Sponsors Link
     Sponsors Link

16 Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil Paling Aman

advertisement

Ketika ibu hamil mengalami morning sickness maka bisa menjadi lebih berat jika ditambah dengan sakit gigi. Sakit gigi saat hamil, penyebabnya tidak hanya karena masalah hormon tapi juga karena infeksi gigi yang sudah pernah terjadi, karies gigi, gigi yang sensitif, penyakit gusi dan bahkan akibat kekurangan gizi. Masalah seperti gigi yang berlubang dan tidak dirawat bisa menyebabkan ibu terkena bahaya gigi berlubang bagi ibu hamil. Umumnya ibu hamil dengan kesehatan gigi yang baik sebelum hamil jarang mengalami hal ini. Terlebih untuk ibu hamil yang memang mengikuti program gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan.

Jadi bagaimana cara merawat sakit gigi untuk ibu hamil. Berikut ini adalah pilih obat sakit gigi untuk ibu hamil baik secara tradisional dan obat medis.

  1. Cengkeh

Salah satu bahan herbal untuk mengatasi sakit gigi saat hamil adalah cengkeh. Cengkeh bisa membantu mengatasi rasa sakit terutama ketika gigi terkena infeksi, gigi berlubang dan juga masalah ginggivitis. Caranya dengan mengunyah cengkeh secara langsung selama beberapa menit kemudian cengkeh harus dibuang. Menurut para peneliti cengkeh sangat aman dan tidak menyebabkan efek untuk janin maupun menjadi penyebab gangguan kehamilan. Justru cengkeh bisa menjadi bahan antioksidan untuk ibu hamil yang akan meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil, serta mengandung vitamin C untuk ibu hamil. Bahkan cengkeh mengandung omega 3 alami selain dari sumber hewani yang bisa menjadi makanan untuk mencegah bayi cacat. (manfaat cengkeh lain: cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan normal)

  1. Gunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh bisa menjadi  bahan antiseptik untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil. Kandungan senyawa alami ini bisa ditemukan pada minyak cengkeh yang telah melewati proses pengolahan yang higienis. Cara perawatan dilakukan dengan memasukkan bola kapas ke dalam minyak cengkeh selama beberapa saat. Kemudian peras ringan dan buat kapas menjadi lebih kecil. Lalu Anda bisa memasukkan bola kapas ini pada  bagian gigi yang berlubang atau sekitar gusi yang bengkak. Jangan menyerap minyak cengkeh berlebihan karena bisa menyebabkan perut melilit pada ibu hamil.

  1. Kompres dengan es batu

Jika Anda tidak suka dengan pilihan obat herbal maka bisa mencoba menggunakan es batu. Es batu bisa membantu meredakan nyeri akibat sakit gigi. Caranya dilakukan dengan merendam handuk yang lembut dan bersih pada es batu. Kemudian terapkan pada gigi atau sekitar pipi. Jangan mengunyah atau menempelkan es batu secara langsung pada bagian gigi yang sakit, karena bisa menyebabkan nyeri berat dan penyebab pusing pada-ibu hamil. Rasa kompres yang dingin juga bisa membuat gigi lebih nyaman karena mematikan bagian syaraf gigi yang terasa sakit.

  1. Kompres dengan air hangat

Jika Anda tidak suka dengan rasa yang dingin maka Anda bisa mencoba menggunakan air hangat. Air hangat bisa memberikan efek yang menenangkan untuk  nyeri sakit gigi. Caranya dengan memasukkan handuk yang lembut ke air hangat, lalu peras. Dan tempelkan pada bagian gigi atau sekitar pipi dimana daerah gigi sakit. Rasa hangat bisa mengendurkan otot yang terlalu tegang akibat sakit gigi dan syaraf di sekitar gigi juga menjadi lebih tenang. Segera ulangi lagi cara ini jika rasa panas pada handuk memang sudah habis.

Manfaat lain kompres air hangat:

  1. Bawang merah

Bawang merah bisa menjadi pilihan herbal yang sangat alami untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil dan dikenal sebagai makanan untuk penyubur kandungan. Bawang merah mengandung senyawa alisin yang bisa membantu sebagai bahan antiseptik alami, obat batuk saat hamil dan juga mengatasi rasa sakit yang berlebihan. Kandungan bawang merah juga ada vitamin C yang akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga menjadi makanan sehat untuk ibu hamil. Bawang merah juga mengandung biotin, mangan dan kalium yang bisa mendukung kesehatan ibu hamil. Cara perawatan dilakukan dengan mengunyah bawang merah mentah selama 2 sampai 3 menit. Kemudian berkumur dengan air hangat. Jika sakit gigi sangat parah maka bisa mencoba memasukkan potongan bawang merah ke bagian gigi yang berlubang.

Manfaat lain bawang merah: cara mengatasi perut kembung pada bayi dan obat untuk anak cacingan

Sponsors Link

  1. Bawang putih

Jika Anda merasa bahwa bawang merah memiliki rasa yang terlalu pedas maka Anda bisa mencoba bawang putih. Bawang putih mengandung aroma yang sangat kuat. Efek bawang putih yang mengandung alisin bisa menghancurkan bakteri yang tinggal dalam gigi berlubang. Senyawa ini bisa menjadi antibiotik alami yang akan mengurangi rasa sakit gigi dengan cepat dan sangat alami. Anda bisa mencoba untuk mengunyah bawang putih secara langsung atau menerapkan potongan bawang putih pada bagian gigi yang berlubang. Jika Anda mengalami mual dan muntah parah maka perhatikan apakah reaksi aroma bawang putih menyebabkan itu dan lakukan cara mengatasi mual saat hamil muda tanpa obat.

  1. Daun bayam

Bayam untuk ibu hamil memang sangat sehat karena mengandung zat besi yang bisa mengatasi anemia pada ibu hamil. Namun biasanya bayam dijadikan sayuran yang sehat bersama dengan sayuran lain seperti tomat dan wortel. Dan jika Anda mengalami sakit gigi yang parah maka cobalah untuk mengunyah daun bayam organik. Jangan memilih daun bayam yang mengandung pupuk karena efek pestisida bisa menjadi penyebab janin cacat sejak dalam kandungan. Anda juga bisa menghancurkan daun bayam hingga menjadi lembut kemudian diterapkan pada bagian gigi yang berlubang. (baca: manfaat bayam bagi ibu hamil)

  1. Daun jambu biji

Manfaat jambu biji bagi ibu hamil ternyata tidak hanya pada daging buahnya saja tapi juga daun jambu biji. Daun jambu biji biasanya digunakan untuk menyembuhkan diare saat hamil. Dan ternyata daun jambu biji juga bisa membantu mengatasi sakit gigi yang parah. Daun jambu biji mengandung sebuah senyawa yang bersifat sebagai bahan antioksidan dan antibiotik alami. Efek daun jambu biji akan menghilangkan semua bakteri yang ada di bagian gigi atau gusi yang bengkak. Anda bisa mencoba untuk merebus daun jambu biji lalu menggunakan airnya untuk berkumur. Jika kurang efektif maka Anda juga bisa mencoba mengunyah jambu biji secara langsung. (baca: manfaat jambu air untuk ibu hamil)

  1. Sementara hindari gula

Gula memang menjadi salah satu penyebab sakit gigi dan diabetes pada ibu hamil. Ketika sakit gigi maka ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi semua produk gula. Termasuk untuk makanan dan minuman serta semua yang mengandung gula pemanis. Gula akan menyebabkan infeksi pada gigi atau gusi menjadi lebih parah . Gula bisa menyebabkan nyeri sakit gigi menjadi lebih buruk. Untuk menggantikan gula maka ibu hamil bisa mengkonsumsi buah sehat untuk ibu hamil. Gula juga bisa memicu ibu hamil terkena bahaya diabetes saat hamil. (baca: bahaya pemanis buatan bagi janin dan ibu hamil)

  1. Kumur dengan air garam

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan berkumur air garam tidak hanya untuk orang bisa, karena ibu hamil juga bisa mencobanya. Caranya dengan melarutkan garam dengan air hangat kemudian gunakan airnya untuk berkumur. Jangan sampai meminum air garam karena ada bahaya garam bagi ibu hamil dan bisa menyebabkan preeklamsia atau hipertensi dalam kehamilan. Garam akan mengurangi rasa sakit dengan cepat dan ketika rasa sakit datang maka ibu bisa berkumur lagi.

