Sponsors Link

20 Obat Flu Untuk Ibu Menyusui Yang Paling Aman 

advertisement

Ibu menyusui terkena flu memang paling sering terjadi. Flu bisa menyebabkan ibu merasa sangat lelah karena harus tetap merawat bayi. Kemungkinan virus flu juga mudah menular kepada bayi hingga menjadi penyebab bayi pilek. Melakukan perawatan flu yang cepat bisa membantu ibu tidak mengalami gangguan flu yang parah. Gejala flu yang sering terjadi seperti hidung meler, hidung tersumbat, nyeri tubuh, nyeri otot, tidak nyaman dan sakit kepala bisa mengganggu proses menyusui bayi. Berikut ini beberapa rekomendasi obat flu yang paling aman dan efektif untuk ibu menyusui.

  1. Konsumsi makanan tinggi mineral seng

Semua jenis makanan yang mengandung seng dalam jumlah yang tinggi bisa membuat flu cepat sembuh. Zat seng alami yang ditemukan pada makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tiram, daging sapi, sereal dan gandum bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang tinggi seng juga bisa membantu sel tubuh tetap sehat dan mencegah oksidasi protein yang sering menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah. Ibu menyusui bisa mengkonsumsi makanan tinggi seng dengan cara memasak semua makanan ini hingga matang.

Baca: manfaat makanan laut bagi ibu hamil – manfaat oatmeal untuk ibu menyusui – manfaat oatmeal untuk ibu hamil.

  1. Makan sup ayam kampung

Sup ayam telah menjadi obat flu alami yang telah digunakan sejak jaman dahulu. Konsumsi sup saat masih hangat bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman, menurunkan demam dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Berbagai jenis bahan-bahan dari sup ayam kampung seperti sup kaldu ayam, wortel, brokoli dan jenis biji-bijian bisa membantu mencegah peradangan, melawan perkembangan virus dalam tubuh, dan membantu ruang pernafasan menjadi lebih baik. Karena itulah sup ayam bisa membantu mengatasi gejala flu yang tidak nyaman untuk ibu menyusui. Sup ayam kampung juga sangat sehat karena menjadi makanan untuk memperbanyak ASI dan makanan pasca keguguran.

  1. Teh Echinacea

Teh echinacea adalah bahan herbal yang sangat aman untuk ibu menyusui. Bahan ini bisa melawan virus penyebab flu dan meredakan gejala flu dengan cepat. Teh echinacea untuk ibu menyusui juga sangat aman karena tidak menyebabkan efek untuk ASI dan bayi. Teh ini mengandung bahan alami yang bisa mencegah infeksi menjadi lebih parah dan membantu agar tubuh menjadi lebih bugar. Bahkan teh echinacea bisa membantu ibu menyusui agar tidak menderita flu yang parah.

Baca : ibu hamil minum air tehbahaya teh bagi ibu hamil – teh bagi ibu hamil

  1. Ekstrak minyak zaitun

Ektrak minyak zaitun juga akan membantu menyembuhkan flu pada ibu menyusui. Ada berbagai manfaat dari minyak zaitun seperti untuk mengatasi hidung tersumbat, asma, sakit kepala dan juga membuat tubuh bisa kuat melawan infeksi virus flu. Bahkan minyak zaitun mampu mengatasi efek peradangan yang bisa membuat tubuh ibu menyusui menjadi lemah. Minyak zaitun mengandung bahan dekongestan yang akan membuat hidung menjadi lebih nyaman, menghilangkan meler atau pilek berlebihan, makanan sehat awal kehamilan dan bisa menjadi cara menghilangkan stretch mark saat hamil.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C untuk ibu hamil juga bisa menjadi sumber nutrisi yang bisa mengobati flu pada ibu menyusui. Vitamin C akan bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan perkembangan virus. Selain itu juga bisa membantu mencegah perkembangan peradangan yang menyebabkan virus menjadi lebih berat. Beberapa jenis sumber makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, kiwi, paprika, dan stroberi sangat baik untuk ibu menyusui. Namun konsumsi berlebihan sebaiknya tidak dilakukan karena bisa menyebabkan reaksi tidak nyaman seperti sakit kepala, kram perut, mual dan muntah. (baca: manfaat buah kiwi bagi ibu hamil – manfaat strawberry bagi ibu hamil)

ads
  1. Bawang putih

Bawang putih bisa menjadi obat yang sangat alami untuk ibu menyusui. Bawang putih bisa menjadi bumbu masakan, teh atau dikonsumsi langsung dalam bentuk suplemen. Bawang putih sangat baik untuk membantu menjaga agar tekanan darah normal, mencegah infeksi akibat flu, dan membantu mencegah kolesterol tinggi. Kandungan senyawa alisin dalam bawang putih bisa membantu mengatasi infeksi flu untuk ibu menyusui. Selain itu bawang putih sangat baik untuk membantu ASI menjadi lebih lancar. Anda bisa mencoba untuk menambahkan bawang putih sebagai bumbu alami dalam sup atau mencoba membuat teh dari bawang putih segar. Bawang putih menjadi makanan sehat untuk ibu menyusui dan makanan untuk memperbanyak ASI.

  1. Gingseng

Gingseng menjadi akar herbal yang terbukti sangat baik untuk mengobati flu yang ringan atau berat. Gingseng bisa bekerja untuk meredakan stres, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi yang berlebihan akibat virus dalam tubuh. Anda bisa mencoba untuk membuat teh dari akar gingseng yang sudah dikeringkan. Gingseng dalam bentuk suplemen juga bisa digunakan asalkan tidak berlebihan. (baca: amankah gingseng untuk ibu hamil)

  1. Minum teh hijau

Teh hijau mengandung tanin yang lebih tinggi dibandingkan jenis teh coklat atau teh merah. Kemudian efek dari tanin bisa melawan infeksi virus flu dan mencegah adanya masalah kesehatan yang baru seperti tubuh lemah dan tidak berdaya akibat flu. Ekstrak teh hijau juga mengandung bahan antioksidan dan polifenol yang sangat baik untuk mencegah peradangan dalam tubuh dan membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Bahkan teh hijau bisa membantu fungsi pernafasan menjadi lebih baik, melegakan tenggorokan dan mencegah adanya infeksi virus flu pada bagian tenggorokan yang sering menyebabkan radang tenggorokan. Konsumsi teh hijau rutin bisa menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Namun ketika dikonsumsi saat hamil bisa menjadi minuman yang menyebabkan keguguran.

  1. Teh lemon dan madu

Lemon dan madu telah menjadi obat alami untuk mencegah flu atau mengobati flu yang berat untuk ibu menyusui. Lemon dan madu mengandung nutrisi campuran yang hebat untuk melawan infeksi flu seperti vitamin C, antioksidan dan antivirus. Lemon bisa diambil pada bagian air perasan atau bulir lemon dan Anda juga bisa menggunakan bagian kulit lemon. Semua nutrisi untuk mengobati virus flu ada di semua bagian termasuk kulit dan bagian buah. Sementara madu mengandung mineral lengkap yang akan meningkatkan nafsu makan, mengatasi batuk, demam dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mencoba untuk membuat teh dari bahan air perasan lemon dan madu. Jadi dapatkan manfaat madu untuk ibu menyusui sekaligus menyembuhkan flu.

  1. Yogurt

Yogurt bisa membantu mengatasi flu terkait dengan fungsinya untuk membantu mengatasi sesak  nafas dan melegakan tenggorokan. Dalam yogurt mengandung bakteri alami yang bisa membantu meningkatkan kesehatan secara langsung pada organ pencernaan. Karena itu ibu menyusui bisa mencoba makan yogurt secara rutin. Namun ibu menyusui sebaiknya mengkonsumsi jenis yogurt alami yang dibuat dari bahan organik dan sudah melewati proses sterilisasi. (baca: manfaat yoghurt untuk ibu menyusui – manfaat yoghurt untuk ibu hamil)

  1. Cobalah berjemur

Ketika ibu menyusui terkena flu maka jangan ragu untuk berjemur. Anda bisa mencoba melakukannya ketika bersama menjemur bayi pada pagi hari. Dalam sinar matahari pagi banyak ditemukan vitamin D yang aktif mengatasi flu dan mencegah infeksi yang terlalu parah. Vitamin D dari sinar matahari juga sangat baik untuk menjaga aliran darah dalam tubuh, membuat paru-paru menjadi lebih bersih dan membantu mengatasi nyeri otot akibat infeksi virus flu. Pastikan Anda berjemur dengan sinar matahari pagi saat tidak terlalu siang.

Baca juga: manfaat berjemur bagi ibu hamil – menjemur bayi saat demam – menjemur bayi di pagi hari

  1. Minum susu

Minum susu untuk ibu menyusui tidak hanya akan menyembuhkan flu tapi juga membantu tubuh ibu menjadi lebih kuat dan sehat. Susu dengan kandungan protein tinggi bisa membantu pencernaan menjadi lebih baik dan meningkatkan fungsi otot. Susu juga menjadi sumber kalori untuk ibu hamil sehingga tubuh tidak terlalu lemah. Bahkan kandungan protein dalam susu dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan virus dalam tubuh. Susu bisa mencegah berbagai dampak akibat kekurangan kalsium pada ibu menyusui dan masalah kesehatan akibat ibu hamil jarang minum susu hamil.

