Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Obat Batuk Herbal untuk Ibu Hamil dan Pencegahannya

advertisement

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sangat sering dialami oleh orang-orang di sekitar kita. Seringkali kita tertular batuk jika ada seseorang di dekat kita yang sedang menderita batuk. Hal ini dikarenakan, batuk merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah menular sehingga jika ada seseorang menderita batuk di dekat kita, sangat mungkin bagi kita untuk ikut tertular juga.

Batuk pada Ibu Hamil

Batuk sebenarnya tidak termasuk penyakit yang berbahaya dan mengancam jiwa. Namun, batuk bisa sangat mengganggu aktivitas seseorang, termasuk ibu hamil. Batuk pada ibu hamil bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti tertular oleh orang lain, mengalami influenza, atau sebagai gejala penyakit yang lebih berat seperti TBC, asma ataupun paru-paru basah. (Baca juga: Asma Saat Hamil , Obat Asma untuk Ibu Hamil)

Ibu hamil yang mengalami batuk biasanya akan merasa lebih lelah dan sangat tidak nyaman. Hal ini dikarenakan batuk yang sedang menyerang akan mengganggu pola tidur ibu hamil sehingga akan menyebabkan ibu hamil kurang beristirahat. (Baca juga: Bahaya Batuk Bagi Ibu Hamil)

Selain itu, ibu hamil yang tertular batuk juga akan kehilangan nafsu makan. Dia akan merasa mual dan merasa semua rasa makanan yang masuk ke dalam mulutnya hambar dan tidak enak. Akibatnya, ibu hamil akan semakin lemas dan tidak bertenaga. Selain itu, jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin jika ibu hamil mengalami malnutrisi karena kurang makan dan tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya. (Baca juga: Batuk Saat Hamil , Ibu Hamil Batuk Pilek)

Sebaiknya ibu hamil tidak perlu terlalu khawatir jika mengalami batuk saat masa kehamilan, terutama jika ibu hamil memang tidak memiliki riwayat penyakit berbahaya sebelumnya. Walaupun sangat mengganggu, seorang ibu hamil sangat rentan untuk mengalami batuk. Padahal, jika ibu hamil mengalami sakit batuk, ibu hamil tidak bisa sembarangan minum obat yang dijual di toko obat atau apotek. Ibu hamil harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan ke dalam tubuhnya, terutama obat-obatan yang mengandung bahan kimia, karena bisa saja kandungan obat memberi efek buruk pada kandungan atau janin dalam kandungan. (Baca juga: Obat Batuk untuk Ibu Hamil)

Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil mengetahui cara pencegahan batuk yang alami untuk bisa mencegah terserang batuk selama kehamilan. Selain itu, ibu hamil juga perlu tahu obat batuk herbal untuk ibu hamil yang paling tepat jika batuk telanjur menyerang.

ads

Pencegahan Batuk yang Alami pada Ibu Hamil

Anda pasti setuju bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Ibu hamil bisa mencoba cara-cara berikut ini untuk mencegah terjadinya batuk pada ibu hamil:

  1. Menjaga sirkulasi udara

Sirkulasi udara yang tidak baik di rumah akan menyebabkan ruangan pengap dan udara yang dihirup ibu hamil tidak segar dan lembab. Hal ini bisa membuat pernapasan ibu hamil tidak baik yang pada akhirnya menyebabkan batuk terjadi. Selain itu, sirkulasi udara yang tidak baik dan udara lembab akan menyebabkan bakteri dan virus penyebab batuk mudah berkembang sehingga menyebabkan ibu hamil mudah terserang batuk. (Baca juga: Bahaya Kipas Angin Untuk Ibu Hamil)

Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil membuka jendela lebar-lebar di pagi hari. Dengan jendela yang terbuka di pagi hari, akan membuat udara di dalam rumah atau ruangan Anda digantikan oleh udara yang lebih segar. Udara rumah yang semalaman menggunakan AC akan digantikan oleh udara pagi yang segar. Udara yang segar akan membuat pernapasan ibu hamil lancar sehingga mencegah terjadinya batuk. (Baca juga: Efek AC Terhadap Bayi)

  1. Hindari minum es

Es merupakan minuman yang sangat menyegarkan, apalagi jika diminum di siang hari yang panas. Namun, Anda harus berhati-hati jika ingin mengkonsumsi es.

Sebenarnyaa es bukan merupakan penyebab batuk. Namun, es bisa memperburuk kondisi batuk jika Anda sudah merasakan sedikit gejala batuk di tenggorokan, seperti tenggorokan sakit, gatal atau berdahak. Hal ini dikarenakan es menstimulasi saluran nafas bagian atas sehingga bisa menyebabkan iritasi yang pada akhirnya menyebabkan batuk. (Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Dingin ?)

  1. Hindari gorengan

Walaupun gorengan merupakan makanan favorit Anda saat minum teh manis hangat di sore hari, sebaiknya Anda mengurangi makan gorengan jika tidak ingin mengalami batuk saat hamil. Gorengan akan merangsang produksi lendir di tenggorokan yang akan membuat tenggorokan gatal dan akhirnya mengalami batuk. (Baca juga: Ibu Hamil Makan Gorengan)

Tidak hanya itu, gorengan juga bisa memicu terjadinya kolesterol pada ibu hamil, terutama jika menggunakan minyak goreng yang dipakai menggoreng berulang kali. Oleh karena itu, akan lebih baik jika ibu hamil mengurangi atau bahkan menghindari gorengan selama hamil. (Baca juga:Bahaya Makan Gorengan Bagi Ibu Hamil)

  1. Cukup berolahraga

Olahraga pada ibu hamil akan membantu untuk melancarkan dan melegakan pernapasan pada ibu hamil. Ibu hamil bisa mencoba yoga saat hamil atau melakukan gerakan stretching sederhana. Jika ibu hamil melakukan gerakan ini secara teratur, ibu hamil telah melatih paru-paru dan memperkuat pernapasan sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya batuk akibat asma atau gangguan pernapasan lainnya.

Baca juga:

  1. Gunakan masker saat di keramaian

Berada di tengah keramaian berarti berada di tengah serangan berjuta virus penyebab penyakit, termasuk batuk. Maka, ibu hamil disarankan untuk menggunakan masker untuk melindungi penularan flu dan batuk melalui udara, terutama saat ibu hamil berada di jalan atau pusat keramaian lainnya. (Baca Juga: Facial Saat Hamil)

Dengan melakukan cara pencegahan di atas, ibu hamil telah melakukan usaha yang cukup untuk menghindari terjadinya batuk selama kehamilan. Namun, terkadang penyakit tidak bisa dihindari. Suatu hari, bisa saja ibu hamil terserang batuk, bahkan setelah melakukan tindakan pencegahan di atas. Untuk itu, ibu hamil perlu mengetahui obat batuk herbal untuk ibu hamil. (Baca Juga: Flu Saat Hamil)

Obat Batuk Herbal untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih obat-obatan yang masuk ke tubuhnya. Hal ini dikarenakan apapun yang dikonsumsi ibu hamil akan juga dikonsumsi oleh bayi di dalam kandungan. Oleh karenanya, ibu hamil harus memastikan keamanan obat bagi perkembangan janin sebelum mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Sebagai jalan keluar, berikut ini beberapa obat batuk herbal yang alami dan aman untuk ibu hamil:

  1. Campuran lemon atau jeruk nipis dengan madu

Lemon dan jeruk nipis sudah dikenal sejak dulu sebagai minuman alami untuk mengobati batuk. Lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi untuk memperkuat sistem imun tubuh serta melegakan tenggorokan batuk. (Baca juga: Vitamin C untuk Ibu Hamil)

Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk mencampur perasan lemon atau jeruk nipis dengan air hangat, lalu untuk membuatnya lebih lezat, tambahkan satu sendok teh madu sebagai pemanis alami. Tidak hanya itu, madu juga berfungsi untuk menambah imunitas dan sebagai obat alami bagi ibu hamil. (Baca juga: Manfaat Madu untuk Ibu Hamil)

  1. Teh jahe dengan madu

Jahe sangat dikenal sebagai rempah yang berkhasiat menghangatkan tubuh. Tidak hanya itu, karena bersifat alami, jahe tidak memiliki dampak negatif bagi ibu hamil dan janin. Jahe juga berkhasiat untuk melegakan batuk berdahak. (Baca juga: Ibu Hamil Minum Air Teh  , Teh Bagi Ibu Hamil)

Anda bisa meencoba merebus jahe dengan air hingga mendidih untuk mendapatkan sari jahenya. Tunggu hingga hangat dan tambahkan madu sebagai pemanis alami. Minumlah teh jahe dengan madu itu selagi hangat untuk melegakan tenggorokan Anda yang gatal akibat batuk. (Baca juga: Obat Batuk Berdahak Anak)

Sponsors Link

  1. Ramuan jahe dan kencur

Hampir sama dengan ramuan sebelumnya yang berbahan dasar jahe, Anda juga bisa mencampur jahe dengan kencur sebagai obat batuk herbal untuk ibu hamil. Dua rempah ini sangat berkhasiat untuk mengatasi batuk yang Anda alami secara alami. (Baca Juga: Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil , Manfaat Jahe Untuk Ibu Menyusui)

Anda bisa menggunakan dua ruas jahe dan empat ruas kencur, kupas, potong-potong dan rebus hingga airnya menyusut. Minum air rebusan ini dua hingga tiga kali sehari hingga batuk Anda mereda.

  1. Ramuan jahe dan daun sirih

Jahe juga bisa dikombinasikan dengan saun sirih untuk dijadikan sebagai obat herbal untuk ibu hamil. Cobalah untuk merebus jahe dengan daun sirih hingga medidih, tunggu hingga hangat dan minumlah rebusan ini selagi hangat. Daun sirih yang bersifat sebagai antiseptik alami bersama jahe juga akan bisa membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan sekaligus menghangatkan tubuh. (Baca Juga: Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita , Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak)

  1. Air rebusan daun kemangi

Daun kemangi yang memiliki aroma khas umumnya digunakan sebagai pendamping makanan bersambal sebagai penambah selera makan. Tapi ternyata, daun kemangi juga memiliki khasiat yang baik untuk ibu hamil yang menderita batuk. Anda bisa mencoba untu merebus daun kemangi lalu meminum airnya saat hangat. Rebusan daun kemangi ini sangat baik untuk mengatasi batuk yang tidak berdahak. (Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi bagi Ibu Hamil)

  1. Jeruk nipis dan kecap

Campuran jeruk nipis dan kecap sebagai obat batuk herbal dan alami sudah menjadi resep turun temurun sejak nenek moyang. Caranya sangat mudah. Anda bisa memeras jeruk nipis di sendok makan lalu campur dengan sedikit kecap. Campur keduanya dan langsung minum. Anda juga bisa menambahkan madu ke dalam campuran ini untuk menambah kelezatan dan khasiatnya. (Baca juga: Bahaya Jeruk Nipis Bagi Ibu Hamil , Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil)

  1. Rebusan sereh

Air rebusan sereh ternyata sangat berkhasiat dalam meredakan batuk dan sangat aman bagi ibu hamil. Bahkan menurut penelitian, rebusan sereh lebih berkhasiat sebagai pereda batuk dibandingkan rempah lainnya, seperti jeruk nipis dan jahe.

  1. Air asam jawa

Air asam jawa juga sangat bagus untuk dijadikan obat batuk herbal untuk ibu hamil. Anda bisa menjadikan asam jawa sebagai wedang dengan merebusnya dan campur dengan sedikit gula jawa. Wedang asam jawa ini bisa mengencerkan dahak sehingga akan meringankan gejala batuk yang Anda alami. Namun, sebaiknya ibu hamil yang memiliki riwayat sakit magh berhati-hati jika ingin mengkonsumsi wedang asam jawa sebagai obat batuk herbal. (Baca Juga: Akibat Kelebihan Asam Folat Pada Ibu Hamil , Akibat Kekurangan Asam Folat pada Ibu Hamil)

Selamat mencoba!

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 25th, November 2016 / 22:10 Oleh :
Kategori : Obat Obatan