Baca: akibat kekurangan yodium pada ibu hamil – manfaat yodium bagi ibu hamil

  1. Sementara jangan minum susu

Manfaat susu bagi ibu hamil untuk ibu hamil memang sangat baik. Susu bisa mencegah penyebab janin cacat sejak dalam kandungan dan masalah akibat ibu hamil jarang minum susu hamil. Namun jika berlebihan maka susu justru bisa menyebabkan sakit gigi. Susu untuk ibu hamil umumnya juga mengandung gula yang bisa menyebabkan sakit gigi menjadi lebih parah. Lebih baik jika ibu menggantikan susu dengan jus buah yang lebih sehat. Jika sudah sembuh maka ibu hamil bisa mencoba untuk kembali minum susu ibu hamil. (baca: manfaat susu anmum materna untuk ibu hamil).

  1. Makan kentang rebus atau kentang panggang

Ketika ibu hamil sakit gigi maka ibu hamil bisa kekurangan nutrisi karena tidak bisa makan dengan baik. Untuk mengatasi ini maka ibu hamil bisa mencoba untuk mengkonsumsi kentang rebus atau kentang panggang. Kentang mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan bisa dimakan dengan baik karena teksturnya yang sangat lembut. Kentang juga mengandung serat yang akan mengurangi resiko ibu hamil susah BAB dan juga kandungan kalsium yang akan membantu melawan sakit gigi.

  1. Yogurt

Yogurt mengandung bakteri sehat yang sangat baik untuk ibu hamil. Manfaat yogurt untuk ibu hamil tidak hanya membuat pencernaan ibu hamil menjadi lebih sehat, tapi juga mengatasi ambeien saat hamil, mendorong penyerapan nutrisi yang baik. Dan bahkan yogurt yang terbuat dari susu mengandung kalsium yang bisa membantu mengatasi sakit gigi. Saat sakit gigi maka ibu hamil bisa mencoba makan yogurt dingin dan sedikit menahan pada bagian gigi yang sakit. Dan hindari yogurt yang mengandung gula untuk mencegah sakit gigi berlebihan. 

ads

  1. Keju

Sakit gigi memang menyebabkan nafsu makan ibu hamil menurun. Jika sedang masuk masa trimester pertama maka sakit gigi bisa menjadi lebih menyiksa. Karena itu ibu bisa mencoba untuk makan keju lebih sering. Keju mengandung kalsium yang akan membantu mencegah sakit gigi menjadi tidak parah. Selain itu keju bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat karena mengandung mineral lain seperti magnesium, tembaga dan fosfor. Hindari mengkonsumsi keju berlebihan untuk mencegah bahaya keju bagi ibu hamil.

  1. Acetaminophen

Meskipun ada banyak jenis obat gigi untuk orang yang tidak sedang hamil, maka ibu hamil harus tetap waspada. Ibu hamil hanya disarankan menggunakan obat yang memang benar-benar diresepkan oleh dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat yang termasuk acetaminophen. Obat ini akan bekerja untuk mengurangi rasa sakit, mengurangi bengkak pada bagian gigi yang sakit dan mencegah sakit gigi yang lebih parah. Namun pemberian obat selain golongan acetaminophen benar-benar harus diawasi oleh dokter.

  1. Perawatan gigi (hanya untuk trimester kedua)

Ibu hamil yang sakit gigi memang harus melakukan perawatan gigi untuk mengatasi sakit gigi. Namun semua tindakan yang dilakukan pada gigi sebaiknya ditunda hingga masuk ke trimester kedua. Ini adalah waktu yang sangat aman untuk melakukan perawatan gigi karena organ janin sepenuhnya sudah berkembang dengan baik. Kemudian jika ingin melakukan perawatan gigi pada trimester ketiga maka ibu hamil bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan yang merawat. Namun semua waktu perawatan ini memang harus didiskusikan dengan dokter kandungan Anda. (baca: menambal gigi saat hamil – bahaya behel untuk ibu hamil)

Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

  1. Gingivitis atau radang gusi yang biasanya terjadi pada trimester kedua. Hal ini biasanya disebabkan karena proses menggosok gigi yang terlalu keras atau infeksi sebelum kehamilan yang sudah muncul.
  2. Adanya infeksi gigi sebelum kehamilan yang semakin parah saat hamil. Penyakit ini memang harus diatasi sebelum hamil untuk mengatasi sakit gigi berlebihan.
  3. Pembengkakan gusi yang sering menyebabkan gusi berdarah, terutama setelah gosok gigi. Selama hamil maka biasanya penumpukan plak memang meningkat. Hal ini juga disebabkan oleh masalah perubahan hormon pada ibu hamil.
  4. Selama hamil maka ibu sering muntah dan mual sebagai efek dari morning sickness. Kemudian muntah juga bisa merusak gigi karena sebagian makanan yang keluar dari lambung sudah mengandung asam perut. Asam perut bisa merusak lapisan gigi, menyebabkan infeksi akibat bakteri yang masuk ke sela gusi dan membuat gigi menjadi lebih sensitif. (baca: cara mengatasi morning sickness)
  5. Selama hamil maka bisanya ibu juga mengalami ngidam. Terkadang ngidam menjadi alasan mengapa ibu harus memilih makanan tertentu seperti makanan yang manis. Makanan manis akan meningkatkan resiko sakit gigi terutama jika ibu juga jarang memperhatikan kesehatan gigi. (baca: hamil tapi tidak mual dan tanpa ngidam – hamil yang ngidam suami)

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Selama Hamil

  1. Jangan menyikat gigi setelah ibu hamil muntah. Asam perut yang keluar bersama saat muntah bisa menyebabkan kerusakan pada bagian enamel gigi. Kemudian menyikat gigi setelahnya akan membuat lapisan gigi rusak dan menyebabkan sakit gigi.
  2. Setelah muntah maka ibu hanya cukup membilas atau berkumur dengan air biasa.
  3. Gunakan larutan khusus untuk berkumur baik setelah menyikat gigi atau setelah muntah.
  4. Sikat gigi setelah muntah setidaknya satu sampai dua jam setelah muntah. Jangan terlalu lama sebab juga bisa menyebabkan gigi bisa rusak.
  5. Gunakan jenis sikat gigi yang lembut dengan bagian kepala yang kecil saat hamil. Sikat gigi ini bisa membantu membersihkan semua bagian gigi dan gusi hingga ke celah yang sulit dijangkau.
  6. Gunakan jenis pasta gigi yang lebih nyaman dan tidak mengandung bahan yang bisa memicu ibu hamil muntah setelah sikat gigi.

Cara Mencegah Sakit Gigi untuk Ibu Hamil

  1. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kalsium sangat baik untuk ibu hamil karena bisa meningkatkan masa kepadatan tulang dan menjaga kesehatan gigi. Selain itu juga sangat penting untuk membantu pertumbuhan tulang pada janin. Bahkan janin juga membutuhkan kalsium untuk menjaga pertumbuhan kulit, kuku dan rambut janin. Makanan sumber kalsium untuk ibu hamil seperti susu hamil, jeruk , kurma, bok choy, kale, almond, brokoli, dan tahu. (baca: manfaat kalsium bagi ibu hamil)
  2. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi. Magnesium sangat penting untuk ibu hamil karena bisa mempertahankan jumlah kalsium dalam tubuh dan membantu penyerapan kalsium dari makanan yang masuk ke tubuh ibu hamil. Makanan yang mengandung magnesium tinggi seperti bayam, almond, kacang mete, kacang tanah, sereal, kentang, oatmeal, salmon, beras merah dan berbagai jenis lainnya.
  3. Hindari semua jenis makanan yang bisa menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif. Semua makanan atau minuman yang menyebabkan gigi sensitif bisa menyebabkan sakit gigi meskipun awalnya Anda tidak menderita itu. (baca: pantangan makanan ibu hamil)
  4. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi Anda secara teratur. Mengelola kesehatan gigi selama hamil sangat baik untuk membantu gigi Anda menjadi lebih sehat dan Anda siap untuk menghadapi proses persalinan.

Obat sakit gigi untuk ibu hamil tidak hanya  berisi jenis obat yang digunakan saat sakit gigi, tapi juga tindakan pencegahan sakit gigi yang sangat penting untuk dilakukan. Memelihara kesehatan gigi sebelum hamil bisa membantu ibu hamil tidak terkena resiko sakit gigi.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 08th, October 2016 / 03:32 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil