk menanyakan semua pertanyaan yang ada di dalam pikiran anda agar mendapatkan penjelasan yang terpercaya.

Itulah pembahasan lengkap mengenai manfaat ikan salmon bagi ibu hamil. Begitu banyak manfaat daging ikan salmon bagi ibu hamil. Asalkan kita mengolahnya dengan benar dan mengikuti aturan konsumsi yang disarankan oleh para ahli gizi, kita pasti akan mendapatkan manfaat dari nutrisi melimpah daging ikan salmon. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba!

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 17th, March 2016 / 05:57 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat