16 Obat Herbal Kista Endometriosis Paling Ampuh

Tak sedikit wanita berusia produktif yang didiagnosis kista endometriosis. Kondisi tersebut tentu menjadi hal yang mengkhawatirkan. Pasalnya, penderita endometriosis cenderung sulit untuk hamil. Bahkan berisiko mengalami infertilisasi.

Namun demikian, bukan berarti penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Ada banyak wanita hamil yang mengindap kista endometriosis. Mereka menjalani terapi hormon sekaligus pengobatan secara alami. Dan hasilnya kista pun dapat menghilang. Nah, berikut ini beberapa obat herbal kista endometriosis yang wajib Anda ketahui. Simak ya!

Baca juga:

  1. Buah dan kulit manggis

Manggis adalah salah satu buah yang ampuh dijadikan obat alami untuk penyakit kista endometriosis. Daging manggis mengandung vitamin C dan zat antioksidan. Sementara kulitnya menyimpan beragam senyawa turunan xanthone, dimana  yang paling utama yakni alfa-mangostin dan gamma-mangostin. Senyawa tersebut adalah zat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat memerangi perkembangan sel-sel abnormal dalam tubuh, seperti tumor, kista dan kanker.

Untuk membuat ramuan obat herbal ini, caranya:

  • Pertama, siapkan satu buah manggis
  • Lalu belah buah menjadi 2 bagian dan ambil dagingnya
  • Setelah dagingnya di ambil, Anda bisa mengerok bagian dalam kulit manggis dengan sendok (hindari bagian getahnya)
  • Rebus hasil kerokan tersebut
  • Setelah itu, siapkan blender. Masukkan sedikit air, gula atau madu dan tambahkan rebusan kulit manggis
  • Blender semua bahan sampai halus
  • Ramuan pun siap dikonsumsi
  • Perlu diingat, jus kulit manggis sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Jangan dengan keadaan perut kosong ya!

Sedangkan untuk buahnya, Anda bisa mengonsumsinya langsung seperti biasa.

Baca juga: Gejala adanya kista di rahimHamil dengan kista dan miom

  1. Kunyit putih

Kunyit putih juga dikenal sebagai obat herbal kista endometriosis dan berbagai penyakit lain, seperti kanker payudara, nyeri haid, radang hati, asma, penyakit jantung dan sebagainya. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang tinggi dalam kunyit putih. Menurut penelitian, kunyit putih menyimpan senyawa antiobiotik, antiinflamasi dan RIP (Ribosome Inacting Protein) yang berperan dalam menghambat perkembangan sel-sel abnormal (seperti kanker dan kista) dalam tubuh.

Untuk cara pembuatannya:

  • Pertama siapkan kunyit putih, cuci bersih lalu kupas dan potong kecil-kecil
  • Setelah itu, masukkan kunyit putih ke dalam panci yang berisi air dan rebus hingga mendidih
  • Kemudian tuang ke dalam gelas secukupnya
  • Anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami
  • Lalu segera konsumsi

Baca juga: Kista ovariumKista bisa hamil?

  1. Sirsak

Tidak sulit menemukan buah sirsak di Indonesia. Buah yang memiliki nama ilmiah Graviola ini diklaim dapat membunuh sel-sel kanker sepuluh ribu kali lebih ampuh dari kemoterapi. Tak hanya itu saja, buah sirsak juga dipercaya sebagai anti jamur dan anti bakteri. Serta dapat membantu pengobatan kista. Namun demikian, pengonsumsian sirsak berlebihan juga tidak disarankan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah sirsak dapat memicu risiko gangguan syaraf apabila dikonsumsi berlebihan. Ibu hamil juga dianjurkan menghindari sirsak, sebab sirsak bisa menganggu kehamilan, janin dan produksi ASI.

Baca juga:

  1. Mahkota Dewa

Obat herbal kista endometriosis selanjutnya adalah mahkota dewa. Tumbuhan ini mengandung beragam senyawa yang bermanfaat untuk meningkatkan kesheatan tubuh, melawan kanker dan meningkatkan sistem imun. Seperti Antihistamin, flavonoid, saponin, polifenol, tanin dan masih banyak lainnya. Sifat antioksidan yang dimiliki tumbuhan ini dapat menghambat perkembangan sel abnormal dalam tubuh tanpa merusak jaringan sehat.


Cara mengolah ramuan ini:

  • Siapkan buah mahkota dewa yang telah dikeringkan, kira-kira 4-5 gram
  • Rebus dalam 5 gelas air dan tunggu sampai mendidih
  • Setelah mendidih, Anda bisa menyaringnya
  • Ramuan pun siap dikonsumsi

Oiya, alternatif lain Anda juga bisa mengombinasikannya dengan kunyit putih untuk hasil lebih optimal. Selain itu, perlu diingat hindari biji buah ini karena bersifat racun. Dan jangan mengonsumsi berlebihan sebab dapat memicu sakit kepala. Buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil.

  1. Daun Dewa

Mahkota dewa dengan daun dewa adalah tumbuhan yang berbeda. Umumnya masyarakat Jawa menyebutnya sebagai daun sambung nyawa. Daun ini memiliki kandungan beragam senyawa, seperti flavonoid, polifenol, tanin, saponin dan masih banyak lainnya. Daun dewa sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati aneka macam penyakit, salah satunya kista endomtriosis. Hal ini dikarenakan sifat sitotastik di dalamnya yang mampu menghambat perkembangan sel-sel abnormal dalam tubuh.

