11 Penyebab Mata Bintitan Pada Anak Balita Sering Terjadi

Bintitan atau dalam bahasa medisnya disebut dengan hordeolum merupakan suatu kondisi saat bintil cukup menyakitkan dan bentuknya seperti jerawat. Letaknya ada dibagian kelopak mata. Sebagian besar bintitan biasanya hanya akan muncul pada satu mata saja. Kondisi ini juga pada dasarnya tidak terlalu buruk dan tidak terlalu mempengaruhi pada penglihatan, namun tentunya akan semakin membuat tidak nyaman. Lalu apa yang menjadi penyebab mata bintitan pada anak balita? Berikut ulasannya.(baca: penyebab mata anak sering bintitan – mata bintitan saat hamil)

  1. Bintitan karena bakteri Staphylococcus

Bintitan bisa di akibatkan karena adanya bakteri bernama stafilokokus. Bakteri ini biasanya akan terbawa oleh kotoran yang menempel pada tangan anak, hingga kemudian menyentuh daerah matanya. Sehingga bakteri bisa masuk melalui kelenjar minyak atau saluran keringat. Akhirnya karena kondisi tersebut akan terjadi pembekakan pada bagian mata dan akan menjadi bengkak untuk beberapa saat. (Baca: penyebab belekan pada bayi baru lahir – penyakit mata pada bayi)

  1. Matanya terkena debu

Penyebab bintitan pada anak bali selanjutnya adalah karena debu. Debu juga mengakibakan mata bayi terkenan bintitan. Kotoran tersebut akan ditemukan dimana-mana jika kondisi lingkungannya tidak bersih. Debuh bisa saja berasal dari kursi, kasur atau lemari yang ada didekat bayi kemudian tidak sengaja masuk ke mata bayi. Atau saat Anda sedang menyapu lantai dan meletakan bayi tidak jauh dari tempat menyapu Anda, ada kemungkinan besar debu akan sampai pada mata sehingga akan menyebabkan bintitan. (Baca: mata merah pada bayi – penyebab mata merah dan berair pada bayi –  bayi lahir tidak menangis)

  1. Ada bisul di mata

Bintitan juga bisa disebabkan adanya bisul mata. Bisul merupakan suatu benjolan merah pada terdapat kulit yang akan terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini muncul karena dipicu oleh infeksi bakteri yang mengakibatkan adanya inflamasi folikel rambut. Sehingga jika ini terjadi didekat bagian mata, akan terjadi kondisi bintitan. (Baca: penyebab bayi rewel – penyebab bayi menangis terus – cara membersihkan kulit kepala bayi baru lahir)

  1. Alergi pelembab bayi

Ibu kerap kali memberikan bebepa lotion untuk melindungi bayinya. Baik lotion untuk badan ataupun untuk muka. Namun ada saatnya bayi merasa tidak cocok dengan pelembab atau lotion yang ibu berikan padanya. Sehingga bayi akan terkena alegi lotion atau pelembab tersebut dan menyebabkan terjadi bintitat pada sekitar mata bayi. (Baca:  bintik merah pada kulit bayi – penyakit kulit pada bayi – obat gatal untuk bayi – cara mengatasi biang keringat pada bayi baru lahir )

  1. Lotion yang tidak sengaja masuk kedalam mata

Saat Anda menggunakan lotion bayi, kemudia tidak sengaja masuk kedalam mata bayi. Hal tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya bintitan pada mata bayi. Matanya mungkin akan terasa sakit sakit, lalu ujung mata mulai terdapat benjolan kecil. Sebaiknya Anda segera mengompres bagian tersebut dengan air dingin.

Baca:


  1. Tangan yang kotor

Bintintan yang terjadi juga dapat disebabkan karena dirinya sendiri. Kondisi tubuh yang kotor khususnya tangan akan menjadi sangat tidak baik. Tangan yang kotor akan menyimpan banyak bakteri. Bayi biasanya akan menyentuh anggota tubuhnya melalui tangan. Baik memasukan tangan ke mulut atau mengucek matanya menggunakan tangannya sendiri. Sehingga ada kemungkinan, bakteri dari tangan bisa sampai ke mata dan menyebabkan terjadi bintitan. (baca:  biduran pada bayi – cara memandikan bayi baru lahir)

  1. Barang-barang yang ia gunakan tidak bersih

Bintitan juga bisa disebabkan karena barang-barang yang bayi gunakan tidak higienis atau tidak bersih. Sehingga terdapat banyak bakteri yang menempel. Misalnya pada dot bayi atau alat makannya dan lain-lain. Karena pada dasarnya bakteri dapat menempel dimana saja. Sehingga ada baiknya, saat Anda akan berniat membersihkan barang-barang pribadi miliki bayi, Anda membersihkannya menggunakan air hangat agar kehigienisannya terjamin.(Baca: tips memilih baju bayi baru lahir – cara mengatasi biang keringat pada bayi baru lahir – obat gatal untuk bayi)

  1. Air yang kotor

Selain pada barang bakteri juga bisa berasal dari kondisi air yang tidak baik. Air yang sehari-hari bayi dunakan untuk mandi dan membasuh mukanya ternyata tidak bersih kemudia masuk kedalam mata bayi. Sehingga akan mengakibatkan matanya menjadi bintitan. Ada baiknya, Anda memeriksa kesehatan air yang akan Anda gunakan baik untuk mandi atau untuk minum agar terhindari dari penyakit yang disebabkan oleh air.

Informasi bayi prematur:

  1. Karena tissu basah

Tisu basah juga bisa menyebabkan adanya bintinta pada bayi. Bagaimana bisa? Pada dasarnya tisu basah memang berbeda dengan tisu kering. Tisu basah memiliki kandungan air dan biasanya digunakan untuk membersihkan bekas kotoran bayi atau apapun yang membutuhkan air, dan bisa menggantikan posisi air dengna tisyu tersebut. Namun, tissu basah yang digunakan untuk membersihkan wajah bayi bisa saja tidak cocok digunakan sehingga saat membersihkan bagian matanya, ia akan sangat sensitive dan akhirnya menimbulkan bintitan pada matanya.

Informasi bayi sehat:

  1. Disengat serangga

Kondisi bintitan pada bayi juga tidak hanya disebabkan oleh bakteri yang menempel pada benda atau tangan dan lain-lain. Namun bayi bisa terkenan bintitan bisa karena adanya sengatan dari serangga yang tidak diketahui orang tua. Sengatan bisa terjadi kapan saja, termasuk saat ia sedang tertidur dan setelah bangun matanya akan tiba-tiba bengkak. (baca: hipotermia pada bayi baru lahir – penanganan hipotermia pada bayi )

  1. Tidak menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan adalah kunci dari sebuah kesehatan. Karena kebersihana akan sangat mempengaruhi suatu penyakit. Salah satu hal yang akan timbul karena tidak dapat menjaga kebersihan lingkungan adalah bintitan. Saat kondisi lingungkan sangat kotor dan banyak sekali bakteri, maka tidak menutup kemungkinan bakteri tersebut akan sampai ke dalam mata dan lama-lama akan terjadi bintitan. Tidak hanya pada bayi, namun pada orang dewasa juga jika memang bakterinya sudah ada di mata akan menyebabkan bintitan juga. Untuk itu sangat penting menjaga kebersihan lingkungan agar tertap higienis. (Baca:  gejala alergi susu sapi pada bayi – cara mengatasi bayi alergi susu sapi – tanda bayi alergi susu sapi)


Informasi obat aman untuk anak:

Itulah ulasan mengenai penyebab mata bintitan pada anak balita. Pada umumnya hampir semua kasus karena terjadi bintitan tidak membutuhkan penangan medis yang cukup serius karena biasanya akan menghilang dengan sendirinya. Namun walaupun demikian, resiko terkenan komplikasi juga tetap saja ada meskipun tidak besar. Oleh sebab itu sebaiknya Anda periksakan anak Anda pada dokter jika bintitan yang ia alami tidak kunjung membaik hingga 2 hari dan juga pembebekaka terus menyebar sampai bagian pipi dan wajah. Tetaplah menjaga kesehatan lingkungan agar terhindar dari bakteri yang akan membuat bintitan.

, , ,
Post Date: Thursday 21st, September 2017 / 02:22 Oleh :
Kategori : Kesehatan Anak