Sponsors Link

8 Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil dan Janin

Sponsors Link

Ikan gabus ialah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar yang memiliki banyak sebutan nama, misalnya saja di Jawa ikan ini dikenal dengan sebutan kutuk, dan di daerah Sumatra dikenal dengan sebutan ikan aruan. Ikan ini merupakan sejenis ikan pemangsa yang suka memangsa ikan-ikan yang berukuran lebih kecil dan memiliki kepala mirip dengan kepala ikan, sehingga juga disebut snakehead fish.

ads

Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang sangat tinggi kandungan protein, sebagaimana yang kita ketahui konsumsi makanan bergizi untuk ibu hamil sangat penting perananannya sebagai salah satu cara menjaga kehamilan trimester pertama agar terhindar dari keguguran.

Kandungan Nutrisi Pada Ikan Gabus

Akhir-akhir ini ikan gabus begitu populer dijadikan sebagai ikan penyembuh, lantas apa saja kah kandungan yang ada di dalam ikan gabus hingga disebut demikian? Menurut hasil penelitian berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan gabus per 100 gr:

  • Kalori sebanyak 69 kal
  • Protein sebanyak 25,2 gr
  • Lemak sebanyak 1,7 gr
  • Besi sebanyak 0,9 mg
  • Kalsium sebanyak 62 mg
  • Fosfor sebanyak 76 mg
  • Vitamin A sebanyak 150 mg
  • Vitamin B sebanyak 0,04 mg
  • Air sebanyak 69 gr

Ikan gabus menjadi salah satu jenis ikan yang paling bayak dicari karena manfaatnya yang memang cukup luar biasa untuk kesehatan. Ini karena didalam tubuh ikan gabus mengandung protein yang tinggi kandungan albuminnya dan bahkan disebut-sebut lebih tinggi dari kandungan dari makanan yang mengandung protein lainnya. Albumin sendiri merupakan sebutan untuk sejenis protein yang larut dalam air dan juga garam, yang merupakan protein terbanyak yang terdapat dalam darah. (baca juga: Ikan Asin untuk Ibu Hamil)

Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil

Ikan gabus memiliki tekstur daging yang lembut, jauh lebih lembut dari daging hewan ternak seperti ayam dan juga daging sapi maupun kambing. Ini mengapa semua kalangan usia menyukai olahan dari ikan air tawar ini. Daging ikan gabus yang lembut karena dipengaruhi kandungannya yang rendah protein kolagen yang hanya berkisar antara 3 hingga 5 % saja dari total protein secara keseluruhan. Berikut beberapa manfaat penting yang didapat dari konsumsi ikan gabus:

1. Memenuhi Kebutuhan Gizi

Tubuh memerlukan nutrisi yang cukup untuk membantu metabolisme serta fungsi organ penting dalam tubuh tetap terjaga dengan baik. Sebagaimana yang kita tahu bahwa ibu hamil memerlukan nutrisi yang berlipat untuk menjaga kehamilannya tetap terjaga dan normal. Ikan gabus dengan kandungan nutrisi di tiap 100 gramnya yang sangat cukup lengkap mampu memenuhi kebutuhan gizi pada ibu hamil selama kehamilan berlangsung. (baca juga: Manfaat Ikan bagi Ibu hamil)

2. Menjaga Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangat vital fungsinya dalam menjaga tubuh dari segala zat sisa dalam tubuh yang bersifat racun. Mengkonsumsi ikan gabus secara tidak langsung akan membantu menjaga kesehatan fungsi ginjal. Ini karena dalam ikan gabus sendirir mengandung albumin yang cukup tinggi, seperti yang kita tahu bahwa manfaat albumin untuk tubuh salah satunya ialah untuk menjaga fungsi ginjal. (baca juga: Nyeri Pinggang Saat Hamil )

Sponsors Link

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Salah satu yang terpenting saat seseorang yang sedang hamil ialah kekebalan tubuhnya, ini karena ibu hamil sering sekali terserang berbagai macam penyakit misalnya saja flu dan juga batuk atau pun pilek. Albumin dalam ikan gabus memiliki peran yang penting dalam membantu pembentukan sel darah putih. Sebagaimana diketahui bahwa sel darah putih memiliki tugas penting dalam menjaga kekeballan tubuh terhadap serangan penyakit.

Baca juga:

4. Menjaga Cairan dalam Tubuh Tetap Seimbang

Cairan dalam tubuh penting fungsinya untuk menyalurkan zat-zat penting yang diperlukan tubuh untuk proses metabolisme. Terkadang tubuh pun mengalami kekurangan cairan, fungsi albumin dalam darah memegang peranan penting dalam menjaga sel-sel dalam tubu tetap mendapat cairan yang dibutuhkan. Mengkonsumsi ikan tinggi albumin semisal ikan gabus dapat membantu menjaga penyerapan cairan dengan baik dan membantu menghindarkan tubu dari kekurangan cairan atau dehidrasi. (baca juga: Tanda-tanda dehidrasi pada ibu hamil)

5. Meregenerasi Jaringan Baru

Masyarakat luas telah banyak memanfaatkan ikan gabus sebagai salah obat alternatif untuk mempercepat penyembuhan luka. Ini tak lepas dari peran albumin dalam ikan gbus yang memang berfungsi untuk membantu membentuk jaringan baru pada luka. Terlebih lagi sangat bagus apabila dikonsumsi sehabis menjalani operasi persalinan caesar. Ini akan membantu peenyembuhan luka pada bekas operasi menjadi lebih cepat menyatu. (baca juga: Pemulihan Pasca Operasi Caesar)

6. Membantu Mencegah Pembengkakan

Kaki bengkak saat hamil sering sekali dikeluhkan oleh ibu hamil, hal tersebut terjadi karena volume darah dalam tubuh selama kehamilan cenderung meningkat karena adanya perubahan pada hormon didalam tubuh ibu yang seringkali disebut dengan hormon kehamilan. Pembengkakan tersebut biasa disebut dengan edema, dan disinilah manfaat mengkonsumsi ikan gabus ini untuk ibu selama masa kehamilan. Yakni membantu kinerja albumin yang bekerja mengikat darah supaya tidak terjadi pengendapan yang dapat menyebabkan edema tersebut. (baca juga : Bahaya Kaki Bengkak Saat Hamil)

Sponsors Link

7. Menjauhkan Resiko Serangan Jantung

Saat ini resiko terkena serangan jantung tak hanya dapat menimpa orang dewasa saja tapi juga dapat menimpa anak-anak. Kinerja jantung yang berat jika tak diimbangi dengan asupan nutrisi yang memadai dapat mningkatkan resiko tersebut. Dalam ikan gabus terkandung albumin yang tinggi prolin, manfaat prolin sendiri berguna untuk memperkuat kinerja otot, termasuk otot-otot jantung. (baca juga: Kelainan Jantung pada Bayi Baru Lahir)

8. Diet yang Bagus untuk Penyandang Autis

Cara mengatasi anak autis ringan ialah dengan memberinya diet makanan secara khusus. Salah satunya dengan diet makanan tinggi albumin, seperti ikan gabus. Salah satu ikan yang tinggi kandungan albuminnya ini memang dapat menjadi salah satu menu andalan untuk anak-anak penyandang autis yang memang sensitif terhadap makanan tertentu. (baca juga: Pantangan Ibu Hamil Muda)

Dengan mengkonsumsi ikan gabus secara cukup sebagai sumber protein harian, dapat menjaga protein albumin dalam darah yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. Tak hanya untuk dewasa dan juga anak-anak namun juga sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil serta janin di dalam kandungan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 25th, January 2017 / 07:28 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat