18 Obat Sariawan untuk Ibu Hamil Paling Alami

Sariawan selama hamil terjadi akibat infeksi dari jamur Candida albicans. Jamur ini sebenarnya tinggal dalam bagian mulut dan juga alat kelamin. Jamur tumbuh secara alami akibat sistem kekebalan tubuh yang menurun selama kehamilan. Karena itu ibu hamil sering mengalami sariawan dibandingkan wanita yang tidak sedang hamil. Gejala sariawan meliputi munculnya bintik putih pada bagian mulut, gusi, pipi atau lidah, rasa sakit yang cukup berat sehingga ibu hamil tidak bisa makan dengan baik dan rasa tidak nyaman pada bagian mulut.

Banyak ibu hamil yang membiarkan sariawan sembuh sendiri secara alami. Namun sariawan membutuhkan waktu lama untuk sembuh sehingga ibu hamil bisa menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ini, maka cobalah beberapa metode dibawah ini:

  1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Ibu hamil yang mengalami sariawan harus tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik. Kebersihan gigi dan mulut yang baik akan membantu membersihkan jamur penyebab sariawan. Anda bisa menggosok gigi secara teratur dan membersihkan sisa makanan di sela gigi dengan benang khusus. Hindari menggunakan larutan untuk berkumur karena kandungan alkohol bisa menyebabkan sariawan sulit untuk sembuh.

Baca: bahaya behel untuk ibu hamil – bahaya gigi berlubang bagi ibu hamil

  1. Berkumur dengan air garam

Anda juga bisa mencoba untuk berkumur dengan air garam. Larutan ini bisa mengatasi rasa sakit berlebihan dan menyembuhkan sariawan dengan cepat. Namun untuk ibu hamil karena tidak boleh terlalu banyak garam maka harus segera berkumur dengan air netral setelah perawatan ini. Anda bisa mencoba untuk mencampurkan air dengan garam kemudian aduk hingga larut dan gunakan berkumur. Bilas dengan air hangat untuk membersihkan sisa garam dan jangan menelan air garam ini agar terhindar dari bahaya garam bagi ibu hamil.

  1. Berkumur dengan air kayu manis

Kayumanis juga bisa membantu menyembuhkan sariawan dengan cepat. Anda bisa mencoba untuk merendam kayumanis ke dalam air panas. Kemudian tunggu hingga air dingin lalu gunakan airnya untuk berkumur. Ingat ibu hamil jangan menelan air kayu manis karena efeknya bisa mempengaruhi janin. Kayu manis mengandung senyawa antijamur sehingga menyembuhkan sariawan dengan cepat. Namun jangan minum air ini karena termasuk minuman yang menyebabkan keguguran.

  1. Konsumsi probiotik

Mengkonsumsi probiotik setiap hari selama sariawan sangat baik untuk membantu sariawan agar cepat sembuh. Bahan probiotik alami berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan jamur dan meningkatkan kekebalan tubuh. Probiotik mengandung bakteri Lactobacillus yang kemudian akan menyebar dalam tubuh lewat usus. Ingat perhatikan bahan probiotik untuk ibu hamil jangan sampai mengandung bahan pengawet atau gula pemanis. (baca: manfaat yoghurt untuk ibu hamil)

  1. Minum jus cranberri

Ibu hamil juga bisa mencoba untuk minum jus cranberri yang kaya dengan vitamin C. Anda bisa mencoba untuk membuat jus cranberri tanpa gula karena bisa menciptakan rasa asam yang kuat dalam saluran pencernaan dan mulut. Kemudian rasa asam yang kuat ini bisa membuat jamur penyebab sariawan tidak kembali tumbuh lagi.

  1. Konsumsi sayuran berpati

Konsumsi berbagai jenis sayuran yang mengandung pati juga sangat baik untuk menjaga agar sariawan tidak berkembang atau menjadi lebih buruk. Sayuran yang mengandung pati berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh lewat hati dan ginjal. Termasuk jamur penyebab sariawan yang dibaca sebagai racun untuk tubuh. Beberapa makanan ini termasuk ubi jalar, kacang hijau, kacang polong, kacang merah, labu, bit merah dan wortel.

  1. Olesi dengan minyak kelapa

Minyak kelapa menjadi obat sariawan untuk ibu hamil yang sangat ampuh. Minyak kelapa mengandung senyawa yang bisa membunuh jamur karena mengandung asam laurat dan juga asam kaprilat. Ibu hamil bisa mencoba untuk mengolesi bagian sariawan kemudian berkumur dengan air hangat. jangan terlalu menahan minyak kelapa pada bagian mulut karena bisa menyebabkan racun dalam tubuh dan berbahaya untuk janin. Jika perlu segera sikat gigi untuk membersihkan sisa minyak kelapa dalam mulut.

  1. Konsumsi sayuran yang difermentasi

Anda juga bisa mencoba untuk membuat sayuran yang difermentasi untuk menyembuhkan sariawan. Caranya dengan membuat fermentasi sayuran dari kubis atau sawi putih. Jika tidak bisa Anda bisa membuat acar namun menggunakan garam laut dan bukan cuka. Sayuran ini mengandung probiotik alami yang bisa membantu menjaga kebersihan mulut, mengobati perkembangan jamur penyebab sariawan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Olesi dengan getah dari bawang putih

Bawang putih mentah mengandung senyawa alisin yang sangat baik untuk menghambat pertumbuhan jamur dalam tubuh. Senyawa ini juga bisa mencegah aktifitas virus dan bakteri dalam tubuh. Namun ibu hamil harus menerapkan bawang putih secara hati-hati. Pilih bawang putih yang masih segar, kemudian cuci bersih dan belah menjadi beberapa bagian. Lalu oleskan pada bagian sariawan atau tahan sebentar. Jika Anda merasa mual atau muntah karena efek morning sickness maka cobalah untuk berkumur dengan air hangat setelah perawatan ini.