  1. Yoga

Melakukan yoga untuk ibu menyusui memang terlihat sulit untuk dilakukan. Namun yoga ternyata bisa menyembuhkan flu secara alami. Ketika Anda melakukan yoga maka tubuh bergerak secara aktif dan juga mendorong gerakan fisik yang lebih teratur. Yoga akan meningkatkan ketenangan dan juga membantu meningkatkan fungsi pernafasan. Yoga bisa dilakukan saat bayi sedang tidur atau ada orang lain yang membantu mengasuh bayi. Secara umum yoga akan meningkatkan kekebalan tubuh dan kemudian tubuh membentuk reaksi yang kuat terhadap virus flu. Yoga juga sangat efektif sebagai cara diet ibu menyusui yang aman dan mencegah sindrom baby blues setelah ibu melahirkan.

  1. Latihan ringan atau olahraga

Ibu menyusui yang terkena flu juga bisa mencoba untuk melakukan beberapa olahraga ringan. Berbagai jenis olahraga bisa membuat kekebalan tubuh meningkat secara alami. Kemudian juga akan meredakan berbagai gejala flu yang tidak nyaman. Namun olahraga tidak boleh dilakukan ketika tubuh ibu mengalami mual, demam tinggi, muntah dan sakit kepala. Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti peregangan dan jalan kaki. Olahraga juga membantu menjadi cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan caesar dan cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan normal.

  1. Kayu manis

Kayumanis bisa menjadi bahan yang sangat alami untuk mencegah agar flu pada ibu menyusui tidak menjadi lebih parah. Kayu manis bisa membantu gula darah menjadi lebih stabil dan juga menjadi antibiotik paling alami untuk mencegah perkembangan virus flu dalam tubuh. Anda bisa mencampurkan satu sendok teh kayu manis bubuk dengan satu gelas air, kemudian rebus dan saring. Minum saat masih hangat agar tubuh menjadi lebih bugar. Kayu manis juga mengatasi hidung mampet dan batuk akibat flu.

Sponsors Link

  1. Jangan lupa istirahat

Istirahat bisa menjadi cara yang sangat bijak untuk mengobati flu bagi ibu menyusui. Bisa saja flu terjadi ketika tubuh Anda terlalu lelah mengurus bayi. Istirahat bisa membantu tubuh menjadi lebih kuat dan ibu kembali bugar seperti semula. Anda bisa mencoba cara memompa ASI dan cara memerah ASI yang benar. Kemudian mintalah tolong pada suami atau pengasuh untuk membantu merawat bayi. Jika tidak bisa maka cobalah berlatih menyusui sambil tiduran jika usia bayi sudah memenuhi syarat.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat baik untuk mencegah flu dan juga mengobati flu. Minyak kelapa dipercaya bisa mengikat lemak buruk dalam tubuh dan mampu menjaga jumlah lemak sehat dalam tubuh. Kemudian efeknya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat karena kekebalan tubuh meningkat secara alami. Anda bisa mencoba menggunakan minyak kelapa untuk memasak sayuran dan lauk.

  1. Teh jahe

Jika Anda mengalami mual dan muntah akibat flu yang berat maka cobalah untuk membuat teh jahe. Teh jahe dibuat dengan cara merebus beberapa rimpang jahe dengan air panas, kemudian saring dan minum saat masih hangat. Anda bisa menambahkan lemon atau madu agar rasa teh jahe lebih nikmat. Jahe mengandung polifenol dan gingerol yang bisa membantu menurunkan demam, mencegah sakit kepala dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Manfaat jahe untuk ibu menyusui juga bisa membantu menjaga kesehatan agar selalu segar.

  1. Teh Chamomile

Teh chamomile bisa menjadi alternatif untuk mengobati flu pada ibu hamil dan juga sebagai cara mengobati kista secara alami. Efeknya bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih nyaman, mengatasi kualitas tidur yang buruk dan mencegah peradangan yang sering menyebabkan demam saat flu. Anda bisa mencoba untuk menemukan jenis teh chamomile yang alami atau yang sudah dikeringkan. Anda juga bisa mencampurnya dengan minuman lain seperti susu dan teh jahe.

  1. Obat medis untuk ibu menyusui

Mengambil obat medis untuk ibu menyusui memang terkadang kurang aman dan menjadi pantangan ibu menyusui. Ingat bahwa efek obat akan sampai ke bayi karena obat diserap dalam ASI. Hal ini menjadi potensi yang berbahaya untuk bayi karena bisa menganggu kesehatan bayi. Dibawah ini jenis kelompok obat medis yang aman untuk ibu menyusui.

  • Diphenhydramine
  • Guaifenesin
  • Ibuprofen (motrin dan advil)
  • Balsem Vicks Vaporub

Apapun obat yang akan Anda gunakan jika berkaitan dengan obat medis, maka Anda harus meminta persetujuan dengan dokter yang merawat. Sementara untuk perawatan herbal dan alami memang bersifat sementara . Jika flu terlalu berat maka sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk mendapatkan resep yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 22nd, September 2016 / 06:01 Oleh :
Kategori : Menyusui