28 Cara Agar Cepat Melahirkan Normal Sesuai Usia Janin Paling Alami

Melahirkan normal menjadi metode yang paling alami dan banyak diinginkan oleh semua ibu hamil. Meskipun ketika mendekati waktu melahirkan, maka banyak ibu hamil cemas. Kecemasan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, cemas berlebihan, ketakutan dengan proses melahirkan normal dan ketakutan dengan rasa sakit. Tentu saja semua faktor ini sangat alami dan sering menghambat ibu bisa melahirkan secara normal. Dan persiapan melahirkan secara cesar sering diambil pada akhir waktu, demi menyelamatkan ibu dan anak. Semua ini juga dipengaruhi oleh faktor kesehatan ibu dan bayi. (baca: melahirkan normal atau caesar)

Berikut ini adalah beberapa kiat cara agar cepat melahirkan normal secara alami:

  1. Menjaga Kebugaran Selama Hamil

Keinginan untuk melahirkan secara normal harus ditetapkan sejak awal kehamilan. Ketika keinginan ini sudah muncul, maka selama hamil ibu tidak boleh merasa malas untuk bergerak. Ibu harus tetap bergerak dan aktif melakukan olahraga untuk ibu hamil yang sesuai dengan tahap trimester seperti senam hamil. Ketika tubuh Anda bugar dan sehat maka daya tahan tubuh selama menghadapi proses pembukaan saat melahirkan juga akan lancar . Kemampuan ibu dengan tubuh yang bugar bisa mengatasi rasa sakit selama kontraksi menjelang persalinan. Beberapa cara untuk memelihara kebugaran misalnya dengan berolahraga yang aman selama hamil, seperti berenang, jalan-jalan dan senam.

Baca juga: olahraga yang dilarang untuk ibu hamil – bahaya berenang bagi ibu hamil – sit up bagi ibu hamil

  1. Dukungan Pasangan Selama Kontraksi

Ibu yang akan melahirkan secara normal juga membutuhkan dukungan dari pasangan. Dukungan ini sangat penting dimulai ketika ibu merasakan kontraksi sejak ibu merasakan ciri ciri kontraksi akan melahirkan atau tanda-tanda akan melahirkan. Menurut sebuah penelitian yang diliput dalam Jurnal Kebidanan dan Kandungan Amerika, terbukti jika ibu yang akan melahirkan secara normal jika mendapatkan dukungan selama kontraksi akan bisa mengurangi resiko melahirkan cesar dan persalinan dengan bantuan obat penghilang rasa sakit. Tenaga yang dihasilkan oleh tubuh ibu yang akan melahirkan akan meningkat sebanyak 50 persen dengan dukungan dari suami atau keluarga terdekat selama kontraksi dan pembukaan.

  1. Mengikuti Kursus Melahirkan

Saat ini banyak rumah sakit atau fasilitas kesehatan khusus ibu hamil, menyediakan berbagai kursus melahirkan. Kursus ini terdiri dari berbagai persiapan baik mental maupun fisik bagi orang tua yang akan menghadapi persalinan normal. Para pelatih dalam kursus sudah memiliki kemampuan untuk meningkatkan persiapan untuk ibu yang akan melahirkan. Dalam kursus biasanya diajarkan mengenai cara menghadapi tahap pembukaan, mengatasi rasa sakit berlebihan, latihan pernafasan, latihan gerakan fisik untuk otot panggul selama persalinan dan cara untuk bisa melahirkan dengan cepat. (baca juga: cara mengatasi sesak nafas saat hamil – cara agar persalinan normal dan tidak sakit)

  1. Hindari Makanan Mengandung Lemak Menjelang Persalinan

Mengkonsumsi makanan ringan atau makanan pemberi tenaga menjelang persalinan normal memang sangat dibutuhkan. Namun ibu harus menghindari makanan yang mengandung lemak dan makanan berbahaya. Lemak sangat sulit dicerna dalam saluran pencernaan. Jika ada banyak lemak maka bisa menyebabkan tekanan perut berlebihan sehingga memicu muntah dan mual selama kontraksi. Kemudian akan menyebabkan dehidrasi yang bisa merugikan ibu hamil.

  1. Minum Banyak Cairan

Minum banyak cairan pada saat merasa kontraksi dan pembukaan bisa membantu cara agar cepat melahirkan normal. Ketika kontraksi maka cairan diserap tubuh dengan cepat. Sebuah penelitian di Universitas California membuktikan jika cairan yang cukup dalam tubuh pada ibu menjelang persalinan normal bisa meningkatkan cepatnya proses pembukaan. Selain itu cairan juga membantu ibu mendapatkan tenaga yang cukup selama kontraksi. Cairan seperti ait putih sangat baik untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan tenaga menjelang persalinan.

Informasi mengenai minuman berbahaya untuk ibu hamil:

  1. Mandi Menjelang Persalinan

Sebuah penelitian yang dikembangkan oleh Marcie Richardson yaitu dokter kebidanan dan kandungan dari Harvard, menyatakan jika mandi menjelang persalinan bisa mempercepat proses kelahiran normal. Ketika ibu mengalami kontraksi maka sebenarnya otot di semua bagian tubuh menjadi sangat tegang. Mandi dengan air hangat bisa membuat respon yang sangat bagus untuk otot yang terlalu lelah. Jadi ketika ibu merasa sangat lelah saat kontraksi dan sudah mulai pembukaan, maka mandi air hangat bisa menjadi cara agar melahirkan normal tidak sakit.

  1. Mengalihkan Rasa Sakit dengan Bersantai

Ketika ibu mulai kontraksi dan bersiap untuk melahirkan, maka butuh waktu sekitar 10 – 14 jam. Ini kondisi yang sangat normal untuk ibu yang akan melahirkan secara normal. Rasa sakit akibat kontraksi bisa berjalan dari mulai punggung ke bawah, perut bawah, kram perut, dan akan lebih sakit setiap bernafas. Jika rasa sakit sangat diperhatikan maka ibu akan kehilangan banyak tenaga. Jadi cara mengalihkan perhatian membuat perasaan ibu menjadi lebih baik. Ada banyak cara bersantai menjelang persalinan seperti berjalan-jalan di lorong rumah sakit, makan kue, bercanda dengan suami, mandi dan apapun yang bisa membuat ibu lebih santai.

  1. Pijatan dari Pasangan

Ketika suami ikut menemani dalam ruang persalinan, maka sebaiknya mencoba memijat atau membelai bagian punggung, perut, paha dalam, leher dan semua daerah yang bisa membuat ibu lebih nyaman. Stimulasi dengan pijatan lembut bisa membantu mengusir rasa sakit dan perasaan cinta yang kuat pada ibu. Tekanan yang terus menerus pada bagian tubuh ibu bisa meningkatkan proses persalinan menjadi lebih cepat. Bahkan sentuhan dari pasangan bisa membantu ibu merasa mendapatkan kekuatan yang lebih besar. Konsep ini juga pernah dituangkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran dan obat di Universitas of Miami.

  1. Berendam dengan Air Hangat

Berendam dengan air hangat di dalam bak mandi khusus bagi ibu melahirkan juga sangat menguntungkan. Sentuhan air hangat bisa meningkatkan proses pembukaan lebih cepat dan mengurangi rasa sakit yang berlebihan. Bahkan air hangat yang rutin menghangatkan bagian punggung ke bawah dan bisa membuat ibu menghadapi proses pembukaan yang menyakitkan. Cara ini sangat baik untuk ibu yang akan melahirkan normal dengan metode melahirkan dalam air. Namun langkah ini tidak boleh dilakukan jika ibu sudah mendapatkan ciri ciri air ketuban pecah merembes.

  1. Menggunakan Obat Epidural

Jika ibu bersiap untuk melahirkan normal dan tidak ingin merasakan sakit berlebihan, maka juga bisa menggunakan bantuan obat epidural. Obat ini akan disuntikkan dari sum-sum tulang belakang. Obat akan mengatasi rasa sakit menjelang melahirkan dan bisa meningkatkan proses pembukaan menjadi lebih cepat. Namun obat memiliki beberapa kelemahan seperti mengurangi kontraksi normal, membatasi gerakan ibu, membuat ibu tidak bisa merasakan kontraksi normal. Karena itu persalinan normal dengan epidural hanya diberikan ketika pembukaan sudah maksimal. Persalinan dengan epidural juga harus dilakukan dengan dokter yang berpengalaman.

  1. Banyak Bergerak

Ibu yang akan melahirkan sebaiknya juga tidak terus menerus merasakan sakit di atas tempat tidur.

Terlalu banyak waktu diatas tempat tidur justru bisa membatasi gerakan bayi yang akan menekan otot panggul. Selain itu terlalu banyak tidur bisa meningkatkan tekanan kepala bayi pada bagian rahim ibu. Untuk meningkatkan pembukaan dengan cepat dan membuat otot panggul menjadi lebih santai, maka ibu bisa banyak bergerak. Beberapa gerakan seperti berdiri, membungkuk, berlutut atau jongkok sangat baik untuk meningkatkan pembukaan dengan cepat.

  1. Mengatur Nafas

Mengatur nafas sangat penting untuk ibu yang akan melahirkan secara normal. Ketika kontraksi datang maka ibu bisa mengambil nafas yang lambat dan menyimpan tenaga untuk tubuh. Relaksasi dengan bernafas dalam-dalam bisa membuat tenaga tubuh ibu menjadi lebih baik. Anda bisa melakukan relaksasi dengan cara membayangkan bertemu dengan bayi yang sudah Anda kandung selama sembilan bulan, membayangkankeluarga kecil Anda semakin lengkap dan kasih sayang dari keluarga. Cara mengatur nafas biasanya akan diberikan selama kursus persalinan atau saat senam hamil. Ketika ibu hamil asma maka cara ini bisa membuat saluran pernafasan bekerja baik saat melahirkan.

  1. Tidur Saat Kontraksi Awal

Tidur saat merasakan kontraksi awal ternyata sangat baik untuk meningkatkan proses pembukaan. Ketika tubuh Anda tidur dengan baik maka Anda mencoba untuk melupakan rasa sakit dan meningkatkan tenaga tubuh. Selain itu tidur akan menyumbang energi yang bisa digunakan untuk mengejan ketika akan melahirkan. Ibu yang sudah masuk ruang persalinan bisa mencoba untuk tidur dengan posisi banyak bantal di punggung. Posisi ini akan menekan bagian panggul dan membuat pembukaan menjadi lebih cepat. Istirahat yang cukup akan membantu ibu ketika melakukan cara mengejan saat melahirkan normal.

  1. Melahirkan Ditemani Ibu

Jika Anda sudah ditemani oleh suami atau pasangan menjelang persalinan, maka Anda juga bisa meminta bantuan ibu. Ibu sangat penting untuk mendukung anaknya yang akan melahirkan, sebab ibu memiliki ikatan mental yang kuat dengan anaknya. Membayangkan kebahagiaan menjadi ibu bisa mengurangi rasa sakit saat kontraksi dan proses pembukaan. Dukungan mental dari ibu bisa meningkatkan tenaga ibu yang akan melahirkan. Konsep melahirkan bersama ibu sudah diteliti mahasiswa kedokteron Universitas Toronto.

  1. Menyiapkan Pikiran dan Tubuh Anda

Cara agar cepat melahirkan normal membutuhkan kerjasama yang kuat antara tubuh dan pikiran. Ibu tentu akan merasa sangat gugup ketika akan melahirkan secara normal. Rasa gelisah dan takut bisa membuat proses pembukaan terhambat dan sakit akibat kontraksi yang berlebihan. Masalahnya adalah ketika stres dan gelisah maka tubuh ibu akan menghasilkan adrenalin yang bisa menekan oksitosin dan progesteron. Sementara oksitosin dan progesteron dibutuhkan untuk mempercepat kontraksi dan proses pembukaan. Jadi ibu sebaiknya mengalihkan semua perhatian rasa sakit ke rasa bahagia untuk menyambut bayi. (baca juga: emosi tidak stabil saat hamil – ibu hamil cepat marah)

  1. Gerakan Mengayun Pinggul

Ibu yang tetap bergerak menjelang melahirkan bisa membantu meningkatkan kontraksi dan mengatasi rasa sakit yang berlebihan. Salah satu gerakan yang disarankan adalah mengayun panggul dengan santai. Ketika tubuh ibu tegak maka dorongan melahirkan normal akan lebih kuat, karena itu kurangi tidur menjelang persalinan. Ketika kontraksi maka ibu bisa mencoba untuk mengeluarkan nafas lambat, melepaskan rasa lelah dan berat pada bahu, mendapatkan usapan lembut pada punggung dan leher dari pasangan dan ayunkan pinggul dengan lembut. Gerakan ini ternyata bisa mempercepat gerakan kelapa bayi masuk ruang panggul dan akhirnya lahir dengan cepat. Ibu hamil cepat lelah memang akan merasakan tekanan yang kuat, tapi kebahagiaan akan bertemu dengan bayi bisa membuat ibu lebih nyaman dengan gerakan ini.

  1. Jangan Lupa Buang Air Kecil

Banyak ibu yang merasa gelisah akibat rasa kontraksi yang kuat menjelang persalinan. Kontraksi kuat terkadang juga meragukan apakah ibu ingin buang air kecil, buang air besar atau perasaan palsu dari keduanya. Rasa kontraksi juga bisa menyebabkan perasaan penuh pada bagian kandung kemih. Namun untuk meningkatkan kontraksi lebih cepat maka Anda tetap harus buang air kecil lebih sering. Ingat jangan sampai mengejan atau memaksa saat buang air kecil. Jika kandung kemih penuh maka bisa menghalangi pembukaan jalan lahir dan membuat kepala bayi sulit untuk turun. (baca juga: sering kencing saat hamil)

  1. Bersantai di Rumah Bersama Keluarga

Banyak ibu yang merasa harus segera pergi ke rumah sakit ketika mendapatkan kontraksi pertama. Ini memang sangat wajar karena ibu merasa takut dan cemas bayi akan segera lahir. Namun pada dasarnya jarak kontraksi pertama hingga pembukaan penuh memang membutuhkan waktu, terlebih untuk anak pertama. Jadi ketika ibu mendapatkan kontraksi pertama maka sebaiknya tetap dirumah dan tentu saja dengan pemberitahun dari dokter atau bidan yang merawat. Berdiam di rumah sakit sambil menunggu pembukaan penuh hanya akan meningkatkan rasa takut dan cemas. Bersantai dan bekerjasama dengan pasangan di rumah lebih baik agar tubuh Anda siap untuk melahirkan secara normal. Jika Anda bosan bersantai maka cobalah berjalan-jalan. (baca juga: manfaat jalan pagi untuk ibu hamil)

  1. Gunakan Kursi Bola untuk Melatih Otot Bawah

Melatih otot bawah di sekitar panggul dan jalan lahir sangat baik dilakukan sebelum maupun menjelang persalinan. Anda bisa mencoba untuk duduk, melakukan gerakan memutar panggul ataupun mengayunkan panggul di atas kursi bola. Proses gerakan ini bisa mempengaruhi posisi bayi dan bisa meningkatkan proses pembukaan menjadi lebih cepat. Namun pastikan gerakan ini dilakukan dengan pengawasan bidan atau dokter yang akan menangani persalinan. Menggunakan kursi bola juga akan mencegah bahaya jongkok bagi ibu hamil menjelang persalinan.

  1. Tekanan Lembut pada Punggung Bawah

Tekanan lembut pada bagian punggung bawah sangat baik untuk meningkatkan proses kelahiran secara normal. Tekanan lembut bisa dilakukan oleh pasangan atau bidan yang akan menangani. Namun sentuhan pasangan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan mental dan kekuatan ibu. Tekanan pada bagian punggung bawah bisa menekan rasa sakit, membuat kontraksi bisa diterima oleh tubuh dan membuat proses pembukaan menjadi lebih singkat. Selain itu ini adalah persiapan untuk menangani persalinan normal yang nyaman, alami dan tanpa rasa sakit.

  1. Melahirkan sambil Jongkok

Melahirkan sambil tidur telentang diatas tempat tidur memang cara yang sangat umum. Namun ini juga bukan metode yang paling baik. Jadi untuk membuat proses melahirkan normal lebih cepat maka ada beberapa gerakan melahirkan yang kurang umum, seperti sambil duduk, sambil berlutut, atau sambil jongkok. Gerakan sambil jongkok sangat baik untuk mempercepat persalinan karena gerakan gravitasi akan membantu menarik kepala bayi secara alami, membuat otot panggul menjadi lebih lentur, meningkatkan pembukaan dan membuat resiko cedera pada jalan lahir lebih kecil. Metode ini memang tidak banyak dipraktekkan oleh dokter atau bidan, jadi ibu harus menemukan dokter khusus yang mau menangani persalinan dengan metode ini.

  1. Melakukan Hypnobirthing

Hypnobirthing adalah metode khusus untuk menghilangkan rasa cemas dan membuat persalinan menjadi lebih nyaman. Metode ini sudah sering digunakan di rumah sakit dengan dokter khusus yang ahli dalam bidang ini. Pada dasarnya ibu akan menerima bantuan dari dokter untuk melakukan hipnosis sendiri saat merasa sakit akibat kontraksi. Kemudian ibu juga akan mendapatkan latihan relaksasi untuk menyiapkan kelahiran. Ibu yang akan melahirkan akan merasa lebih fokus menghadapi kontraksi namun mengurangi rasa sakit yang berlebihan. Ketika ibu sudah siap dan pembukaan penuh, maka giliran dokter yang akan membantu persalinan.

  1. Melahirkan dengan Water Birth

Metode melahirkan dengan water birth adalah salah satu metode yang sering dipilih oleh ibu. Metode ini membutuhkan bantuan khusus dari ahli yang sudah berpengalaman. Selain itu faktor kesehatan ibu dan janin juga menjadi syarat sebelum persalinan dilakukan. Sesuai dengan namanya maka proses melahirkan ini dilakukan di dalam air. Sebelumnya ibu bersiap menghadapi kontraksi di luar air seperti dengan berbagai senam hamil dan gerakan mengayun panggul. Kemudian ketika pembukaan sudah penuh maka ibu masuk ke dalam kolam. Ketika kontraksi maka ibu bisa mengejan dan melahirkan dengan normal. Tekanan air pada jalan lahir dipercaya bisa mengurangi rasa sakit dan membuat ibu merasa lebih nyaman.

  1. Visualisasi Menjelang Persalinan

Melakukan visualisasi menjelang persalinan juga sangat penting untuk ibu yang akan melahirkan normal. Visualisasi dilakukan dengan bermeditasi, istirahat, komunikasi dengan bayi dan bersantai dengan pasangan. Ketika ibu sudah bersiap untuk melahirkan normal dan pembukaan penuh, maka ibu bisa berbicara dengan bayi. Komunikasi bisa dilakukan dalam hati atau berbicara dengan keras. Komunikasi ini akan meningkatkan kesiapan fisik dan mental sehingga tubuh bisa bekerjasama dengan baik. Tehnik ini sangat mengurangi resiko masalah kelahiran normal dan kerusakan pada jalan lahir.

  1. Berdansa Bersama Pasangan

Berdansa bersama pasangan ketika sudah masuk kontraksi dan pembukaan sudah berjalan bisa membuat proses kelahiran normal lebih nyaman. Berdansa dilakukan dengan cara mengayunkan bahu pelan sambil bersandar pada pasangan atau gerakan goyang pinggul lembut dari sisi yang berlawanan. Cara ini bisa membuat tubuh menjadi lebih siap dan pikiran ibu lebih fokus. Selain itu gerakan yang aktif akan membantu leher rahim menjadi lebih lentur. Metode ini juga bisa meningkatkan hubungan suami istri menjelang proses persalinan normal.

  1. Jalan Kaki

Berjalan kaki ketika sedang kontraksi sangat baik untuk membantu meningkatkan proses kontraksi dan pembukaan jalan lahir yang lebih cepat. Ketika Anda berjalan kaki maka gerakan pinggul dari sisi satu ke sisi yang lain akan membantu kepala bayi turun dengan cepat. Selama berjalan tegak maka ibu perlu sesekali berdiri tegak pada satu titik. Kemudian fokus pada perjalanan bayi maka ibu bisa merasakan jika bayi akan segera lahir. Namun jangan terlalu banyak berjalan kaki sebab bisa menguras tenaga tubuh Anda. Jadi lakukan jalan kaki dengan pola istirahat yang benar. Latihan untuk berjalan kaki juga harus dilakukan sebelum melahirkan agar ibu tidak terkena bahaya duduk terlalu lama bagi ibu hamil

  1. Dokter Menghilangkan Membran

Ketika kepala bayi sudah masuk ke bagian bawah panggul dan jalan lahir bersiap untuk membuka, maka dokter bisa menghapus membran tipis yang menghalangi bagian tersebut. Dokter akan melakukan pemeriksaan dari jalan lahir kemudian memecahkan membran tersebut. Prosedur ini biasanya dilakukan ketika kehamilan mencapai usia 38 minggu. Prosedur ini diyakini bisa membantu tubuh melepaskan hormon prostaglandin yang kemudian membuat kontraksi lebih nyaman. Namun prosedur ini sering tidak diinginkan oleh ibu karena rasa sakit dan kram berlebihan ketika proses penghapusan membran. Namun ini prosedur yang sangat aman dan bisa membuat ibu tetap nyaman selama persalinan normal.

  1. Refleksiologi

Metode refleksiologi pada bagian tertentu juga bisa membantu agar proses melahirkan lebih cepat meskipun dengan cara normal. Pemijatan pada titik poin tertentu seperti pada bagian pergelangan kaki, ibu jari dan telunjuk bisa membuat kontraksi lebih cepat. Selain itu pijatan pada otot tertentu akan mendorong agar jalan lahir lebih cepat membuka. Bahkan dalam sebuah penelitian terbukti jika metode ini dilakukan dengan benar maka bisa memotong waktu melahirkan hingga setengah lebih cepat.

Melahirkan normal sebaiknya juga dipertimbangkan menjadi bagian tubuh yang paling penting. Pada dasarnya tubuh ibu hamil sudah bersiap selama sembilan bulan. Dan melahirkan normal adalah kodrat alami yang sangat memuaskan bagi semua ibu hamil. Namun jika ada masalah kesehatan tertentu sehingga menghalangi proses kelahiran normal, maka persalinan dengan cesar bisa dipertimbangkan.

Baca juga: Resiko melahirkan normal setelah caesar – Kelebihan bayi lahir normal