  1. Olesi dengan minyak oregano

Anda juga bisa mencoba menggunakan minyak oregano untuk mengobati sariawan. Caranya seperti ketika Anda menggunakan minyak kelapa. Minyak oregano mengandung bahan yang bisa melawan bakteri, virus atau infeksi yang berkembang dalam tubuh. Jika Anda tidak ingin mengolesi minyak oregano secara langsung maka Anda bisa mencoba berkumur dengan air yang sudah ditambah dengan minyak oregano. Kemudian bilas dengan air putih untuk menghilangkan rasa tidak nyaman pada mulut.

  1. Minum susu hamil

Ibu hamil yang terbiasa minum susu hamil bisa mencoba mengobati sariawan dengan susu hamil. Susu hamil mengandung nutrisi yang lengkap untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu jamur yang berkembang dalam tubuh dan menyebabkan sariawan bisa dilawan dengan susu yang kaya dengan kalsium, magnesium dan berbagai zat lain. Susu ibu hamil biasanya mengandung sejumlah lemak tertentu yang sangat sehat untuk melawan jamur. Penelitian mengenai produk susu untuk mengobati sariawan telah dibuktikan pada tahun 2007. Jadi cobalah minum susu hamil lebih rajin dan hindari obat.

Baca: akibat ibu hamil jarang minum susu hamil – manfaat susu bagi ibu hamil – manfaat susu anmum materna untuk ibu hamil

  1. Konsumsi makanan dingin

Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang sudah didinginkan seperti yogurt dingin. Hindari bahan gula dalam produk ini untuk mencegah agar sariawan menjadi tidak lebih parah. Makanan yang dingin akan membantu bagian sariawan melunak dengan cepat sehingga sariawan bisa lebih cepat sembuh. Anda juga bisa mencoba untuk mengompres sariawan dengan es batu yang sudah dibungkus dengan kain yang halus.

  1. Sayuran dan buah yang mengandung vitamin C

Vitamin C untuk ibu hamil menjadi bahan perang utama untuk melawan infeksi jamur yang menyebabkan sariawan. Vitamin C sangat penting untuk mencegah berbagai efek peradangan yang buruk pada saat sariawan. Anda bisa mendapatkan sumber alami vitamin C dari buah dan sayuran. Beberapa jenis yang disarankan seperti paprika, melon, labu, jeruk, apel, dan juga sayuran hijau seperti brokoli dan bayam. Semua jenis sayuran ini sangat baik untuk membantu mencegah sariawan agar tidak lebih parah. Selain itu juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil.

  1. Konsumsi ikan kaya omega 3

Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi ikan yang kaya dengan omega 3 yang bisa membantu penyembuhan sariawan menjadi lebih cepat. Beberapa ikan seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden dan ikan hering sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil. Namun perhatikan untuk memasak ikan hingga matang untuk mencegah sumber infeksi akibat konsumsi makanan mentah untuk ibu hamil.


  1. Kurangi makanan dan minuman manis

Saat sariawan sebaiknya ibu hamil harus mengurangi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi. Gula tinggi bisa menciptakan suasana yang nyaman untuk jamur dan juga meningkatkan resiko bahaya obesitas bagi ibu hamil. Termasuk untuk jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi. Asupan karbohidrat untuk ibu hamil harus dijaga agar sesuai dengan kebutuhan kalori saat sariawan. Cara ini dilakukan untuk membantu agar jamur cepat mati secara alami.

baca: bahaya pemanis buatan bagi janin dan ibu hamil – bahaya pemanis buatan bagi ibu hamil – bahaya cokelat bagi ibu hamil

  1. Hindari makanan pedas

Mungkin ibu hamil akan mengkonsumsi makanan pedas sebagai efek dari mengidam. Namun saat sariawan makanan ini harus dihindari. Makanan pedas bisa menciptakan perkembangan jamur dalam mulut sehingga sariawan tidak cepat sembuh. Bahkan makanan pedas bisa menyebabkan iritasi pada bagian mulut sehingga sariawan bertambah parah.

  1. Hindari makanan yang mengandung ragi

Semua ibu hamil harus menghindari makanan yang mengandung ragi seperti roti dan keju saat terkena sariawan. Ragi bisa menyebabkan lingkungan yang nyaman untuk jamur sehingga sariawan sulit untuk diatasi. Gantikan jenis makanan ini dengan makanan yang lebih sehat seperti makanan yang mengandung vitamin C tinggi. (baca: bahaya ragi bagi ibu hamil – bahaya tape untuk ibu hamil)

  1. Obat medis menurut resep dokter

Pada umumnya sariawan pada ibu hamil jarang membutuhkan bantuan dari dokter. Namun ada beberapa tanda yang harus diwaspadai sehingga membutuhkan dokter segera. Beberapa gejala ini seperti demam tinggi, kram pada perut, sakit kepala, meriang dan kehilangan kesadaran. Kondisi ini mungkin berhubungan dengan penyakit lain seperti diabetes atau infeksi dalam tubuh ibu hamil. Obat sariawan untuk ibu hamil yang digunakan harus sesuai dengan resep dokter karena ibu hamil rentan dengan obat-obatan.

Perawatan sariawan untuk ibu hamil bisa memerlukan waktu yang cepat atau lambat. Semua itu tergantung pada kondisi kesehatan ibu hamil. Untuk mencegah perawatan yang panjang maka ibu hamil sebaiknya menjaga kebersihan mulut dan gigi selama hamil.

Baca juga: cara mengobati sariawan pada bayi – obat sariawan untuk balita

, , ,
Post Date: Wednesday 28th, September 2016 / 08:12 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil