Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Tips Menyusui Bayi di Tempat Umum

advertisement

Ketika membawa si mungil jalan-jalan atau berada di tempat umum dan ia kemudian lapar atau sudah waktunya menyusui, maka Anda harus siap siaga. Jika ini kali pertama Anda pergi bersama si kecil dan belum tahu apa yang harus dilakukan, ada beberapa tips menyusui di tempat umum yang dapat diperhatikan berikut ini. Selalu pastikan kenyamanan bayi dengan mengetahui bagaimana seharusnya seorang bayi mulai menyusui ketika ada di tempat umum.

Beberapa tips menyusui di tempat umum diantaranya :

1. Ketahui bahwa Menyusui Bukan Suatu Hal Ilegal
Menyusui merupakan kegiatan yang legal dan terlebih lagi dianggap sebagai satu hal penting dan natural. Menyediakan nutrisi terbaik untuk sang buah hati di tempat umum tentu akan membuat kesadaran orang lain meningkat tentang betapa vitalnya ASI. Di Ontario, Kanada, Komisi HAM di sana menyatakan bahwa ibu hamil yang memberikan ASI kepada buah hatinya tidak boleh dilarang oleh seorang pun hanya karena mengambil tempat di depan umum. Tidaklah pantas jika orang lain meminta sang ibu untuk menutupi atau mengusirnya agar pindah ke tempat yang lebih sepi atau tertutup.

2. Melatih Diri di Depan Kaca
Tidak masalah bila ini kali pertama Anda untuk menyusui di depan umum dan jika kiranya tidak merasa nyaman, cobalah berlatih menyusui di depan kaca agar kepercayaan diri tersebut dapat meningkat. Beberapa wanita menyusui akan cuek saja, namun untuk Anda yang terlalu memikirkan apa yang dipikirkan orang lain terhadap Anda, jangan khawatir sebab sebagian besar payudara yang tertutupi oleh bayi yang tengah menyusui. Untuk lebih tahu pakaian mana yang lebih nyaman dikenakan untuk menyusui, cobalah menyusui dengan jenis pakaian yang berbeda-beda.

3. Mengenakan Pakaian yang Nyaman
Untuk dapat menyusui di tempat umum yang akan rentan mendapat perhatian orang banyak, maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenakan pakaian yang nyaman dan sederhana. Pakaian yang membuat menyusui mudah adalah yang paling disarankan, seperti misalnya memakai pakaian yang kancing depan longgar supaya bisa secara praktis menyusui di depan umum. Dengan membuka kancing, si kecil dapat dengan mudah langsung mengakses air susu ibu tanpa membuang banyak waktu.

Ketika pergi membawa si mungil dalam rangka liburan, anjuran yang dapat dijadikan alternatif adalah mengenakan kaos oblong berukurang besar dan longgar di atas baju renang supaya bisa menyusui ketika di pantai.

Sponsors Link

Atau, bisa juga mencari pakaian renang khusus yang didesain untuk para wanita yang tengah menyusui. Apabila dalam suatu acara yang agak lebih formal, mungkin gaun dengan gaya khusus bisa dikenakan, seperti tersedianya bukaan yang agak tersembunyi pada bagian payudara.

4. Memakai Tutupan Ekstra atau Gendongan
Apabila masih terasa ada yang kurang, cobalah untuk melatih diri di depan kacan dengan tambahan gendongan bayi atau penutup lainnya. Dengan gendongan bayi, maka Anda tidak akan repot walau ingin menyusui sambil berjalan sekalipun. Jika ingin menyusui dengan cara membuka pakaian dari bawah sehingga menyusui menjadi lebih gampang, alangkah baiknya kalau Anda sudah mengenakan tank top di bagian dalam agar bagian perut bisa tertutup.

5. Membuat Posisi Bayi Senyaman Mungkin
Apakah Anda memutuskan untuk mengenakan penutup ASI? Bila demikian, pastikan bahwa bayi tetap bisa bernapas dengan baik. Rencanakan dengan detil apa-apa saja yang diperlukan oleh bayi Anda dan jangan hanya sekadar bingung bagaimana menutupi bagian dada Anda saja. Bayi perlu merasa nyaman selama menyusui, sehingga tidak ada salahnya bila Anda memakai sweater atau malah justru cardigan sehingga ada tambahan udara untuk si kecil. Selimut ringan juga merupakan ide bagus untuk digunakan ketika menyusui bayi Anda.

6. Memilih Bra yang Nyaman dan Simpel
Kenyamanan dari sebuah bra biasanya adalah karena kesimpelannya dan tidak heran bila para ibu hamil akan memilih untuk mengenakan sport-bra daripada harus memakai bra jenis lain. Untuk proses menyusui, maka akan lebih baik jika memilih untuk mengenakan bra yang sederhana. Supaya tidak kagok ketika harus benar-benar menyusui di depan umum, ketika latihan boleh memakai bra khusus menyusui dan berlatihlah dalam membuka serta menutupnya. Pastikan latihan tersebut dilakukan dengan satu tangan dan biasakan hal ini agar bisa cepat dan nyaman.

7. Memilih Area Nyaman untuk Menyusui
Walau berada di tempat umum, Anda tetap bisa memilih tempat yang benar-benar memberikan kenyamanan dalam menyusui sang buah hati.

ads

Kalau bisa, carilah tempat yang bisa membuat Anda rileks dan santai ketika menyusui dalam keadaan duduk yang bahkan ada penopang punggungnya. Jika Anda kurang percaya diri, silakan untuk mencari tempat yang agak tertutup dan jauh dari banyak orang.

Saat jalan-jalan di mall, Anda dapat memanfaatkan ruang menyusui yang tersedia, atau ketika Anda tengah ada di restoran, carilah tempat duduk yang agak tertutup di mana orang lain tidak mudah memerhatikan Anda yang tengah menyusui. Namun sebenarnya seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, menyusui adalah hal yang lumrah sehingga Anda tidak perlu terlalu memikirkan apa kata orang lain yang melihat Anda. Tidak memedulikan pendapat orang lain jauh lebih baik daripada Anda harus menggendong bayi yang menangis ke sana-sini saat mencari tempat yang lebih tertutup.

8. Mengenakan Apron atau Nursing Cover Khusus untuk Menyusui
Zaman sekarang ada banyak pilihan yang akan memudahkan para ibu dalam menyusui anaknya di tempat umum, seperti halnya apron menyusui yang sedang terkenal. Tidak hanya nyaman, tapi apron khusus ini begitu cantik sehingga banyak ibu hamil yang menyukai bentuknya yang chic sehingga ketika dikenakan tampak cantik. Apron khusus untuk ibu menyusui tidaklah sulit untuk karena Anda cukup mengalungkannya ke leher sama seperti saat Anda memakai apron khusus memasak dan si kecil bisa diletakkan ke dalam posisi nyaman menyusui. Di mana dan kapan saja, bayi dapat minum ASI bila sang ibu memakai apron jenis ini.

9. Merespon Baik Orang Lain
Tidak jarang orang akan melirik dan melihat Anda yang tengah menyusui atau bahkan ada juga orang-orang yang malah mengomplain serta menyuruh Anda untuk pindah. Maka persiapkan respon paling baik yang Anda bisa berikan kepada orang-orang semacam itu. Jika Anda sadar ada yang melirik ke arah Anda saat menyusui, berikan senyum kepada mereka dan sebaiknya pun Anda tidaklah terpengaruh akan pandangan mereka.

Anda tengah melaksanakan hal yang paling natural dan penting dalam menyediakan nutrisi untuk anak Anda. Kepercayaan diri Anda akan meningkat ketika Anda memberikan senyuman bagi mereka yang memerhatikan karena Anda melakukan tugas mulia sebagai seorang ibu. Senyuman tersebut bahkan akan dapat membuat orang-orang tersebut menjadi lebih nyaman dan maklum terhadap situasi Anda. Perlu dilatih juga bagaimana cara mengatasi ketika ada gumoh pada bayi setelah minum susu agar tidak menggangu kenyamanan orang lain.

Tapi jika ada orang yang mengomplain, apa yang harus dilakukan? Berikan respon paling baik kepada mereka yang ada di sekitar Anda. Mungkin dengan adanya orang yang komplain akan otomatis memunculkan rasa ketidaknyamanan dalam diri Anda dan justru membuat Anda berpikir untuk pindah saja. Namun ingatlah bahwa apa yang sedang Anda lakukan bukan sebuah kesalahan, melainkan sebuah hal yang alamiah dan baik. Tidak usah malu terhadap apa kata orang dan pandangan orang yang ada di tempat umum.

10. Minta Tolong Suami
Di manapun Anda berada, sekalipun itu tempat umum dan Anda perlu menyusui, motivasi dan dorongan sang suami bakal sangat melegakan dan menguatkan. Seandainya Anda merasa tidak aman dan nyaman, Anda dapat meminta tolong suami tercinta untuk menutupi Anda. Menyusui si kecil di balik punggung suami akan lebih baik dan bisa lebih leluasa. Ketika berjalan dengan suami, andalkan suami Anda ketika berada dalam situasi ini. Bagaimanapun peran suami saat istri hamil dan saat istri menyusui sangatlah penting.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 06th, May 2016 / 15:10 Oleh :
Kategori : Menyusui