Sponsors Link

10 Penyebab Anak Sering Muntah dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Setiap orang tua pasti mempunyai cara ampuh saat mengatasi anak yang sering muntah. Muntah pada anak sebenarnya bukanlah suatu pentakit serius. Ini hanyalah reaksi tubuh dalam mlawan racun yang tidak snegaja tertelan. Orangtua pastinya khawatir ketika anak sering muntah karena akan menyebabkan kondis tubuh anak melemah. Walaupun kondisi tubuh setiap anak berbeda-beda, namun lebanyakan orang tua pastinya khawatir saat melihat anaknya terus-terusan muntak. Ada beberapa penyebab muntah pada anak yang harus diketahui oleh orang tua. Hal ini agar para orang tua dapat bergerak cepat dalam mengatasinya. (Baca juga: Penyebab Bayi Sering Muntah dan Cara Mengatasinya , Obat Tradisional Muntah Pada Anak )

ads

Penyebab Anak Sering Muntah

1.Terlalu Banyak Makan

Pemberian nutrisi yang sehat pada anak sangatlah penting. Tapi jangan terlalu berlebih dalam memberikannya. Ukuran lambung pada anak-anak mungkin tidak seperti orang dewasa yang lebih banyak menampung makanan. Sebaiknya para orang tua harus lebih bisa mengontrol pola makan pada anak agar idak muntah karena terlalu banyak makan. Menjaga pola makan anak agar tetap seimbang tidak harus memperbanyak makan. (Baca juga: Bahaya MSG Bagi Ibu Hamil Bahaya Garam Bagi Ibu Hamil )

2.Pengaruh Obat

Beberapa anak akan mengalami alergi terhadap obat yang dikonsumsinya saat sakit. Alergi terhadap obat juga dapat membuat anak-anak muntah karena lambung tidak kuat terhadap efeknya. Apabila anak mengalami muntah setelah mimun obat, para ibu sebaiknya berkonsultasi kepada Dokter sehingga akan diberikan obat memiliki dosis ringan dan anti alergi sehingga anak tidak mengalami muntah. (Baca juga: Efek Bahaya Ekstasi Bagi Ibu Hamil , Bahaya Smooting Rambut Saat Hamil )

3.Gangguan Pencernaan

Pencerbaan yang terganggu seringkali menyebabkan rasa ingin muntah. Pada anak-anak, hal ini memang seringkali dialami karena terlalu banyak mengonsumsi makanan sembarangan yang dijual dipinggir jalan dan tidak tertutup. Membeli jajanan yang dijual dipinggir jalan sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan makanan yang dijual tertutup. Makanan yang tidak higienis selalu menjadi penyebab anak muntah karena alergi. Untuk mengatasi keracunan pada anak sebaiknya bawakan bekal dari rumah agar lebih sehat dan tidak jajan sembarangan. (Baca juga: Gejala Hepatitis B Pada Ibu HamilPenyebab Anak Kurus )

Sponsors Link

4.Infeksi Saluran Pernafasan

Batuk dan pilek memang sering terjadi pada anak-anak. Jika terjadi pada waktu yang lama, ini akan menyebabkan anak mengalami muntah karena infeksi. Batuk pada anak seringkali menyebabkan muntah karena rasa tidak enak yang terjadi pada tenggorokan. Penyebab batuk dan pilek pada anak sebenarnya lebih mudah diatasi dengan cara menjaga pola makan agar tidak gampang sakit. (Baca juga: Penyebab Amandel Pada Anak , Obat Asma Anak)

5.Keracunan Makanan

Sekarang ini banyak kasus anak keracunan makanan akibat jajan sembrangan. Kebanyakan hal ini terjadi di sekolah-sekolah yang banyak pedagang yang menjual jajanan yang “menarik” banyak anak. Anak-anak pastinya menyukai jenis makanan warni warni dan ingin mencobanya. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa makanan yang berwarna akan membahayakan kesehatan anak. Banyak sekali diketemukan kasus anak mengalami muntah karena keracunan makan. Untuk itu orang tua harus lebih bergati-hati saat membiarakan anak-anak jajan sembarangan. (Baca juga: Makanan Yang Dapat Menyebabkan Keguguran , Gejala Keracunan Kehamilan)

6.Dehidrasi

Masa kanak-kanak pastinya akan lebih aktif sehingga membuatnya mengalami dehidrasi. Anak-anak yang aktif bergerak seharusnya harus kebih banyak mengonsumsi air minum agar tidak kekurangan cairan. Dehidrasi pada anak dapat membuatnya muntah karena tidak ada asupan cairan. Dampak dehodrasi pada anak memang berbahaya, salah satunya adalah muntah karena kekurangan cairan. Sebaiknya pada ibu harus membiasakan anak agar lebih teratur dalam mengonsumsi air putih. (Baca juga: Tanda-tanda Dehidrasi Pada Ibu HamilCara Mengobati Bayi Mencret )

7.Menangis Terlalu Lama

Setiap anak pasti memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada yang jarang rewel dan terlalu manja. Beberapa anak akan menagis jika tidak dapat memiliki apa yang mereka inginkan. Tangisan anak yang terlalu lama terkadang dapat membuat anak sampai terbatuk-batuk kemudian muntah. Hal ini terjadi karena cairan yang ada ditenggorokan menjadi kerung akibat tangisan dan menyebabkan rasa ingin muntah. Sebaiknya para orang tua jangan terlalu membiarkan anak menangis terlalu lama yang akan membuatnya muntah. (Baca juga: Penyebab Bayi Menangis Terus , Cara Menidurkan Bayi Dengan Cepat)

Walaupun bukanlah jenis penyakit, tapi muntah yang dialami oleh anak-anak akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Berbagai penyebab muntah pada anak sebaiknya harus segera diatasi sebelum menjadi penyebab penyakit yang lebih serius. Ada beberapa cara untuk menanganin anak sering muntah yang wajib diketahui oleh para orangtua.

ads

Cara Ampuh Mengatasi Anak Sering Muntah

1.Memposisikan Anak Pada Posisi Miring atau Tengkurap

Cara seperti ini paling ampuh dilakukan untuk anak usia 3 tahun kebawah. Dengan memposisikan anak dengan posisi mirin ataupun tengkurap, ini juga dapat mencegah cairan muntah masuk kedalam saluran pernafasan. Cairan muntahan yang memasuki saluran pernafasan justru akan lebih membahayakan. Selain itu, memposisikan anak sambil menggosok punggungnya akan membantu meredakan rasa mual yang menyebabkan anak muntah. (Baca juga: Bahaya Tidur Tengkurap Bagi Ibu Hamil , Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Pada Malam Hari )

2.Berikan Air Putih atau ASI

Untuk anak usia dibawah 2 tahun yang masih minum ASI, sebaiknya tetap berikan ASI agar tidak kekurangan cairan saat terus menerus muntah. Dan untuk anak yang tidak lagi mengonsumsi ASI, sebaiknya berikan air putih secara rutin untuk menghindari dehidrasi. Mengonsumsi air putih secara teratur merupakan cara paling ampuh dalam mengatasi anak yang sering muntah. (Baca juga: Manfaat Air Putih Bagi Ibu Hamil dan Menyusui , Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Menyusui )

3.Memperhatikan Pola Makan Anak

Pola makan juga menjadi penyebab anak sering muntah. Para orang tua sebaiknya harus bisa menyediakan menu makan yang berbeda-beda. Sebaiknya hindari memberikan menu makan pada anak yang mengandung serat dan berlemak karena akan membuat anak sulit dalam mencernanya sehingga merangasang makanan keluar lagi melalui muntah. Agar lebih aman, sebaiknya berilah makanan yang bersifat lembut sehingga mudah dicerna. (Baca juga:Penyebab Janin Cacat Sejak Dalam Kandungan , Cara Membuat Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan )

Orangtua sebaiknya perlu melakukan penanganan yang cepat supaya anak tidak sering muntah dengan mencari tau apa penyebabnya. Penyebab anak muntah biasanya masih tergolong hal-hal yang sepele dan masih diabaikan dalam kegiatan sehari-hari. Kesehatan anak memang harus diperhatikan sejak dini agar nantinya tumbuh menjadi anak yang sehat. Orang tua harus selalu siap sedia dalam melakukan antisipasi ketika anak sering muntah dan penyebab utama anak sering muntah yang akan mengganggu kesehatannya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 09th, January 2017 / 05:07 Oleh :
Kategori : Kesehatan Anak