Untuk cara pembuatannya:

  • Pertama siapkan sekitar 5 lembar daun dewa
  • Masukkan daun ke dalam panci, tambahkan sekitar 15 gram temu putih
  • Rebus hingga mendidih
  • Kemudian tuang ke dalam gelas secukupnya
  • Saring, kemudian Anda bisa mengonsumsinya
  1. Benalu Teh

Benalu teh dapat diolah menjadi obat herbal kista endometriosis. Anda mungkin tidak percaya, sebab benalu dianggap sebagai tanaman yang merugikan. Namun faktanya, dari hasil beberapa penelitian benalu terbukti ampuh melawan kanker. Di negara Jepang, Korea dan China, tanaman benalu teh kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk kanker, kista, dan tumor. Belanu teh mengandung senyawa antioksidan, seperti polifenol, alkaloid dan flavonoid yang bersifat aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa-senyawa tersebut juga dapat menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh.

Oiya untuk membuat ramuan benalu teh ini sedikit sulit. Akan lebih baik jika Anda membeli benalu teh kemasan. Biasanya produk tersebut cukup terjamin karena sudah diproses sedemikian rupa dan bebas dari hama. Nantinya, Anda cukup merebusnya saja. Kemudian saring agar diperoleh sari-sari benalu. Anda bisa mengonsumsinya dengan penambahan sedikit madu agar terasa lebih manis.

Baca juga:

  1. Rumput mutiara

Rumput mutiara dikenal bagus untuk obat herbal kista endometriosis. Di Indonesia, rumput mutiara dikenal sebagai tanaman liar yang kerap tumbuh di sudut-sudut jalan. Namun siapa sangka, ternyata rumput ini punya khasiat tinggi bagi kesehatan. Menurut penelitian, di dalam rumput mutiara terkandung senyawa asam uleanolat dan asam ursolat yang mampu menghambat perkembangan sel-sel abnormal, seperti pada tumor, kista dan kanker. Untuk cara pengolahannya cukup dengan direbus. Kemudian saring dan konsumsi secara langsung.

  1. Daun Sambiloto

Keberadaan daun sambiloto cukup mudah ditemukan di Indonesia. Daun ini mengandung zat andrografolida yang ampuh dalam menghambat pembelahan sel-sel abnormal, seperti kista dan kanker. Untuk pembuatannya, Anda bisa mengombinasikannya dengan kunyit. Perpaduan kedua bahan ini sangat efektif dalam membantu menyembuhkan endometriosis. Anda cukup mengolahnya dengan cara direbus. Kamudian saring dan konsumsi secara langsung.

Baca juga:

  1. Kayu manis

Rempah yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan kista endometriosis. Untuk pembuatannya, Anda bisa merebus bubuk kayu manis hingga mendidih. Kemudian saring dan tambahkan sedikit madu. Segera konsumsi selagi masih hangat. 

  1. Susu

Susu adalah minuman kaya gizi. Anda dapat mengonsumsi susu selagi menderita kista endometriosis. Susu ini dapat membantu proses penyembuhan kista dengan cara menghancurkan sel-sel abnormal dan meluruhkannya. Untuk pengonsumsiannya, Anda bisa meminumnya 1-2 kali dalam sehari. Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca juga:

  1. Ikan salmon

Mengonsumsi ikan salmon dapat memberikan beragam khasiat untuk tubuh. Ikan salmon mengandung tinggi asam lemak omega 3 yang ampuh meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, ikan salmon juga mengandung senyawa yang merangsang produksi hormon androgen. Meningkatnya hormon androgen dipercaya dapat membatu proses penyembuhan kista endometriosis.

  1. Selada

Anda mungkin sering menemukan sayura hijau ini di masakan lalapan. Faktanya, sayuran selada ini mempunyai banyak manfaat loh bagi tubuh. Salah satunya memerangi penyakit kista endometriosis. Anda bisa mengkreasikan sayuran ini dengan beragam jenis masakan.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga baik dikonsumsi oleh penderita kista endometriosis. Misalnya saja kacang hijau, kacang almond atau kacang hazelnut. Kandungan zat dalam kacang-kacangan dapat mengontrol resistensi insulin di dalam tubuh, sehingga perkembangan sel-sel kista dapat terkendali dan tidak semakin parah.

Baca juga: Manfaat buah blewah untuk ibu hamilManfaat buah belimbing untuk ibu hamil


  1. Telur

Mengonsumsi telur juga diperbolehkan untuk penderita kista endometriosis. Bahan makanan yang mengandung tinggi protein hewani ini dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit kista. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara direbus. Dan sebaiknya hindari bagian kuning telur, sebab kuningnya mengandung kolesterol tinggi dan bisa memicu kolesterol. (baca: Makanan pencegah mual saat hamil)

  1. Tomat

Tomat mengandung zat antioksidan dalam bentuk likopen. Zat ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mengatasi penyakit kista. Anda bisa mengonsumsi tomat setiap hari. Tomat juga baik untuk kesehatan mata.

Baca juga

  1. Air putih

Jangan pernah meremehkan khasiat air putih. Minuman ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Selain membantu hidrasi tubuh, air putih juga dapat melancarkan proses metabolisme dan membantu peluruhan kista endomertriosis. Setidaknya penuhi asupan air putih Anda 8-9 gelas dalam sehari. Kebiasaan tersebut dapat membuat tubuh tetap bugar dan sehat.

Baca juga: Bahaya kista coklatKista ovariumOperasi kista endometriosisCara mengobati kista secara alami

Demikianlah beberapa rekomendasi obat herbal kista endometriosis yang dipercaya efektif dan ampuh. Namun demikian, ingat obat herbal pun terkadang memiliki efek samping. Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan pengobatan secara tradisional.

, , ,
Post Date: Thursday 10th, August 2017 / 03:40 Oleh :
Kategori : Endometriosis
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12