16 Obat Susah Bab Untuk Ibu Hamil yang Aman

Bukan hal aneh saat ibu hamil menderita gangguan konstipasi. Adanya tekanan yang disebabkan oleh pembesaran rahim dan efek perubahan hormon seringkali menyebabkan ibu hamil mengalami susah BAB. Apabila kondisi ini dibiarkan saja maka bisa memicu terjadinya pendaharan, sembelit bahkan mempersulit terjadinya proses persalinan. Maka itu, susah BAB pada ibu hamil harus segera diatasi. Nah, berikut ini beberapa obat susah BAB untuk ibu hamil yang aman dan ampuh. Simak terus ya!

Baca juga:

Obat Alami Untuk Mengatasi Susah BAB Pada Ibu Hami

Saat mengalami kondisi susah BAB, ibu hamil sebaiknya jangan terburu mengonsumsi obat-obatan medis. Sebab tterdapat banyak bahan alami yang bisa dijadikan alternatif sebagai penyembuh konstipasi. Diantaranya yaitu:

  1. Air putih

Cara paling mudah dan aman untuk mengobati masalah konstipasi atau sulit buang air besar (BAB) yakni dengan memperbanyak konsumsi air putih. Setidaknya konsumsi 7-8 gelas sehari maka hal itu dapat membantu proses pencernaan lebih lancar dan memperlukan tekstur tinja sehingga lebih mudah dikeluarkan. (Baca juga: Manfaat air putih bagi ibu hamil, Akibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil)

  1. Makanan berserat

Ketika Anda mengidap gangguan pencernaan, misalnya sulit BAB maka dijamin dokter pasti akan menyarankan pengonsumsian makanan berserat. Ya, makanan berserat ini memang dapat membantu proses pencernaan lebih lancar, melembutkan tektstur kotoran agar tidak keras, serta mengoptimalkan kinerja usus dalam mengeluarkan kotoran. Beberapa jenis makanan tinggi serat seperti sayuran hijau, biji-bijian, buah-buahan lunak dan sebagainya.

Baca juga:

  1. Senam hamil

Salah satu pemicu terjadinya konstipasi yakni kurangnya aktivitas bergerak. Kebiasaan duduk terlalu lama bisa membuat ibu hamil mengalami sulit BAB. Nah, untuk mengatasinya, coba deh perbanyak berolahraga. Tak perlu melakukan olaharaga yang berat. Cukup olahraga ringan seperti berjalan di pagi hari, beraktivitas membersihkan rumah (misalnya menyapu) atau supaya lebih aman ikuti saja program senam hamil. Insyaa Allah gejala konstipasi akan berkurang. (Baca juga: Senam hamil)

  1. Pepaya

Tak sedikit masyarakat yang memanfaatkan buah ini sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan sulit BAB. Hal ini dikarenakan di dalamnya tersimpan serat yang tinggi, sehingga bisa membantu pencernaan lebih lancar dan melunakkan tekstur feses yang keras. Buah ini aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Namun bila terlalu sering bisa memicu diare. (Baca juga: Manfaat buah pepaya untuk ibu hamilManfaat pepaya untuk bayi)

  1. Buah pir

Buah pepaya bukan satu-satunya buah yang dapat melancarkan BAB. Buah berwarna kuning yang disebut sebagai “pir” ini juga terbukti secara medis ampuh dijadikan pencahar alami. Buah pir menyimpan serat dan kandungan air yang cukup tinggi sehingga baik dalam melancarkan proses pencernaan.


  1. Stroberi

Stroberi menjadi salah satu buah sehat yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Buah ini memiliki kandungan nutrisi cukup besar, mulai dari vitamin, mineral dan juga antioksidan. Di samping itu, buah ini juga sering dimanfaatkan sebagai pencahar alami dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi. Apabila Anda mengalami gangguan BAB disaat hamil, maka Anda bisa menjadikan buah berwarna merah ini sebagai alternatif obat alami. (Baca juga: Manfaat infused water bagi ibu hamil, Vitamin ibu menyusui agar bayi cepat gemuk)

  1. Pisang

Dikarenakan kandungan seratnya yang cukup tinggi, pisang ini juga bisa loh dijadikan obat alami untuk mengatasi konstipasi. Dengan mengonsumsi pisang maka mobilitas pada dinding usus besar bisa menjadi lebih optimal. Pisang ini juga menyimpan kandungan asam folat yang baik untuk kesehatan ibu dan janin dalam rahim.

  1. Madu

Selanjutnya ada madu yang dimanfaatkan sebagai obat susah bab untuk ibu hamil. Cairan manis ini terbukti bisa membantu mengoptimalkan kinerja sistem pencernaan dan juga organ usus. Dengan mengonsumsi segelas air hangat yang dicampurkan madu disetiap pagi, maka frekuensi BAB bisa kembali lancar. Oiya, perlu diingat juga pengonsumsian madu pada ibu hamil memang terbilang aman. Namun sebaiknya tidak berlebihan. Khususnya pada ibu hamil dengan riwayat pendarahan, gangguan jantung atau gangguan syaraf sebaiknya hindari pengonsumsian madu. (Baca juga: Mnafaat madu untuk ibu hamil)

  1. Kismis

Tidak perlu ragu lagi, makanan yang satu ini telah dibuktikan mampu mengatasi masalah sulit buang air besar (BAB). Makanan yang diolah dari anggur yang dikeringkan ini juga aman dikonsumsi ibu hamil. Di dalamnya terkandung serat yang cukup tinggi sehingga oleh masyarakat sering dimanfaatkan sebagai obat pencahar alami.

  1. Buah plum

Buah yang satu ini seringkali dikonsumsi oleh wanita yang menjalani program diet, sebab dipercaya dapat menurunkan berat badan. Namun selain dari, buah pulm ternyata juga berkhasiat membantu melancarkan BAB. Menurut penelitian, buah ini mengandung isatin dan sorbitol yang mampu membantu proses sekresi pada usus serta melancarkan pencernaan.

Baca juga:

  1. Ubi jalar

Obat susah BAB untuk ibu hamil berikutnya yang aman adalah ubi jalar. Umbi ini tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, tapi kandungan nutrisinya juga tinggi. Diantaranya ialah antioksidan, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, serat dan sejumlah mineral. Makanan ini juga dapat melancarkan pencernaan dan merangsang keluarnya kotoran menjadi lebih mudah. (Baca juga: Manfaat ubi untuk ibu hamil)

  1. Air tebu

Apakah Anda penggemar air tebu? Minuman manis kaya nutrisi ini ternyata sangat dianjurkan dikonsumsi untuk ibu hamil. Minuman ini juga ampuh dalam mengatasi masalah konstipasi atau susah BAB. Selain mengandung vitamin, mineral dan antioksidan, air tebu juga menyimpan kandungan serat yang berkhasiat sebagai obat pencahar alami. (Baca juga: Manfaat air tebu bagi ibu hamil)

  1. Semangka

Buah berwarna merah ini juga bagus dikonsumsi sebagai obat alami konstipasi. Buah ini kaya akan serat sehingga dapat membantu melancarkan proses BAB. Namun demikian, banyak orang berpikir bahwa semangka tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Kenyataannya hal itu tidak benar! Secara medis dijelaskan bahwa buah semangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil, seperti mengatasi morning sickness, kram kaki dan hipertensi. Tapi demikian mengonsumsi semangka bagi ibu hamil juga tidak boleh berlebihan. (Baca juga: Semangka untuk ibu hamil)

  1. Melon

Jika Anda tidak menyukai semangka, Anda bisa mencoba pengobatan alami dengan melon. Buah ini manis ini memiliki kandungan air dan serat yang tinggi sehingga bisa membantu melancarkan BAB sekaligus mencegah dehidrasi. Melon ini juga berguna untuk menjaga kesehatan janin, mengontrol berat badan ibu, mengatasi panas dalam dan sebagai pelindung tubuh dari efek radikal bebas.

Obat Medis Untuk Ibu Hamil Susah BAB

Selain menggunakan bahan alami, masalah susah buang air besar (BAB) juga bisa diatasi dengan obat-obatan medis. Khususnya bila kondisinya sudah parah, biasanya pemberian bahan alami menjadi kurang berkhasiat. Namun yang jadi pernyataan, adakah obat medis yang aman untuk ibu hamil?

Sebenarnya ada banyak obat-obatan pencahar (laktasif) yang beredar di pasaran. Sebut saja seperti Dulcolax, Microlax, Vegeta Herbal, dan sebagainya. Pengonsumsian obat tersebut untuk ibu hamil tentu tidak boleh sembarangan sebab bisa saja berpengaruh pada janin.

  1. Microlax

Ibu hamil bukan berarti tidak boleh mengonsumsi obat pencahar sama sekali. Boleh-boleh saja apabila obat itu tergolong ringan, misalnya saja microlax. Obat ini diklaim aman digunakan untuk anak-anak ataupun ibu hamil. Fungsinya sebagai merangsang gerak peristaltik di sistem pencernaan, membuat tekstur tinja menjadi lebih lunak serta dan melancarkan proses BAB. Obat ini juga tidak mempengaruhi kondisi otot-otot pada rahim. Sehingga tidak membahyakan kandungan.

Untuk kandungannya terdiri dari Sorbitol, asam sorbat, natrium sitrat, Natrium lauril sulfoasetat, air dan PEG 400. Oiya, microlax ini merupakan obat eksternal. Bentuknya seperti tube. Cara penggunaanya yakni dengan memasukkan pipa aplikator langsung ke dalam anus untuk merangsang keluarnya kotoran. Biasanya efeknya akan terlihat sekitar 15 menit. Penggunaan obat ini harus sesuai resep dokter, jadi berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu. (Baca juga: Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui, Bolehkah ibu hamil minum obat?)


  1. Laktulosa

Obat pencahar berikutnya yang cukup aman bagi ibu hamil yang mengalami konstipasi atau sembelit yakni obat yang hanya mengandung laktulosa. Obat ini dapat menyerap cairan di usus sehingga tekstur feses pun menjadi lunak, sekaligus memperlancar proses BAB. Tapi demikian bagi ibu hamil tetap diwajibkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.Sebab obat ini juga memicu efek samping seperti diare, sakit perut, muntah, mual dan kembung. (Baca juga: Obat pusing untuk ibu menyusuiObat demam untuk ibu menyusui)

Solusi Mengatasi Sulit BAB Pada Ibu Hamil

Terdapat beberapa tips agar ibu hamil bisa terbebas dari gangguan konstipasi atau sembelit, yaitu:

  • Rutinlah melakukan oerolahraga ringan
  • Jangan menahan BAB
  • Perbanyak konsumsi air putih dan asupan cairan lain seperti dari buah-buahan
  • Tingkatkan konsumsi makanan berserat
  • Batasi konsumsi makanan pedas
  • Hindari gorengan
  • Jangan mengedan terlalu kuat saat BAB karena bisa membahayakan janin dalam rahim
  • Hindari stres dan cemas terlalu berlebihan
  • Sesekali lakukan rileksasi dengan ikut senam atau berlibur ke tempat yang menyenangkan

Baca juga: Cara mengatasi sembelit pada ibu hamilPenyebab sembelit pada bayi)

Demikianlah beberapa jenis obat susah BAB untuk ibu hamil yang efektif dan aman. Sebaiknya utamakan obat alami daripada obat medis sebab efeknya bisa berimbas pada janin. Obat medis hanya boleh digunakan dengan dosis rendah dan sesuai resep dokter untuk ibu hamil. Oleh karena itu, selalu konsultasikan segala keluhan pada dokter kandungan. Semoga bermanfaat!

, , ,
Post Date: Saturday 10th, June 2017 / 14:05 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil