Sponsors Link
     Sponsors Link

21 Cara Menyuburkan Kandungan Paling Alami

advertisement

Wanita yang sudah menikah selalu berharap bisa memiliki anak. Namun terkadang anak tidak segera hadir setelah beberapa tahun menikah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa masalah seperti penyebab kemandulan pada wanita, rahim yang kurang subur, kualitas sel telur yang buruk dan berbagai masalah reproduksi seperti kista ovariuam, penyebab endomestriosis dan penyakit lain. Ada banyak metode untuk meningkatkan kualitas sel telur termasuk dengan meningkatkan kesuburan kandungan. Cara ini bisa dilakukan secara alami atau secara medis. Berikut ini beberapa cara menyuburkan kandungan.

  1. Minum cukup air putih

Air putih tidak hanya berfungsi untuk menjalankan metabolisme dalam tubuh. Tapi juga membuang racun dalam tubuh dan meningkatkan peredaran darah dalam tubuh. Salah satu masalah yang menyebabkan rahim tidak subur adalah adanya pengentalan darah yang menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh tidak berjalan baik. Dan masalah ini bisa menyebabkan kondisi kesehatan lain yang berakibat pada kesuburan rahim. Minum air putih dengan gelas sangat baik untuk rahim. Jangan terbiasa minum air putih dari botol plastik karena bahan ini memberikan paparan buruk pada hormon tubuh.

Baca: akibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil – manfaat air putih bagi ibu hamil – ibu hamil minum air dingin

  1. Melakukan pijatan pada titik kesuburan

Cara lain untuk meningkatkan kesuburan adalah dengan melakukan pijatan. Pijatan ini biasanya dilakukan oleh ahli terapi yang bisa membantu menentukan titik aliran darah untuk bagian rahim. Pijatan ini akan meningkatkan aliran oksigen ke rahim dan juga bagian reproduksi lain. Metode pemijatan dilakukan secara hati-hati sehingga tidak merusak sistem reproduksi. Pemijatan ini bisa dilakukan ketika haid benar-benar telah selesai dan sudah masuk ke masa subur.

  1. Jangan lupa untuk olahraga

Cara alami seperti olahraga juga bisa membantu meningkatkan kesuburan dengan terapi kesuburan alami. Olahraga membuat semua bagian tubuh bergerak. Kemudian juga bisa meningkatkan aliran darah ke semua bagian tubuh. Bahkan olahraga bisa meningkatkan kualitas sel telur dan membuat proses ovulasi berjalan lebih. Untuk wanita yang mengalami obesitas hingga menyebabkan sulit hamil harus melakukan olahraga secara teratur. Jenis olahraga ringan seperti berjalan kaki. berlari, atau menari bisa membantu masa subur lebih lama. Olahraga juga bermanfaat untuk mengatasi  penyebab haid tidak teratur dan menjadi cara cepat hamil secara alami.

  1. Jangan stres

Ketika ingin memiliki kandungan yang subur maka siklus dan keseimbangan hormon juga harus dijaga dengan baik. Stres menyebabkan tekanan untuk tubuh dan juga pikiran. Bahkan ini mempengaruhi suasana hati yang bisa membuat kualitas sel telur menjadi tidak bagus. Stres juga bisa menyebabkan dampak untuk kesehatan lain misalnya untuk jantung dan tekanan darah. Semua penyakit ini juga akan mempengaruhi tingkat kesuburan. Ada banyak cara untuk melawan stres misalnya bersenang-senang dengan pasangan, bepergian dan bersantai.

  1. Jangan lupa mendapatkan antioksidan alami

Bahan antioksidan sangat penting untuk meningkatkan kesuburan. Antioksidan bisa membantu mempertahankan kesehatan sel telur dan juga mempengaruhi kondisi kesehatan reproduksi. Ada banyak jenis radikal bebas yang masuk ke tubuh misalnya dari makanan atau lingkungan. Bahaya antioksidan bisa merusak sel telur dan membuat produksi sel telur tidak baik. Karena itu Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi sumber antioksidan alami seperti buah, sayuran, dan ikan.

Baca: makanan yang dilarang ketika datang bulan – pantangan saat haid

  1. Jangan lupa berjalan setiap hari

Berjalan setiap hari sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi darah ke bagian rahim. Anda bisa mencoba untuk melakukan hal ini selama 30 hari. Efeknya bisa terasa ketika haid tidak terlalu sakit dan lebih lancar. Ketika berjalan juga bisa membantu panggul bergerak dengan baik lalu meningkatkan aktifitas jantung. Hal ini bisa membuat darah mengalir ke semua bagian tubuh. Organ reproduksi juga akan bekerja secara seimbang. Termasuk untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

ads
  1. Cobalah untuk menari

Banyak penari yang mengembangkan berbagai gerakan untuk meningkatkan kesuburan. Misalnya jenis tarian zumba.  Tarian ini banyak menggunakan bagian pinggul, melompat dan gerakan badan. Efeknya bisa membantu membuat pinggul menjadi lebih aktif, meningkatkan sirkulasi darah untuk bagian reproduksi, meningkatkan aktifitas rahim dan membuat produksi sel telur menjadi lebih banyak. Bahkan jika Anda bisa berhasil dengan cara ini maka kemungkinan untuk melahirkan normal juga lebih besar. Tarian ini akan membuat otot panggul lebih terlatih sehingga bisa membantu masa kontraksi menjelang melahirkan.

  1. Anda bisa mencoba Yoga

Yoga adalah perpaduan gerakan yang menggunakan poin pada pikiran dan tubuh secara seimbang. Semua gerakan membutuhkan konsentrasi dan kerjasama tubuh yang selaras. Dan ada banyak gerakan yang bisa meningkatkan titik kesuburan. Misalnya pose yang berbentuk seperti kucing, merpati, gerakan jongkok dan juga kekuatan bagian titik reproduksi. Efek gerakan ini bisa meningkatkan aliran darah pada rahim, mengelola stres dan meningkatkan kualitas sel telur. Karena itu wanita yang lebih sering yoga akan terlihat lebih subur.

  1. Minum Royal Jelly

Royal jelly adalah bahan herbal yang telah digunakan untuk meningkatkan kualitas sel telur. Perawatan di Cina sudah lama menggunakan royal jelly untuk wanita yang sudah lama menikah tapi belum memiliki anak. Cara menyuburkan kandungan dengan mineral seperti magnesium dan seng dalam royal jelly bisa membuat kesuburan meningkat dan meningkatkan gairah seksual. Royal jelly juga penting untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh sehingga bisa membuat peluang hamil menjadi lebih besar. (baca: manfaat madu untuk ibu menyusui – Manfaat madu untuk ibu hamil)

  1. Perbanyak makan sumber kabohidrat komplek

Ada dua macam tipe karbohidrat yaitu karbohidrat komplek dan sederhana. Karbohidrat sederhana bisa meningkatkan kebutuhan insulin dan memicu penyakit diabetes. Sementara karbohidrat komplek sangat baik untuk tubuh karena membuat perut bisa lebih tahan lapar dan kandungan serat alami untuk menghilangkan lemak. Karbohidrat komplek juga mudah dicerna dan diterima oleh tubuh. Sumber makanan yang banyak mengandung karbohidrat komplek misalnya nasi merah, gandum utuh, barley, sereal dan juga quinoa. Anda tetap bisa mendapatkan karbohidrat sederhana yang sehat dari buah dan sayuran. (baca:  makanan yang harus dihindari saat ingin hamil)

  1. Ingat untuk makan sumber serat setiap hari

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh ketika Anda berusaha untuk meningkatkan kesuburan. Serat akan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik termasuk untuk jenis mineral penting seperti seng dan zat besi. Mineral ini bisa membantu hasil sel telur yang lebih baik. Makanan yang mengandung serat seperti gandum, nasi merah, apel, brokoli, kembang kol, bayam, jeruk, kacang-kacangan dan biji-bijian. Pastikan Anda memilih jenis makanan segar yang bisa membuat tubuh mendapatkan efek serat dengan lebih cepat. Serat juga bisa membantu mencegah wasir dan penyakit pencernaan.

  1. Konsumsi sumber protein sehat

Protein akan meningkatkan kesuburan dengan cara yang sangat alami. Protein yang masuk ke tubuh akan membantu gula darah menjadi lebih stabil dan juga membuat tubuh mendapatkan asam amino sehat yang penting untuk membangun sel telur yang sehat. Dan protein juga bisa meningkatkan keseimbangan hormon dalam tubuh. Beberapa sumber protein yang sangat dibutuhkan untuk kesuburan misalnya seperti kacang-kacangan, biji-bijian, telur, ikan dengan kandungan omega 3 dan juga daging ayam tanpa lemak. Cobalah membuat menu makanan bervariasi dengan sumber protein ini.

  1. Kurangi makan daging merah

Daging merah yang berasal dari daging sapi bisa menyebabkan masalah yang cukup serius untuk organ reproduksi. Banyak kasus endometriosis dan fibroid rahim yang terjadi akibat konsumsi daging merah berlebihan. Selain itu hormon yang didapatkan pada sapi untuk proses penggemukan juga bisa membuat masalah peradangan untuk sistem reproduksi yang mengganggu keseimbangan hormon. Jadi kurang konsumsi makanan yang mengandung daging merah.

  1. Pilih lemak sehat untuk tubuh

Ada  berbagai jenis lemak yang bisa ditemukan dari berbagai sumber makanan. Dan jenis lemak terbaik untuk tubuh adalah lemak trans, lemak tidak jenuh dan asam lemak omega 3. Sekarang Anda bisa berpindah sumber lemak dari daging ke ikan atau ayam tanpa lemak. Bahkan ada banyak jenis senyawa minyak esensial yang bisa ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian dan buah seperti alpukat.

  1. Pilih ikan sehat untuk tubuh

Ada banyak jenis ikan yang dijual sebagai lauk sehari-hari. Namun pilihan ikan yang baik untuk meningkatkan kesuburan adalah jenis ikan yang tidak mengandung merkuri dan ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi. Anda bisa menemukan sumber omega 3 dari ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden dan ikan hering. Hindari mengkonsumsi ikan hiu karena ini tidak baik untuk kesehatan rahim Anda. Anda juga bisa menggunakan jenis minyak ikan sebagai multivitamin. Kemudian pastikan proses untuk memasak ikan tidak terlalu banyak menggunakan minyak goreng sebab bisa menambah lemak dalam ikan.

Sponsors Link

  1. Konsumsi sumber fitoestrogen sehat

Sumber fitoestrogen sehat bisa kita temukan dalam makanan yang terdiri dari buncis, lentil dan kedelai. Untuk konsumsi buncis dan lentil bisa sangat aman untuk tubuh. Sementara konsumsi kedelai berlebihan bisa menyebabkan kerusakan sel telur untuk wanita. Buncis dan lentil juga sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol dan menurunkan efek masalah keseimbangan hormon. Anda bisa menggunakan lentil dan buncis sebagai makanan untuk diet yang sehat.

Baca: manfaat susu kedelai bagi ibu hamil – manfaat air tahu bagi ibu hamil)

  1. Hindari minuman bersoda dan mengandung gula pemanis

Wanita yang ingin mencoba meningkatkan kesuburan harus mencoba untuk menghindari minuman bersoda. Minuman bersoda bisa saja mengandung bahan-bahan tidak sehat seperti gula pemanis, kafein, pengawet dan perasa minuman. Semua bahan ini bisa menyebabkan tubuh tidak sehat, meningkatkan kadar gula dan merusak keseimbangan hormon. Bahkan termasuk untuk minuman bersoda yang rendah kalori atau rendah gula. Apapun itu jauhi sementara semua minuman bersoda.

baca: bahaya pemanis buatan bagi janin dan ibu hamil – bahaya pemanis buatan bagi ibu hamil

  1. Masak sendiri makanan Anda

Apakah Anda selalu membeli makanan olahan? Hal ini sangat buruk untuk tingkat kesuburan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk memasak sendiri. Anda bisa mengatur menu yang seimbang untuk tubuh dan cara memasak yang lebih baik. Batasi beberapa bumbu seperti gula dan garam yang bisa membuat kesuburan menurun.

  1. Kurangi atau hindari kafein

Kafein bisa menyebabkan dampak buruk untuk kesuburan, baik untuk pria atau wanita. Kafein bisa merusak keseimbangan hormon,menyebabkan masalah reproduksi dan membuat resiko diabetes. Jika Anda ingin meningkatkan kesuburan maka cobalah untuk mengurangi kafein. Jika telah mengalami kecanduan terhadap minuman berkafein seperti teh atau kopi maka cobalah untuk mengurangi secara pelan.

(baca: bahaya kafein bagi ibu hamilbahaya kopi bagi ibu hamil)

  1. Hindari bahan pengawet makanan dan minuman

Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pengawet juga sangat buruk untuk organ reproduksi. Semua bahan ini bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti sel telur yang tidak bagus, haid yang tidak teratur dan resiko kista. Karena itu mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat, tidak mengandung bahan pengawet maupun semua bahan tambahan seperti perasa makanan.

  1. Berpikir positif

Banyak pasangan yang berhasil hamil setelah mencoba untuk berpikir positif. Dampak pikiran yang  baik akan membuat kualitas sel telur menjadi lebih baik. Hal ini sangat penting karena mungkin wanita akan menyerah saat berusaha untuk hamil dalam waktu yang lama. Berusaha percaya dengan tubuh sangat penting untuk mencegah stres dan banyak pikiran.

Anda mungkin sudah mencoba semua cara diatas dan tidak ada perbaikan dengan masalah kesuburan ini. jika begitu Anda harus mencari tahu penyebabnya di dokter kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan sehingga tahu terapi medis yang paling tepat.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 30th, September 2016 / 07:25 Oleh :
Kategori : Cara Cepat Hamil